5 Strategi Pemasaran Produk Agar Viral seperti Boneka Labubu

Penulis Akidna Rahma
30 September 2024

article thumbnail


Boneka Labubu akhir-akhir ini membuat media sosial viral. Banyak sekali yang antusias untuk membeli produknya, bahkan sampai rela antre. Viralnya boneka Labubu diawali dengan unggahan Lisa Blackpink yang sedang memamerkan gantungan tasnya di akun pribadinya. Tak lama, banyak sekali influencer dan orang-orang lainnya mendadak tertarik untuk membeli boneka tersebut. Lalu, apa yang dimaksud dengan boneka Labubu? 


Apa Itu Boneka Labubu?

Boneka Labubu adalah boneka karakter yang dibuat oleh seniman asal Hongkong  yang bernama Kasing Lung. Produk ini bukan sesuatu yang baru. Keberadaan boneka Labubu sudah ada sejak tahun 2015 namun menjadi viral di tahun 2024. Harga boneka ini dijual dengan harga yang bervariasi atau tergantung dengan edisi yang beredar. Biasanya boneka tersebut dibanderol dimulai dengan harga Rp290 Ribuan.


Brand yang Mengeluarkan Produk Boneka Labubu?

Boneka Labubu merupakan salah satu produk Pop Mart. Pop Mart sendiri merupakan perusahaan mainan yang memiliki banyak cabang di dunia seperti, Thailand, Hongkong, Singapura, Indonesia dll. Labubu ternyata bukan lini mainan karakter utama yang dikeluarkan Pop Mart. Ada beberapa karakter lain yang sudah pernah dijual seperti Molly, Pino, Jelly, Dimoo, Pucky, Skullpanda dll. 


5 Strategi Marketing yang Bikin Boneka Labubu Viral 

Suksesnya penjualan boneka Labubu di seluruh dunia tidak terlepas dari strategi marketingnya. 

Ada beberapa strategi marketing yang bikin boneka Labubu viral dan sukses terjual, antara lain:


1. Cute Marketing 

Cute marketing adalah sebuah inovasi produk yang mengambil  sisi unsur cute (gemas, lucu dan imut) untuk menarik perhatian pelanggan. 


Boneka Labubu memanfaatkan unsur cute sebagai salah satu strategi marketing untuk menarik pelanggan. 


2. KOL 

Boneka Labubu menjadi viral setelah diunggah Lisa Blackpink di Media Sosial. Terlepas dari Lisa Blackpink yang bukan seorang BA dari Pop Mart untuk mempromosikan Labubu. Tapi kamu bisa membuat produkmu viral dengan bantuan promosi dari orang terkenal atau punya audiens yang berkaitan dan jumlahnya banyak.


Cara tersebut biasa dikenal dengan memanfaatkan KOL (Key Opinion Leader. KOL sendiri adalah seseorang atau sekelompok yang mempunyai keahlian di suatu bidang atau perwakilan yang biasa didengar  dan punya masa. Nah, kamu bisa memanfaatkan KOl sebagai strategi marketing produkmu agar viral seperti Labubu. 


3. Memanfaatkan Fomo 

Kondisi yang membuat orang antusias untuk mendadak ingin membeli boneka Labubu setelah diunggah Lisa Blackpink mempunyai satu istilah yaitu fomo. Kondisi ini membuat boneka Labubu viral dan dinanti banyak orang. Sehingga buat kamu yang ingin produkmu viral dinanti seperti Labubu. Kamu bisa memanfaatkan fomo sebagai strategi marketing.


4.Scarsity Marketing


Scarsity marketing identik dengan kelangkaan. Secara definisi, scarsity marketing adalah strategi marketing yang memanfaatkan kelangkaan sebagai cara untuk menarik perhatian pelanggan atas sebuah produk.


Keterbatasan produk boneka Labubu ternyata bisa dikategorikan sebagai strategi marketing agar produk dapat perhatian lebih dalam oleh pelanggan. 


5.Publikasi Media Gratis 

Hiruk pikuk ramainya pembelian Labubu viral di media sosial. Karena produk yang dijual oleh Pop Mart ini jumlahnya terbatas. Sehingga membuat banyak orang menyoroti entah ada yang mengeluh tak kebagian atau bahkan sampai perjuangan mendapatkan produk tersebut. Setelah memanfaatkan, fomo, scarsity marketing secara tidak langsung akan menimbul publikasi media gratis sebagai strategi pemasaran yang bisa diambil dari fenomena viralnya Labubu. 


Kesimpulan 

Dibalik Viralnya Boneka Labubu ada beberapa strategi marketing yang bisa diambil untuk diimplementasikan ke bisnis pribadi agar bisa terjual sukses. Fenomena yang terjadi ini merupakan pelajaran baik dari perkembangan bisnis retail yang tergolong sukses. Kamu juga bisa merintis bisnis retail yang sukses seperti Pop Mart. Salah satunya dengan menyiapkan alat yang efisien seperti aplikasi kasir yang dapat me-manage keuangan dengan rapih, praktis dan terkontrol dengan baik. Aplikasi kasir Majoo sangat cocok untuk menjawab masalah tersebut karena Majoo menyediakan fitur yang banyak dan bikin usaha kamu cuan!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Lihat Artikel Lainnya

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo