Promo Diskon: Cara Membuat dan Contoh yang Menarik Minat Konsumen

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Apa itu promo diskon?

Sampai saat ini, promo diskon adalah metode yang dinilai mampu mendatangkan konsumen dengan mudah. Berlaku pada bisnis apa pun. Mulai dari bisnis ritel, perdagangan skala kecil hingga besar, sampai dengan bisnis yang dijalankan secara online.

Promo diskon dianggap sebagai kesempatan yang menarik bagi konsumen untuk mendapatkan produk atau layanan dengan harga lebih terjangkau. Khususnya bila dibandingkan dengan harga pada kondisi normal.

Promo ini dapat memikat pelanggan baru, mendorong pembelian lebih banyak dari pelanggan yang sudah ada, serta memberikan dorongan positif pada brand image atau bisnis. Diskon yang signifikan seringkali dapat menciptakan sensasi dan antusiasme, menghasilkan peningkatan lalu lintas penjualan, dan membangun hubungan yang lebih kuat antara perusahaan dan pelanggannya.

Apa Itu Promo Diskon?

Promo diskon adalah bentuk tawaran atau promosi yang diberikan oleh bisnis atau pengecer kepada konsumen. Diskon biasanya berupa potongan harga dari harga normal suatu produk atau layanan. 

Tujuan utama dari promo diskon adalah untuk meningkatkan penjualan dalam jangka waktu tertentu dan juga memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Promo diskon juga biasanya memiliki batas waktu tertentu. Inilah yang menjadi faktor yang memicu sense of urgency pada konsumen dan mendorong mereka untuk segera mengambil keputusan pembelian. 

Baca Juga: Contoh Promo Diskon yang Efektif Meningkatkan Penjualan

Promo diskon dapat memiliki berbagai bentuk, di antaranya:

Persentase Diskon

Ini adalah jenis promo diskon yang paling umum. Produk atau layanan akan dijual dengan harga lebih rendah, biasanya dalam bentuk persentase tertentu dari harga asli. Contohnya, "Diskon 20% untuk semua produk."

Diskon Nominal

Bila bentuk promo diskon yang dipilih adalah diskon nominal, artinya sejumlah uang tetap dikurangkan dari harga asli produk. Misalnya memberikan potongan sebesar Rp50.000 untuk pembelian minimal sebesar Rp150.000, dan sebagainya.

Diskon Kombinasi

Promo ini memberikan diskon jika pembeli membeli sejumlah produk atau layanan dalam satu paket atau kombinasi tertentu. Contohnya, "Beli sepatu dan tas bersamaan, dapatkan diskon 10%."

Diskon Musiman

Promo diskon seringkali terkait dengan periode atau acara tertentu, seperti diskon menjelang Hari Raya, liburan, atau perayaan khusus lainnya.

Diskon Pelanggan

Kadang-kadang, beberapa bisnis memilih untuk memberikan diskon kepada pelanggan yang sudah berlangganan atau sering berbelanja. Ini adalah bentuk penghargaan atas loyalitas mereka atau sebagai implementasi dari Customer Relationship Management (CRM).

Diskon Langsung atau Kupon

Diskon dapat diberikan langsung pada saat pembelian atau melalui kupon yang bisa digunakan pada pembelian berikutnya.

Diskon Online

Di era digital, banyak promo diskon juga ditawarkan secara online. Kode diskon atau kupon dapat dimasukkan saat berbelanja di situs web atau aplikasi tertentu untuk mendapatkan potongan harga.

Perbedaan Promo dan Diskon

Selama ini, mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa promo dan diskon adalah hal yang sama. Padahal, itu tidak sepenuhnya benar. Promo dan diskon memang sama-sama berhubungan dengan tawaran khusus yang diberikan kepada konsumen, tetapi ada perbedaan mendasar antara keduanya:

Perbedaan promo dan diskon yang terlihat jelas adalah:

Promo atau promosi adalah istilah yang lebih luas dan mencakup berbagai jenis tawaran khusus yang diberikan kepada konsumen. Tujuannya untuk meningkatkan angka penjualan, memperkenalkan produk atau layanan baru, atau membangun brand awareness

Promo bisa diberikan dalam bentuk diskon, hadiah gratis, kontes, acara khusus, atau bentuk insentif lainnya. Singkatnya, promo adalah upaya untuk mempromosikan produk atau merek dengan berbagai cara.

Sementara, diskon adalah salah satu bentuk spesifik dari promo. Ini adalah potongan harga dari harga normal suatu produk atau layanan. Diskon bisa berupa persentase tertentu dari harga asli atau potongan harga dalam bentuk lainnya. Tujuan utama diskon adalah mendorong konsumen untuk membeli dengan harga lebih murah dan, akibatnya, meningkatkan penjualan dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga: Berbagai Cara Menghitung Diskon yang Menarik Diterapkan!

Bagaimana cara membuat promo diskon yang menarik?

Cara Membuat Promo Diskon yang Menarik

Pebisnis perlu tahu cara membuat promo diskon yang menarik karena strategi tersebut dapat memiliki dampak besar pada pertumbuhan bisnis. Bukan itu saja, promo diskon juga dapat menjadi cara untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. 

Promo diskon yang berhasil tidak hanya mengundang minat pelanggan, tetapi juga menjadikan mereka untuk berbelanja lebih banyak atau bahkan mencoba produk atau layanan baru. Dengan memahami berbagai preferensi dan perilaku pelanggan, pebisnis dapat menentukan jenis diskon yang dianggap efektif, seperti potongan harga persentase atau potongan harga langsung. 

Cara membuat promo diskon yang menarik memerlukan perencanaan dan strategi yang baik. Ini dilakukan agar dapat menarik perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk berbelanja. Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat promo diskon yang menarik adalah:

Tentukan Tujuan dan Jenis Diskon

Pertama, tetapkan tujuan kamu untuk promo diskon ini. Apakah ingin meningkatkan penjualan, menarik pelanggan baru, atau merayakan momen khusus? Selanjutnya, pilih jenis diskon yang sesuai, seperti diskon persentase, potongan harga tetap, buy one get one (BOGO), atau paket bundling dengan harga spesial.

Pilih Produk yang Akan Diberi Diskon

Pilihlah produk atau layanan tertentu yang akan mendapatkan diskon. Kamu bisa memilih produk yang populer atau yang ingin dipromosikan agar lebih dikenal oleh pelanggan.

Tentukan Besaran Diskon yang Menarik

Tentukan besaran diskon yang cukup menarik untuk menarik perhatian pelanggan. Diskon yang terlalu kecil mungkin akan kurang menarik, sedangkan diskon yang terlalu besar bisa merugikan bisnis. Kamu perlu menyeimbangkan kedua faktor ini dengan tepat.

Tentukan Batas Waktu Promo

Tetapkan periode promo yang terbatas dengan pasti. Batas waktu ini akan menciptakan sense of urgency bagi pelanggan untuk segera beraksi dan memanfaatkan diskon tersebut.

Beri Promosi yang Menarik

Buatlah promosi yang menarik secara visual. Desain poster, banner, atau iklan digital yang eye-catching dan informatif. Gunakan warna yang kontras dan gambar yang relevan dengan produk yang dipromosikan.

Komunikasikan Melalui Berbagai Saluran

Gunakan berbagai saluran komunikasi untuk menyebarkan promo diskon tersebut. Bisa melalui media sosial, email, situs web, dan toko fisik jika ada. Pastikan pesan promosi jelas dan mudah dimengerti oleh siapa pun yang membaca atau melihatnya. 

Segmentasi Pelanggan

Jika memungkinkan, segmentasikan pelanggan berdasarkan preferensi dan pembelian sebelumnya. Ini akan memudahkan kamu untuk memberikan diskon yang lebih relevan dan menarik bagi masing-masing kelompok pelanggan.

Beri Insentif Tambahan

Selain diskon, kamu juga bisa menawarkan insentif tambahan seperti pengiriman gratis, voucher hadiah, atau poin reward untuk pembelian selanjutnya.

Berikan Pelayanan yang Baik

Pastikan bahwa pelanggan yang memanfaatkan promo diskon mendapatkan pelayanan yang baik. Pebisnis bukan hanya perlu mengetahui cara membuat promo diskon yang menarik, tapi juga cara memberikan pelayanan yang baik. Ini dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan membawa dampak positif jangka panjang pada bisnis yang kamu jalankan.


Contoh Promo Diskon Menarik 

Lantas, seperti apa contoh promo diskon yang dibuat dengan baik dengan strategi yang tepat? Ada banyak contoh promo diskon yang sudah dilakukan oleh pebisnis lainnya yang bisa kamu tiru dan modifikasi sesuai kebutuhan bisnismu.

Beberapa contoh promo diskon yang menarik yang bisa kamu gunakan antara lain:

  • Weekend Bonanza: Diskon 25% untuk semua produk selama akhir pekan.

  • Bundle Special: Beli smartphone dan aksesorisnya dalam satu paket, dapatkan diskon 15%.

  • Happy Hour Sale: Diskon 20% untuk pembelian di toko fisik antara jam 3 sore hingga 6 sore.

  • Birthday Treat: Dapatkan diskon sebesar usia Anda dalam persentase saat berbelanja di dekat hari ulang tahun Anda.

  • Flash Sale: Diskon 30% hanya dalam waktu 2 jam di pagi hari.

  • Referensi Rewards: Ajak teman untuk berlangganan, dan Anda berdua akan mendapatkan diskon 10% pada pembelian berikutnya!

  • Student Discount: Diskon khusus 15% untuk pelajar dan mahasiswa dengan menunjukkan kartu identitas sekolah/universitas.

  • Clearance Sale: Diskon 50% untuk semua produk dalam kategori tertentu untuk membersihkan stok lama.

  • Free Shipping Promo: Dapatkan diskon 10% dan pengiriman gratis untuk pembelian di atas nominal tertentu.

  • Seasonal Savings: Diskon 25% untuk produk musim tertentu sebelum pergantian musim.

Efektivitas contoh promo diskon yang kamu lakukan tergantung pada sejumlah faktor. Termasuk pasar target, jenis produk, dan strategi pemasaran yang digunakan. Promo diskon yang berhasil adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen serta memberikan nilai tambah yang jelas.

Kesimpulan 

Promo diskon adalah bentuk penawaran atau promosi yang diberikan kepada konsumen. Diskon yang diberikan atau ditawarkan biasanya dalam bentuk potongan harga dari harga normal suatu produk atau layanan. 

Pemahaman yang baik dan mendalam tentang preferensi pelanggan, kejelasan komunikasi, dan kreativitas dalam cara membuat promo diskon akan memastikan kesuksesan strategi promosi tersebut. Ini juga akan berpengaruh pada hubungan bisnismu dengan konsumen. Bisa dibilang menjadi salah satu implementasi dari konsep Customer Relationship Management (CRM).

Agar lebih mudah menerapkan langkah-langkah penyusunan promo diskon, kamu bisa menggunakan aplikasi CRM dari majoo. Aplikasi ini membantu kamu mencatat data pelanggan dan transaksi yang sudah mereka lakukan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menentukan jenis promo diskon yang tepat untuk para pelanggan tersebut. Praktis dan menarik, kan? Bisnismu sudah pakai majoo?



Sumber Data:

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-diskon/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo