• majoo blog
  • Tips
  • Melawan Coronavirus, 5 Hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Bisnis

Melawan Coronavirus, 5 Hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Bisnis

Apa yang harus dipersiapkan oleh pemilik bisnis dalam menghadapi pandemi coronavirus?

Pada tanggal 11 Maret 2020 yang lalu, organisasi kesehatan dunia, WHO, menetapkan status penyebaran novel coronavirus (COVID-19) sebagai pandemi. Ini artinya, virus yang awalnya teridentifikasi muncul di Wuhan, Tiongkok pada akhir 2019, telah menyebar ke seluruh bagian dunia. Per hari ini, 16 Maret 2020, virus ini telah menginfeksi lebih dari 170.000 orang di 158 negara.

 

Pemerintah berbagai kota dan negara pun telah menerapkan pembatasan perjalanan, pemeriksaan intensif terhadap penduduknya, hingga lockdown secara total untuk mengurangi kecepatan persebaran dan menekan angka kasus COVID-19 ini.

 

Pandemi ini hingga kini telah memengaruhi banyak sekali aspek kehidupan sehari-hari, dan tentu saja, memengaruhi sektor ekonomi. Industri pariwisata dan penerbangan adalah dua yang paling terpengaruh dan potensial mengalami kerugian besar-besaran.

 

Jika sampai saat ini bisnismu, baik itu toko, kedai makanan dan minuman, salon kecantikan, laundry, atau yang lainnya masih tetap beroperasi, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa #langkahsehat berikut ini sebagai andil untuk membantu mengendalikan penyebaran COVID-19:

 

1. Jaga Kebersihan

Lakukan pembersihan secara menyeluruh di area toko atau kedaimu. Bersihkan secara teratur lantai dan permukaan yang sering disentuh, seperti gagang pintu, meja kursi, rak, komputer atau tablet kasir, dengan cairan disinfektan.

 

Jika usahamu di bidang makanan dan minuman, lakukan usaha ekstra dalam pembersihan dapur, alat-alat masak, serta perlengkapan makan dan minum yang digunakan untuk menyajikan makanan kepada pelanggan.

 

Jika selama ini menumu menyediakan pilihan penyajian daging setengah matang, untuk sementara waktu, hilangkan pilihan ini dan hanya tawarkan makanan yang sepenuhnya matang.

 

Siapkan hal-hal ini di tokomu untuk melawan coronavirus


2. Sedia Sarana Sanitasi

Terutama jika kamu mengelola kedai makanan dan minuman, selalu sediakan sarana untuk cuci tangan dengan air mengalir. Pastikan sabun dan tisu kering juga selalu tersedia.

 

Selain itu, sediakan hand sanitizer yang mengandung alkohol di beberapa titik di tempat usahamu, seperti di dekat pintu masuk dan keluar, di dekat kasir, di dekat tangga, dan titik-titik lain yang kamu anggap perlu.

 

3. Prosedur Untuk Karyawan

Pastikan karyawan dalam kondisi 100% sehat sebelum mulai bekerja. Lakukan cek kesehatan dan kebersihan diri karyawan. Wajibkan karyawan untuk melapor jika merasa kurang enak badan. Sediakan termometer untuk membantu memastikan tidak ada karyawan yang bekerja dalam keadaan demam tinggi.

 

Jika ada karyawan yang sedang dalam kondisi kurang fit, sediakan masker untuk mereka pakai dan berikan izin sakit jika memungkinkan. Sebisa mungkin, jangan mengambil risiko dengan meremehkan gejala-gejala ringan.

 

Sosialisasikan juga kepada karyawan mengenai etika batuk dan bersin dengan menutupinya menggunakan tisu, atau mengarahkannya ke lengan baju atau siku tangan.

 

4. Interaksi Dengan Pelanggan

Sarankan pelanggan untuk menggunakan metode pembayaran cashless jika memungkinkan untuk mengurangi transaksi yang menggunakan uang kertas. Ini juga bisa kamu jadikan strategi marketing dengan memberikan diskon khusus jika pelanggan membayar secara non-tunai.

 

Hindari sentuhan seperti bersalaman atau “tos”, serta jaga jarak aman dengan pelanggan. Kamu juga bisa mengatur meja kursi kedaimu agar jaraknya lebih jauh satu sama lain sehingga pelanggan merasa lebih aman dan nyaman. Untuk sementara waktu, hindari menggunakan tempat usahamu sebagai lokasi acara yang memiliki lebih dari 30 orang peserta.

 

5. Go Digital

Persiapkan bisnismu menghadapi kondisi terburuk. Saat ini, pandemi di Indonesia sedang dalam kurva naik dengan jumlah kasus terus meningkat. Jika keadaan memburuk dan pemerintah memberlakukan pembatasan di kawasan tempat bisnismu berada, melayani pelanggan secara digital akan bisa membantu menjaga kelangsungan bisnismu.

 

Layani pemesanan melalui telepon atau pesan, dan pengiriman melalui kurir. Jangan lupa untuk menerapkan standar kebersihan lebih ketat agar produkmu aman selama pengiriman, terutama jika produkmu adalah makanan atau minuman.

 

Coronavirus adalah masalah kita bersama; dan dengan menyadari bahwa kita sama-sama bisa mengambil peran aktif semampu kita dalam menyelesaikan masalah ini, kita bisa punya harapan masalah ini akan berlalu dengan lebih cepat.

 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Tips Memastikan Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Bisnis
Pinjaman modal untuk pengembangan bisnis akan dilakukan para pebisnis supaya bisnisnya maju dan mendapatkan keuntungan.
Menyusun Strategi Pemasaran 2022 dalam 5 Langkah Mudah
Strategi pemasaran idealnya menjadi blue print bagi keputusan bisnis pada tahun mendatang. Hal ini perlu menjadi perhatian setiap bisnis, terlebih UMKM.
Beberapa Langkah Penting Menjaga Retensi Pelanggan
Menjaga retensi dan kepuasan pelanggan bisa menjadi kunci utama dalam memastikan bisnis tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.
Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram
Saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing. Ini tipsnya agar strategi tersebut bisa lebih optimal.