Omnichannel Marketplace untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Omnichannel marketplace, sebuah istilah yang familiar di telinga kamu jika kamu bergerak di bidang bisnis online

Omnichannel marketplace, sebuah istilah yang mungkin sudah familiar di telinga kamu jika kamu bergerak di bidang bisnis online. Namun, apa sebenarnya omnichannel marketplace itu? Omnichannel adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan berbagai saluran penjualan dan pemasaran untuk menyajikan pengalaman belanja yang konsisten dan terintegrasi kepada pelanggan.


Secara sederhana, omnichannel bekerja dengan cara menghubungkan berbagai kanal penjualan yang ada, baik itu toko fisik, website, atau marketplace, dan mengintegrasikannya sehingga pelanggan bisa berbelanja kapan saja dan di mana saja dengan pengalaman yang konsisten.

Keuntungan Menggunakan Omnichannel

Meningkatkan Jangkauan Bisnis

Dengan omnichannel, bisnis onlinemu bisa dijangkau oleh lebih banyak orang, baik itu pelanggan yang suka belanja online atau yang lebih memilih berbelanja secara langsung di toko fisik.

Memperkuat Brand Image

Bisnis yang menggunakan strategi omnichannel biasanya lebih dihargai oleh konsumen karena dianggap up-to-date dan customer-friendly.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Omnichannel memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnismu melalui berbagai saluran, baik itu media sosial, website, atau toko fisik, sehingga membuat mereka merasa lebih terkoneksi dan loyal terhadap brandmu.

Fungsi Omnichannel Marketplace untuk Bisnis

Saat ini, banyak bisnis ritel menerapkan strategi Omnichannel. Tujuan utamanya adalah untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan yang nantinya akan berujung pada peningkatan penjualan. Berikut ini beberapa fungsi Omnichannel untuk bisnismu:

Menggabungkan Beragam Saluran Komunikasi

Omnichannel merupakan strategi pemasaran yang dapat menggabungkan sejumlah saluran komunikasi. Kamu bisa mengintegrasikan saluran komunikasi dan penjualan, baik online maupun offline, dalam strategi Omnichannel.


Fungsi Omnichannel yang satu ini membuat kamu bisa memeriksa penjualan dan kepuasan pelanggan dalam satu dashboard, sehingga tidak perlu lagi mengecek secara manual yang tentunya akan memakan waktu. Dengan ini, efisiensi bisnismu akan meningkat dan hambatan saat mengembangkan bisnis dapat dikurangi.

Mempercepat Pengambilan Keputusan

Omnichannel mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi dan penjualan dalam satu platform. Kamu bisa mengontrol stok barang, total penjualan, minat konsumen, dan tren penjualan dalam satu dashboard. Analisis kepuasan konsumen juga jadi lebih mudah. Fungsi Omnichannel ini membuat kamu bisa mengambil keputusan dengan lebih cepat.


Dengan adanya data yang terkumpul dalam sistem, kamu bisa merancang strategi pemasaran yang lebih spesifik. Strategi berdasarkan data real-time memudahkan kamu memahami karakteristik konsumen dan perilaku mereka saat bertransaksi. Data yang tersusun dalam dashboard Omnichannel bisa kamu gunakan sebagai dasar saat menyusun data, proposal, atau promosi.

Mengintegrasikan Layanan Online dan Offline

Sistem Omnichannel memudahkan pelanggan dalam berbelanja karena integrasi layanan toko online dan offline. Misalnya, pelanggan bisa memesan produk secara online dan mengambilnya di toko fisik terdekat. Atau sebaliknya, pelanggan bisa melihat produk di toko, kemudian melakukan pemesanan dan transaksi secara online sehingga produk bisa langsung dikirim ke rumah.


Pengintegrasian offline dan online ini memungkinkan kamu untuk terus berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Sementara untuk transaksi jadi lebih mudah dan aman. Data yang didapat dari offline dan online tetap bisa diintegrasikan dengan sistem Omnichannel sehingga bisa tetap dipantau dari satu tempat.

Implementasi Omnichannel Marketplace dalam Bisnis Online

Setelah memahami apa itu omnichannel marketplace dan keuntungannya, sekarang kita beralih ke tahap implementasi. Bagaimana caranya menerapkan strategi omnichannel dalam bisnis onlinemu?

Integrasi Saluran Penjualan

Langkah pertama dalam mengimplementasikan omnichannel adalah melakukan integrasi antara berbagai saluran penjualan. Misalnya, jika bisnismu memiliki toko fisik dan juga berjualan di beberapa marketplace, kamu perlu memastikan bahwa informasi produk dan harga di semua saluran tersebut konsisten.

