Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Kepuasan Pelanggan, Kunci Pertahankan Usaha di Masa Pandemi

    Kepuasan Pelanggan, Kunci Pertahankan Usaha di Masa Pandemi


    Meningkatkan customer experience merupakan langkah dalam mempertahankan kepuasan pelanggan.


    Pandemi COVID-19 sudah jelas berdampak bagi bisnis dan pelanggannya. Sebagian besar bisnis memutuskan menghentikan operasional, baik sementara maupun permanen.

     

    Beberapa bisnis berusaha memenuhi pelayanan di garis minimum saja karena terbatasnya jumlah karyawan yang dipekerjakan selama pembatasan kegiatan masyarakat.

     

    Padahal, customer experience merupakan bagian esensial untuk diperjuangkan bila ingin mempertahankan usaha di masa pandemi. Seperti yang sudah diketahui, pengalaman pelanggan berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan.

     

    Konsumen pun menghadapi berbagai kesulitan, seperti kehilangan pekerjaan atau berkurangnya pendapatan. Situasi tersebut menggiring konsumen ke dalam situasi penuh kemarahan serta rasa frustasi.

     

    Dalam kondisi tersebut, menjaga kepuasan pelanggan menjadi hal yang sangat penting dilakukan oleh bisnis. Pastinya, hal ini menggiring kita kepada pertanyaan, bagaimana cara meningkatkan customer experience agar kepuasan pelanggan terjaga selama pandemi?

     

    Empati adalah kunci

    Berbagai kesulitan memang menghantam usaha di masa pandemi, tetapi tantangan yang kurang lebih serupa juga dialami oleh pelanggan bisnis. Karena itu, sebaiknya bisnis juga memberikan support dan menunjukkan pengertian kepada para pelanggan.

     

    Saat ini, esensial sekali untuk memperlakukan konsumen dengan penuh empati serta belajar tentang kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi. Berbicara secara langsung dengan konsumen bisa menjadi langkah awal yang baik untuk menunjukkan bahwa bisnis milikmu peduli.

     

    Dari bertanya langsung kepada konsumen dalam interaksi media sosial ataupun langsung, kamu dapat mengetahui kendala yang dihadapi konsumen, terutama berkaitan dengan mengakses produk atau jasa yang kamu tawarkan.

     

    Jangan lupa untuk menindaklanjuti kesulitan konsumen tersebut dengan langkah-langkah nyata yang memudahkan konsumen sekaligus mendorong penjualan.

     

    Meningkatkan pengalaman konsumen di platform digital

    Selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), para konsumen banyak yang berdiam di rumah demi keamanan dan keselamatan diri masing-masing.

     

    Itulah alasannya, konsumen banyak yang beralih ke kanal-kanal digital untuk mengakses berbagai kebutuhan. Karena itu, bisnis perlu lebih fokus pada platform digital dan memberikan pengalaman konsumen yang berkualitas.

     

    Beberapa hal di bawah ini dapat menjadi parameter apakah bisnis milikmu sudah di jalur yang tepat dalam menjaga kepuasan pelanggan melalui platform digital atau belum.


    • Memberikan solusi yang sehat melalui chat di platform pengirim pesan atau media sosial.

    • Customer service yang dipersonalisasi melalui semua kanal digital.

    • Memberikan layanan proaktif untuk menginformasikan kepada pelanggan terkait perubahan tagihan, status pengiriman produk, serta pengembalian dana (refund).


    Menjaga kepuasan pelanggan penting bagi kesuksesan bisnis dalam jangka panjang.

     

    Beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pelanggan

    Seiring dengan perubahan yang terjadi selama pandemi, kebutuhan konsumen pun turut berubah. Sehubungan dengan itu, strategi menjaga kepuasan pelanggan yang kamu terapkan sebelumnya mungkin sekarang perlu ditinjau ulang.

     

    Apakah pengalaman yang berusaha bisnis milikmu hadirkan sudah sesuai dengan keinginan pelanggan saat ini? Jangan lupa untuk mengevaluasi rencana strategi sebelumnya, mana yang masih relevan dan mana yang perlu perubahan!

     

    Bila perlu, kamu dapat meliburkan bisnis sebentar saja selama proses evaluasi. Perlu diingat, prioritaskan strategi yang sederhana dan jelas. Transparansi serta gesture yang sederhana lebih banyak membuat pelanggan jatuh hati di tengah situasi pandemi yang membingungkan dan kompleks ini.

     

    Perbaiki pengalaman karyawan

    Ya, benar. Kamu tidak salah membaca judul. Kamu juga perlu memperbaiki pengalaman karyawan yang terlibat di dalam bisnis.

     

    Ingat kembali, customer experience dan kepuasan pelanggan harus dijaga oleh karyawan. Bagaimana mungkin karyawan dapat melayani pelanggan dengan baik bila mereka sendiri tidak merasa puas dengan situasi kerja?

     

    Dengan kata lain, memperbaiki pengalaman kerja karyawan merupakan cara untuk memotivasi karyawan supaya optimal menjaga kepuasan pelanggan. Di tengah situasi sulit dan serba tidak menentu ini, karyawan juga sangat membutuhkan dukungan.

     

    Para karyawan yang menjadi bagian dari bisnis pun mungkin merasa takut atau stres akibat situasi pandemi ini. Karena itu, kamu perlu memperhatikan kesejahteraan mereka.

     

    Kita bukan hanya berbicara soal fisik sebab bisnis mungkin justru tengah kesulitan bila harus memberikan bonus, bahkan gaji pun mungkin tidak bisa penuh. Paling tidak, pastikan karyawan mengerti bahwa mereka dapat menyampaikan kesulitan mereka kepada manajemen atau pemilik bisnis.

     

    Jika kamu memperhatikan kesejahteraan karyawan, mereka akan lebih totalitas menjaga kepuasan pelanggan.

     

    Permudah pembatalan pembelian produk atau jasa

    Sudah dibicarakan sebelumnya, banyak orang mengalami kesulitan finansial. Penghasilan seseorang bisa tiba-tiba berkurang dan seketika harus mengurangi jumlah pengeluaran.

     

    Sebagai upaya menjaga kepuasan pelanggan, permudah pelanggan untuk membatalkan pembelian produk atau jasa serta menghentikan layanan langganan sementara waktu.

     

    Memang bisnis tidak bisa kehilangan pelanggan di situasi ini sebab akan memperburuk kondisi keuangan perusahaan. Akan tetapi, lebih baik kehilangan pelanggan beberapa bulan dan mereka datang kembali ketika situasi membaik daripada pelanggan marah akibat kesulitan membatalkan transaksi atau memproses refund.  

    Mempertahankan usaha di masa pandemi memang sebuah tantangan luar biasa. Semakin baik kamu membangun kepercayaan pelanggan di tengah kondisi sulit ini, semakin baik dampaknya bagi bisnismu untuk jangka panjang. 


    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Memaksimalkan Layanan Food Order Online? Coba Trik Ini!
    Usaha kuliner yang menerapkan order online tidak mudah untuk dikelola. Beberapa cara untuk memaksimalkan food order online ini bisa membantu.
    5 Taktik Jitu Memulai Bisnis Kuliner Online
    Apakah kamu tertarik memulai bisnis kuliner online? Kami siapkan lima taktik jitu untuk kamu simak!
    4 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Dalam Bisnis UMKM
    Produktivitas‌ ‌adalah‌ ‌hal‌ ‌vital‌ ‌untuk‌ ‌bisnis‌ ‌besar‌ ‌maupun‌ ‌kecil,‌ ‌seperti‌ ‌ UMKM‌.‌ ‌Simak‌ ‌‌cara‌ ‌meningkatkan‌ ‌produktivitas‌ ‌karyawan‌ ‌agar‌ ‌keuntungan‌ ‌juga‌ ‌ meningkat.‌
    Tips n Trick Foto Produk yang Menggugah Selera Pelanggan
    Foto produk yang menarik tentu akan meningkatkan potensi pelanggan dalam melakukan pembelian. Apa saja tips n trick untuk menghasilkannya?