• majoo blog
  • Tips
  • Tips Hadapi Perubahan Akibat Dampak Pandemi Bagi Bisnis

Tips Hadapi Perubahan Akibat Dampak Pandemi Bagi Bisnis


Dampak pandemi bagi bisnis, khususnya bisnis rumahan atau usaha kecil dan menengah lainnya, cukup merepotkan tidak hanya pelaku usaha saja, tetapi juga pemerintah dan konsumen. Namun, memastikan bisnis tetap berjalan sekalipun pandemi tengah berlangsung tentu porsi tanggung jawabnya akan lebih banyak diemban oleh pelaku usaha. Jangan cemas, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghadapi perubahan akibat pandemi ini, kok!

1. Selalu ikuti kabar terbaru terkait pandemi

Jika sebelumnya setiap pelaku usaha dituntut untuk melek terhadap isu-isu yang berhubungan dengan bisnis yang dijalaninya, kini ada satu hal yang juga harus diikuti: berita terkait pandemi Covid-19. Tak dapat dipungkiri lagi, pandemi yang tengah menghantam ini memberikan pengaruh ke banyak hal, dan mungkin sekali bisnismu termasuk salah satu di dalamnya. Jadi, ikuti selalu kabar terbaru terkait pandemi, khususnya peraturan pemerintah yang mengikuti perkembangan baru tersebut, dan buat rencana mitigasi bisnis yang sesuai. Sebagai contoh, kamu bisa mempertimbangkan aturan jam malam yang ditetapkan oleh pemerintah yang mungkin bisa memengaruhi operasional bisnismu. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan aturan terkait maksimal jumlah orang yang boleh berada di dalam satu ruangan yang sama jika bisnismu memiliki tempat usaha fisik. Jangan sampai bisnismu dikenai denda karena melanggar aturan pemerintah terkait pandemi di tengah masa yang sulit ini.

2. Evaluasi potensimu jika pandemi diperkirakan masih lama berakhirnya

Kurang lebih sudah setahun kita menghadapi situasi pandemi ini, jadi tak ada salahnya untuk melakukan evaluasi ulang apakah bisnis yang tengah kamu upayakan masih relevan dengan situasi saat ini atau apakah kamu perlu beralih menggeluti bidang bisnis lainnya. Pandemi Covid-19 ini harus diakui memunculkan banyak perubahan, khususnya terkait tren bisnis. Jika bisnismu sudah tidak relevan lagi dalam menghasilkan keuntungan, sudah saatnya untuk mempertimbangkan ulang rencana bisnis ke depan.

3. Mulai persiapkan untuk mengembangkan sayap ke dunia digital

Baik bisnismu merupakan bisnis rumahan atau usaha kecil dan menengah, platform digital akan sangat membantu menghadapi perubahan yang ditimbulkan oleh adanya pandemi. Jika kamu belum memiliki tempat usaha digital, pertimbangkan untuk mulai membuatnya; dan jika kamu sudah memiliki tempat usaha digital, saatnya mulai mendalaminya lebih jauh dengan mengembangkan strategi-strategi pemasaran digital tingkat lanjut. Prospek yang dimiliki dunia digital dalam mengembangkan bisnis menjadi jauh lebih besar dengan adanya pandemi ini, akan sangat baik sekali jika kamu berhasil memaksimalkannya.

Dampak pandemi bagi bisnis bisa beragam tergantung dari bisnis yang tengah kamu jalani. Bukan berarti kamu harus menyerah menghadapi perubahan-perubahan baru ini, tetapi sebagai pelaku usaha, justru kamu harus semakin tekun dan jeli melihat peluang, mempersiapkan strategi yang matang, dan mitigasi bisnis yang baik saat menghadapi kendala. Manfaatkan pula aplikasi majoo dengan berbagai fiturnya untuk memastikan bisnis rumahan atau usaha kecil dan menengah yang tengah digeluti dapat terus bertahan.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Langkah Menyusun Iklan Lowongan Pekerjaan yang Tepat

Sedang mencari tenaga kerja? Informasi apa saja yang perlu dicantumkan dalam iklan lowongan pekerjaan agar bisa memperoleh karyawan yang tepat?

Inilah 4 Tips Membangun Bisnis dengan Pasangan

Cukup banyak pemilik usaha kecil yang memulai bisnis bersama pasangannya. Membangun bisnis dengan pasangan itu baik, asal kamu tahu triknya.

Kiat e-Commerce Penuh Untung dengan Strategi Bisnis Digital

Apakah strategi bisnis digital dapat digunakan untuk memaksimalkan keuntungan dalam pengelolaan e-commerce? Tentu bisa! Bagaimana caranya?

Strategi Jitu Bisnis Food and Beverages di Momen Ramadan

Selama bulan Ramadan, pemilik usaha food and beverages memerlukan strategi unik untuk bisnisnya.
Whatsapp