Optimalisasi Pengalaman Belanja Pelanggan

Selanjutnya, perlu diupayakan untuk mengoptimalkan pengalaman belanja pelanggan di setiap saluran tersebut. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan memudahkan proses check out, menyediakan opsi pengiriman yang beragam, atau bahkan menawarkan layanan personalisasi produk.

Menggunakan Teknologi Untuk Mendukung Omnichannel

Implementasi omnichannel tidak bisa lepas dari penggunaan teknologi. Oleh karena itu, penting bagi bisnismu untuk memanfaatkan teknologi yang dapat mendukung strategi omnichannel.

Salah satu teknologi yang dapat kamu manfaatkan adalah aplikasi toko online Majoo! Dapatkan solusi yang tepat, kemudahan dalam membangun dan mengelola toko onlinemu sendiri. Mulai dari pengaturan produk, pengelolaan inventaris, hingga pemrosesan pesanan, semuanya ada dalam satu platform yang mudah digunakan!

Sistem Manajemen Persediaan yang Terintegrasi

Untuk memastikan ketersediaan produk di semua saluran penjualan dan menghindari overstock atau stockout, kamu perlu menggunakan sistem manajemen persediaan yang terintegrasi. Sistem ini akan membantu kamu melacak jumlah stok produk secara real-time dan merencanakan pembelian ulang barang dengan lebih efisien.

Platform E-commerce yang Mendukung Omnichannel

Selain itu, kamu juga perlu memilih platform e-commerce yang mendukung implementasi omnichannel. Beberapa platform e-commerce saat ini sudah menyediakan fitur-fitur yang mendukung strategi omnichannel, seperti integrasi dengan berbagai marketplace dan fitur click and collect.


Omnichannel marketplace adalah strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan performa bisnis online. Dengan melakukan integrasi antara berbagai saluran penjualan dan mengoptimalkan pengalaman belanja pelanggan, kamu bisa memaksimalkan potensi penjualan dan pendapatan bisnismu. Meski memerlukan usaha dan investasi teknologi yang cukup besar, namun hasil yang diperoleh akan sebanding dengan upaya yang kamu lakukan.

Tips Meningkatkan Penjualan dengan Omnichannel Marketplace dalam Bisnis

Omnichannel marketplace telah menjadi solusi penting untuk meningkatkan penjualan dan memperkuat brand bisnis online

Omnichannel marketplace telah menjadi solusi penting untuk meningkatkan penjualan dan memperkuat brand bisnis online. Strategi ini mengintegrasikan semua saluran penjualan dan komunikasi, baik online maupun offline, menjadi satu platform. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan penjualan dengan omnichannel marketplace dalam bisnismu:

Pahami dan Kenali Pelanggan

Mengenal dan memahami pelanggan adalah kunci penting dalam omnichannel marketplace. Data pelanggan dari setiap saluran penjualan dan komunikasi, seperti media sosial, email, aplikasi mobile, website, dan toko fisik, harus dikumpulkan dan dianalisis secara menyeluruh. Dengan memahami perilaku dan preferensi belanja pelanggan, kamu bisa menawarkan produk atau layanan yang paling sesuai dan relevan dengan kebutuhan mereka.

Seamless Customer Experience

Dalam omnichannel marketplace, pengalaman belanja yang seamless adalah hal yang penting. Pelanggan harus bisa berbelanja dengan mudah, cepat, dan nyaman, baik secara online maupun offline. Kamu harus memastikan bahwa pelanggan bisa melanjutkan proses belanja mereka di satu saluran ke saluran lainnya dengan lancar dan tanpa hambatan.

Optimalkan Saluran Penjualan

Optimalkan semua saluran penjualan yang kamu miliki. Jika kamu memiliki toko online dan offline, pastikan keduanya saling terhubung dan sinergis. Misalnya, pelanggan yang melakukan pembelian di toko online bisa memilih untuk mengambil barangnya di toko offline. Atau sebaliknya, pelanggan yang melihat barang di toko offline bisa melakukan pemesanan dan pembayaran secara online.

Lakukan Personalisasi

Personalisasi adalah cara efektif untuk meningkatkan penjualan dalam omnichannel marketplace. Kamu bisa menawarkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan berdasarkan data yang kamu miliki. Misalnya, kamu bisa memberikan rekomendasi produk atau memberikan diskon khusus untuk produk yang sering dibeli pelanggan.

Bangun Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan sangat penting dalam omnichannel marketplace. Kamu bisa membangun loyalitas pelanggan dengan memberikan pengalaman belanja yang memuaskan, baik secara online maupun offline. Program loyalty seperti poin belanja, cashback, atau diskon khusus untuk pelanggan setia bisa menjadi strategi yang efektif.

Pedoman Merek

Langkah berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah memaksimalkan pedoman merek. Saat ini, banyak pebisnis yang beranggapan bahwa identitas merek bukanlah hal yang perlu dipertahankan.

