4 Perusahaan yang Sukses Menerapkan Transformasi Digital



Transformasi digital adalah sebuah strategi bisnis yang bisa dibilang paling tepat sasaran di masa seperti sekarang ini. Dari yang awalnya dilakukan secara manual, lalu bergeser memusatkan seluruh kegiatan dan layanan dengan  penggunaan teknologi. Transformasi digital merambah hampir ke seluruh aspek yang ada, sebut saja pembayaran, pencatatan data, sampai marketing sekalipun semuanya saat ini sudah terkena efek dari perkembangan dunia digital.


Saat ini sudah bisa dipastikan semua bisnis baik kecil, menengah dan besar menggunakan teknologi untuk meningkatkan performa bisnisnya. Itulah tujuan dasar yang ingin dicapai ketika para pemilik bisnis atau usaha mulai menerapkan konsep transformasi digital dalam bisnisnya. 


Ada 3 hal yang menjadi dasar atau kunci ketika transformasi digital diterapkan dalam sebuah bisnis:

1. Ada 3 komponen yang mesti disatukan agar transformasi digital bisa berjalan dengan baik yaitu SDM (orang), Bisnis (Perusahaan) dan Teknologi (Sistem dan Prosedur).

2. Komponen tersebut harus dimasukkan dalam budaya dan kebiasaan perusahaan. Hal itu mesti diperkuat oleh kebijakan atau arahan dari pihak manajemen atau pemilik bisnis/perusahaan.

3. Sebaiknya strategi bisnis dengan penerapan transformasi digital ini digunakan oleh perusahaan atau bidang usaha yang selalu fokus dan loyal dalam melayani customer. 


Dari penjelasan di atas, bisa kamu ketahui bahwa memang pada kenyataannya sudah ada beberapa perusahaan yang sukses menerapkan transformasi digital. Berikut beberapa di antaranya:



1. Netflix 

Netflix adalah salah satu perusahaan di dunia yang sukses besar dalam melakukan transformasi digital. Ya, siapa yang tidak tahu dengan layanan streaming film on-demand ini? Bahkan mungkin saja kamu sudah punya anggaran biaya berlangganan Netflix untuk setiap bulannya. 


Dulu, Netflix dikenal sebagai pembuat konten alias content creator. Tapi saat ini Netflix berani bergeser dengan membuat konten orisinalnya sendiri yang bisa dinikmati oleh semua orang. Walau masih terbatas pada serial TV namun kondisi ini yang sudah membuat Netflix berhasil dalam penerapan transformasi digital. Netflix menawarkan layanan hiburan selangkah lebih maju, yaitu dengan menyandingkannya lewat internet yang bisa didapatkan customer dengan jauh lebih mudah.


Ya, cuma  berbekal gawai dan biaya berlangganan per bulan yang terjangkau, kamu sudah bisa menikmati berbagai jenis film dan serial block office yang ada dari seluruh dunia. Strategi bisnis ini  bahkan disebut-sebut bisa meningkatkan omzet Netflix sampai 30 kali lipat. 


2. Hasbro 

Dulu Hasbro lebih dikenal sebagai produsen mainan yang bersifat ikonik. Tapi kemudian, pihak perusahaan mencoba mengubah segmentasi pasarnya menjadi perusahaan yang memproduksi mainan dengan segmentasi pasar yang bukan cuma anak-anak, melainkan para orang tua. 


Dengan mengincar orang tua yang memiliki anak, maka tahap mempromosikan produknya akan menjadi lebih efisien dan praktis. Salah satu cara yang dilakukan oleh Hasbro adalah dengan transformasi digital yaitu menggunakan media sosial sebagai media promosinya.


Strategi bisnis tersebut berhasil dengan baik, transformasi digital perusahaan berhasil meningkatkan omzet penjualan cukup besar. 


3. Gojek Dengan Berbagai Pemesanan Via Aplikasi

Siapa yang tidak kenal dengan Gojek? Ya, kamu pasti sudah sangat akrab dengan brand yang satu  ini. Gojek adalah layanan ojek online pertama yang beroperasi di Indonesia yang memudahkan mobilitas bagi orang-orang yang tidak memiliki kendaraan pribadi.


Gojek membuat proses menunggu alat transportasi yang konvensional seperti berdiri di pinggir jalan dan melakukan proses tawar menawar menjadi lebih sederhana dan cepat. Caranya adalah dengan menyediakan layanan pemesanan satu sentuhan lewat aplikasi.


Strategi bisnis ini yang kemudian membuat Gojek menjadi salah satu perusahaan Decacorn pertama di Indonesia dengan valuasi lebih dari 142 triliun rupiah pada tahun 2019.


4. Nike 

Strategi bisnis yang diterapkan oleh Nike adalah dengan  melakukan strategi memperkuat brand dan jaringan suplai. Salah satu cara yang dilakukan Nike adalah dengan menjual langsung produknya melalui aplikasi Amazon.


Hasilnya Nike bisa memproduksi atau menawarkan produk yang sesuai dengan keinginan customer. Sebuah kesuksesan yang sungguh luar biasa, karena transformasi digital yang diterapkan oleh Nike ini menghasilkan peningkatan omzet yang cukup tinggi. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi

Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z

Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.

Metode Pembayaran QRIS, Inilah Kelebihannya

Metode pembayaran dengan menggunakan QRIS bisa dipilih untuk menjaga jarak aman selama pandemi. Selain itu, cara ini juga lebih menguntungkan bagi bisnis.

Melayani Pelanggan Setia Melalui Sistem Keanggotaan

Bagaimana melayani pelanggan setia secara maksimal, tetapi juga tidak merepotkan? Mungkin program pelanggan setia bisa menjadi solusi yang patut dicoba!
Whatsapp