Ingin Bisnis Sukses? Jalin Kerja Sama dengan Mitra Usaha!

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail


Adanya mitra usaha menjadi langkah penting dalam membangun bisnis. Adanya kemitraan ini memberikan peluang menuju kesuksesan bagi bisnis, lho! Misalnya, jika kamu tidak memiliki modal, bukan berarti kamu tidak dapat menjalankan bisnis. Kamu dapat mencari investor atau mitra usaha untuk kemajuan bisnismu.

Hal terpenting dalam mencari mitra usaha adalah adanya kesepakatan yang saling disetujui oleh kedua belah pihak, bukan karena keterpaksaan, ya.

Ayo, cari tahu lebih lengkap tentang mitra usaha ini!

Definisi Mitra Usaha

Mitra usaha adalah bentuk kerja sama antara bisnismu dengan bisnis lain yang sejenis dan memiliki tujuan untuk mengembangkan atau memperluas bisnis. Kemitraan ini tak hanya sekadar ikatan, tapi juga memberikan manfaat positif dan saling menguntungkan.

Kerja sama antar mitra bisa terjadi di berbagai jenis dan skala bisnis. Bahkan, salah satu tujuan utama dari kemitraan usaha adalah untuk mendukung perkembangan usaha kecil. Bisnis yang lebih besar dapat membantu memajukan bisnis kecil dengan menjalin kerja sama.

Secara sederhana, mitra usaha diharapkan dapat memberikan kemudahan dan keuntungan bagi kedua belah pihak. Oleh karena itu, kesepakatan akan dibuat untuk menentukan langkah bisnis yang akan dilakukan dengan rentang waktu kerja sama tertentu.

Sistem upah mitra usaha dilakukan melalui pemberian saham perusahaan yang diberikan kepada organisasi pekerja di perusahaan tersebut. 

Tujuan Mitra Usaha

Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah bisnis melalui mitra usaha ini. Berikut ini penjelasan lengkapnya, ya. 

1.    Membangun Perusahaan

Salah satu tujuan dari menjalin mitra usaha dengan bisnis lain yaitu untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan bisnismu, terutama jika bisnismu masih baru atau sedang dalam tahap perkembangan.

Melalui mitra usaha, diharapkan bisnismu dapat berkembang menjadi lebih besar. Hal ini tidak hanya terbatas pada peningkatan pendapatan, tapi juga meliputi ekspansi dan pengembangan jaringan bisnis.

Demikian juga pada bisnis yang sudah besar akan mendapatkan manfaat tambahan dengan menjalin hubungan bisnis dengan bisnis kecil yang mana bisnis kecil seringkali memiliki keunggulan dalam fleksibilitas operasional bisnis.

2.    Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Penting untuk dicatat bahwa kemitraan usaha umumnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi bisnis. Mengapa demikian? Karena kerja sama kemitraan memungkinkan pencapaian tujuan secara lebih optimal.

Namun, pertumbuhan ekonomi pada dasarnya tergantung pada kemampuan seseorang dalam mengelola bisnisnya, mengambil keputusan yang tepat, dan berusaha untuk mengembangkan usaha. Tentu saja kedua belah pihak dapat melakukan inovasi untuk mencapai kemajuan bersama. 

3.    Membangun Hubungan Sosial

Selain tujuan ekonomi, penting untuk diketahui bahwa mitra usaha juga dapat dibentuk dengan dasar keinginan untuk menciptakan hubungan sosial yang baik dengan bisnis lain.

Jadi, mitra usaha tidak hanya dilakukan semata-mata untuk pertumbuhan ekonomi perusahaan, tapi juga seringkali untuk mendukung gerakan sosial dan tujuan kemanusiaan.


Ciri-Ciri Mitra Usaha

Ada beberapa karakteristik yang selalu ada dalam hubungan mitra usaha. Ciri-ciri mitra usaha berikut harus kamu pahami jika ingin memulai kerja sama dengan bisnis lain. 

1.    Terjalinnya Kerja Sama

Inti dari hubungan mitra usaha adalah adanya kerja sama berdasarkan pada kesepakatan antara kedua belah pihak. Perjanjian ini biasanya tertulis dalam dokumen yang mencakup tujuan bersama dan hal-hal penting lainnya. Dokumen ini menjadi sah setelah ditandatangani oleh kedua pihak dan digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan kerja sama. 

2.    Kesepakatan yang Saling Menguntungkan

Kerja sama dengan mitra usaha harus memberikan keuntungan yang seimbang bagi kedua belah pihak sesuai dengan tujuannya. Biasanya, kemitraan ini saling melengkapi dalam hal produksi, distribusi, dan pelayanan. Jika hubungan dengan mitra usaha berjalan dengan baik, kemungkinan besar kerja sama akan berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama. 

3.    Membangun Jaringan Usaha Kecil

Hubungan mitra usaha seringkali terjalin antara bisnis besar dan bisnis kecil. Hal ini terkait dengan pasokan bahan baku langsung dari produsen. Hubungan kerja sama ini membantu usaha kecil dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan mencapai tujuan bersama, hubungan ini dapat menjaga eksistensi usaha kecil dan meningkatkan keuntungan bagi bisnis besar.

Dengan memperhatikan ciri-ciri di atas, kamu dapat mencari mitra usaha yang tepat dan membangun kerja sama yang saling menguntungkan.

Baca Juga: Strategi Efektif untuk Mengembangkan Bisnis Kulinermu

Tips Mencari Mitra Usaha yang Tepat

Mitra usaha dapat melibatkan dua bisnis atau lebih, dan setiap bisnis memiliki bidang dan pencapaian yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan beberapa tips untuk mencari mitra bisnis yang tepat. Berikut adalah langkah-langkahnya, ya. 

1.    Passion yang Sama

Pertimbangkan dengan saksama passion dari calon mitra, sebelum memilihnya untuk menjadi mitra usahamu. Carilah mitra usaha yang memiliki kesamaan passion denganmu. Dengan begitu, kamu dan mitra usahamu dapat terhindar dari masalah yang mungkin timbul selama masa kemitraan.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki usaha di bidang kuliner, pastikan mitra usahamu juga memiliki passion di bidang kuliner. 

2.    Integritas yang Tinggi

Integritas sangat penting dalam menjalankan usaha. Tanpa adanya integritas, usahamu dapat menghadapi banyak konflik dan berisiko mengalami kegagalan. Arti dari integritas di sini berarti adanya kemauan untuk terus maju, tanpa mengenal lelah, dan pantang menyerah dalam membangun bisnis

Integritas muncul ketika rekan bisnismu memiliki visi dan misi yang sama. Perhatikan niat dari calon mitra bisnismu sebelum menjalin hubungan kerja sama, ya. Integritas yang tinggi akan membuka peluang kesuksesan dan keuntungan bagi kedua belah pihak. 

3.    Menghargai Kejujuran

Kejujuran adalah nilai yang berlaku dalam kemitraan usaha. Perhatikan seberapa jujur calon mitra bisnismu dalam menjalankan usaha, mengingat kerjasama yang berhasil membutuhkan waktu untuk berproses. Carilah partner usaha yang selalu jujur, karena hal itu akan memengaruhi jalannya kerja sama. 

4.    Kapabilitas yang Mumpuni

Kapabilitas dalam kemitraan bisnis mengacu pada kemampuan dan keterampilan dalam menjalankan bidang usaha yang akan ditekuni.

Jika kamu memilih mitra usaha yang tidak memiliki kapabilitas, bisnis yang baru saja dimulai dapat terhenti di tengah jalan, lho! Misalnya, jika kamu mencari mitra usaha di bisnis fashion, pastikan calon mitra usahamu mempunyai pengetahuan tentang industri garmen. 

5.    Adanya Keterbukaan untuk Bekerja Sama

Mitra usaha menciptakan hubungan saling terikat. Akan ada banyak kerja sama yang terjalin di masa depan. Oleh karena itu, penting untuk mencari mitra usaha yang terbuka dan mau bekerja sama.

Membangun hubungan dengan mitra bisnis sama pentingnya seperti roda pada kendaraan. Jika satu roda tidak bergerak dengan baik, hal itu akan berpengaruh pada roda lainnya 

6.    Mau Berjuang Bersama

Banyak orang tertarik memulai usaha, tapi tidak semua dapat bertahan. Salah satu alasan utamanya karena memiliki mitra usaha yang tidak memiliki tekad untuk berjuang sampai akhir Penting bagi kamu untuk mencari mitra usaha yang kuat, siap melawan kompetitor.

7.    Membangun identitas bersama

Berbagi dalam konteks ini berarti bagaimana mitra usaha dapat berkontribusi dalam membentuk identitas dan tindakan positif bisnismu. Ketika mitra menemukan nilai-nilai yang saling terkait dalam kerja sama, tentunya akan tercipta keselarasan dan etos kerja yang kuat. 

8.    Saling Memberi dan Menerima

Keterbukaan di sini berarti mau menerima masukan untuk kemajuan bisnis. Jika ini terjadi, hubungan mitra usaha bisa terasa seperti keluarga. Namun, kamu perlu kesabaran karena ini adalah proses yang membutuhkan waktu. Inilah mengapa sebagian orang memilih rekan bisnis yang sudah dikenal sejak lama.

Bermitra dengan orang yang sudah dikenal memiliki banyak keuntungan, termasuk pemahaman tentang karakter, passion, dan bahkan emosi dari rekan bisnismu. 

9.    Saling Support

Saat bekerja sama untuk meraih kesuksesan, saling mendukung antara mitra sangat penting. Dukungan bisa berupa dukungan moril.

Dengan saling support, berarti kamu dan mitra bisnis telah berkomitmen untuk mencapai tujuan yang sama. Dengan demikian, tidak ada ruang untuk saling menyalahkan atau merugikan saat kerja sama berlangsung.

Sikap saling mendukung sangat dibutuhkan saat usaha menghadapi masa-masa sulit. Penting untuk memiliki mitra yang memiliki sifat saling support

10. Tumbuh Bersama

Cari rekan bisnis yang memiliki tujuan yang jelas dalam bidang usaha dan sepenuhnya berkomitmen untuk mencapai kesuksesan. Temukan mitra usaha yang dapat mengutamakan kepentingan bisnis daripada urusan pribadi. 

Baca Juga: Arti Usaha Mikro dan Perannya dalam Perekonomian Nasional

Contoh Mitra Usaha

Mari kita lihat contoh salah satu perusahaan terkenal di industri pengolahan susu yaitu PT Greenfields. Pada tahun 2012, pemerintah mengeluarkan peraturan yang melarang impor sapi perah sehingga PT Greenfields menghadapi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan bahan baku susu sapi.

Untuk mengatasi hal ini, PT Greenfields mencari cara dengan menjalin kerja sama dengan peternak sapi yang mampu menghasilkan hingga 8 ton susu per hari. Mereka juga bekerja sama dengan penyedia rumput. Dalam kemitraan ini, PT Greenfields memberikan pelatihan kepada peternak mengenai kesehatan ternak, memberikan diskon pada pakan ternak, dan membeli produk susu dari mereka.

Kedua belah pihak mendapatkan manfaat dari kemitraan ini. PT Greenfields tidak mengalami kekurangan stok susu yang akan didistribusikan kepada pembeli, sementara mitra peternak mendapatkan penghasilan dari penjualan susu kepada PT Greenfields. 

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, penting untuk dipahami bahwa mitra usaha memiliki peran penting dalam bisnis. Kedua belah pihak dapat saling mendukung dan meraih manfaat bersama. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk melakukan pencarian mitra usaha dengan hati-hati dan teliti.

Aplikasi majoo akan membantu kamu dalam membuat laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan aplikasi majoo adalah memudahkan pembukuan dalam proses akuntansi dan menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan aplikasi majoo, kamu akan lebih menghemat waktu dalam proses operasional bisnis. Dengan harga yang efisien, efektif, dan cepat, kamu bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnismu.

Aplikasi majoo bisa diakses secara fleksibel, lho! Dengan menggunakan beragam fitur menarik di aplikasi majoo, tentunya lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, membuat laporan keuangan, dan masih banyak lagi

Nikmati kesempatan free trial aplikasi majoo selama 14 hari, yuk!


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo