Mulai Populer, Intip Peluang Model Bisnis On Demand Service


 

Pesatnya perkembangan teknologi akhir-akhir ini telah membuka berbagai peluang usaha, salah satunya adalah on demand service. Secara sederhana, model bisnis tersebut menghadirkan jasa atau produk segera setelah konsumen melakukan pemesanan sesuai dengan kebutuhannya.

 

Di Indonesia sendiri, peluang bagi on demand service masih terbuka lebar. Bisnis ini akan berkembang dengan cepat seiring dengan pertumbuhan e-commerce. Namun, bisnis ini telah memiliki momentum besar saat Gojek memasuki pasar Indonesia pada 2015. Mereka hadir dengan jasa ojek yang dapat dipesan melalui aplikasi, berikutnya hal ini dianggap menyelesaikan masalah transportasi, terutama di Jakarta.

 

Melirik potensi model bisnis on demand service

Kabar baiknya, potensi pasar on demand service tidak berhenti pada layanan serupa Gojek. Terdapat startup yang memungkinkan penggunanya menemukan vendor-vendor lokal, mulai dari jasa memperbaiki AC hingga membersihkan ruangan.

 

Di era new normal on demand service menjadi model bisnis yang diterapkan oleh berbagai salon ataupun klinik kecantikan. Pelanggan dapat memesan jasa mereka dan menikmati layanannya di rumah saja.

 

Meskipun masih sangat terbatas, peluang usaha ini juga dilirik oleh pebisnis di industri kesehatan. Kini kita mulai bisa menemukan aplikasi-aplikasi pemesanan dan pengantaran obat seperti GoApotik.



Sementara itu, seiring dengan makin mudahnya akses internet berkecepatan tinggi, layanan video on demand service pun makin diminati. Tidak heran bila iFlix, Netflix, ataupun HOOQ mulai memiliki tempat yang besar di pasar Indonesia.

 

Walaupun cukup banyak bisnis bermunculan, on demand service masih dalam fase awal. Model bisnis yang satu ini merupakan arena yang cukup sulit untuk digeluti sebab masih memiliki banyak keterbatasan, terutama dari segi infrastruktur.

 

Namun, peluangnya tetap menjanjikan sehingga layak dieksplorasi. Biar bagaimanapun, Indonesia masih menjadi salah satu negara dengan populasi penduduk terbanyak. Di sisi lain, internet baru menjangkau sekitar separuh dari jumlah penduduk Indonesia. Jadi, masih banyak sekali potensi pasar yang dapat digali.

 

Kelebihan bisnis on demand service

Dalam bidang apa pun, kamu perlu menganalisis kebutuhan konsumen dan menawarkan solusi yang sesuai bila ingin sukses. Lebih dari itu, kamu juga perlu mempelajari peluang dan teknologi agar bisa memberikan fasilitas terbaik bagi konsumen.  

 

Kelebihan dari layanan on demand service, konsumen bisa memperoleh kebutuhannya kapan saja, di mana saja, bahkan hanya dengan sekali klik di layar ponsel. Karena itu, pengembangan aplikasi on demand service juga menjadi kian popular. Pasalnya, teknologi menyederhanakan dan berkontribusi secara signifikan terhadap kebutuhan konsumen dan pemilik usaha.

 

Terlepas dari motivasi konsumen memakai layanan on demand, penyedia jasa perlu memastikan akurasi, kualitas, kecepatan, dan kepuasan pelanggan selalu menjadi fokus utama. Wajar saja jika bisnis on demand service terus mendorong terciptanya inovasi supaya bisa menyediakan layanan yang sesuai kebutuhan konsumen. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

3 Pelajaran dari Entrepreneur yang Berhasil Pivot Selama Pandemi

Sebagian entrepreneur berhasil mempertahankan bisnisnya selama pandemi COVID-19. Inilah pelajaran penting yang dapat kita ambil!

Poin Reward, Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan

Menjelang Idulfitri, bisnis bisa memberikan tunjangan hari raya dalam bentuk poin reward sebagai cara untuk membangun loyalitas pelanggan.

Maksimalkan Potensi Delivery dan Takeaway di Bisnis Restoran

Pebisnis yang ingin bertahan di masa pandemi ini mau tidak mau harus mengadaptasi tren terbaru di industri restoran, yaitu melayani pengiriman atau delivery dan makanan dibungkus untuk dibawa pulang atau takeaway.

Peluang Bidang Usaha Modal Kecil Terbaik Tahun 2021

Bisnismu sulit berkembang di tahun 2020 ini karena dampak pandemi COVID-19? Tak ada salahnya menjadikan peluang bidang usaha modal kecil ini di tahun 2021!
Whatsapp