Dalam konteks ini, biasanya pebisnis tidak menganggap pedoman merek sebagai salah satu faktor pendukung bisnis mereka yang signifikan. Padahal, pedoman merek saat ini menjadi salah satu aspek yang dipertimbangkan konsumen saat melakukan pembelian.


Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan membangun pedoman merek melalui panduan konten kreatif di semua saluran. Pedoman merek dapat mendorong konsumen untuk lebih peduli dan mengenal produkmu di berbagai platform.

Memanfaatkan Media Sosial Secara Maksimal

Cara berikutnya untuk meningkatkan penjualan dengan Omnichannel adalah dengan memanfaatkan media sosial bisnismu sebaik mungkin.

Mengingat, saat ini media sosial telah menjadi salah satu pusat komunikasi terbesar di dunia. Di mana penggunanya tidak hanya bertukar pesan, tetapi juga dapat saling berinteraksi dan berkomunikasi dengan lebih ekspresif.


Omnichannel marketplace memang bukan strategi yang mudah dijalankan. Namun, jika diimplementasikan dengan benar, strategi ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi bisnismu, salah satunya adalah peningkatan penjualan.

Contoh Usaha yang Menggunakan Omnichannel Marketplace

Dunia bisnis penuh dengan contoh sukses perusahaan yang menerapkan strategi omnichannel. Mari kita lihat beberapa contohnya untuk mendapatkan gambaran lebih jelas tentang bagaimana strategi ini dapat digunakan dalam praktek.

Zara

Zara adalah salah satu perusahaan ritel fashion yang berhasil menerapkan strategi omnichannel. Mereka mengintegrasikan toko fisik dan online mereka dengan baik. Pelanggan dapat memeriksa ketersediaan barang di toko terdekat melalui aplikasi Zara, memesan barang secara online, dan mengambilnya di toko atau bahkan melakukan pengembalian barang di toko mana saja. Hal ini membuat pengalaman belanja menjadi nyaman dan fleksibel bagi pelanggan.

Sephora

Sephora juga merupakan contoh sukses lainnya dalam penerapan strategi omnichannel. Mereka menawarkan "Virtual Artist", sebuah fitur dalam aplikasi mobile Sephora yang memungkinkan pelanggan mencoba berbagai produk make up secara virtual. Selain itu, mereka juga memberikan rekomendasi produk yang personal melalui aplikasi berdasarkan data pelanggan. Ini menunjukkan bagaimana omnichannel bisa digunakan untuk meningkatkan interaksi dan kepuasan pelanggan.

Pelajaran dari Contoh Sukses Omnichannel

Apa yang bisa kita pelajari dari contoh sukses omnichannel di atas? Ada beberapa poin penting yang bisa kita ambil.

Fokus pada Kepuasan Pelanggan

Salah satu hal yang jelas adalah semua perusahaan sukses dengan strategi omnichannel mereka berfokus pada kepuasan pelanggan. Mereka memastikan bahwa pengalaman belanja pelanggan menjadi nyaman dan menyenangkan di semua saluran.

Manfaatkan Teknologi

Perusahaan-perusahaan ini juga memanfaatkan teknologi untuk mendukung strategi omnichannel mereka. Dengan teknologi, mereka bisa menawarkan fitur-fitur unik yang menambah nilai bagi pelanggan.

Integrasi Data

Integrasi data juga menjadi kunci dalam kesuksesan omnichannel. Dengan mengintegrasikan data dari berbagai saluran, perusahaan bisa mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang perilaku pelanggan dan memberikan layanan yang lebih personal.


Contoh-contoh di atas menunjukkan bahwa penerapan strategi omnichannel bisa membawa banyak keuntungan bagi bisnis. Dengan fokus pada kepuasan pelanggan, memanfaatkan teknologi, dan melakukan integrasi data, kamu bisa membuat bisnismu sukses dengan omnichannel marketplace. Meski ada tantangan dalam penerapannya, namun dengan perencanaan dan eksekusi yang baik, kamu bisa mencapai sukses seperti perusahaan-perusahaan di atas.


Ingatlah bahwa bisnis online bukan hanya tentang menjual produk, tetapi juga tentang membangun hubungan dengan pelanggan. Dengan omnichannel, kamu bisa melakukan keduanya dengan lebih efektif. Jadi, tunggu apa lagi? Saatnya untuk memulai perjalanan omnichannel bisnismu!




Sumber Data:

  • https://idmetafora.com/news/read/2827/Strategi-Omnichannel-Untuk-Membangun-Bisnis-Online-Maupun-Retail.html
  • https://qontak.com/blog/cara-meningkatkan-penjualan-dengan-omnichannel/
  • https://www.bhinneka.com/blog/omnichannel-adalah/#
  • https://unsplash.com/s/photos/online-shopping

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo