Dunia bisnis yang kompetitif sering kali menuntut para pelaku bisnis untuk melakukan berbagai cara, agar bisnis yang mereka jalankan dapat berkembang dengan pesat. Salah satu cara yang dipakai adalah dengan melakukan launching produk.
Launching produk merupakan bentuk strategi pemasaran yang dianggap cukup efektif untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk perusahaan.
Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu launching produk, coba perhatikan penjelasannya berikut ini.
Apa Itu Launching Produk?
Dilansir dari laman ProductPlant, launching produk adalah sebuah upaya yang telah direncanakan dan dikoordinasikan dengan pihak terkait, untuk menghadirkan produk baru ke pasar, serta membuat produk tersebut bisa diperjual belikan secara umum.
Proses launching produk atau peluncuran produk ini bisa dilakukan pada produk baru atau produk yang sudah ada di pasaran. Namun, untuk produk yang telah ada sebelumnya, perlu dilakukan peningkatan atau inovasi lebih lanjut pada produk tersebut.
Launching produk juga sering dianggap sebagai sebuah upaya untuk menciptakan produk baru di pasaran.
Selain sebagai cara untuk memamerkan produk baru perusahaan, launching produk juga sering dijadikan sebagai media pemasaran produk baru tersebut.
Pendekatan dalam Melakukan Produk Launching
Terdapat dua pendekatan untuk melakukan launching produk, di antaranya:
Soft Launching
Soft launching merupakan proses peluncuran produk dalam kelompok kecil pasar atau area yang terbatas, guna mengetahui hal apa saja yang perlu disesuaikan sebelum meluncurkannya dalam skala yang lebih besar.
Hard Launching
Sementara itu, hard launching adalah peluncuran produk yang dilakukan berdasarkan perencanaan yang matang, agar dapat menarik perhatian calon pelanggan terhadap produk baru tersebut.
Di sini, kamu bisa menyampaikan kepada calon pelanggan, terkait fitur dan keunggulan lain dari produk tersebut. Dengan begitu, pelanggan dapat mengetahui apakah produk ini sudah memenuhi kebutuhannya atau belum.
Baca Juga: Contoh Konsep Produk yang Menarik untuk Dikembangkan
Tahapan Launching Produk
Selain pendekatan yang dibutuhkan dalam launching produk baru. Ada beberapa tahapan yang perlu kamu lalui untuk melakukan produk launching, yakni:
Perencanaan
Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah perencanaan. Pada tahap ini, kamu perlu mengobservasi target konsumen dan juga persaingan yang ada di industri tersebut.
Di tahap ini pula kamu akan merencanakan waktu peluncuran dan komponen apa saja yang dibutuhkan agar produk tersebut dapat dipasarkan.
Eksekusi
Selanjutnya adalah tahap eksekusi. Tahap eksekusi merupakan momen perilisan produk yang dilakukan secara resmi oleh perusahaan. Di sini, kamu perlu memperhatikan bagaimana caranya produk yang diluncurkan ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.
Agar perusahaan bisa mengetahui berhasil atau tidaknya produk yang dirilis, kamu perlu mengumpulkan seluruh data produk beserta proses pemasarannya.
Analisis
Tahapan yang terakhir adalah analisis. Di tahap inilah siklus produk berubah, dari perilisan berubah menjadi proses pertumbuhan.
Untuk mendukung perubahan siklus tersebut, tim terkait perlu menganalisis apakah target dan tujuan perusahaan lewat launching produk ini sudah tercapai.
Hal yang Perlu Diperhatikan Selama Launching Produk
Berikut adalah beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk membantu launching produk perusahaan kamu, di antaranya:
Harga
Salah satu hal yang penting untuk kamu perhatikan sebelum melakukan launching produk adalah strategi penetapan harga. Harga menjadi acuan dalam menetapkan target pasar kamu.
Waktu
Agar produk yang akan diluncurkan tepat sasaran, kamu juga perlu memperhatikan timing untuk melakukan launching. Beberapa momen seperti natal, hari lebaran, atau tahun baru menjadi momen yang sering dioptimalkan oleh para pelaku usaha untuk merilis produk baru mereka.
Nama Produk
Nama produk yang berlebihan dan sulit diucapkan juga bisa menyulitkan proses pemasaran produk, lho. Jadi, alangkah baiknya kamu memilih nama-nama produk yang mudah diingat dan dilafalkan.
