• majoo blog
  • Trivia
  • Work From Home Bukanlah Kendala, Kelola Tim dengan Aplikasi Ini

Work From Home Bukanlah Kendala, Kelola Tim dengan Aplikasi Ini

Work from home bukanlah kendala, sudah banyak aplikasi yang mendukung produktivitas bekerja dari rumah

Imbauan untuk bekerja di rumah dikeluarkan pemerintah dalam rangka menekan angka penyebaran virus corona. Cukup banyak perusahaan atau pemilik bisnis yang merespons imbauan tersebut dengan sangat kooperatif, kebijakan work from home pun diterapkan.

 

Dari sisi pemilik bisnis, menerapkan kebijakan bekerja dari rumah kadang menimbulkan kekhawatiran tertentu. Mulai dari produktivitas karyawan, komitmen karyawan untuk bekerja sesuai dengan jam kerja yang berlaku, hingga menjaga karyawan tetap searah dengan visi perusahaan.

 

Pilihan aplikasi yang mendukung work from home

Sebagian orang mungkin sudah terbiasa untuk bekerja dari rumah. Namun, tidak sedikit yang memerlukan penyesuaian dari aktivitas bisnis tatap muka ke komunikasi jarak jauh. Belum lagi mengatur ritme kerja di rumah, yang pastinya berbeda suasana dengan di kantor.

 

Untuk memantau dan mengelola kinerja tim, kamu bisa memanfaatkan aplikasi di bawah ini agar tetap produktif. Kebijakan work from home dapat diterapkan dan kamu tetap dapat memantau karyawan dari rumah.

 

1. Hangouts Meet

Aplikasi besutan Google ini dapat memfasilitasimu untuk membuat meeting secara virtual, dengan kapasitas maksimum hingga 250 orang. Dengan demikian, kamu tetap dapat berkoordinasi dengan tim melalui meeting tersebut.

 

Dengan Google Hangouts Meet, kamu juga dapat melakukan live streaming untuk disaksikan oleh 100.000 penonton. Melihat kapasitasnya, Google Hangouts Meet cocok digunakan oleh perusahaan dengan skala besar.

 

Kamu tetap dapat mengelola tim melalui meeting secara virtual 

2. Zoom

Dapat dikatakan, Zoom dengan fasilitas video conference-nya cukup populer beberapa waktu belakangan ini. Akses yang diberikan secara gratis serta fitur mengganti background saat melakukan video conference, tampaknya menjadi salah satu faktor yang membuat Zoom dipilih oleh banyak orang.

 

Tak hanya untuk memfasilitasi work from home, aplikasi ini juga banyak digunakan untuk sekadar melepas kangen dengan keluarga atau teman selama masa swakarantina ini.

 

Zoom dapat mengakomodasi peserta meeting hingga 1000 orang. Jadi, sangat cocok untuk mendukung aktivitas bekerja dari rumah. Sebab bila dibutuhkan rapat seluruh tim dengan jumlah relatif besar pun, Zoom dapat menjadi pilihan.

 

3. Microsoft Teams

Kamu tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama Microsoft. Telah lama, perusahaan IT raksasa ini menyediakan berbagai aplikasi yang mendukung aktivitas bisnis.

 

Kuarter empat tahun 2019, Microsoft meluncurkan Microsoft Teams yang akan membantu menjaga tim atau karyawan saling terhubung, walaupun bekerja dari rumah. Dengan Microsoft Teams, kamu dapat mengirimkan pesan instan, panggilan video, panggilan suara, mengirimkan dokumen, dan lain sebagainya.

 

4. Skype for Business

Sepertinya Skype juga sudah tidak asing di telingamu. Sudah cukup lama, Skype menyediakan fitur panggilan video. Tak berhenti di sana, Skype kini sudah meluncurkan Skype for Business.

 

Sesuai namanya, tentu aplikasi ini ditujukan untuk kegiatan bisnis. Serupa dengan Zoom, Skype for Business dapat memfasilitasi video conference. Masih ditambah juga dengan fitur lain yang mungkin dibutuhkan selama bekerja, seperti pesan singkat dan pengiriman dokumen.

 

Selain itu, serupa dengan Google Hangouts Meet, kamu juga dapat merancang rapat secara virtual menggunakan Skype for Business.

 

Berkembangnya teknologi telah membuat batasan ruang hampir tidak berarti. Selain untuk kebutuhan meeting, ada banyak sekali platform yang dapat dimanfaatkan dalam rangka mendukung produktivitas bekerja dari rumah. Untuk memantau kehadiran misalnya, terdapat Hadiir, KaryaOne, Waktoo, dan lain sebagainya. Bila kamu membutuhkan media untuk berbagi data atau mengerjakan dokumen secara kolaboratif, terdapat Google Drive.

 

Intinya, kini bekerja dari rumah bukanlah sebuah kendala. Kamu dan tim tetap bisa produktif dan bekerja optimal.

Related Article

Ubah Tampilan Akun Social Media Bisnismu dengan Aplikasi Edit Video Ini

Mengunggah video yang menarik di social media dapat meningkatkan brand awareness. Kamu dapat memanfaatkan beberapa aplikasi edit video untuk menghasilkan konten video berkualitas.

Prediksi Corona Berakhir dan Apa yang Perlu Dipersiapkan oleh Pelaku Usaha

Berakhirnya PSBB akan menjadi indikator prediksi pandemi corona akan segera berakhir. Pelaku usaha pun sudah harus mulai mengambil ancang-ancang untuk membangun bisnis kembali. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

5 Rekomendasi Film Penuh Inspirasi untuk Pebisnis

Jika kamu punya waktu luang di akhir pekan dan mau sedikit bersantai tapi tetap mendapatkan inspirasi yang berhubungan dengan bisnis, kamu bisa mencoba menonton film-film berikut ini.

3 Program dari e-Marketplace untuk Membantu Bisnismu Bertahan di Pandemi COVID-19

Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.

Pakai majoo sekarang

Tinggalkan cara lama dan mulai #langkahmajoo mu

Coba Gratis Hubungi Sales
instagram Klik untuk follow majoo.indonesia Banyak inspirasi harian wirausaha dan games seru ×
Whatsapp