Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Manfaatkan Instagram untuk Jaga Tingkat Retensi Pelanggan

    Manfaatkan Instagram untuk Jaga Tingkat Retensi Pelanggan

    Memanfaatkan Instagram merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tingkat retensi pelanggan

    Banyak pelaku usaha yang memanfaatkan Instagram untuk berbagai tujuan, mulai dari memperkenalkan produk yang ingin dipasarkan hingga memberikan informasi seputar promo kepada pelanggan. Dalam situasi seperti sekarang, di mana pemerintah memberlakukan aturan pembatasan sosial berskala besar untuk menekan penyebaran pandemi COVID-19, setiap pelaku bisnis memang harus pintar-pintar memanfaatkan sumber daya untuk memastikan bisnisnya dapat bertahan hingga masa krisis berlalu, salah satunya dengan Instagram.

    Sebagai salah satu platform sosial media yang saat ini paling banyak digunakan, Instagram dapat menjadi alat terbaik untuk menjangkau pelanggan secara luas. Bagaimanapun juga, kepuasan pelanggan merupakan kunci utama berkembangnya suatu bisnis, sehingga menjaga retensi pelanggan sekaligus meningkatkan jumlah pelanggan baru menjadi langkah penting yang perlu dijalankan, dan kamu bisa melakukannya menggunakan Instagram. Bagaimana caranya?

    1. Berikan informasi profil yang lengkap dan jelas

    Setiap platform media sosial selalu menawarkan fitur profil dengan beragam informasi yang bisa diisi oleh pengguna. Karena kamu akan menggunakan Instagram ini untuk operasional bisnis, pastikan informasi profilmu sudah selengkap dan sejelas mungkin. Jangan ragu untuk memberikan alamat fisik tempat usahamu, baik dengan teks maupun tautan koordinat Google Maps. Tambahkan nama produk unggulan pada nama profil maupun bio. Dengan informasi yang lengkap, pelanggan baru yang tertarik dengan produk yang kamu pasarkan pun memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menemukanmu. Pelanggan lama juga akan lebih mudah dalam merekomendasikan produkmu pada orang-orang di sekitarnya.

    2. Jaga interaksi dengan pelanggan

    Banyak yang mengira bahwa model interaksi di Instagram merupakan interaksi satu arah, di mana pelaku usaha dapat memposting foto produk unggulannya dan pelanggan dapat meninggalkan komentar. Padahal, Instagram akan lebih efektif dalam menjaga pelanggan tetap puas jika interaksi tersebut dibuat sedinamis mungkin. Pastikan untuk selalu membalas komentar yang ditinggalkan oleh pelanggan, sehingga mereka akan merasa diperhatikan dan tertarik untuk terus mengikuti posting Instagram milikmu. Jika perlu, jangan ragu pula untuk ikut nimbrung dalam obrolan pelanggan di posting-posting Instagram miliknya. Kamu juga bisa melakukan cara ini kepada pelanggan baru untuk menunjukkan keberadaanmu di Instagram, lho!

    Saat memanfaatkan Instagram, pastikan juga untuk membangun interaksi yang sehat bersama pelanggan

    3. Posting secara rutin

    Setiap platform media sosial memiliki algoritme masing-masing untuk memastikan pengguna platform mereka terus menggunakan platform tersebut. Untuk Instagram, pengguna yang posting lebih rutin akan lebih disukai sehingga kemungkinan foto yang diposting untuk ditampilkan kepada pengguna lainnya pun akan lebih besar. Dengan menjaga posting dilakukan secara rutin, terlebih jika diimbangi dengan interaksi yang baik dengan pelanggan, capaian serta jangkauan Instagram milikmu akan lebih tinggi, sehingga foto produk maupun tempat usaha yang kamu kirimkan pun akan memiliki potensi menarik pelanggan yang lebih besar.

    4. Manfaatkan SEO untuk menjaga pelanggan terus menyukai produkmu

    Beberapa bulan lalu, Instagram meluncurkan fitur baru, yaitu menambahkan Alt Text untuk membantu pengguna Instagram yang mengalami gangguan penglihatan agar dapat membaca deskripsi dari foto yang diposting. Meski demikian, Alt Text Instagram ini juga dapat diisi dengan keyword-keyword yang membuat posting tersebut lebih mudah ditemukan di Instagram. Fitur untuk menambahkan Alt Text Instagram ini dapat kamu temukan pada pilihan Pengaturan Lanjutan pada saat memposting. Selain deskripsi singkat produk yang jelas, tambahkan juga kata kunci yang sesuai dengan produk yang diposting. Berbeda dengan caption, fitur Alt Text Instagram tidak ditampilkan untuk umum, tetapi dapat membantu Google dalam mengindeks akun Instagram milikmu.

    Agar keberlanjutan bisnis dapat terus dilakukan, meluangkan waktu dan tenaga guna mempelajari cara memanfaatkan Instagram secara maksimal dapat menjadi alternatif yang cukup mudah untuk dilakukan. Jangkau sebanyak mungkin pelanggan baru, sekaligus berikan perhatian kepada pelanggan lama untuk menjaga pelanggan tetap puas menggunakan Instagram. Selanjutnya, kamu bisa membarengi penggunaan Instagram tersebut dengan efisiensi pada tempat usaha menggunakan aplikasi POS seperti aplikasi majoo.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!