• majoo blog
  • Trivia
  • Work From Home Bukan Kendala, Kelola Tim dengan Aplikasi Ini

Work From Home Bukan Kendala, Kelola Tim dengan Aplikasi Ini

Work from home bukanlah kendala, sudah banyak aplikasi yang mendukung produktivitas bekerja dari rumah

Imbauan untuk bekerja di rumah dikeluarkan pemerintah dalam rangka menekan angka penyebaran virus corona. Cukup banyak perusahaan atau pemilik bisnis yang merespons imbauan tersebut dengan sangat kooperatif, kebijakan work from home pun diterapkan.

 

Dari sisi pemilik bisnis, menerapkan kebijakan bekerja dari rumah kadang menimbulkan kekhawatiran tertentu. Mulai dari produktivitas karyawan, komitmen karyawan untuk bekerja sesuai dengan jam kerja yang berlaku, hingga menjaga karyawan tetap searah dengan visi perusahaan.

 

Pilihan aplikasi yang mendukung work from home

Sebagian orang mungkin sudah terbiasa untuk bekerja dari rumah. Namun, tidak sedikit yang memerlukan penyesuaian dari aktivitas bisnis tatap muka ke komunikasi jarak jauh. Belum lagi mengatur ritme kerja di rumah, yang pastinya berbeda suasana dengan di kantor.

 

Untuk memantau dan mengelola kinerja tim, kamu bisa memanfaatkan aplikasi di bawah ini agar tetap produktif. Kebijakan work from home dapat diterapkan dan kamu tetap dapat memantau karyawan dari rumah.

 

1. Hangouts Meet

Aplikasi besutan Google ini dapat memfasilitasimu untuk membuat meeting secara virtual, dengan kapasitas maksimum hingga 250 orang. Dengan demikian, kamu tetap dapat berkoordinasi dengan tim melalui meeting tersebut.

 

Dengan Google Hangouts Meet, kamu juga dapat melakukan live streaming untuk disaksikan oleh 100.000 penonton. Melihat kapasitasnya, Google Hangouts Meet cocok digunakan oleh perusahaan dengan skala besar.

 

Kamu tetap dapat mengelola tim melalui meeting secara virtual 

2. Zoom

Dapat dikatakan, Zoom dengan fasilitas video conference-nya cukup populer beberapa waktu belakangan ini. Akses yang diberikan secara gratis serta fitur mengganti background saat melakukan video conference, tampaknya menjadi salah satu faktor yang membuat Zoom dipilih oleh banyak orang.

 

Tak hanya untuk memfasilitasi work from home, aplikasi ini juga banyak digunakan untuk sekadar melepas kangen dengan keluarga atau teman selama masa swakarantina ini.

 

Zoom dapat mengakomodasi peserta meeting hingga 1000 orang. Jadi, sangat cocok untuk mendukung aktivitas bekerja dari rumah. Sebab bila dibutuhkan rapat seluruh tim dengan jumlah relatif besar pun, Zoom dapat menjadi pilihan.

 

3. Microsoft Teams

Kamu tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama Microsoft. Telah lama, perusahaan IT raksasa ini menyediakan berbagai aplikasi yang mendukung aktivitas bisnis.

 

Kuarter empat tahun 2019, Microsoft meluncurkan Microsoft Teams yang akan membantu menjaga tim atau karyawan saling terhubung, walaupun bekerja dari rumah. Dengan Microsoft Teams, kamu dapat mengirimkan pesan instan, panggilan video, panggilan suara, mengirimkan dokumen, dan lain sebagainya.

 

4. Skype for Business

Sepertinya Skype juga sudah tidak asing di telingamu. Sudah cukup lama, Skype menyediakan fitur panggilan video. Tak berhenti di sana, Skype kini sudah meluncurkan Skype for Business.

 

Sesuai namanya, tentu aplikasi ini ditujukan untuk kegiatan bisnis. Serupa dengan Zoom, Skype for Business dapat memfasilitasi video conference. Masih ditambah juga dengan fitur lain yang mungkin dibutuhkan selama bekerja, seperti pesan singkat dan pengiriman dokumen.

 

Selain itu, serupa dengan Google Hangouts Meet, kamu juga dapat merancang rapat secara virtual menggunakan Skype for Business.

 

Berkembangnya teknologi telah membuat batasan ruang hampir tidak berarti. Selain untuk kebutuhan meeting, ada banyak sekali platform yang dapat dimanfaatkan dalam rangka mendukung produktivitas bekerja dari rumah. Untuk memantau kehadiran misalnya, terdapat Hadiir, KaryaOne, Waktoo, dan lain sebagainya. Bila kamu membutuhkan media untuk berbagi data atau mengerjakan dokumen secara kolaboratif, terdapat Google Drive.

 

Intinya, kini bekerja dari rumah bukanlah sebuah kendala. Kamu dan tim tetap bisa produktif dan bekerja optimal.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

4 Bidang UMKM yang Meraih Sukses Sepanjang Tahun 2021
Sepanjang tahun 2021, 4 bidang yang digerakkan UMKM ini bisa menyandang status sebagai bisnis sukses dan mampu bertahan. Apa saja bidang UMKM ini?
Melayani Pelanggan Setia Melalui Sistem Keanggotaan
Bagaimana melayani pelanggan setia secara maksimal, tetapi juga tidak merepotkan? Mungkin program pelanggan setia bisa menjadi solusi yang patut dicoba!
Promosi Digital untuk Pemasaran Produk dan Jasa
Ada berbagai cara dalam melakukan kegiatan pemasaran produk dan jasa, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital seperti media sosial.
Metode Pembayaran QRIS, Inilah Kelebihannya
Metode pembayaran dengan menggunakan QRIS bisa dipilih untuk menjaga jarak aman selama pandemi. Selain itu, cara ini juga lebih menguntungkan bagi bisnis.