Table of Content

    Upgrade Level Bisnis ala Takoyaki Hangat

    Upgrade level bisnis Takoyaki Hangat dengan menggunakan sistem POS aplikasi majoo.

    Industri food and beverage (F&B) diproyeksikan masih menjadi salah satu sektor andalan dalam pertumbuhan manufaktur dan ekonomi di Indonesia. Peran penting sektor ini terlihat dari kontribusinya yang konsisten dan signifikan.

    Dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak, Indonesia pun memiliki market yang sangat besar. Dari hal tersebut membuat industri F&B membutuhkan efisiensi dari economic of scales pasar Indonesia yang besar dengan adanya kemampuan daya beli yang memadai.

    Saat ini sektor industri food and beverage masih terus mendominasi. Hal ini dilihat dari maraknya kemitraan yang bermunculan dari sektor F&B, baik kuliner baru atau lama yang mengeluarkan inovasi bisnis. Alasan inilah yang membuat sektor F&B masih menduduki peringkat atas dan masih mendapat respons positif dari masyarakat Indonesia.

    Suatu bisnis yang berkembang tentu berdasarkan tren yang terjadi di masyarakat yang pada pada akhirnya mengandung beberapa konsekuensi seperti membuat inovasi baru pada produk yang akan dijual ke customer. Hal selanjutnya yang perlu dilakukan pebisnis dengan menggunakan instrumen marketing jitu guna menarik minat customer untuk membeli produk yang dijual. Begitulah tren perkembangan yang saat ini terjadi pada sektor industri F&B di Indonesia.

     Menurut Habibi, pengembangan bisnis melalui inovasi penyederhanaan operasional dilakukan dengan menggunakan aplikasi majoo.

    Kemudahan dalam Menjalankan Operasional Bisnis dengan Menggunakan Fitur Aplikasi majoo

    Takoyaki Hangat adalah industri food and beverage yang bergerak di bidang makanan siap santap dan dijual secara offline dan online. Makanan yang dijual oleh Takoyaki Hangat adalah makanan Jepang, seperti takoyaki, mentai, dimsum, dan lain sebagainya.

    Terlepas dari skalanya, menjalankan bisnis food and beverage terkadang menantang. Tantangan yang dihadapi dalam operasional bisnis juga dirasakan oleh Habibi, co-owner Takoyaki Hangat.

    Menurut Habibi, bisnis F&B ini memang membutuhkan banyak perhatian dalam pengelolaannya. Pengembangan bisnis dengan inovasi penyederhanaan operasional pun dilakukannya, seperti menggunakan aplikasi majoo.

    Fitur aplikasi majoo yang digunakan Takoyaki Hangat adalah sistem POS (Point of Sales). Tidak ada lagi pencatatan secara manual sehingga Habibi merasa operasional bisnis kini lebih hemat waktu dan energi. Pasalnya, untuk setiap transaksi yang berlangsung sudah tersedia fitur kasir online. Berkat sistem POS majoo, tidak ada kendala dalam pelayanan walaupun sedang banyak pembeli sebab proses transaksi dapat berjalan cepat serta praktis.

    Fitur aplikasi majoo selanjutnya yang digunakan Takoyaki Hangat adalah fitur absensi. Karyawan yang bekerja di Takoyaki Hangat terbagi menjadi dua, yaitu karyawan full time dan part time, sehingga fitur ini dapat men-tracking durasi waktu bekerja setiap karyawan.

    Hampir sebagian besar para pebisnis F&B membuka online shop atau toko di e-commerce di samping mereka tetap memiliki offline store. Di era serba digital seperti sekarang ini, bisnis pun harus mengikuti ekosistem digital agar bisnis dapat tumbuh dan berkembang.

    Saat ini Takoyaki Hangat sudah mendaftarkan bisnisnya di majoo e-commerce. Marketplace yang saat ini digunakan adalah Tokopedia dan Shopee.

    Dengan majoo e-commerce semua pengelolaan produk, stok dan penjualan dari Tokopedia dan Shopee dapat dilakukan melalui dashboard majoo, praktis tidak perlu login dari masing masing marketplace. Semua penjualan dari marketplace akan terintegrasi langsung dengan laporan penjualan, inventory hingga pencatatan laporan keuangan dan akuntansi.

    Dari penggunaan sistem POS ini akan mendapatkan laporan penjualan. Di dalam pengelolaan bisnis, laporan penjualan merupakan salah satu fitur penting. Mengapa laporan penjualan ini penting? Hal ini karena informasi yang didapat dari laporan keuangan sangat berperan penting dalam pengambilan suatu keputusan dalam bisnis.

    Habibi merekomendasikan kepada para UMKM, baik yang akan memulai bisnis atau yang bisnisnya sudah running untuk menggunakan aplikasi majoo. Menurutnya, penggunaan aplikasi majoo memberikan manfaat, seperti kemudahan dalam transaksi, pencatatan penjualan, inventori, hingga membuat laporan keuangan. Kemudahan dalam menjalankan operasional ini juga sangat dirasakan oleh karyawan Takoyaki Hangat.

    Ada banyak aspek dari bisnis yang dapat ditingkatkan bila pemilik tidak menghabiskan waktu untuk hal administratif. Oleh karena itu, penggunaan sistem POS yang tepat adalah langkah awal untuk mengembangkan suatu bisnis.

    Apa pun bisnis yang kamu jalankan, kamu dapat menggunakan aplikasi majoo dengan menyesuaikan navigasi serta fungsi di dalamnya.

    So, tunggu apa lagi? Segera ambil #langkahmajoo dan rasakan pengelolaan bisnis yang lebih sederhana, efektif, dan akurat. Menjalankan operasional bisnis yang efisien, tetapi tetap ekonomis. Pastinya menarik, bukan?

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Transformasi Digital yang Sukses Diterapkan Citra Florist
    Setelah melakukan #langkahmajoo transformasi digital dari kinerja manualnya, kini Citra Florist merasakan makin keuntungan dan kemudahan yang didapat.
    Belajar Analisis Data dari Aplikasi Digital ala Garis Tepi
    Aplikasi digital ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media belajar dalam analisis data. Pemilik usaha Garis Kota sudah membuktikan hal ini.
    Hemat Waktu dan Energi dalam Jalankan Bisnis ala Mau Drinks
    Berkat aplikasi Majoo, pemilik Mau Drinks dapat lebih hemat waktu serta tenaga dalam menjalankan bisnisnya.
    Nau Coffee: Pakai majoo, Lebih Mudah Kelola Bisnis
    Nau Coffee adalah bisnis coffee shop yang terbantu pengelolaan operasionalnya menggunakan fitur aplikasi majoo.