Bagaimana Cara Membuat Katalog Online yang Unik dan Menarik?

Ditulis oleh Ajar Pamungkas

article thumbnail

Ada beberapa cara membuat katalog online yang bisa dicoba untuk kembangkan bisnis.

Siapa, sih, di sini yang belum tahu bagaimana cara membuat katalog online? Harus diakui, mungkin tidak banyak pelaku usaha yang memilih untuk menyediakan daftar produk atau jasa yang bisa dinikmati pelanggan menggunakan media online. Bisa karena belum paham benar, dan ada juga yang karena enggan mengurus platform tamabahan.

Nah, pertanyaannya, seberapa penting, sih, menyediakan katalog yang bisa diakses oleh pelanggan secara online semacam ini? Kalau memang penting, bagaimana, sih, cara membuatnya? Khususnya bagi pelaku usaha yang memang belum pernah membuat katalog dan tak paham benar dengan media online?

Eits, jangan cemas. Langsung saja kita bahas bersama-sama pentingnya menyediakan katalog semacam ini dalam pengelolaan bisnis, sekaligus cara membuatnya yang bisa diikuti oleh siapa pun yang ingin. Yuk, langsung saja kita mulai pembahasannya!

Pentingkah Kita Menyediakan Katalog Online?

Dibilang penting, sebenarnya ada atau tidaknya katalog online tidak berpengaruh secara signifikan terhadap operasional bisnis. Sejumlah bisnis yang sama sekali tidak menyediakan katalog produk dan jasa secara online selama bertahun-tahun, toh, tetap bisa mempertahankan bisnisnya sampai sekarang, kan?

Namun, jangan salah. Bukan berarti katalog semacam ini tidak berguna bagi bisnis, lho, ya! Untuk beberapa kasus, keberadaan katalog yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan secara online justru dapat membantu mempercepat siklus operasional bisnis.

Wajar saja, kan? Dengan adanya katalog, pelanggan tak perlu menghabiskan waktu lama untuk menemukan produk atau jasa yang benar-benar diinginkan. Kemudian, karena bisa diakses pula secara online, pelanggan pun bisa mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkan kapan saja, dari mana pun mereka berada.

Tentunya, keberadaan katalog yang bisa diakses dengan mudah ini akan sangat membantu kita untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan, dan dalam jangka panjang pun bisa membantu memastikan bisnis untuk terus maju dan berkembang.

Jadi, apabila ditanya apakah keberadaan katalog online ini penting atau tidak bagi bisnis. Jawaban secara umumnya adalah tidak terlalu penting, tetapi sangat penting sekali bagi bisnis yang diharapkan dapat berkembang besar.

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Katalog Produk yang Menarik

Bagaimana Cara Membuat Katalog Online yang Menarik?

Menyadari pentingnya katalog online, terlebih di era yang sudah serba maju dan modern seperti sekarang, tentu tak aneh jika beberapa di antara kita kemudian tertarik untuk menyediakan katalog yang dapat membantu pelanggan menemukan setiap produk dan jasa yang dicari dengan mudah, kapan pun, di mana pun, kan?

Pertanyaannya? Bagaimana cara membuatnya? Hmm, harus diakui bahwa tidak semua orang beruntung diberi keterampilan khusus di bidang desain grafis maupun platform internet. Meski demikian, bukan berarti kita tak bisa membuat katalog kita sendiri, lho! Tak mudah, memang, tetapi sebenarnya ada beberapa jalan pintas yang bisa digunakan pelaku usaha untuk menyediakan katalog yang bisa diakses dengan mudah oleh pelanggan.

Mulai dari memanfaatkan media sosial, membuat desain custom sendiri, atau bahkan memanfaatkan platform pembuatan katalog milik pihak ketiga. Penasaran dengan tiap-tiap cara tersebut? Langsung saja kita ulas satu per satu dengan lebih mendetail, yuk! 

  1. Maksimalkan Pemanfaatan Media Sosial

Tak semua pelaku usaha mungkin memiliki pengalaman yang banyak dalam membuat katalog secara online, tetapi tentu hampir sebagian besar pelaku usaha sudah cukup familier dengan pemanfaatan media sosial, kan?

Tak hanya untuk menjalin interaksi sosial dengan orang lain saja, media sosial yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis, lho! Hampir setiap platform media sosial sudah memiliki fitur untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dalam mengelola bisnisnya, baik untuk kegiatan pemasaran maupun penjualan.

Fitur Shop pada Instagram maupun Marketplace pada Facebook, misalnya saja, sudah cukup sering digunakan sebagai alternatif media penjualan oleh berbagai bisnis. Uniknya, melalui fitur-fitur tersebut, kita juga bisa menyusun sendiri katalog yang memuat seluruh produk serta layanan yang ingin kita sediakan, sehingga pelanggan pun bisa dengan mudah mengaksesnya.

Meskipun tanpa fitur-fitur tersebut, beberapa platform media sosial yang berbasis visual seperti Instagram juga bisa disulap menjadi etalase online untuk memasarkan produk-produk serta jasa yang kita miliki. Meski tak persis seperti katalog pada umumnya, cara ini tetap menarik untuk digunakan karena pelaku usaha tetap dapat mencantumkan harga serta deskripsi produk dan jasa pada bagian caption.

Aplikasi Toko Online

  1. Membuat Kustomisasi Desain dengan Canva

Di antara banyak produk teknologi masa kini, Canva tampaknya menjadi salah satu platform yang banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha. Bukan sesuatu yang aneh, sebenarnya, mengingat aplikasi web ini cukup mudah untuk digunakan dengan beragam templat menarik yang bisa digunakan secara gratis dan banyak lagi kapabilitas lainnya untuk desain visual.

Karena harus membuat desain sendiri, alih-alih menggunakan templat katalog yang sudah jadi seperti yang ada di media sosial, cara ini mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun, sebagai gantinya, kita dapat dengan bebas melakukan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan, sehingga desain akhir yang dihasilkan pun bisa lebih sesuai dengan ekspektasi.

Cara ini tentu akan menjadi tantangan menarik bagi pelaku usaha yang memang memiliki passion atau citarasa tersendiri di bidang desain. Atau, apabila tak ingin mengerjakannya sendirian, coba manfaatkan jasa desain yang siap membuatkan desain katalog unik dan menarik.

  1. Menggunakan Platform Khusus Menu Online

Ada banyak sekali platform yang secara khusus menyediakan templat katalog yang dapat langsung digunakan dengan mudah dan diterbitkan secara online. Fitur Weborder dan juga Webtree dari aplikasi majoo, misalnya saja, dapat menjadi contoh katalog online yang tepat untuk bisnis.

Bagaimana tidak? Dengan adanya kedua fitur ini, pelaku usaha tak perlu repot lagi menghabiskan waktu untuk belajar mendesain. Katalog bisa langsung dibuat dan diakses oleh pelanggan tanpa perlu harus belajar desain grafis terlebih dahulu. Menariknya lagi, dengan fitur yang sudah terintegrasi secara penuh ini, pelanggan tak hanya bisa melihat serta memilih produk yang dicari saja, tetapi juga melakukan pemesanan.

Produk atau jasa yang dipesan pun akan langsung diproses secara otomatis oleh sistem, termasuk pencatatan setiap transaksi yang terjadi terkait pesanan tersebut dan juga penghitungan stok barang yang dilakukan melalui fitur Inventaris. Dengan demikian, tak hanya mendapatkan contoh katalog online yang unik dan menarik saja, pelaku usaha juga dapat dengan mudah membuat operasional bisnisnya menjadi lebih efektif serta efisien.

Tentunya, cara ini akan sangat berguna sekali untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan, kan, sekaligus juga memastikan operasional bisnis tidak akan terganggu sekalipun harus memproses pesanan yang datang secara online. Pelaku usaha juga bisa langsung memutuskan untuk melakukan restock karena integrasi sistem antar fitur yang disediakan aplikasi majoo bisa sekaligus menghitung sisa produk yang masih tersedia di tempat usaha.

Baca Juga: Perbedaan E-Commerce dan Marketplace dalam Bisnis Online

Menarik Perhatian Pelanggan dengan Katalog Online

Setelah memahami ketiga cara membuat katalog online yang telah dipaparkan di atas, jangan tunggu terlalu lama, langsung saja desain katalog yang bisa diakses kapan saja oleh pelanggan. Katalog ini bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis untuk menarik minat pelanggan, lho!

Wajar saja, kan, pasalnya dengan adanya katalog yang bisa dibuka kapan pun dibutuhkan tanpa pelanggan perlu datang langsung ke tempat usaha, pelanggan pun bisa memastikan bahwa barang atau jasa yang dicari memang tersedia, bahkan bisa langsung dipesan saat itu juga.

Jelas ini akan menjadi nilai tambah bagi bisnis, terlebih jika dibandingkan dengan kompetitor yang masih melayani pesanan secara konvensional. Jangan lupa bahwa kepuasan pelanggan saat berbelanja akan menjadi penentu keberhasilan pengembangan bisnis. Oleh karena itu, menyediakan katalog online dan menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan bisnis.

Tak perlu khawatir dengan pengelolaan operasional usaha ketika bisnis berhasil dikembangkan nanti, manfaatkan saja fitur-fitur unggulan lainnya dari aplikasi majoo yang memang sudah dirancang untuk mempermudah pengelolaan bisnis. Fitur keuangannya, misalnya saja, bisa digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi secara tepat, akurat, dan otomatis.

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja berlangganan layanan dari aplikasi majoo!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo