Meracik Kata Kata Promosi Laundry Menarik

Ditulis oleh Ajar Pamungkas

article thumbnail

Kata kata promosi laundry menarik pelanggan merupakan contoh pemasaran yang patut ditiru.

Percaya, tidak, bahwa kata kata promosi laundry menarik ternyata cukup signifikan dalam menarik pelanggan agar mau menggunakan jasa laundry yang melakukan promosi unik tersebut?

Pada kenyataannya, industri laundry memang sudah cukup banyak pemainnya, sehingga kompetisi pun menjadi sedemikian rumitnya. Tak heran jika beberapa pelaku uisaha laundry pun memilih cara pemasaran yang unik dengan kata-kata menarik.

Harapannya, dengan tatanan kata yang tak disangka-sangka tersebut, pelanggan pun akan tergugah untuk memilih laundry terkait dibandingkan menggunakan jasa kompetitornya.

Nyatanya, cara tersebut tak bisa dibilang gagal. Kata-kata yang unik tersebut toh berhasil menggaet perhatian sejumlah pelanggan. Tak aneh jika cara ini pun kemudian ditiru oleh pelaku usaha lain yang juga ingin mengembangkan bisnisnya dan memperoleh pelanggan baru.

Tertarik untuk meracik kata-kata yang unik juga? Tak ada salahnya, kok, kita contoh promosi laundry yang cukup berhasil ini!

Memilih Cara Promosi Laundry Melalui Kata

Di antara banyak media promosi, pemasaran berbasis teks melalui kata-kata memang yang menggoda untuk dipilih. Pasalnya, jika dibandingkan dengan materi audio maupun audio visual, biaya pembuatan materi promo berbasis teks cenderung lebih terjangkau.

Tak heran jika cara promosi laundry pun banyak yang memanfaatkan media ini. Khususnya untuk usaha laundry yang skalanya masih tergolong mikro atau kecil. Tentunya perlu ada efisiensi biaya yang perlu dilakukan agar selisih margin keuntungan bisa dijaga tetap lebar.

Sekalipun dengan memanfaatkan platform media sosial, effort yang perlu dikeluarkan pun akan lebih besar jika materi promo yang dipilih merupakan materi audio visual. Dengan situasi yang demikian, cara promosi laundry melalui kata-kata yang unik dan menarik jelas semakin diunggulkan. Ditambah lagi, sekalipun upaya yang dikeluarkan bisa diminimalkan, hasil yang didapat tetap bisa optimal.

Keunikan laundry dalam melakukan promosi ini jelas bisa memberikan nilai tambah bagi bisnisnya. Semakin menarik kata-kata yang dijadikan materi promosi, semakin menonjol pula keunikan laundry tersebut dibandingkan dengan kompetitornya di bidang serupa, kan?

Baca Juga: Mengenal Peluang Bisnis Laundry Koin yang Sedang Tren

Kata-Kata Menarik Jadi Contoh Promosi Laundry yang Unik

‘Menghilangkan noda merupakan separuh jalan perjuangan’, misalnya saja, bisa menjadi contoh promosi laundry yang unik. Dengan kata-kata semacam ini, pelaku usaha laundry seolah berempati terhadap pelanggannya yang kesulitan dalam mengatasi noda membandel.

Dari kalimat yang mampu menempatkan diri di sisi pelanggan tersebut, pelaku usaha laundry bisa menambahkan kalimat pendorong atau call-to-action agar pelanggan mau menggunakan jasanya. Misalnya saja dengan menyambung kalimat tersebut menggunakan kalimat ‘Biarkan kami yang mengatasi noda, teruskan jalan perjuanganmu’, perhatian pelanggan pun bisa didapatkan dengan mudah.

Tak hanya sekadar berkata-kata, kalimat semacam itu juga bisa dianggap sebagai klaim dari laundry tersebut bahwa mereka mampu menyelesaikan permasalahan noda yang mengganjal perjuangan pelanggan. Menarik sekali, kan? Selain berempati dan menempatkan diri di posisi pelanggan, ajakan untuk menggunakan jasa laundry yang ditawarkan pun tetap tersampaikan.

Selain kalimat tersebut, sebenarnya ada banyak sekali contoh promosi laundry yang unik dengan kata-kata yang menarik untuk dibahas. Membandingkan kebersihan dengan sebagian dari iman, salah satu contohnya, bisa menunjukkan kedekatan posisi pelaku usaha laundry dengan agama. Dengan banyaknya mayoritas penduduk beragama muslim di Indonesia, kalimat semacam ini tentu memiliki daya tarik tersendiri, kan?

Trik ini bisa dicoba untuk menggaet pelanggan yang lebih banyak, yaitu mengambil posisi yang dekat dengan budaya atau perilaku masyarakat yang ada di sekitar.

Meracik Kata Kata Menarik untuk Promosikan Laundry

Nah, tertarik untuk menggunakan bahasa promosi laundry untuk memasarkan bisnis? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar potensi keberhasilan kegiatan pemasaran dapat lebih ditingkatkan:

Aplikasi Wirausaha

  1. Perhatikan Permainan Kata

Karena fokus promosi ditekankan pada materi berbasis teks, bermain kata-kata merupakan sebuah keharusan yang dapat membuat materi tersebut terlihat lebih menarik. Alih-alih menggunakan bahasa promosi yang sudah sangat umum, cobalah untuk memadu-madankan kata yang memiliki rima serupa atau persis sama.

‘Baju bersih, hati pun bersih’ misalnya saja, bisa menarik perhatian pelanggan sekaligus memberikan klaim bahwa usaha laundry yang kita jalankan merupakan pilihan yang tepat untuk membuat baju kembali bersih.

‘Hilangkan noda dan bau, pakaian tampak seperti baru’ merupakan contoh permainan kata dengan rima yang serupa. Keuntungan menggunakan permainan kata semacam ini adalah mudahnya pelanggan mengingat kalimat tersebut. Tak jarang bahkan permainan kata semacam ini terngiang-ngiang terus di kepala hingga beberapa hari. Jelas ini merupakan cara yang patut dicoba untuk membuat pelanggan selalu ingat dengan usaha laundry yang ingin kita jalankan, kan?

Cobalah untuk bermain-main dengan setiap kombinasi kata yang kiranya terasa unik dan menarik. Semakin unik kombinasi yang dipadukan, semakin sulit pelanggan melupakan materi promosi kita tersebut, dan semakin besar pula kemungkinan pelanggan untuk memilih layanan yang kita tawarkan.

Namun, jangan gunakan cara ini secara asal, ya! Apabila tak dilakukan dengan hati-hati, permainan kata yang dibuat akan terasa seperti asal cocok saja, dan efek yang muncul di benak pelanggan pun bisa jadi akan berkebalikan dari yang diharapkan.

Baca Juga: Apa Saja Laporan Keuangan yang Perlu Diketahui Bisnis?

  1. Jangan Ragu Gunakan Kata-Kata Bombastis

Salah satu unsur kalimat promosi untuk kegiatan pemasaran adalah sifatnya yang hiperbolis. Tentu kita tidak ingin memasarkan bisnis kita dengan klaim yang berlebihan dan sebenarnya tidak mungkin kita tawarkan. Namun, bukan berarti kita tak bisa bermain-main dengan kata yang bombastis nan hiperbolis, lho!

‘Cuci bersih sampai ke serat kain, noda bandel dijamin kapok main!’ bisa digolongkan sebagai kalimat promosi yang bombastis. Saking bombastisnya, bukan tidak mungkin pelanggan akan berpikir bahwa kalimat ini sekadar promosi semata dan mereka pun justru tertarik untuk mencuci di laundry kita, sekadar untuk membuktikan bagaimana kita membuktikan klaim yang bombastis tersebut.

Dengan metode promosi yang demikian, bisnis yang dijalankan pun melakukan kegiatan pemasaran yang menarik perhatian pelanggan, tetapi tidak terkesan bohong. Lain halnya jika kalimat bombastis yang dibuat hanya sekadar berlebihan tanpa ada kalim yang bisa menarik perhatian. Pelanggan pun akan cenderung enggan untuk menaruh perhatian lebih pada klaim yang berlebihan.

Oleh karena itu, sekalipun tak perlu ragu untuk menggunakan kata-kata yang bombastis, perhatikan dengan benar setiap susunan kata agar klaim bombastis yang disampaikan bisa ditanggapi oleh pelanggan tanpa keseriusan berlebih.

  1. Selipkan Program Promo dalam Kata-Kata

Jangan lupa pula untuk mencantumkan program promo dalam permainan kata bombastis yang sudah kita racik sedemikian rupa. Misalnya saja ingin meluncurkan program promo gratis layanan cuci setelah beberapa kali transaksi, coba gunakan kalimat yang memikat atau setengah bercanda seperti ‘Daripada cuci baju di kali, cuci di sini lima kali gratis sekali’.

Pelanggan besar kemungkinan akan menanggapi kalimat promosi itu dengan penuh candaan, terlebih jika di kawasan sekitar tempat usaha memang tidak ada sungai yang bisa digunakan untuk mencuci baju. Namun, promo bahwa setelah mencuci lima kali pelanggan bisa mendapatkan layanan gratis cuci sekali akan langsung tertangkap. Dengan demikian, tujuan pemasaran melalui program promo pun bisa tercapai, kan?

Tak perlu takut menggunakan bahasa promosi laundry dalam melakukan kegiatan pemasaran, terlebih jika usaha laundry di sekitar memang sudah terkenal gemar bermain kata.

  1. Pastikan untuk Tetap Fokus dengan Layanan

Bermain kata memang menyenangkan, terlebih jika berhasil mendatangkan pelanggan baru. Namun, ingat bahwa kebutuhan pasar yang ingin dipenuhi dengan adanya bisnis laundry adalah perlunya layanan yang bisa dimanfaatkan untuk mencuci seluruh baju dengan bersih dan cepat.

Jangan sampai pusing memikirkan padu padan kata yang ingin diluncurkan, tetapi operasional bisnis menjadi sedikit terbengkalai. Ingat selalu bahwa promo pemasaran yang baik pun tetap harus diiringi dengan layanan yang memuaskan agar pelanggan tak mudah pindah ke jasa serupa yang ditawarkan oleh kompetitor.

Tingkatkan kualitas layanan dan pastikan seluruh pesanan pelanggan dikerjakan dengan memuaskan. Jadikan kata kata promosi laundry menarik yang sudah diracik sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian pelanggan, tetapi selalu ingat bahwa kunci yang dibutuhkan agar bisnis dapat terus berkembang adalah tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi.

Agar operasional bisnis dapat lebih efektif dan efisien dalam menjaga tingkat kepuasan pelanggan, jangan lupa untuk menggunakan aplikasi majoo untuk mempermudah pengelolaan operasional bisnis. Dengan fitur-fitur unggulan dari aplikasi majoo, tak akan ada pesanan yang terlewat sekalipun banyak pesanan yang masuk. Kepuasan pelanggan terus meningkat, dan bisnis laundry pun bisa dengan mudah dikembangkan.

Jadi, apa lagi, nih, yang ditunggu? Yuk, langsung saja manfaatkan semua layanan dari aplikasi majoo!


Sumber data:

https://blog.evermos.com/kata-kata-promosi-laundry-menarik/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo