Penjelasan Lengkap Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Banyak hal yang bisa menjadi sumber peluang usaha, secara umum sumber tersebut dapat digolongkan menjadi sumber peluang usaha internal dan eksternal. Sumber peluang usaha dari eksternal adalah hal-hal yang datangnya dari luar, bukan dari keinginan atau kebutuhan pribadi pelaku usahanya.

Mengetahui sumber-sumber peluang usaha dapat membantu pelaku usaha untuk mengidentifikasi peluang-peluang baru yang mungkin muncul. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi peluang bisnis, mereka dapat lebih mudah mengenali ide-ide bisnis yang potensial untuk dikembangkan lebih dalam.

Apa Itu Sumber Peluang Usaha?

Pengertian sumber peluang usaha adalah aspek-aspek atau faktor-faktor yang menjadi dasar atau pemicu terjadinya peluang-peluang baru untuk memulai atau mengembangkan suatu bisnis. Sumber-sumber peluang usaha ini berasal dari berbagai konteks, baik dari internal maupun eksternal perusahaan.

Secara singkat, yang dimaksud sumber internal adalah sumber-sumber peluang usaha dari diri sendiri. Mulai dari keinginan, hobi, minat, sampai dengan keahlian atau keterampilan tertentu yang dikuasai oleh pemilik usaha.

Sebaliknya, sesuai namanya, sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah semua hal yang berasal dari luar diri pemilik usaha. Bisa berasal dari faktor lingkungan, permintaan konsumen, dan sebagainya. 

Sumber-sumber peluang usaha ini memberikan landasan bagi para pengusaha untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang-peluang baru dalam menciptakan atau mengembangkan bisnis mereka. Dengan memanfaatkan sumber-sumber tersebut, pelaku usaha dapat mengembangkan keunggulan kompetitif mereka di pasar. Mereka dapat menciptakan nilai tambah bagi pelanggan mereka, meningkatkan kualitas produk atau layanan, dan membedakan diri dari pesaing.

Sumber Peluang Usaha dari Eksternal adalah yang Tidak Berasal dari Diri Sendiri

Tadi sudah disebutkan bahwa sumber peluang usaha eksternal adalah potensi-potensi atau peluang-peluang yang berasal dari luar diri pemilik usaha atau perusahaannya. 

Sumber-sumber peluang usaha eksternal tersebut antara lain adalah:

1. Permintaan Konsumen atau Pasar

Permintaan konsumen atau pasar merupakan salah satu contoh sumber peluang bisnis yang dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal. Sangat memuaskan apabila bisnismu mendapat permintaan yang tinggi. 

Dengan tingginya permintaan pasar terhadap produk atau layanan yang ditawarkan, kamu tidak perlu lagi melakukan usaha yang berlebihan. Ketika ada permintaan pasar yang tinggi terhadap barang atau jasa yang kamu sediakan, maka calon konsumen akan datang mencari produk tersebut. Sebaliknya, produk atau layanan kamu tidak perlu mencari calon konsumen.

2. Perubahan Lingkungan

Perubahan lingkungan fisik atau sosial dapat menciptakan kebutuhan baru bagi suatu bisnis. Contohnya, meningkatnya kesadaran akan krisis lingkungan dapat memunculkan permintaan untuk solusi-solusi yang ramah lingkungan. Contoh lainnya adalah saat terjadi pandemi COVID-19 yang memunculkan peluang bisnis di sektor kesehatan, teknologi, dan layanan pengiriman produk.

3. Berbagai Kebutuhan atau Keinginan yang Belum Terpenuhi

Setiap konsumen pastinya memiliki preferensi dan keinginan yang berbeda-beda. Karena itu, banyak kebutuhan yang belum terpenuhi menjadi persoalan bagi mereka. Sebagai pengusaha yang pintar, sebaiknya kamu bisa mengambil keuntungan dari situasi ini sebagai peluang usaha. 

4. Perlunya Inovasi dari Produk yang Sudah Ada Sebelumnya

Selanjutnya, sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah perlunya melakukan inovasi dari produk yang sebelumnya sudah pernah ada. Umumnya, inovasi perlu dilakukan karena berbagai alasan. Tapi alasan utamanya adalah agar bisa bersaing dengan kompetitor. 

Perlu kamu pahami bahwa inovasi merupakan kunci penting untuk menjaga kelangsungan bisnis. Kalau kamu bertahan untuk terus berpegang pada pola bisnis yang sama dan tidak bervariasi, risiko tertinggal oleh kompetitor akan semakin besar.

Baca Juga: 4 Jenis Usaha yang Tidak Pernah Sepi untuk Peluang Bisnis!


5. Perubahan Sosial dan Demografi Konsumen

Adanya berbagai perubahan dalam pola perilaku konsumen atau struktur demografi juga dapat menjadi sumber peluang bisnis. Contohnya, meningkatnya jumlah konsumen yang suka mengkonsumsi produk herbal atau vegan. Sebagai pemilik usaha, sebaiknya kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik.

6. Perubahan Ekonomi

Perubahan kondisi ekonomi, seperti pertumbuhan ekonomi atau resesi, dapat menciptakan peluang bisnis baru atau mengubah cara bisnis beroperasi. Bisa saja kamu membuka jenis usaha yang baru karena memang harus menyesuaikan dengan kemampuan finansial konsumen.

Baca Juga: Ide Usaha di Kampung: Peluang Bisnis dengan Modal Terjangkau

Cara Mengembangkan Sumber Peluang Usaha Eksternal

Selain memahami tentang berbagai sumber peluang usaha internal dan eksternal, kamu juga sebaiknya memiliki pemahaman yang baik mengenai cara mengembangkannya. Untuk mengembangkan peluang bisnis dengan sukses, diperlukan rangkaian langkah strategis yang dapat membantu kamu sebagai pengusaha.

Beberapa langkah yang dapat diambil untuk sumber internal dan sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah:

1. Menetapkan Tujuan Bisnis yang Jelas

Langkah pertama dalam mengembangkan peluang bisnis adalah menetapkan tujuan bisnis dengan jelas. Mulai dari identifikasi visi, misi, sampai dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Dengan memiliki tujuan yang jelas, sebagai pengusaha kamu dapat memiliki panduan yang jelas untuk mengarahkan bisnisnya.

2. Melakukan Riset Bisnis yang Teliti

Melakukan riset pasar dan industri dengan cermat sangat penting untuk memahami segmen pasar, kebutuhan konsumen, tren, dan potensi pesaing. Informasi ini membantu kamu untuk mengidentifikasi peluang yang paling sesuai dan mengembangkan strategi bisnis yang tepat.

3. Memahami Kompetitor

Langkah pengembangan selanjutnya sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah dengan memahami pesaing di pasar. Bisa dibilang ini adalah kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif. Analisis kompetitor bisa kamu lakukan dengan mencari informasi mengenai produk, harga jual, dan strategi pemasaran mereka terapkan dalam bisnisnya. Dari sini, kamu dapat menentukan cara untuk membedakan bisnismu dan menawarkan nilai tambah kepada pelanggan.

4. Mengimplementasikan Kegiatan Pemasaran

Pemasaran merupakan elemen penting dalam mengembangkan sumber-sumber peluang bisnis.  Strategi pemasaran yang tepat dan efektif dapat mempermudah kamu dalam mencapai target pasar dan meningkatkan brand awareness. Termasuk berbagai metode pemasaran, termasuk pemasaran online, media sosial, dan lainnya.

5. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya

Mengelola dan meningkatkan sumber daya juga merupakan langkah penting dalam mengembangkan bisnis. Mulai dari modal usaha, tenaga kerja yang digunakan, penerapan teknologi, serta infrastruktur. Kamu juga harus memastikan bahwa sumber daya yang ada digunakan secara efisien untuk mendukung pertumbuhan bisnis.

6. Melakukan Inovasi Produk

Inovasi merupakan salah satu cara terbaik untuk tetap relevan dan berkembang di pasar yang terus berubah. Pengusaha harus berfokus pada pengembangan produk atau layanan yang inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara yang lebih baik daripada para kompetitornya.

7. Memperluas Jaringan Bisnis

Membangun jaringan dan hubungan bisnis yang kuat sangat penting dalam mengembangkan peluang bisnis. Koneksi yang baik dengan para mitra bisnis, supplier, serta konsumen potensial, dapat membuka peluang kolaborasi dan pertumbuhan bisnis yang semakin baik.

Baca Juga: Menilik Peluang Bisnis Parfum dan Cara Memulainya

Aplikasi Wirausaha majoo

Kesimpulan

Pengetahuan tentang sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah hal yang dapat membantu pelaku usaha dalam mengoptimalkan strategi bisnisnya. Kamu dan pelaku usaha lainnya dapat mengarahkan sumber daya dan upaya mereka ke arah yang paling sesuai dengan peluang-peluang yang ada, sehingga meningkatkan kemungkinan kesuksesan bisnis.

Dengan mengetahui sumber-sumber peluang usaha, kamu juga dapat mengurangi risiko bisnis mereka. Kamu dapat lebih memahami faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan bisnis dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengurangi risiko kegagalan.

Penggunaan aplikasi wirausaha seperti majoo, dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam mengevaluasi, memanfaatkan, dan mengembangkan peluang-peluang tersebut. Dengan majoo, kamu dapat menjalankan bisnis dengan lebih efisien dan responsif terhadap peluang yang muncul. Singkatnya, berlangganan majoo menjadi salah satu cara modern untuk mengoptimalkan potensi sumber-sumber peluang usaha. Tertarik pakai majoo? Langganan sekarang! 


Sumber: 

https://www.corpnet.net.id/blog/informasi/sumber-peluang-usaha

https://deepublishstore.com/blog/sumber-peluang-usaha/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo