Enzo Pet Shop: Fitur majoo, Memudahkan Operasional Bisnis

Enzo Pet Shop and Clinic menggunakan fitur majoo untuk membantu operasional bisinisnya.

Pandemi COVID-19 memberikan pengaruh besar terhadap sektor perekonomian, terutama dalam dunia bisnis. Tidak sedikit para pelaku usaha mengurangi jumlah karyawannya karena berkurangnya pemasukan. Berbeda halnya dengan bisnis petshop yang tidak terdampak oleh fenomena global tersebut.

Saat ini makin banyak orang yang memelihara hewan peliharaan, yang membuat bisnis petshop makin bersinar terang. Alhasil, permintaan untuk perawatan dan juga kebutuhan hewan pun meningkat. Namun, tidak semua petshop memiliki jasa dokter hewan yang siap melayani hewan peliharaan yang sakit.

Sebenarnya bisnis petshop merupakan gabungan dari tiga jenis usaha yang terbilang menjanjikan, yaitu jenis jasa, kebutuhan pokok, dan bisnis hobi. Oleh sebab itu, bisnis ini masuk dalam kategori yang minim risiko dan long last. Bagi para pemilik hewan peliharaan, bahkan dalam situasi seperti ini mereka akan tetap merawat dan memberi makan hewan kesayangannya.

Melihat peluang bisnis yang minim risiko dan long last, Diah Rahmawati, owner dan dokter hewan Enzo Petshop and Clinic, mulai membuka klinik untuk konsultasi dan menyediakan keperluan hewan peliharaan.

Enzo Petshop and Clinic mulai beroperasi pada tahun 2015. Bisnis ini bergerak dalam jasa kesehatan hewan. Selain menyediakan klinik untuk pengobatan hewan, bisnis milik Diah ini juga menyediakan kebutuhan untuk hewan seperti makanan, vitamin, obat-obatan, dan aksesori.

Diah Rahmawati (owner dan dokter hewan Enzo Pet Shop and Clinic) yang terbantu menggunakan fitur majoo.

Mengapa menggunakan fitur majoo untuk membantu operasional bisnis?

Dalam menjalankan bisnis Petshop and Clinic ini, tentunya Diah sangat memerlukan aplikasi one stop solution yang berguna dalam membantu operasional bisnisnya. Saat ini Enzo Petshop and Clinic miliknya menggunakan aplikasi majoo. Dalam aplikasi majoo, terdapat berbagai fitur yang sangat membantu Diah, seperti fitur akuntansi dan inventori. Fitur akuntansi ini mencakup faktur penjualan, biaya dan pengeluaran, kas dan bank, daftar akun dan buku besar, serta laporan keuangan. Fitur majoo ini yang membantu Diah dalam mengecek dan membuat laporan penjualan setiap harinya.

Fitur majoo lainnya yang digunakan Enzo Pet Shop and Clinic adalah fitur inventori. Fitur majoo satu ini mencakup stok masuk, purchase order, dan daftar supplier. Karena menjual berbagai makanan hewan, banyak barang yang masuk dan keluar. Penjelasan mengenai fitur majoo inventori adalah sebagai berikut:

  • Stok Masuk

    Tersedia banyak pilihan untuk menginput stok masuk, dengan cara manual (input satuan), secara massal menggunakan file excel, atau bisa dilakukan dengan sistem PO (purchase order). Selain itu stok juga dapat ditambahkan dari penerimaan stok cabang atau gudang lain.

  • Purchase Order

    Melalui purchase order, proses stok dapat dilakukan dengan proses kerja pemesanan stok, barang diterima, proses invoice tagihan dan pembayaran yang terhubung dengan sistem pelaporan akuntansi. Membuat proses order dan pengeluaran menjadi sangat mudah dipantau.

  • Daftar Supplier

    Menyimpan seluruh data lengkap supplier serta riwayat transaksi pembelian stok.

Selain itu fitur majoo inventori ini juga memiliki fitur stok terbuang dan stok opname. Fitur majoo stok terbuang akan membantu dalam melakukan adjustment pengurangan stok akibat barang rusak atau tidak bisa dijual karena kedaluwarsa atau waste. Fitur majoo stok opname akan memudahkan proses rekonsiliasi posisi stok dengan pilihan stok opname keseluruhan, sebagian ataupun pilihan upload dalam bentuk file excel, sehingga prosesnya bisa dilakukan bertahap dan akurat.

Sebelum memakai aplikasi majoo, Diah merasa kesulitan untuk mengatur operasional bisnisnya. Kini, setelah menggunakan aplikasi majoo, Diah merasa terbantu dalam mengatur operasional walaupun dia tidak berada di gerai karena Diah dapat memantau bisnisnya dari komputer atau handphone miliknya. Hal ini karena aplikasi majoo memiliki fitur owner. Fitur owner ini meliputi monitor penjualan, monitor kas kasir, dan monitor top produk yang memudahkan Diah memonitor bisnisnya.

Diah sangat merekomendasikan aplikasi majoo one stop solution ini untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis, baik yang baru mulai merintis atau yang sudah menjalankan bisnis. Menurutnya, aplikasi majoo sangat mudah digunakan dan biaya bulanan yang dibebankan juga terjangkau. Fitur yang didapatkan pun sudah lengkap untuk memajukan bisnis yang sedang dijalankan.

Nah, apakah kamu punya bisnis yang sedang dijalankan? Sudah pakai aplikasi majoo? Kalau belum memakai aplikasi majoo, yuk daftarkan bisnismu segera! Bisnis maju bersama majoo.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Transformasi Digital yang Sukses Diterapkan Citra Florist
Setelah melakukan #langkahmajoo transformasi digital dari kinerja manualnya, kini Citra Florist merasakan makin keuntungan dan kemudahan yang didapat.
Belajar Analisis Data dari Aplikasi Digital ala Garis Tepi
Aplikasi digital ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media belajar dalam analisis data. Pemilik usaha Garis Kota sudah membuktikan hal ini.
Hemat Waktu dan Energi dalam Jalankan Bisnis ala Mau Drinks
Berkat aplikasi Majoo, pemilik Mau Drinks dapat lebih hemat waktu serta tenaga dalam menjalankan bisnisnya.
Nau Coffee: Pakai majoo, Lebih Mudah Kelola Bisnis
Nau Coffee adalah bisnis coffee shop yang terbantu pengelolaan operasionalnya menggunakan fitur aplikasi majoo.