Packaging
Pemilihan packaging atau kemasan bisa memengaruhi daya beli calon konsumenmu. Kemasan yang ramah lingkungan dan menarik dilihat bisa membantu mempermudah calon konsumen untuk mengidentifikasikan produk dari bisnis kamu.
Promosi
Dalam hal promosi, pemilihan kata-kata untuk launching produk baru juga dapat berpengaruh terhadap minat beli calon konsumenmu. Pastikan kamu sudah melakukan riset sebelum mulai mempromosikan produk tersebut.
Target Pasar
Lewat riset yang telah dilakukan sebelumnya, kamu akan mengetahui siapa target pasar yang kamu tuju. Launching produk yang tidak tepat sasaran bisa merugikan perusahaan.
Selain itu, produk yang dipasarkan tidak bisa mendapatkan respon yang cukup baik, sehingga penting bagi perusahaan untuk menyesuaikan produk dengan target pasar kamu.
Kompetitor
Hal lain yang bisa memengaruhi keberhasilan launching produk kamu adalah keberadaan kompetitor. Dengan menyadari keberadaan kompetitor dalam bisnis tersebut, perusahaan bisa menemukan cara yang tepat, agar produk yang diluncurkan mampu bersaing dengan produk dari kompetitor.
Pengujian Produk
Hal lain yang tak kalah penting adalah proses pengujian produk baru tersebut, sebelum kamu mulai meluncurkannya. Tentunya kamu tidak ingin produk yang akan dipasarkan tidak bisa berfungsi atau berada dalam kondisi yang rusak, kan?
Maka dari itu, kamu perlu melakukan uji coba pada produk tersebut, sebelum dirilis dan diproduksi lebih banyak lagi. Jika produk yang dijual berada dalam kondisi yang tidak prima, para pelanggan akan kecewa dan beralih menggunakan produk lain.
Review produk
Dunia digital yang semakin pesat ini, penting bagi para pelaku bisnis untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya ulasan terhadap produk yang dipasarkan.
Selain bisa mengetahui hal apa saja yang bisa diperbaiki dari produk tersebut, ulasan juga sangat berguna untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk yang kamu tawarkan.
Tips Launching Produk Baru
Ada beberapa tips launching produk baru yang bisa dipergunakan untuk meningkatkan potensi keberhasilan proses ini.
Luncurkan produk sesegera mungkin
Banyaknya kompetitor yang hadir di industri ini membuat bisnis tidak memiliki banyak waktu untuk memastikan kesempurnaan produk yang dibuat. Cara yang paling memungkinkan adalah dengan meluncurkan produk tersebut sesegera mungkin.
Setelah produk dirilis, kamu tetap bisa mengembangkan produk tersebut berdasarkan ulasan-ulasan dari para penggunanya.
Berikan lebih banyak pengalaman kepada pengguna
Tips lain yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana perusahaan tidak hanya berfokus pada produk yang diluncurkan saja, tapi juga bagaimana pengalaman yang didapatkan oleh setiap pelanggannya. Misalnya saja dengan meninjau bagaimana iklan produk tersebut berjalan dan lain sebagainya.
Bekerja sama dengan influencer
Membangun kerja sama dengan para influencer dianggap oleh sebagian orang menjadi cara yang cukup efektif untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Pasalnya, tidak sedikit influencer yang sukses untuk membangun audiens mereka untuk mengikuti tren yang sedang dijalani oleh influencer tersebut.
Penutup
Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kamu ketahui bahwa launching produk merupakan cara yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk memperkenalkan produk baru mereka.
Cara ini umumnya dilakukan agar perusahaan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Selain itu, launching produk juga sering dimanfaatkan sebagai cara untuk mempromosikan suatu produk.
Setelah seluruh rangkaian peluncuran produk ini dilakukan, kamu bisa melakukan pengelolaan bisnis menggunakan aplikasi wirausaha dari majoo. Hanya dengan satu aplikasi, kamu akan mendapatkan banyak fitur yang bisa mempermudah jalannya bisnis kamu.
Bahkan, kamu bisa memantau perkembangan bisnis secara online dan juga real time, lho! Tunggu apa lagi? Coba majoo dan nikmati segala kemudahan dalam pengelolaan bisnisnya. Yuk, pakai majoo sekarang!
Sumber Data:
https://kledo.com/blog/product-launch/
https://kumparan.com/berita-bisnis/launching-produk-pengertian-tahapan-dan-strategi-suksesnya-20KB9m7JVgD/full
https://glints.com/id/lowongan/product-launch-adalah
https://accurate.id/marketing-manajemen/product-launch/