Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • 10 Rekomendasi Aplikasi Keuangan Bisnis yang Wajib Dicoba

    10 Rekomendasi Aplikasi Keuangan Bisnis yang Wajib Dicoba

    Aplikasi keuangan untuk memantau alur transaksi keuangan.

    Memiliki laporan keuangan yang jelas dan akurat merupakan suatu keharusan yang dilakukan oleh para pengelola usaha. Adanya laporan keuangan yang jelas, pebisnis dapat mengetahui keuntungan dan kerugian yang didapat, serta mengetahui alokasi budget keuangan yang digunakan untuk bisnisnya. 

    Melakukan pencatatan keuangan bisnis serta perencanaan keuangan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara konvensional dan cara modern. 

    Mengatur dan mencatat keuangan dengan cara konvensional dengan menggunakan buku besar ataupun budgeting manual yang membentuk pos-pos kebutuhan tertentu pada bisnis. Sedangkan cara modern dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi keuangan yang kini sudah banyak tersedia dan mudah untuk digunakan. 

    Kini aplikasi keuangan yang tersedia hadir dalam beragam bentuk. Ada yang dapat diakses secara gratis, ada pula yang versi berbayar dengan tambahan fitur yang lebih lengkap dan fungsional di dalamnya. 

    Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan lebih dalam mengenai arti aplikasi keuangan hingga rekomendasi aplikasinya. 

    Apa Itu Aplikasi Keuangan?

    Aplikasi keuangan adalah program yang digunakan untuk mengatur keuangan, keperluan pribadi, bisnis, instansi, ataupun perusahaan. Penggunaan aplikasi keuangan ini untuk memantau alur transaksi keuangan, sehingga dapat mengetahui keuntungan ataupun kerugian bisnis yang sedang dijalankan.

    Seiring perkembangan ekosistem digital, terdapat beragam aplikasi keuangan yang dapat digunakan, seperti aplikasi berbasis desktop maupun yang berbasis website. Hampir semuanya sudah dilengkapi dengan fitur yang serba otomatis, sehingga mudah untuk digunakan. Selain itu, aplikasi keuangan tersebut dapat mencetak laporan keuangan dalam kurun waktu tertentu.

    Baca Juga: Cara Membuat Laporan Kas dari Operasional Bisnis

    Fungsi dari Aplikasi Keuangan

    Untuk mempercepat pekerjaan dalam membuat laporan keuangan, tentu aplikasi keuangan sangatlah dibutuhkan. Berikut ini fungsi dari aplikasi keuangan yang bisa kamu ketahui.

    1. Mempercepat Pekerjaan

    Sebelum adanya aplikasi keuangan baik untuk komputer maupun smartphone, proses pembuatan laporan keuangan dibuat secara manual dan bertahap, sehingga tidak efisien. Penggunaan aplikasi keuangan membuat laporan keuangan bisa dilakukan dalam satu kali proses saja dan tidak memakan waktu yang banyak.

    2. Akurat

    Akurasi penghitungan keuangan sangat diperlukan supaya dalam pencatatan laporan keuangan tidak terjadi kesalahan. Aplikasi keuangan ini membantu mencatat segala operasional bisnis secara akurat dan cepat.

    3. Transparansi

    Fungsi dari aplikasi pembukuan keuangan yang tidak kalah penting adalah transparansi. Menggunakan aplikasi keuangan ini dapat meminimalisasi adanya kecurangan.

    4. Aman

    Mencatat laporan keuangan untuk sebuah bisnis sebaiknya menggunakan alat pendukung yang aman. Dirancangnya aplikasi keuangan ini melindungi data yang simpan di dalam komputer, tablet, atau smartphone

    5. Fleksibel

    Aplikasi keuangan memang dirancang fleksibel dalam penggunaannya, sehingga mudah dalam mencatat dan membuat laporan keuangan kapan saja dan di mana saja.

    6. Mampu Mengontrol Inventaris Bisnis Antar Cabang

    Fungsi aplikasi pengatur keuangan selanjutnya yaitu kemudahan dalam mengontrol inventaris bisnis secara real time, dari proses bisnis satu tempat, penjualan dan faktur, pembelian, inventaris, semuanya serba instan dan otomatis.

    7. Mengontrol Utang dan Piutang Bisnis

    Aplikasi keuangan juga dapat memeriksa dan mengelola utang dan piutang perusahaan. Adanya sistem yang cepat dalam pengoperasiannya, sehingga pengambilan keputusan juga dapat diambil dengan cepat dan cermat. Alasan inilah yang membuat bisnis dapat berjalan dengan lancar dan cepat berkembang.

    8. Kemudahan dalam Membuat Faktur Keuangan

    Membuat faktur keuangan juga tidak memerlukan waktu lama jika memakai aplikasi catatan keuangan. Hanya dengan satu klik pada fitur aplikasi dan dalam hitungan detik, sudah dapat membuat dan mengelola faktur.

    Baca Juga: Akun Nominal: Suatu Jenis Akun dalam Pencatatan Akuntansi

    Menggunakan aplikasi keuangan dapat mencatat arus keuangan secara efisien, tepat, dan akurat.

    Manfaat Aplikasi Keuangan

    Mempunyai bisnis di era globalisasi seperti saat ini, dalam menjalankan bisnis tentu saja kita tidak hanya mempromosikan produk atau layanan bisnis saja, tapi juga harus mengelola keuangan bisnis.

    Berbeda halnya dengan pencatatan manual yang membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan ketelitian, kini semua kendala tersebut dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi keuangan.

    Aplikasi pencatat keuangan adalah salah satu inovasi dari perkembangan teknologi saat ini yang mempermudah pengelolaan keuangan bisnis, sehingga proses perhitungan bisnis akan lebih cepat, teliti, dan akurat.

    Hadirnya inovasi baru di bidang keuangan ini membuat bisnis berjalan lebih teratur dan para pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan promosi bisnis atau inovasi produk yang akan dijual. Adapun manfaat dari menggunakan aplikasi keuangan, antara lain:

    1. Menjaga Aset

    Hampir semua transaksi bisnis dapat dicatat dalam aplikasi pencatat keuangan. Semua informasi terkait aset perusahaan bisa langsung diakses oleh owner dengan mudah hanya dalam aplikasi yang sudah terintegrasi.

    2. Memudahkan Pengelolaan Keuangan

    Aplikasi pengatur keuangan dapat digunakan oleh bisnis skala kecil hingga skala besar. Adanya aplikasi keuangan inilah yang mampu memberikan kemudahan bagi pengelolaan keuangan dan operasional bisnis, sehingga pemilik bisnis dapat langsung menentukan besaran keuntungan dan pengeluaran yang dihasilkan dari bisnis yang dijalankannya.

    3. Menghemat Waktu

    Bayangkan saja jika mencatat keuangan bisnis dengan menggunakan cara manual. Tentu akan memakan banyak waktu dan tenaga. Maka dari itu, kepraktisan dalam penggunaan aplikasi keuangan ini, para pemilik bisnis dapat mencatat keuangan dengan cepat.

    Khusus bagi pebisnis yang baru saja memulai usaha, semua pengaturan keuangan cukup dilakukan melalui aplikasi keuangan hanya dengan sentuhan jari.

    Baca Juga: Memahami Pengertian dan Cara Perhitungan Omset

    10 Aplikasi Keuangan yang Dapat Dipakai Dalam Bisnis

    Beragamnya aplikasi pencatat keuangan inilah yang memberikan layanan pencatatan keuangan bisnis secara praktis.

    Berikut ini 10 rekomendasi aplikasi keuangan untuk bisnis terbaik yang bisa kamu unduh.

    1. Moota

    Aplikasi pengatur keuangan ini adalah alat bantu yang sering digunakan untuk mengecek mutasi transaksi dari rekening bank. Mutasi transaksi tersebut akan otomatis terintegrasi dengan akun e-banking pemilik bisnis, sehingga setiap mutasi langsung terkirim pada akun Moota yang dimilikinya.

    Aplikasi Moota sangat membantu dalam mencetak mutasi transaksi tanpa harus masuk di aplikasi e-banking. Fitur yang ditawarkan antara lain transaksi checking, notifikasi uang masuk, export data, unlimited bank account dan lain sebagainya.

    2. Teman Bisnis

    Aplikasi pencatatan keuangan bisnis ini dirancang khusus bagi para pelaku bisnis. Pebisnis bisa melakukan pencatatan keuangan, mulai dari pemasukan, pengeluaran, perhitungan laba dan rugi, utang piutang, hingga investasi perusahaan.

    Selain itu, Teman Bisnis mempunyai rancangan keuangan usaha khusus sesuai Standar Akuntansi Keuangan UMKM Indonesia (SAK EMKM). Bila pebisnis tidak memiliki ilmu akuntansi, aplikasi ini dapat digunakan dan pencatatan keuangan pun sesuai standar SAK EMKM.

    Aplikasi ini juga dapat mencetak struk dan invoice sebagai bukti transaksi kepada customer. Ketika pebisnis ingin melakukan evaluasi bisnis dan analisis laporan keuangan, aplikasi ini sangatlah membantu.

    3. Money Lover

    Aplikasi pembukuan keuangan satu ini tak hanya cocok digunakan oleh para pebisnis, tapi dapat digunakan untuk mengelola keuangan pribadi. Fitur yang ditawarkan, yaitu budgeting, laporan kas masuk dan keluar, hingga laporan keuangan bulanan.

    Money Lover dapat digunakan secara gratis, dan hadir dalam versi premium atau berbayar dengan beberapa fitur tambahan yang bermanfaat.

    4. Expense Manager

    Aplikasi keuangan Expense Manager merupakan aplikasi khusus untuk manajemen keuangan. Tidak hanya itu, aplikasi ini dapat mencatat segala expenses seperti perjalanan dinas, gathering, dan lain sebagainya. Bisa dikatakan aplikasi ini mampu mengontrol pengeluaran, sehingga pemilik bisnis dapat lebih mudah mengatur keuangan perusahaan.

    5. Finansialku

    Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi keuangan yang sangat aman dan juga patut dicoba untuk mengatur keuangan bisnis. Menariknya, aplikasi Finansialku sudah dilengkapi dengan fitur Certified Financial Planner (CFP). Dengan menggunakan aplikasi Finansialku, pemilik bisnis dapat mengintegrasikan akun dengan nomor rekening yang dimiliki, sehingga pemilik bisnis bisa mengatur keuangan yang ada di rekening. Tak hanya itu, aplikasi ini sering memberikan tips jitu manajemen keuangan.

    6. Mint

    Mint adalah salah satu aplikasi keuangan sedang digandrungi oleh para milenial. Pasalnya, aplikasi Mint menawarkan fitur all in one, sehingga segala aktivitas keuangan dapat dilakukan hanya menggunakan satu akun saja.

    Penyajian laporan keuangan di dalam aplikasi Mint berbentuk grafik dan bagan, sehingga memudahkan penggunanya dalam membaca, memeriksa, dan menganalisis kondisi keuangan bisnisnya. Keunggulan lain dari aplikasi Mint adalah dapat mengatur pembayaran tagihan sebelum jatuh tempo.

    7. Realbyte Money Manager Expense & Budget

    Aplikasi keuangan satu ini sudah sangat populer di bidangnya. Aplikasi pengatur keuangan ini bukanlah aplikasi yang sulit untuk digunakan.

    Fitur yang ditawarkan aplikasi ini sudah lengkap, sehingga bisa langsung digunakan untuk kebutuhan dasar, seperti mencatat pengeluaran, mengatur budgeting, dan lain-lain.

    8. Google Sheet

    Pencatatan keuangan dapat menggunakan aplikasi Google Sheet. Mencatat keuangan dengan aplikasi ini dapat dibuat dengan menggunakan template.

    Ada berbagai rumus yang bisa dipakai untuk menghitung pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis.

    Agar lebih menarik, Google juga menyediakan beragam grafik yang dapat dipilih untuk menggambarkan kondisi laporan keuangan bisnis. 

    9. Wallet

    Wallet adalah aplikasi catatan keuangan yang bisa digunakan secara gratis dengan fitur yang terbatas. Versi berbayar pun juga tersedia bila ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

    Setiap akhir bulan, Wallet akan memberikan grafik secara detail terkait keuangan agar bisa dievaluasi. Wallet juga dapat disambungkan dengan rekening bank dan e-wallet.

    10. BukuWarung

    Saat ini BukuWarung tidak hanya sebagai aplikasi akuntansi saja, akan tetapi sebagai aplikasi pembayaran juga. Aplikasi pencatat keuangan ini cocok digunakan untuk personal maupun bisnis.

    Aplikasi ini dirancang untuk memberikan solusi bagi pebisnis dalam hal pencatatan keuangan yang mudah, gratis, dan aman. Selain itu juga, aplikasi BukuWarung memberikan solusi pembayaran kirim uang hingga Payment Point Online Bank (PPOB).

    Keunggulan dari aplikasi ini tidak memakan ruang penyimpanan dan bisa digunakan secara offline tanpa koneksi internet.

    Kesimpulan

    Aplikasi keuangan adalah sebuah program yang digunakan untuk mengatur dan mencatat keuangan pribadi, bisnis, instansi, ataupun perusahaan.

    Memiliki sebuah bisnis penting halnya untuk mencatat segala transaksi keuangan supaya kamu tahu arus masuk dan keluar serta alokasi budget operasional bisnis yang sedang kamu jalankan. Maka dari itu kamu memerlukan aplikasi keuangan. Saat ini aplikasi berbasis digital dan mudah dalam penggunaannya semakin digemari. Selain mudah digunakan, tentunya aplikasi keuangan ini juga harus aman, akurat, dan fleksibel.

    Aplikasi majoo adalah aplikasi wirausaha berbasis digital yang bisa kamu gunakan untuk mengatur dan mencatat segala operasional bisnismu, khususnya keuangan.

    Fitur majoo yang beragam membuat aplikasi wirausaha digital satu ini direkomendasikan untuk kamu yang ingin memulai bisnis atau sudah menjalankan bisnis.

    Fitur akuntansi majoo dapat membuat 30 jenis laporan penjualan dan keuangan detail dengan grafik dan tabel lengkap serta laporan dapat di download dalam bentuk excel.

    Yuk, ikuti #langkahmajoo untuk kemudahan dalam mengatur keuangan bisnismu!


    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.