Ide Usaha di Kampung: Peluang Bisnis dengan Modal Terjangkau

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Ada banyak ide usaha di kampung yang dapat kamu geluti dengan harga terjangkau

Kampung atau desa merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk pengembangan bisnis. Ada banyak ide usaha di kampung yang dapat kamu jalani. Hal ini dikarenakan kampung memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti hasil pertanian, peternakan, perikanan, serta potensi pariwisata yang masih terbuka lebar.

Selain itu, di kampung juga terdapat banyak tenaga kerja yang siap bekerja keras dan memiliki keterampilan tertentu yang dapat dimanfaatkan untuk memproduksi berbagai jenis produk. Terlebih lagi, biaya hidup di kampung cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan kota, sehingga dapat mengurangi biaya produksi.

Dengan berbagai potensi yang dimiliki oleh kampung, maka sangat tepat bagi para pengusaha untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis yang berkelanjutan dan membawa dampak positif bagi masyarakat setempat.

Baca Juga: Langkah Persiapan Merintis Usaha Dari Nol

Peluang Bisnis di Kampung

Membangun usaha di kampung mempunyai banyak peluang. Peluang ini dapat kamu jadikan sebagai ide usaha di kampung guna meraih keuntungan. Berikut beberapa peluang bisnis di kampung: 

  1. Pertanian dan perkebunan

Kampung memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang cukup besar, seperti tanaman padi, jagung, ubi, cengkeh, kopi, dan lain sebagainya. Peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan di bidang ini antara lain produksi pupuk organik, pembibitan tanaman, agen penjualan produk pertanian, dan sebagainya.

  1. Peternakan

Kampung juga memiliki potensi peternakan yang cukup besar seperti ayam, sapi, kambing, dan lain sebagainya. Peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan di bidang ini antara lain produksi pakan ternak, pembibitan hewan ternak, usaha jasa penyedia ternak, dan sebagainya. Kamu dapat menjadikan ini sebagai salah satu ide usaha di kampung.

  1. Perikanan

Kampung yang memiliki akses ke laut atau sungai juga memiliki potensi untuk usaha perikanan. Peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan di bidang ini antara lain pembuatan pakan ikan, pembudidayaan ikan, penjualan hasil tangkapan, dan sebagainya.

  1. Produk kerajinan tangan

Kampung juga memiliki potensi sumber daya manusia yang terampil dalam membuat berbagai jenis produk kerajinan tangan seperti anyaman, tenun, ukiran kayu, dan lain sebagainya. Peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan di bidang ini antara lain produksi bahan baku, pengrajin kerajinan tangan, dan penjualan produk.

  1. Pariwisata

Kampung yang memiliki daya tarik alam atau budaya yang khas dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata sehingga dapat kamu jadikan sebagai ide usaha di kampung. 


Peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan di bidang ini antara lain pengelolaan homestay, penyediaan wisata petualangan, pengelolaan warung makan dan kafe, dan sebagainya.

  1. Usaha makanan dan minuman

Kampung juga memiliki potensi kuliner yang khas dan bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. Peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan di bidang ini antara lain usaha warung makan, kedai kopi, atau penjualan makanan dan minuman tradisional.

Dengan memanfaatkan potensi-potensi di atas, pengusaha dapat mengembangkan bisnis yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

Untuk membantu kamu mengelola bisnis di kampung, manfaatkanlah aplikasi pendukung bisnis terbaik yaitu aplikasi Owner majoo. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap yang dapat membantu kamu dalam mengelola bisnis secara efektif dan efisien.