Harga Kompetitif Adalah: Definisi, Strategi, dan Cara Menentukannya

Ditulis oleh Retna Kumalasari

article thumbnail

Menetapkan harga kompetitif adalah sebuah strategi untuk meningkatkan potensi penjualan produk perusahaan. Sebab, dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu kamu akan menemui adanya persaingan dalam proses penjualannya.

Sebagai salah satu faktor yang memengaruhi permintaan pasar, perusahaan tentu tidak bisa menentukan harga jual produk dengan sembarangan. Mereka perlu mengetahui harga jual yang ada di pasaran, sehingga perusahaan tersebut bisa bersaing untuk memasarkan produk dengan lebih optimal.

Sebelum membahasnya terlalu dalam, kamu perlu mengetahui, apa, sih, yang dimaksud dengan harga kompetitif itu? Nah, supaya mudah memahami informasinya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Baca sampai tuntas, ya!

Harga Kompetitif Adalah

Dilansir dari Investopedia, harga kompetitif adalah suatu proses untuk menentukan titik harga strategis pada sebuah produk atau layanan, agar mampu bersaing dengan para kompetitornya.

Selain itu, harga kompetitif juga bisa diartikan sebagai sebuah strategi penetapan harga, dengan mempertimbangkan harga dari produk kompetitor yang ada di pasar.

Metode penetapan harga ini umumnya digunakan oleh bisnis yang menjual jenis produk  serupa dengan produk yang perusahaan pasarkan. Pasalnya, layanan yang diberikan mungkin dapat bervariasi antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, sementara atribut dari suatu produk dengan produk lainnya tetap sama.

Strategi Penetapan Harga Kompetitif

Dalam menetapkan harga kompetitif, para pelaku usaha bisa menggunakan lima strategi berikut ini.

  1. Price Skimming

Strategi yang pertama adalah price skimming atau harga skimming. Strategi ini akan digunakan ketika perusahaan menetapkan penggunaan harga yang tinggi, pada suatu produk untuk mengoptimalkan keuntungan. 

Price skimming akan dipakai ketika persaingan pada produk tersebut sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

  1. Penetration Pricing

Selanjutnya adalah strategi penetapan harga penetrasi. Strategi ini digunakan ketika perusahaan memberikan harga rendah pada sebuah produk baru, guna memperoleh pangsa pasar yang enggan diikuti oleh para kompetitor.

  1. Price Matching

Price matching atau pencocokan harga adalah saat sebuah perusahaan melakukan pencocokan harga dengan para pesaingnya. Strategi yang satu ini bisa membantu perusahaan untuk memastikan para pelanggannya tidak berpindah ke produk kompetitor.

  1. Premium Pricing

Kemudian, ada pula premium pricing (harga premium), yakni saat perusahaan menentukan harga produk lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitornya. 

Dengan menetapkan harga yang tinggi pada produk suatu perusahaan, dapat membantu perusahaan tersebut untuk memperkenalkan diri mereka sebagai merek atau brand mewah.

  1. Loss Leader Pricing

Sementara itu, strategi yang terakhir adalah loss leader pricing. Loss leader pricing adalah strategi saat sebuah perusahaan memasarkan produk dengan harga yang relatif rendah, untuk memperbesar basis konsumennya.

Strategi ini biasanya dipakai untuk meningkatkan volume penjualan produk perusahaan. Selain itu, strategi ini dinilai sangat efektif saat digunakan pada pasar yang memiliki banyak persaingan.

Baca Juga: Perang Harga: Pengertian dan Cara Menghadapinya

Perhitungkan dengan seksama sebelum menentukan harga jual suatu produk.

Cara Menentukan Harga Jual yang Kompetitif

Setiap bisnis mempunyai pilihan yang berbeda untuk menetapkan harga jual produk mereka. Biasanya, penawaran produk, skala operasi, hingga popularitas dari brand dapat menjadi indikator harga kompetitif saat perusahaan ingin menentukan harga jual produk mereka.

Untuk dapat menentukan harga jual yang tepat, kamu perlu memahami cara menentukan harga jual yang kompetitif berikut ini.

Penetapan harga yang lebih murah dari kompetitor

Suatu bisnis umumnya akan menetapkan harga yang lebih mudah dari para kompetitornya karena adanya beberapa faktor. Perusahaan mungkin memutuskan untuk menetapkan harga pasar yang lebih murah, karena mereke mengetahui bahwa kualitas produk mereka berada di bawah kompetitor.

Alasan lainnya yang mungkin terjadi adalah karena perusahaan tidak mendapatkan peningkatan penjualan, setelah menyamakan harga produk dengan harga rata-rata di pasaran.

Contoh harga kompetitif yang terjadi ketika perusahaan memilih harga yang lebih murah untuk produknya adalah sebagai berikut:

Perusahaan A menjual model sepatu Sneakers dengan harga Rp2.000.000. Sementara itu, perusahaan B juga menjual produk serupa dengan harga Rp1.800.000 untuk memancing ketertarikan pelanggan melalui perbandingan harga antar perusahaan yang ternyata berbeda.

Aplikasi Wirausaha

Penetapan harga yang lebih mahal dari kompetitor

Saat perusahaan menetapkan harga produk di atas harga rata-rata, dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut meyakini bahwa produk yang mereka jual mempunyai kualitas yang tinggi. Dengan begitu, para pelanggan akan tertarik mengeluarkan uang yang lebih untuk membeli produk dari perusahaanmu.

Hal lain yang bisa membuat perusahaan memasarkan produknya dengan harga yang tinggi, adalah ketika produk perusahaan tersebut tersebar lebih luas daripada para kompetitornya.

Adapun contoh penetapan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kompetitor adalah:

Perusahaan A dengan perusahaan B merupakan dua perusahaan besar yang saling bersaing untuk memasarkan produk kamera digital mereka. Kemudian, perusahaan C ingin memasuki pasar yang sama dengan melakukan riset kepada perusahaan kompetitornya.

Saat itu, diketahui bahwa perusahaan A menjual kamera digital dengan fitur yang standar dengan harga Rp10.000.000, perusahaan B menjual kamera digital dengan fitur yang lebih modern seharga Rp12.000.000. 

Setelah melakukan riset, perusahaan C memutuskan untuk menjual kamera digital premium dengan fitur yang lebih up-to-date dengan harga Rp15.000.000. Meskipun harga jual perusahaan C lebih tinggi, para pelanggan rela mengeluarkan biaya tambahan kepada perusahaan C, karena mampu memberikan produk yang lebih baik.

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Jual Makanan dengan Tepat dan Efektif

Penetapan harga yang sama dengan kompetitor

Cara yang terakhir adalah dengan menetapkan harga yang sama dengan kompetitor dari perusahaan tersebut. Hal ini juga dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan menyesuaikan harga jual perusahaan dengan persaingan yang ada di dalam industri tersebut.

Tak hanya itu, perusahaan yang menetapkan harga pasar yang sama, sering kali digunakan untuk mengevaluasi apakah perusahaan perlu melakukan penyesuaian harga, meningkatkan desain hingga kualitas produk, atau upaya lain yang membuat konsumen tertarik membeli produk mereka. Contohnya adalah sebagai berikut:

Perusahaan A merupakan perusahaan dengan nama yang sudah populer dalam pasar jam tangan. Sementara itu, perusahaan B yang tertarik masuk ke dalam pasar ini melakukan riset terhadap persaingan produk tersebut.

Perusahaan B mengetahui bahwa perusahaan kompetitor mereka menjual produk jam tangan tersebut seharga Rp1.000.000. Akhirnya, untuk mengaplikasikan strategi penetapan harga kompetitif, perusahaan B memutuskan untuk menjual jam tangan tersebut seharga Rp950.000.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah tulisan di atas dapat membantu kamu memahami apa itu harga kompetitif. Ya, harga kompetitif dapat didefinisikan sebagai suatu strategi atau metode yang dipakai untuk menetapkan harga sebuah produk atau jasa. 

Penetapan harga ini umumnya dipakai untuk melihat respon pasar terhadap harga jual dan kualitas sebuah produk. Oleh sebab itu, menentukan harga kompetitif juga membutuhkan adanya strategi, sehingga penjualan produk perusahaan maupun kompetitor dapat bersaing.

Setelah kamu menetapkan harga jual produk yang kamu bangun, maka kamu bisa mengandalkan pekerjaan administratif lainnya kepada aplikasi POS majoo. Majoo yang dilengkapi dengan berbagai fitur online yang akan memudahkan pekerjaan kamu.

Tak hanya mampu mengumpulkan seluruh transaksi keluar dan masuk, majoo juga bisa kamu gunakan untuk memantau seluruh aktivitas bisnis menggunakan berbagai fitur secara online, sehingga kamu tidak akan kerepotan untuk mengembangkan dan mengelola bisnis.

Dengan majoo, kamu juga bisa memaksimalkan keuntungan melalui pengelolaan penjualan, keuangan, dan inventori. Jadi, tunggu apa lagi? Pakai majoo sekarang!


Sumber Data: 

  1. https://accurate.id/akuntansi/competitive-pricing/#1_Menetapkan_harga_di_bawah_harga_pesaing

  2. https://glints.com/id/lowongan/penetapan-harga-kompetitif-adalah/#apa-itu-harga-kompetitif

  3. https://www.investopedia.com/terms/c/competitive-pricing.asp

  4. https://www.unleashedsoftware.com/blog/competitive-pricing

  5. https://pros.com/learn/b2b-blog/competitive-pricing-strategy 

  6. https://dealhub.io/glossary/competitive-pricing/ 

  7. https://cerdasco.com/penetapan-harga-kompetitif/ 

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo