Tips Foto Produk Baju Menarik untuk Gaet Minat Pelanggan!

Ditulis oleh Ajar Pamungkas

article thumbnail

Ada sejumlah tips foto produk baju yang bisa bantu memenangkan persaingan bisnis.

Bagi pelaku usaha yang memang bergerak di industri fesyen, foto produk baju pasti dipastikan dengan benar. Wajar saja, sih, di antara banyaknya kompetitor yang bergerak di bidang serupa, menampilkan foto produk yang mampu menarik perhatian pelanggan tentu jadi salah satu kunci untuk memenangkan persaingan.

Tips apa saja, sih, yang bisa diterapkan agar produk-produk pakaian yang ingin kita pasarkan bisa tampak menarik di mata mereka dan mampu menggoda mereka untuk berbelanja? Yuk, langsung kita bahas beberapa tips menarik yang dapat membantu bisnis kita memenangkan persaingan di industri fesyen ini!

Tips Foto Produk Baju yang Menarik

Di era yang sudah serba modern seperti sekarang, berbelanja secara online sudah tak lagi dipandang sebelah mata. Sebaliknya, cara berbelanja yang baru ini justru semakin diminati karena pelanggan bisa mendapatkan barang incarannya tanpa perlu membuang banyak waktu dan tenaga.

Namun, tentunya tak sedikit pula pelaku usaha yang berpikiran serupa dan menekuni bisnis fesyen secara online. Jika sudah demikian, otomatis tips foto produk baju yang dapat menarik perhatian pelanggan pun banyak dicari. Wajar saja, kan, karena untuk memenangkan persaingan, para pelaku usaha perlu berlomba-lomba mencuri perhatian calon pelanggan melalui katalog penuh berisi foto-foto yang menarik.

Nah, jika kamu termasuk salah satu pelaku usaha yang tengah berlomba-lomba tersebut, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar foto produkmu milikmu keluar sebagai pemenang dalam kancah persaingan.

Penasaran, tidak, nih, apa saja tips yang bisa coba dilakukan? Daripada berlama-lama, langsung saja kita ulas satu per satu!

  1. Pilih dengan Baik Background Foto Produk Baju

Perhatikan baju yang ingin dipasarkan, kemudian perhatikan pula background foto produk baju yang ingin digunakan.

Jangan salah, tips ini cukup penting untuk memastikan produkmu banyak diminati pelanggan dan laku di pasaran. Pasalnya, salah memilih latar belakang untuk foto produk bisa berakibat fatal, lho!

Misalnya saja baju yang ingin dijual adalah dress polos sederhana yang sangat anggun, mengambil foto produk dengan latar belakang yang sedikit ramai bisa jadi pilihan, terlebih jika gaun tersebut berwarna sedikit terang. Mengapa bisa demikian? Sederhana saja, di tengah latar yang ramai, gaun anggun berwarna terang akan tampil mencolok dan semakin terkesan wah!

Namun, hati-hati! Apabila motif pada latar belakang yang digunakan ternyata tergolong mengesankan, bisa jadi perhatian pelanggan justru tertuju pada latar belakang tersebut, alih-alih gaun yang ingin dipasarkan. Gaun elegan tersebut pun akan terasa kurang anggun ketika disandingkan dengan latar yang kurang pas.

Jadi, jangan anggap remeh, ya! Pastikan untuk memilih dengan baik setiap detail yang akan dijadikan latar belakang untuk foto produk. 

Baca Juga: Lakukan Ini Agar Foto Produk Jadi Estetik dan Menarik!

  1. Pastikan Pencahayaan Memadai untuk Foto

Latar sudah dipilih sebaik mungkin dan sudah sesuai dengan produk yang akan difoto, akan tetapi pencahayaan yang digunakan saat pengambilan foto terlalu redup atau justru terlalu terang. Hmm, sudah barang tentu hasil foto tidak akan sama seperti yang telah dibayangkan.

Ingat selalu bahwa cahaya yang terlalu redup akan membuat pakaian terlihat lebih gelap dan warnanya pun akan terlihat lebih tua jika dibandingkan dengan warna aslinya. Sebaliknya, ingat juga bahwa cahaya yang terlalu terang akan membuat pakaian terlihat jauh lebih terang dan warnanya sedikit pudar.

Jelas, perubahan warna yang terlalu jauh antara foto produk dengan produk aslinya akan menjadi masalah besar yang bisa saja mengurangi kepuasan serta pengalaman pelanggan dalam berbelanja. Oleh karena itu, pastikan pencahayaan yang digunakan sudah diatur secara pas dan sesuai dengan efek yang diharapkan.

Lakukan uji coba jika memang diperlukan, karena tak selamanya kita akan mendapatkan pengaturan cahaya yang pas dalam sekali mencoba. Tak perlu takut, waktu yang terbuang tak akan sebanyak apabila foto produk terlanjur diambil dalam pengaturan cahaya yang salah, kok!

Ada sejumlah tips foto produk baju yang bisa bantu memenangkan persaingan bisnis.

  1. Tentukan Konsep Foto Produk Baju

Jangan lupa untuk menentukan konsep foto produk baju terlebih dahulu sebelumnya. Ini bukan perkara yang sepele, lho, karena foto yang memiliki tema tertentu akan terasa mengalir seperti bercerita ketika pelanggan berpindah dari foto produk yang satu dengan foto produk yang lain.

