Table of Content

    Trilogi Kopi: Alasan Pentingnya Fitur Inventori Untuk Bisnis F&B

    Trilogi Kopi adalah bisnis yang bergerak di industri food and beverages (F&B).

    Kopi adalah salah satu komoditas dunia yang membawa nama Indonesia populer di dunia, khususnya Jawa. Dalam dunia kopi, terdapat istilah a cup of java atau secangkir kopi.

    Pulau Jawa dikenal sebagai produsen kopi dengan cita rasa terbaik di dunia dan saat ini Indonesia juga menjadi produsen serta konsumen kopi penting dunia.

    Indonesia menempati urutan keempat sebagai produsen kopi setelah Brasil, Vietnam dan Kolombia. Menurut International Coffee Organization (ICO) tahun 2017, Indonesia menjadi konsumen kopi yang berada di urutan ke tujuh.

    Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, minum kopi telah menjadi habit bagi orang tua dan anak muda untuk saat ini.

    Berkunjung ke kedai kopi bukan lagi soal memenuhi kebutuhan minum saja. Namun, lebih untuk pemenuhan gaya hidup (lifestyle). Mungkin hal ini yang menyebabkan banyak orang mempertimbangkan terkait coffee shop yang akan mereka kunjungi. Semua alasan inilah yang membuat perspektif orang mengenai coffee shop tidak sama lagi.

    Sajian cita rasa kopi yang nikmat dan berkualitas tidaklah cukup. Tentu ada hal lain yang menarik bagi konsumen. Tak heran bila saat ini, kedai kopi berlomba-lomba memberikan pengalaman terbaik bagi konsumennya.

    Tidak dapat dimungkiri, semakin hari persaingan bisnis kedai kopi atau coffee shop semakin ketat. Jumlah kedai kopi di Indonesia terus tumbuh sebagai emerging business.

    Banyak sekali para pebisnis pemula yang memilih terjun ke dalam bisnis ini. Masih ditambah lagi dengan persaingan merek franchise kedai kopi ternama. Untuk bisa bersaing dengan jaringan kedai kopi besar, banyak inovasi bisnis yang dijalankan para pebisnis.

    Untuk mulai menjalankan bisnis kopi, hal yang terpenting adalah adanya passion (gairah) untuk menjalankan bisnis tersebut. Maksud dari passion di sini adalah energi yang membuat kamu termotivasi untuk melakukan sesuatu dengan senang hati, tanpa paksaan bahkan rela mengerjakannya tanpa mengharap imbalan sedikit pun. Biasanya passion muncul karena kamu benar-benar mencintai bisnis yang kamu jalankan.

     Fitur inventori dari aplikasi majoo sangat membantu operasional bisnis.

    Alasan Trilogi Kopi Menggunakan Aplikasi Majoo

    Saat ini bisnis kedai kopi yang sudah menjamur di berbagai daerah di Indonesia termasuk di Banda Aceh. Di daerah tersebut terdapat sebuah coffee shop dengan nama Trilogi Kopi. Trilogi Kopi adalah bisnis yang bergerak di industri F&B (Food and Beverages) dan berdiri sejak tanggal 20 Juli 2020.

    Bertahannya bisnis kedai kopi ini menurut Maria Fanny Lestari (Staf Trilogi Kopi) selama pandemi karena adanya dua faktor utama, yaitu adanya support antar anggota karyawan dan penggunaan aplikasi majoo yang membuat kinerja karyawannya menjadi lebih baik.

    Aplikasi majoo ini adalah aplikasi wirausaha lengkap yang andal untuk solusi segala jenis bisnis agar lebih maju dan berkembang.

    Beruntung sekali, Fanny dapat berkenalan dengan aplikasi majoo. Menurut pengakuannya sebagai staf, operasional bisnis menjadi jauh lebih efektif sejak ia memutuskan untuk menggunakan aplikasi wirausaha satu ini.

    Bisnis F&B tentu sangat memperhatikan stok yang tersedia. Dengan adanya data stok yang akurat akan sangat membantumu dalam mengetahui seberapa banyak stok persediaan yang dibutuhkan pada periode berikutnya. Fitur inventori akan memberikan kemudahan dalam mengecek stok, melihat jumlah stok yang tersedia saat ini, penambahan jumlah stok ketika proses pengadaan atau sebaliknya, hingga pengurangan stok saat terjadi penjualan secara otomatis.

    Tak hanya itu saja, fitur inventori juga terintegrasi dengan sistem keuangan atau akuntansi, sehingga dapat membuat purchase order dan melakukan pengaturan stok yang bertambah selama proses berlangsung dan terintegrasi dengan keuangan. Hal ini tentu memberikan kemudahan ketika akan melakukan pembayaran kepada pemasok atau supplier

    Bila kedai kopi memiliki banyak cabang, fitur inventori berperan penting dalam record stock dari gudang utama ke cabang lain.  Semua data bisa kamu akses hanya dengan satu aplikasi. Satu hal lagi bahwa aplikasi majoo sudah mendukung beragam jenis pembayaran baik tunai maupun nontunai.

    Menurut Fanny bahwa aplikasi majoo sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin menjalankan bisnis atau sudah menjalankan bisnis. Hal ini karena semua fitur aplikasi majoo sangat efektif dan membantu kinerja para karyawan. Sebelum menggunakan aplikasi majoo, Trilogi Kopi masih menggunakan cara manual dalam menginput data dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan laporan penjualan harian maupun bulanan. Namun, setelah menggunakan aplikasi majoo, semua kegiatan input data menjadi lebih mudah, fleksibel dan meminimalisasi risiko kesalahan input.

    Fanny dan Trilogi Kopi sudah membuktikan bahwa aplikasi dengan sistem ekosistem digital seperti majoo memiliki peran penting dalam bisnis. Penggunaan aplikasi digital untuk operasional bisnis ini akan membawa banyak kemudahan dan keuntungan.

    So, sudahkah kamu siap untuk menjadi majoopreneur? #langkahmajoo untuk upgrade level bisnismu!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Transformasi Digital yang Sukses Diterapkan Citra Florist
    Setelah melakukan #langkahmajoo transformasi digital dari kinerja manualnya, kini Citra Florist merasakan makin keuntungan dan kemudahan yang didapat.
    Belajar Analisis Data dari Aplikasi Digital ala Garis Tepi
    Aplikasi digital ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media belajar dalam analisis data. Pemilik usaha Garis Kota sudah membuktikan hal ini.
    Hemat Waktu dan Energi dalam Jalankan Bisnis ala Mau Drinks
    Berkat aplikasi Majoo, pemilik Mau Drinks dapat lebih hemat waktu serta tenaga dalam menjalankan bisnisnya.
    Nau Coffee: Pakai majoo, Lebih Mudah Kelola Bisnis
    Nau Coffee adalah bisnis coffee shop yang terbantu pengelolaan operasionalnya menggunakan fitur aplikasi majoo.