Table of Content

    Menyusun Resolusi Pribadi bagi Pebisnis di Tahun Baru

    Selain menyusun resolusi dalam bisnisnya, para pebisnis juga perlu menyusun resolusi pribadi untuk menyeimbangkan kehidupan pribadinya

    Menjelang pergantian tahun mayoritas dari kita akan mulai menyusun resolusi untuk tahun yang baru. Apa saja yang perlu diperbaiki, apa saja yang perlu dilakukan atau bahkan dihilangkan dari kehidupan kita. 

     

    Begitu juga bagi para pebisnis. Sesukses apa pun bisnis yang kamu jalankan, pebisnis tetaplah seorang manusia yang memiliki standar kebahagiaan dan kepuasan masing-masing. Seorang pebisnis perlu mengatur ulang rencana hidupnya untuk setahun ke depan agar seimbang dengan rencana bisnisnya. 

     

    Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan oleh para pebisnis dalam menyusun resolusi pribadi untuk tahun depan. 

     

    1. Meninggalkan kebiasaan buruk 

    Kebiasaan buruk masing-masing orang tentu tidak sama. Beberapa contohnya adalah rasa malas, tidak memiliki inisiatif, kurang disiplin, tidak pernah tepat waktu. Hal-hal ini memiliki pengaruh yang cukup signifikan pada saat kamu menjalankan bisnismu. 

     

    Jika kamu tidak berusaha menghilangkan rasa malas, jangan salahkan bila ada karyawan atau pekerja di bisnismu yang juga jadi malas. Begitu pun jika kamu kurang disiplin. Karena sebagai pemilik bisnis, kamu adalah role model untuk seluruh karyawan dan orang-orang yang bekerja dalam bisnismu. 

     

    2. Memberi tantangan untuk diri sendiri

    Memberi tantangan pada diri sendiri ini adalah salah satu resolusi tahun baru yang selalu dilakukan oleh Mark Zuckerberg. Tantangan yang seperti apa? Tidak perlu muluk-muluk. 

     

    Mark Zuckerberg pernah membuat resolusi pribadi menantang dirinya untuk memakai dasi setiap hari di tahun 2009, lalu di tahun 2017 dia menetapkan resolusi untuk bertemu orang-orang baru di Amerika Serikat. Sederhana. Terlihat mudah. Tapi belum tentu mudah untuk melakukannya dengan konsisten. Padahal efeknya ke dunia bisnis lumayan besar. 

     

    Misalnya dengan menetapkan untuk memakai dasi setiap hari, otomatis kamu akan memakai pakaian yang rapi, penampilan akan terlihat semakin keren, tingkat percaya diri meningkat, rekan dan kolega bisnis pun pasti akan senang melihatnya. 

     

    Berani menantang diri sendiri akan melatih kamu untuk bisa bertahan dari tantangan yang datang dari dunia bisnis. 

    Memisahkan waktu bekerja dan waktu untuk diri sendiri adalah salah satu resolusi yang bisa kamu terapkan di tahun yang baru 

    3. Mengatur ulang jadwal pribadi 

    Mengatur ulang yang dimaksud adalah dengan tidak mencampuradukkan waktu untuk diri sendiri atau keluarga dengan waktu untuk menjalankan bisnis. 

     

    Selama ini, banyak di antara para pebisnis yang terkesan tidak lagi punya waktu untuk urusan pribadi dengan alasan totalitas dalam berbisnis. Waktu makan malam bersama keluarga bisa dengan mudah diinterupsi oleh panggilan dari kolega bisnis dan sejenisnya. Padahal justru hal inilah yang paling mampu menaikkan tingkat stress di kalangan pebisnis. 

     

    Berusaha membedakan mana waktu untuk bekerja dan mana waktu untuk bersantai akan mampu menyeimbangkan kehidupan kamu sebagai manusia normal. Bukankah pikiran dan mental yang sehat akan lebih mudah diajak berkompromi menciptakan bisnis yang maju? 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!
    4 Bidang UMKM yang Meraih Sukses Sepanjang Tahun 2021
    Sepanjang tahun 2021, 4 bidang yang digerakkan UMKM ini bisa menyandang status sebagai bisnis sukses dan mampu bertahan. Apa saja bidang UMKM ini?
    Melayani Pelanggan Setia Melalui Sistem Keanggotaan
    Bagaimana melayani pelanggan setia secara maksimal, tetapi juga tidak merepotkan? Mungkin program pelanggan setia bisa menjadi solusi yang patut dicoba!
    Promosi Digital untuk Pemasaran Produk dan Jasa
    Ada berbagai cara dalam melakukan kegiatan pemasaran produk dan jasa, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital seperti media sosial.