Tak perlu bingung bagaimana cara memilih konsep yang tepat untuk foto produkmu, coba sesuaikan saja gagasan tema yang kamu miliki dengan warna dari produkmu tersebut. Misalnya saja, jika produk yang ingin kamu ambil fotonya kebanyakan berwarna biru, tema laut lepas atau langit yang cerah bisa jadi pilihan untuk memberikan nilai tambah pada foto produk.

Namun, perhatikan pula konsep yang diusung benar-benar mendukung penampilan pakaian yang akan dipasarkan. Jika konsep tersebut ditetapkan secara asal, bukan tidak mungkin baju yang akan difoto justru terasa keluar konsep dan justru akan mengundang penilaian yang buruk dari pelanggan.

Baca Juga: Membuat Foto Produk: Jenis, Cara, Tips, dan Fungsi

  1. Gunakan Teknik Foto Produk Baju

Mengambil foto produk dengan foto pemandangan tentu tak akan benar-benar sama, karena ada teknik foto produk baju yang sedikit berbeda dengan teknik ketika mengambil objek foto lainnya.

Inilah alasan mengapa tak sedikit pelaku usaha yang menggunakan jasa fotografer profesional dalam mengabadikan produk-produk yang mereka miliki dalam bentuk foto. Pengetahuan terkait teknik pengambilan foto yang menyesuaikan objeknya ini jelas tak dimiliki oleh semua orang, oleh karena itu tenaga fotografer profesional pun dibutuhkan untuk memastikan produk difoto dengan teknik yang benar.

Namun, jika memang mengalami keterbatasan modal, tentu menyewa jasa fotografer profesional akan terasa sedikit berat. Tidak apa, jangan terburu-buru untuk membuat foto produk. Perbanyak modal hingga cukup untuk menyewa jasa profesional atau mencoba mempelajari teknik-teknik pengambilan foto ini secara mandiri bisa menjadi pilihan yang menarik, kan?

Pastikan selalu foto produkmu diambil dengan teknik yang tepat, dengan demikian baju yang mungkin sebenarnya biasa-biasa saja pun bisa nampak anggun dan elegan. Menarik sekali, kan?

Aplikasi Wirausaha

Pentingnya Memilih Foto Produk Pakaian dengan Tepat

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kualitas foto produk, mulai dari postur tubuh model yang memeragakan produk tersebut, konsep yang dipilih, pencahayaan, hingga background foto produk baju dapat mengubah hasil pengambilan foto.

Meskipun sulit, anggap saja ini sebagai tantangan dalam memilih foto produk yang tepat untuk dipasang. Pasalnya, foto yang dipilih secara tepat akan memberikan nilai tambah bagi bisnis, terlebih untuk bisnis di bidang fesyen yang persaingannya hampir tak pernah surut.

Pertanyaannya, mengapa, sih, kita perlu memilih foto produk dengan baik? Mengapa kita tak bisa asal pilih saja foto produk yang kita anggap memang bagus? Setidaknya, ada dua alasan mengapa pilihan foto profuk yang tepat sangat penting.

  1. Memberikan Pilihan yang Bervariasi kepada Pelanggan

Dengan menetapkan konsep foto produk baju, hasil pengambilan foto pun bisa menghadirkan pilihan-pilihan yang mungkin belum terbayangkan oleh pelanggan. Bukan tidak mungkin, lho, pelanggan yang awalnya tak ada bayangan akan mengenakan baju ini ke acara seperti apa, akhirnya memiliki ide setelah melihat konsep yang disajikan.

Bayangkan apabila kita sebagai pelaku usaha menyediakan konsep yang sangat beragam, tentu pilihan yang ada di kepala pelanggan pun juga akan jauh lebih banyak lagi, kan? Jelas ini bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis yang dapat membantu kita memenangkan persaingan.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menerapkan tips foto produk baju yang menarik agar bisa pun semakin laris diminati oleh pelanggan. Tawarkan beragam pilihan kepada pelanggan dengan berbagai pose, konsep, dan juga latar belakang pengambilan foto.

  1. Memberikan Nilai Lebih bagi Bisnis

Seperti yang sudah sempat beberapa kali dibahas, foto produk tak hanya sekadar menjadi katalog online yang bisa diakses oleh pelanggan ketika mereka ingin melakukan pembelian, tetapi juga menjadi nilai tambah bagi bisnis sehingga pelanggan tak mudah pindah berbelanja produk-produk kompetitor.

Secara matang memilih teknik foto produk baju yang tepat dapat memberikan kesan kepada pelanggan bahwa kita memang serius menyajikan yang terbaik untuk mereka. Jika foto produk saja dibuat dengan ketekunan yang teramat sangat, tentu pelanggan pun akan berpikiran bahwa kita mencurahkan effort yang sama besarnya dalam membuat baju yang nyaman untuk mereka kenakan, kan?

Jadi, tak ada salahnya juga, kok, memberikan perhatian yang lebih pada setiap foto baju yang akan dipasarkan. Dengan demikian, potensi kita dalam memenangkan persaingan pun bisa lebih besar. Ingat selalu bahwa keberlanjutan bisnis, khususnya yang bergerak di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah, akan sangat dipengaruhi oleh tingkat kepuasan pelanggan.

Jika ingin meningkatkan kepuasan serta pengalaman berbelanja pelanggan, tak perlu bingung, manfaatkan aplikasi majoo yang sudah dirancang dan dilengkapi beragam fitur unggulan yang dapat mempermudah pengelolaan bisnis. Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan aplikasi majoo sekarang juga!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo