Serba-Serbi Manajemen Waktu yang Wajib Kamu Ketahui!

Ditulis oleh Retna Kumalasari

article thumbnail

Time management yang tepat bisa memudahkan kamu menyelesaikan seluruh kegiatan dengan optimal.

Setiap manusia memiliki waktu 24 jam untuk berbagai aktivitas atau melakukan manajemen waktu disepanjang hidup mereka, seperti belajar, bekerja, bersosialisasi, beristirahat, dan aktivitas pemenuh kebutuhan hidup lainnya.

Sebagai sumber daya yang tidak mungkin kamu produksi sendiri, mengelola waktu dengan baik menjadi hal yang sangat penting, agar waktu yang dimiliki bisa dimanfaatkan dengan cara yang efektif dan efisien.

Jika kamu ingin memahami manajemen waktu dengan lebih dalam, perhatihan penjelasannya di bawah ini, ya!

Definisi Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah sebuah usaha untuk mengatur dan mengontrol waktu agar bisa melakukan kegiatan sehari-hari, dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Manajemen waktu juga bisa diartikan sebagai sebuah proses perencanaan dan pengelompokkan beberapa aktivitas, untuk dapat diselesaikan dalam periode waktu yang telah ditentukan.

Proses manajemen waktu yang baik dapat berdampak kepada banyak hal, seperti kesehatan fisik dan mental, kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, disiplin, meminimalisir kemungkinan terjadinya stres, serta memberi banyak peluang untuk mencapai tahapan atau pekerjaan yang lebih tinggi.

Karakter Waktu

Sebagai hal yang sangat vital dalam kehidupan, kamu pun harus mengetahui karakteristik seperti apa yang ada pada sebuah waktu. Adapun karakter waktu yang mesti kamu pahami adalah sebagai berikut:

  1. Tidak bisa diubah

Waktu yang terjadi merupakan sebuah rangkaian kejadian yang tidak bisa diubah. Oleh sebab itu, saat suatu kejadian sudah terjadi, belum tentu kejadian tersebut dapat terjadi lagi di masa mendatang.

Selain itu, ada relasi keterkaitan antara dua hal atau lebih, yang memengaruhi waktu dan biasanya dikenal dengan hubungan sebab akibat. Bentuk relasi ini dibuktikan dengan adanya suatu kejadian di masa lampau yang memengaruhi kejadian di masa sekarang.

Akan tetapi, hal yang terjadi di masa depan tidak akan memengaruhi apapun yang terjadi di masa lampau.

  1. Bisa diukur

Keberadaan waktu dapat diukur dengan satuan yang dikenal dengan detik. Pengukuran waktu ini penting, hampir semua pekerjaan yang dilakukan manusia, seperti bekerja, belajar, istirahat, dan lain-lain membutuhkan pengukuran waktu.

  1. Merupakan hal yang dibutuhkan

Waktu juga menjadi hal yang sangat dibutuhkan supaya segala sesuatunya bisa terjadi. Jadi, tidak ada kejadian yang terjadi dalam sekejap tanpa adanya perkembangan dan perubahan pada waktu.

  1. Mutlak

Waktu juga menjadi satu hal yang mutlak adanya. Artinya, keberadaan waktu akan selalu ada, terus berjalan, dan tidak dapat dihentikan maupun diubah sesuka hati kita.


Baca Juga: Contoh Manajemen Waktu Sehari-Hari Agar Lebih Produktif

Manfaat Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Inilah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, apabila kamu bisa mampu memiliki manajemen waktu yang baik, di antaranya:

  1. Menghindari stres

Setiap orang yang mampu menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu, disebut-sebut memiliki tingkat stres atau kecemasan yang lebih rendah. Dengan melakukan pekerjaan sesuai porsi dan waktunya, bisa mencegah kamu untuk melakukan hal lain yang tidak lebih penting dari pekerjaan kamu saat ini.

  1. Memberi lebih banyak waktu luang

Manajemen waktu yang baik akan memberi kamu lebih banyak waktu luang. Jika pekerjaan bisa kamu selesaikan tepat waktu, atau bahkan lebih cepat, otomatis kamu akan mendapatkan sisa waktu yang lebih banyak untuk melakukan kegiatan lainnya.

Waktu luang tersebut bisa kamu manfaatkan untuk melakukan hal baru atau mengerjakan hal yang ingin kamu lakukan. Cara ini dapat meminimalisir stres dan tekanan yang mungkin kamu alami.

  1. Menjadikan seseorang lebih disiplin

Agar berhasil mengelola waktu dengan baik, biasanya seseorang akan membuat perencanaan mengenai tugas-tugas yang harus diselesaikan di hari tersebut. Hal ini dapat membantu seseorang menjadi lebih tepat waktu dan disiplin.

  1. Terorganisir 

Kondisi lingkungan yang rapi dan terorganisir juga berdampak pada time management kamu. Kamu tidak perlu kerepotan dan buang-buang waktu untuk menemukan barang yang dibutuhkan, sehingga sisa waktu yang ada bisa digunakan untuk hal lain yang lebih penting.

  1. Menciptakan peluang

Saat kamu mempunyai keterampikan dalam mengatur waktu yang optimal, potensi untuk mendapatkan peluang karir yang lebih baik akan terbuka lebar. Banyak di antara para pencari tenaga kerja yang menginginkan karyawan dengan time management yang baik.

Sebab, keterampilan untuk mengatur waktu dengan baik ini merupakan hal yang krusial untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya, dengan pekerjaan yang efektif dan efisien. 

Efek Manajemen Waktu yang Tidak Tepat

Ketidakmampuan seseorang untuk mengatur waktu bisa memberi dampak yang tidak baik, tidak hanya untuk fisik, tapi juga bagi mental kamu. Berikut adalah efek yang ditimbulkan, apabila kamu tidak bisa membuat manajemen waktu dengan baik.

  • Istirahat tidak berkualitas

Pengaturan waktu yang buruk bisa berdampak pada kualitas tidur yang tidak berkualitas. Sebab, saat kamu tidak bisa mengatur waktu dengan baik, semua pekerjaan dan kegiatan akan tertunda dan mengganggu jadwal tidur kamu.

Waktu istirahatmu pun berkurang dan berpotensi untuk membuat tidur menjadi tidak berkualitas. Padahal, memiliki kualitas tidur yang baik dapat meningkatkan fokus dan mengembalikan kondisi tubuh kamu, lho!

  • Stress meningkat

Tidak bisanya kamu mengelola waktu dengan baik disebut-sebut akan berpotensi meningkatkan stress

Saat kamu tidak bisa mengelola pekerjaan atau kegiatan yang sedang kamu hadapi, dan kamu tidak mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya. Bisa dikatakan kamu mulai kehilangan kendali atas diri kamu sendiri. Kondisi ini tentunya bisa meningkatkan stres dan kecemasan dalam diri kamu.

Apabila tidak segera ditanggulangi, kondisi ini akan memengaruhi alur kerja dan kehidupanmu ke depannya.

  • Alur kerja berantakan

Seseorang yang tidak mampu mengelola waktunya dengan baik, bisa berdampak pula pada alur kerjanya yang tidak teratur. Kamu akan mulai sering menunda pekerjaan, tidak fokus, melakukan banyak kegiatan sekaligus, mudah teralihkan, dan kesulitan untuk mengembalikan mood bekerja.

  • Hasil kerja tidak maksimal

Dengan adanya alur kerja yang berantakan, berdampak pada hasil kerja yang tidak optimal. Saat kamu menyelesaikan pekerjaan dengan terburu-buru atau mendekati deadline, kamu tidak akan memiliki waktu untuk mengecek hasil kerjamu.

Alhasil, pekerjaan yang kamu selesaikan tidak maksimal. Hal ini juga bisa memengaruhi reputasimu kepada perusahaan atau klien. Sangat disayangkan, bukan?

Tips Manajemen Waktu yang Baik

Nah, setelah kamu mengetahui manfaat, serta efek yang ditimbulkan dari kemampuan untuk membuat manajemen waktu yang baik, berikut kamu berikan tips dan cara manajemen waktu yang baik, agar semua kegiatan kamu bisa berjalan dengan lancar.

  • Rencanakan pekerjaanmu

Biasakan untuk membuat perencanaan untuk menyelesaikan semua deadline kamu. Dengan membuat list kegiatan, mulai dari yang penting sampai aktivitas yang tidak terlalu penting, kamu bisa mengerti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikannya.

  • Tentukan batasan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan

Tips manajemen waktu yang pertama adalah dengan membuat batasan waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Coba gunakan time table untuk mengetahui pekerjaan apa saja yang mesti diselesaikan dalam periode waktu tertentu.

Dengan begitu, semua pekerjaan bisa kamu monitor dengan baik dan tidak membuang-buang waktu untuk mencari apa yang harus dilakukan setelah pekerjaan ini selesai.

  • Buat skala prioritas

Menentukan skala prioritas dari setiap pekerjaanmu menjadi salah satu cara manajemen waktu yang baik. Mulai dengan menyusun aktivitas harian, dari yang paling penting untuk dilakukan. Dengan begitu, kamu tidak akan keteteran dalam menjalankan semua kegiatanmu.

  • Beri waktu untuk istirahat

Setelah kamu mengerjakan kegiatan-kegiatan kamu, beri waktu untuk tubuh beristirahat sebelum melanjutkan ke pekerjaan yang lainnya. Istirahat dapat membantu tubuh kembali ke performa terbaiknya. 

Support dengan asupan nutrisi yang baik dan pastikan agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Hentikan pekerjaan saat tubuh sudah merasa lelah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir waktu yang mungkin terbuang sia-sia, karena kamu memaksakan diri untuk terus bekerja, padahal kamu sudah tidak fokus.

  • Hilangkan list pekerjaan tidak penting

Penting pula untuk kamu menghilangkan aktivitas yang tidak begitu penting. Dengan menyortir pekerjaan apa yang lebih penting untuk dikerjakan, dapat membantu menjaga fokus dan kinerja kamu. Hal ini juga bisa meningkatkan disiplin waktu terhadap diri kamu sendiri.

Baca Juga: Cara Menentukan Gaji Karyawan Agar Bisnis Kamu Tidak Rugi

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang pengertian, karakter, risiko, beserta tips membuat manajemen waktu yang baik. Kemampuan seseorang untuk mengatur waktu dan mengelolanya dengan baik, dapat membantu untuk mencapai tujuan hidup mereka.

Ada banyak keuntungan dengan pengelolaan waktu yang baik, misalnya saja mampu mengendalikan stres dan kecemasan, mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas, menyelesaikan pekerjaan tanpa hambatan yang berarti, hingga bisa meningkatkan peluang untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik.

Kemampuan mengelola waktu ini tidak selalu muncul dalam setiap individu manusia, melainkan perlu adanya pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus. Oleh sebab itu, apabila saat ini kamu belum bisa melakukan manajemen waktu yang baik, jangan pantang menyerah, ya!

Mulailah untuk membuat perencanaan yang jelas dan mengerjakannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Biasakan untuk terus teratur dan terorganisasi saat melakukan berbagai kegiatan, sehingga manajemen waktu bisa dicapai dengan lebih mudah.

Nah, apabila kamu merupakan seorang pelaku usaha, dan kamu ingin memiliki manajemen waktu yang baik dalam bisnis kamu. Kamu bisa mengandalkan aplikasi POS majoo untuk menjalankannya.

Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang dapat memudahkan kamu memantau dan mengeloka manajemen bisnis dengan cepat dan mudah. Termasuk mengelola karyawan, mulai dari data karyawan, hak akses, komisi, penjadwalan, hingga absensi dalam satu fitur.

Dengan begitu, kamu bisa mengelola bisnis kamu agar lebih efektif dan efisien. Bagaimana? Menarik, bukan? Yuk, tingkatkan kemajuan bisnis bersama majoo, download sekarang! 

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo