5 Strategi Bisnis untuk Menekan Dampak COVID-19

Idealnya setiap bisnis memiliki perencanaan untuk menghadapi situasi krisis

Penyebaran COVID-19 mengubah cara kita hidup dan bekerja, dalam bentuk yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Kita berhadapan dengan situasi new normal, di mana sangat lumrah orang bekerja dari rumah, banyak karyawan mungkin sakit secara bersamaan, terganggunya rantai pasokan, berbagai program pemerintah yang ditujukan untuk membantu perekonomian, hingga segala ketidakpastian yang melingkupi bisnis.

Dalam kata lain, kelumrahan baru yang dihadapi juga berarti krisis bagi bisnis. Tidak ada tindakan yang dapat secara langsung menghentikan krisis ini, tapi sebagai pebisnis tentu ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk menekan dampaknya.

Kunci sukses selalu berputar antara persiapan, ketangkasan menghadapi tantangan, pengambilan keputusan berdasarkan data yang akurat, serta bersedia menerima ide bagus dari mana pun. Hal-hal tersebut perlu kamu terapkan dalam strategi bisnis, agar dampak dari COVID-19 ini dapat ditekan.

 

Strategi bisnis menghadapi new normal

Tidak ada krisis yang memberikan aba-aba. Namun, krisis akibat wabah COVID-19 benar-benar luar biasa, sebab memiliki level ketidakpastian yang sangat ekstrem. Banyak pemilik bisnis yang tidak siap dengan situasi ini.

 

Meski demikian, biar bagaimanapun memikirkan strategi bisnis di tengah krisis merupakan bagian dari tugas para pemilik bisnis. Di bawah ini beberapa langkah yang perlu kamu lakukan ketika krisis berubah menjadi suatu kelumrahan baru.

 

1. Meninjau ulang penugasan karyawan

Hal ini merupakan prioritas utama. Apakah ada di antara karyawanmu yang bertugas atau bekerja di lokasi yang rentan? Apakah mereka dapat bekerja dari rumah saja? Jika tidak, bagaimana cara untuk menjamin keamanan dan keselamatan mereka?

 

Tidak hanya itu, kamu juga perlu menerapkan kebijakan khusus terkait cuti sakit atau cuti untuk merawat keluarga yang sakit. Sebab dalam situasi ini, tidak ada yang eksklusif, siapa pun dapat terdampak.

 

Penting sekali mengevaluasi rantai pasokan, terlebih bila ada bahan impor untuk produkmu

 

2. Evaluasi rantai pasokan

Pemahaman yang jelas tentang rantai pasokan akan membantumu untuk memahami potensi kerentanan dari bisnis. Mulai lakukan evaluasi untuk produk yang sifatnya critical bagi bisnismu.

 

Sebagai contoh, bila produk tersebut membutuhkan bahan impor dari negara yang sedang lockdown, adakah alternatif pemasok?

 

3. Identifikasi potensi kegagalan

Pada bagian tim dan proses mana bisnismu sangat bergantung? Hal ini perlu dipahami dengan baik. Dengan demikian, kamu mengerti tidak boleh ada kesalahan pada proses tersebut serta harus ada karyawan yang bisa diandalkan sebagai cadangan dalam menangani proses tersebut.

 

Sebab jika tidak, kamu bisa menjamin bisnismu akan gagal. Potensi ini harus segera kamu antisipasi.

 

4. Komunikasi

Setiap bisnis berusaha agar karyawannya menerima informasi yang tepat, baik tentang isu COVID-19 secara umum, maupun terkait kondisi bisnis. Namun, salah paham dan informasi yang keliru selalu dapat menyebar dengan mudah. Padahal, di situasi ini karyawan sangat membutuhkan jaminan yang dapat menenangkan.

 

Oleh karenanya, pastikan komunikasi berjalan dengan baik. Pastikan setiap karyawan menerima informasi yang tepat.

 

5. Buat skenario kasus

Kita semua mengerti, wabah ini menyisakan ketidakpastian bagi bisnis. Maka, penting sekali untuk membuat skenario kasus. Bagaimana kondisi bisnis dalam skenario terbaik, dan sebaliknya.

 

Misal, bila orang terus tinggal di rumah dan tidak beraktivitas berbulan-bulan lamanya, apa maknanya bagi bisnismu? Terjemahkan hal tersebut di dalam skenario, lengkap dengan langkah penyelesaiannya, agar bisnis tetap bertahan.

 

Idealnya langkah-langkah di atas sudah terangkum di dalam rencana pengelolaan krisis. Tidak ada yang tahu kapan krisis akan terjadi, sehingga sebaiknya setiap bisnis memiliki perencanaan dalam menghadapi hal tersebut.

 

Sebelumnya, kamu mungkin tidak memikirkan terkait strategi bisnis saat krisis. Tapi, wabah ini tentu sudah mengajarkan banyak hal. Langkah di atas bisa menjadi titik awal bagimu dalam merancang emergency plan bagi bisnis milikmu. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi

Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z

Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.

Metode Pembayaran QRIS, Inilah Kelebihannya

Metode pembayaran dengan menggunakan QRIS bisa dipilih untuk menjaga jarak aman selama pandemi. Selain itu, cara ini juga lebih menguntungkan bagi bisnis.

Melayani Pelanggan Setia Melalui Sistem Keanggotaan

Bagaimana melayani pelanggan setia secara maksimal, tetapi juga tidak merepotkan? Mungkin program pelanggan setia bisa menjadi solusi yang patut dicoba!
Whatsapp