Contoh Surat Penolakan Pesanan Barang dengan Berbagai Alasan

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Ada satu surat yang penting dalam bisnis, tetapi masih ada sebagian pebisnis yang menganggapnya remeh, yaitu surat penolakan pesanan barang. Padahal, berbagai contoh surat penolakan pesanan barang memiliki berbagai fungsi penting dalam operasional bisnis, khususnya dalam menjaga hubungan dengan pelanggan.

Surat penolakan pesanan dapat menjadi sarana komunikasi resmi antara pihak penjual dan pelanggan. Dengan menjelaskan alasan-alasan yang menjadi faktor penolakan, surat ini dapat membantu menghindari rasa bingung atau ketidakpastian yang mungkin dirasakan oleh pelanggan. 

Dengan memberikan informasi secara langsung dan terbuka, perusahaan yang menerima pesanan dapat mempertahankan kepercayaan pelanggan. Selain itu juga bisa menghindari kemungkinan adanya konflik atau ulasan negatif yang dapat merugikan reputasi bisnis.

Baca Juga: Pahami Surat Delivery Order, Hindari Kesalahan Pengiriman

Apa Itu Surat Penolakan Pesanan?

Sebenarnya apa itu surat penolakan pesanan? Surat penolakan pesanan adalah dokumen tertulis yang digunakan oleh suatu perusahaan atau individu untuk memberitahu pelanggan bahwa pesanan yang diajukan tidak dapat dipenuhi atau diterima. 

Berbagai contoh surat penolakan pesanan umumnya berisi berbagai alasan mengapa pesanan tersebut tidak dapat diproses atau dilaksanakan. Tujuan utama dari surat penolakan pesanan adalah untuk menjelaskan situasi kepada pelanggan dengan sopan dan transparan, serta menunjukkan rasa hormat terhadap pelanggan meskipun pesanannya tidak dapat dipenuhi.

Beberapa alasan umum adanya surat penolakan pesanan barang, antara lain:

  • Tidak adanya ketersediaan barang. Jika barang yang diminta oleh pelanggan tidak tersedia atau stoknya habis, perusahaan mungkin akan menolak pesanan tersebut.

  • Adanya ketidakcocokan spesifikasi. Misalnya pesanan dari pelanggan tidak sesuai dengan spesifikasi yang dapat dipenuhi oleh perusahaan, seperti ukuran, warna, atau fitur tertentu.

  • Keterbatasan produksi atau kapasitas tertentu dari perusahaan. Jadi, mereka tidak dapat memenuhi pesanan dalam jumlah atau waktu yang diminta.

  • Jika terjadi kesalahan dalam harga atau informasi produk yang diberikan kepada pelanggan, perusahaan mungkin harus menolak pesanan tersebut.

  • Ada situasi saat perusahaan harus mengikuti peraturan atau kebijakan internal yang tidak memungkinkan untuk memenuhi pesanan tertentu dari pelanggan.

  • Kendala dalam pengiriman atau logistik juga menjadi salah satu alasan perusahaan tidak dapat mengirimkan pesanan kepada pelanggan.

Apa tujuan surat penolakan barang?

Tujuan Surat Penolakan Pesanan

Secara umum, tujuan surat penolakan pesanan adalah untuk memberitahu pelanggan bahwa pesanan yang diajukan tidak dapat dipenuhi atau dilaksanakan. Beberapa tujuan lain yang juga menjadi pertimbangan tersendiri adalah:

Untuk Memberikan Penjelasan

Contoh surat penolakan pesanan dibuat dengan tujuan untuk memberikan penjelasan yang jelas dan transparan mengenai alasan mengapa pesanan tidak dapat diproses. Ini membantu pelanggan memahami situasi dan mengurangi rasa kebingungan atau ketidakpastian.

Untuk Menjaga Kredibilitas

Dengan memberikan alasan yang jujur dan objektif, perusahaan dapat menjaga kredibilitasnya di mata pelanggan. Ketika pelanggan melihat bahwa perusahaan berkomunikasi terbuka dan jujur, mereka lebih mungkin untuk tetap mempertahankan kepercayaan mereka terhadap perusahaan.

Sebagai Sarana Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Dalam beberapa kasus, pelanggan mungkin mengajukan pesanan yang tidak dapat dipenuhi karena batasan logistik, produksi, atau lainnya. Surat penolakan akan sangat membantu menghindari pembentukan harapan yang tidak realistis pada pelanggan

Untuk Memberikan Alternatif

Dalam beberapa kasus, perusahaan juga dapat menawarkan alternatif atau solusi yang dapat membantu pelanggan mendapatkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Menghindari Keluhan atau Sengketa

Dengan memberikan penjelasan yang baik mengenai alasan penolakan, perusahaan dapat menghindari kemungkinan keluhan atau sengketa lebih lanjut dari pelanggan yang mungkin merasa kecewa atau tidak puas.

Untuk Menunjukkan Profesionalisme

Tujuan surat penolakan pesanan barang berikutnya adalah untuk dijadikan sebagai kesempatan bagi perusahaan menunjukkan profesionalisme dan penghargaan terhadap pelanggan. Cara perusahaan merespons penolakan dapat mencerminkan nilai-nilai perusahaan dan budaya organisasi.

Untuk Digunakan sebagai Catatan dan Bukti

Surat penolakan pesanan juga dapat berfungsi sebagai catatan tertulis mengenai komunikasi antara perusahaan dan pelanggan. Ini dapat bermanfaat jika terjadi kebingungan atau pertanyaan lebih lanjut di masa depan.

Aplikasi Wirausaha majoo

Bagian-Bagian Surat Penolakan Pesanan

Berbagai contoh surat penolakan pesanan harus disusun dengan hati-hati, sopan, dan beretika. Sebisa mungkin kamu dapat menjelaskan alasan penolakan secara jelas tanpa mengesampingkan perasaan atau harapan pelanggan.

Itulah sebabnya, sebagai pebisnis kamu perlu memahami bagian-bagian yang biasanya ada di dalam surat penolakan pesanan barang. Beberapa bagian yang sebaiknya ada di dalam surat penolakan tersebut adalah:

Kop Surat

Bagian pertama adalah kop surat, yang merupakan identitas dan logo toko. Ini merupakan tanda bahwa surat tersebut resi dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.

Tempat dan Tanggal Dibuat

Bagian tempat dan tanggal pembuatan surat juga harus diisi secara jelas dan tidak boleh ada kesalahan. 

Nomor Surat dan Kepentingannya

Nomor surat merupakan bagian penting yang berhubungan dengan keperluan pengarsipan. Sedangkan bagian kepentingan berguna untuk menjelaskan tujuan utama dokumen tersebut, yaitu tentang penolakan pesanan.

Penerima Tujuan

Pihak penerima surat dengan nama lengkap dan keterangan tambahan, seperti nama toko dan kota konsumen harus diisi. 

Kalimat Pembuka

Kalimat pembuka merupakan bagian dari pengenalan di dalam surat. Kalimat 'Dengan hormat' dapat kamu gunakan menciptakan suasana formal dan profesional. 

Isi

Bagian isi surat harus menyampaikan inti permasalahan penolakan barang secara jelas dan tegas kepada konsumen tanpa perlu kata-kata berlebihan. 

Kalimat Penutup

Penutup surat diakhiri dengan kalimat yang mengucapkan terima kasih atas perhatian dan permohonan maaf atas situasi tersebut. Tidak perlu panjang, cukup dua baris.

Nama Pengirim dan Tanda Tangan

Bagian terakhir adalah nama pengirim, nama perusahaan, dan tanda tangan asli. Ini akan memudahkan pelanggan mengidentifikasi pihak yang bertanggung jawab atas pesanan yang tidak dapat diproses.

Dengan mengikuti struktur dari bagian-bagian tersebut, contoh surat niaga penolakan pesanan dapat disusun dengan baik, menghindari kebingungan, dan memberikan pesan yang jelas serta profesional kepada pelanggan.

Panduan Cara Membuat Surat Penolakan Barang

Jika kamu berencana untuk membuat surat penolakan pesanan, sebaiknya berikan  perhatian lebih terhadap detail dan rincian. Inilah langkah-langkah yang dapat kamu dalam cara  membuat surat penolakan pesanan dengan baik.

  • Mulailah dengan membuat format surat yang sesuai dengan identitas perusahaan kamu. 

  • Sertakan kop surat yang berisi nama toko, alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mail. Jika ada logo perusahaan, tambahkan juga.

  • Cantumkan tempat dan tanggal surat penolakan dibuat.

  • Sertakan nomor surat sesuai sistem penomoran resmi yang digunakan oleh perusahaan. 

  • Tuliskan subjek surat dengan jelas, misalnya "Penolakan Pesanan".

  • Gunakan salam pembuka yang formal, seperti "Dengan hormat" untuk memberikan kesan profesional dan sopan.

  • Mulai surat dengan mengenalkan diri dan perusahaan. 

  • Sampaikan ucapan terima kasih kepada pelanggan atas minat dan pemesanannya.

  • Pada bagian isi surat, jelaskan secara jelas dan singkat alasan mengapa pesanan pelanggan tidak dapat diproses. Misalnya, masalah stok, kesesuaian spesifikasi, atau kendala lainnya.

  • Jika memungkinkan, tawarkan solusi atau alternatif yang dapat membantu pelanggan mendapatkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Jangan lupa untuk menyertakan kalimat permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat penolakan tersebut. Ini akan menjadi bentuk empati kepada pelanggan.

  • Akhiri surat dengan kalimat penutup berisi ucapan terima kasih kembali dan harapan untuk tetap menjaga hubungan baik.

  • Tulis nama lengkap pengirim, jabatan, dan tanda tangan asli. 

  • Jangan lupa juga untuk menambahkan informasi kontak yang dapat dihubungi oleh pelanggan jika mereka memiliki pertanyaan lebih lanjut.

  • Sebelum mengirimkannya, pastikan kamu mengecek ulang surat tersebut dan melakukan revisi atas kesalahan tata bahasa, ejaan, dan informasi yang mungkin terjadi.

Contoh Surat Penolakan Pesanan 

Inilah salah satu contoh surat penolakan pesanan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Dengan memahami cara membuat dan melihat contohnya dengan cermat, akan lebih mudah bagi kamu dalam menyusun surat penolakan tersebut. 

contoh surat penolakan pesanan

Kesimpulan 

Pengertian surat penolakan pesanan adalah surat yang dibuat oleh suatu perusahaan atau individu untuk memberitahu pelanggannya bahwa pesanan yang diajukan tidak dapat dipenuhi atau diterima. 

Tujuan utama dari berbagai contoh surat penolakan pesanan adalah untuk menjelaskan situasi kepada pelanggan dengan sopan dan transparan. Selain itu juga untuk menunjukkan rasa hormat terhadap pelanggan meskipun pesanannya tidak dapat dipenuhi.

Untuk memudahkan kamu dalam pembuatan surat penolakan pesanan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi wirausaha seperti majoo. Fitur inventory pada aplikasi wirausaha majoo akan membantu kamu melakukan pengecekan stok barang. Jadi, kamu dapat memastikan apakah akan menerima atau menolak pesanan dari pelanggan. Mudah dan praktis, kan? So, langganan majoo sekarang, yuk!



Sumber Data:

https://beinyu.com/contoh-surat-penolakan-pesanan

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo