Mempunyai merek dagang sebagai simbol dari sebuah produk atau bahkan perusahaan menjadi hal yang sangat krusial, lho! Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara membuat merek dagang yang menarik.
Oleh sebab itu, kami akan memberikan informasi tentang cara membuat merek dagang sendiri, agar kamu bisa segera mendapatkan trademark yang sah untuk bisnis yang sedang kamu kelola.
Definisi Merek Dagang
Merek dagang atau disebut juga sebagai trademark merupakan suatu elemen yang digunakan sebagai pembeda, antara barang atau jasa suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
Biasanya, trademark akan didaftarkan secara sah ke dalam hukum agar tidak ada yang menggunakan, memproduksi, hingga memasarkan produk dengan nama serupa di luar perusahaan tersebut.
Baca Juga: Bagaimana Cara Cek HAKI Merek yang Benar?
Jenis-jenis Merek Dagang
Sebelum kamu mendapatkan informasi mengenai cara membuat merek dagang sendiri, pastikan kamu telah memahami apa saja jenis-jenis merek dagang yang umum digunakan.
Word Mark
Word mark merupakan merek dagang yang dibuat dengan kata-kata atau kombinasi antara huruf, kata, dan juga angka, yang dipakai untuk menjelaskan suatu produk atau jasa. Word mark ini merupakan jenis merek dagang yang lebih mudah didaftarkan secara sah secara hukum.
Sound Mark
Kedua, ada jenis sound mark yang merupakan jenis merek dagang berbentuk suara atau komposisi dari musik-musik tertentu. Sound mark ini juga merupakan bentuk identitas suatu produk atau jasa.
Design Mark
Selanjutnya adalah design mark. Seperti halnya namanya, merek dagang yang satu ini berbentuk desain atau grafik yang dipakai untuk menjelaskan sebuah barang atau jasa. Umumnya, design mark berupa simbol, logo, warna, hingga elemen grafis lain yang unik.
Color Mark
Jenis lainnya adalah color mark. Kombinasi dari sebuah warna bisa menjadi media yang cukup kuat untuk memperkenalkan sebuah brand ke masyarakat.
Smell Mark
Terakhir, ada smell mark yang juga bisa digunakan sebagai trademark. Aroma atau bau dari sebuah produk bisa yang khas dan tentunya berbeda dari produk lain dapat menjadi merek dagang, lho!
Umumnya, smell mark digunakan oleh industri yang bergerak dibidang makanan atau minuman, parfum, hingga produk rumah tangga.
Baca Juga: HAKI Adalah: Apa Itu HAKI dan Macam-macam HAKI
Cara Membuat Merek Dagang yang Menarik
Tak hanya sekedar nama ataupun logo, merek dagang atau brand juga mewakili gambaran perusahaan di mata para pelanggannya. Sering kali, brand dijadikan sebagai bentuk reputasi atau citra perusahaan dalam masyarakat.
Oleh karena itu, membangun sebuah brand tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Perlu adanya perhitungan dan pertimbangan yang matang sebelum menggunakan nama tersebut sebagai gambaran dari sebuah perusahaan.
Lantas, bagaimana cara membuat merek dagang yang baik? Berikut adalah tahapan atau cara membuat merek dagang usaha yang bisa kamu terapkan, di antaranya:
Melakukan riset pasar
Cara membuat merek dagang yang pertama adalah dengan melakukan riset pasar. Kamu perlu memahami bagaimana kondisi dari target pasarmu saat ini. Ada beberapa hal yang perlu kamu cermati saat melakukan riset pasar, di antaranya:
Mempelajari semua hal yang relevan dengan kebutuhan konsumen.
Memanfaatkan teknologi untuk melakukan riset pasar.
Mencari tahu apa saja yang diinginkan dan menjadi target konsumen.
Melakukan survei tentang target pasar yang dituju. Kamu bisa menanyakan secara langsung kepada mereka tentang gambaran brand seperti apa yang diinginkan.
Berperan sebagai seorang konsumen agar dapat merasakan pengalaman berbelanja para konsumen, baik secara online maupun offline.
Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui beberapa hal di atas, kini kamu bisa merangkum informasi tersebut menjadi beberapa catatan seperti berikut:
Target pasar yang dapat menerima dan menggunakan produk-produk bisnis kamu.
Siapa saja perusahaan yang menjual dan memasarkan produk sejenis dengan produk perusahaanmu.
Tren dan gaya seperti apa yang sedang banyak dicari oleh masyarakat.
Identifikasikan para pesaing dan tentukan nama merek dagang
Tahap selanjutnya adalah melakukan identifikasi para pesaing atau kompetitor. Sebelum menentukan trademark atau merek dagang, ada baiknya kamu juga melakukan riset terhadap trademark dari perusahaan pesaing.
Dengan mencari tahu keunggulan dan kelemahan dari merek dagang lain, kamu bisa membuat trademark yang lebih unik dan banyak dicari oleh calon konsumen. Setelah itu, buat daftar nama merek dagang yang sekiranya sesuai dengan produk-produk kamu.
Evaluasi setiap nama yang dipilih
Apabila kamu sudah mengidentifikasi dan membuat daftar merek dagang yang sesuai, lakukan evaluasi pada masing-masing nama tersebut. Pilih nama brand yang unik dan menarik agar meningkatkan daya tarik dari produk yang akan kamu jual.
Upayakan memilih nama yang mudah diingat
Kemudian, pastikan kamu memilih merek dagang yang mudah sederhana dan tidak terlalu rumit. Semakin mudah nama merek dagang, semakin mudah pula brand tersebut diingat oleh pelanggan.
Less is more menjadi banyak acuan dalam membuat trademark yang baik. Nah, agar merek perusahaanmu bisa lebih mudah diingat pelanggan, gunakan 2 sampai 4 suku kata saja.
Selain itu, menggunakan nama brand yang mudah dicari secara online juga merupakan hal yang baik. Hindari penggunaan kata, huruf, atau bahasa yang rumit. Hal ini dapat membuat pelanggan mudah lupa pada brand perusahaan kamu.
Tambahkan ciri khas pada nama yang dipilih
Agar merek dagangmu makin mudah diingat, tak ada salahnya untuk menambahkan sesuatu yang dapat menjadi ciri khas dari brand milikmu. Misalnya, dengan membuat trademark dari bahasa asing atau bahasa daerah, memberi tanda baca, atau nama dengan ejaan yang unik.
Dengan begitu, merek dagang milikmu akan terlihat lebih menarik dibandingkan dengan brand sejenis yang ada di industri tersebut.
Buat slogan untuk merek dagang
Setelah menentukan nama merek dagang beserta ciri khasnya, tahap selanjutnya adalah membuat slogan untuk merek dagangmu. Slogan yang dibuat dapat berupa kata-kata atau kalimat yang singkat, tapi mampu mendeskripsikan tujuan atau harapan bisnis kamu.
Membuat slogan atau tagline juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Slogan yang baik akan memberikan dampak dan kesan yang kuat bagi para pelanggannya.
Bisa dipertahankan dari sisi hukum
Satu hal lagi yang tak kalah penting dalam proses pembuatan merek dagang, yakni bisa dipertahankan dari segi hukum. Ya, membuat merek dagang dan mendaftarkannya secara sah ke dalam hukum, bisa membuat trademark tersebut mempunyai kekuatan di mata hukum.
Hal ini dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang.
Sebagai pihak yang membuat trademark baru, kamu juga tidak diperbolehkan untuk membuat nama merek dagang yang sama dengan brand lain, terutama brand yang sudah sah di mata hukum.
Penutup
Itulah beberapa informasi mengenai cara membuat merek dagang yang menarik yang bisa kamu terapkan dalam bisnis. Sebagai icon atau elemen yang mewakili suatu produk atau jasa perusahaan, membuat merek dagang tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan.
Kamu harus mempertimbangkan banyak aspek agar merek dagang yang dibuat dapat mencerminkan perusahaan itu sendiri. Tentunya, merek dagang yang dibuat juga bisa dengan mudah diingat oleh para pelanggan, sehingga brand yang kamu pasarkan tidak akan mudah disingkirkan oleh para kompetitor.
Setelah membuat merek dagang yang tepat, selanjutnya kamu juga bisa mengoptimalkan penjualan dengan menggunakan aplikasi POS majoo. majoo mempunyai beragam fitur yang dapat membantu mengembangkan bisnis jadi lebih maju. Penasaran? Daftarkan bisnismu segera!
Sumber Data:
https://www.niagahoster.co.id/blog/trademark-adalah/#1_Word_Mark
https://www.hubster.co.id/blog/cara-membuat-brand-sendiri-untuk-pemula
https://store.sirclo.com/blog/tips-membuat-nama-brand-bisnis/
https://greenpermit.id/2021/11/02/merek-dagang-adalah/