majoo kembali menggelar acara Ruang majoo secara online pada Jumat lalu (15/3), sebagai upaya untuk memberikan pembelajaran yang bermanfaat bagi pelaku UMKM. Kali ini, Ruang majoo mengundang Faizal Alfa, Direktur PT Fortuna iMARKS Trans, yang juga merupakan pelanggan setia majoo, sebagai narasumber utama untuk membahas tentang ‘Kemampuan Prediksi Tren Bisnis’.
Dalam sesi yang penuh inspirasi ini, Faizal Alfa membuka diskusi dengan membahas fenomena di mana banyak pelaku usaha saat ini cenderung mengandalkan insting dan feeling dalam mengambil keputusan bisnis. Faizal menekankan bahwa hal ini bukan karena mereka tidak ingin memanfaatkan data, tetapi karena kebingungan mereka dalam mengakses data yang relevan. Namun, Faizal memberikan solusi bahwa sebenarnya ada cara yang mudah dan gratis untuk memperoleh data yang diperlukan untuk memprediksi tren bisnis, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Gunakan Saran Pencarian Google: Faizal menyarankan para pemilik bisnis untuk memahami kata dan kalimat yang digunakan oleh calon konsumen saat mencari produk yang diinginkan. Langkah ini meliputi pencarian langsung kata kunci yang relevan untuk produk yang ditawarkan.
Gunakan Google Trend: Langkah kedua adalah dengan membandingkan potensi dari beberapa kata kunci berbeda dalam kurun waktu tertentu. Dengan menggunakan Google Trend, para pemilik bisnis dapat melacak dan menganalisis tren pencarian yang sedang naik atau menurun.
Gunakan Data Potensi eCommerce: Faizal menekankan pentingnya memahami kata kunci yang digunakan oleh calon konsumen dalam mencari produk di platform eCommerce. Dengan memanfaatkan data potensi eCommerce, pemilik bisnis dapat memperoleh wawasan yang berharga tentang tren pasar yang sedang berkembang.
Faizal mengajak para pemilik bisnis untuk memiliki kemampuan prediksi tren bisnis yang baik, sehingga bisnis mereka dapat terus berkembang dan berkelanjutan di tengah persaingan pasar yang semakin ketat.
Salah satu peserta Ruang majoo yang ikut dalam acara tersebut, yang juga merupakan seorang pebisnis menyatakan, “Saya merasa sangat terbantu dengan penjelasan yang diberikan oleh Pak Faizal. Sekarang saya memiliki gambaran yang lebih jelas tentang pentingnya data dalam mengelola bisnis. Saya berharap bisa mengimplementasikan tips yang diberikan untuk meningkatkan penjualan produk saya.”
Menanggapi kesuksesan acara ini, Founder & CEO majoo, Adi Wahyu Rahadi mengungkapkan, “Kami sangat bangga dapat memberikan platform seperti Ruang majoo bagi para pelaku UMKM untuk memperoleh pengetahuan dan wawasan yang berguna. Kami berharap dapat terus menghadirkan acara-acara berkualitas seperti ini, serta memberikan dukungan yang lebih besar bagi pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia.”
majoo berkomitmen untuk terus mendukung para pelaku UMKM dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka, sehingga dapat menghadapi tantangan bisnis dengan lebih baik di masa depan. Ruang majoo akan terus menjadi wadah bagi pertukaran ide dan pengetahuan yang bermanfaat bagi seluruh pebisnis di Indonesia.
Apapun bisnismu bisa majoo!