Mission Statement Adalah: Definisi, Contoh, beserta Cara Menyusunnya!

Ditulis oleh Retna Kumalasari

article thumbnail

Dalam dunia bisnis, memiliki mission statement merupakan hal dasar yang penting untuk dimiliki. Mission statement adalah media yang menjelaskan secara ringkas kepada calon konsumen, nilai-nilai hingga tujuan adanya organisasi atau perusahaan tersebut.

Bisnis yang memiliki mission statement yang jelas akan lebih mudah menyampaikan tujuan mereka berada di industri tersebut. Namun, ternyata masih banyak organisasi atau perusahaan yang tidak bisa menyampaikan visi, misi, dan tujuan mereka kepada khalayak umum.

Nah, untuk mempermudah kamu dalam memahami dan membuat mission statement ini, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut. 

Definisi Mission Statement

Apa, sih, yang dimaksud dengan mission statement itu? Pernyataan misi atau mission statement adalah pernyataan yang berisi penjelasan secara singkat, mengenai tujuan, target yang dituju, serta nilai-nilai inti dari suatu organisasi atau perusahaan.

Melalui pernyataan misi, organisasi atau perusahaan bisa menyampaikan maksud dan tujuan utamanya pada karyawan ataupun publik.

Pertanyaan misi biasanya dibuat berkisar satu fragmen kalimat hingga empat kalimat maksimal. Maksud dan tujuannya pun harus bisa disampaikan secara secara singkat, padat, dan jelas.

Umumnya, mission statement dibuat dengan menjelaskan tujuan organisasi atau perusahaan secara berkelanjutan, sehingga pernyataan tersebut tidak akan berubah-ubah.

Baca Juga: Visi dan Misi Adalah: Perbedaan, Tujuan, dan Contoh

Tujuan Mission Statement

Pembuatan mission statement ini memiliki beberapa tujuan. Biasanya, perusahaan juga memanfaatkan pernyataan misi ini sebagai road map yang akan memandu jalannya bisnis tersebut.

Bahkan, dasar dari seluruh kebijakan yang ada dalam bisnis, akan ditetapkan dari mission statement. Berikut adalah beberapa tujuan dibuatnya mission statement bagi organisasi ataupun perusahaan:

  • Menjadi landasan dari perencanaan bisnis.

  • Menjadi media untuk mengarahkan tujuan perusahaan kepada karyawan.

  • Menumbuhkan rasa kepemilikan karyawan terhadap perusahaan.

  • Memastikan seluruh stakeholder terkait saling bekerja sama dalam mencapai tujuan perusahaan.

  • Menjadi media evaluasi kinerja suatu perusahaan.

    Mission statement merupakan alat untuk memasarkan produk perusahaan kepada calon pelanggan.

Baca Juga: Apa Itu Leader dalam Bisnis dan Karakteristiknya

Cara Membuat Mission Statement

Untuk membuat mission statement perusahaan, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah cara membuat mission statement bagi perusahaan:

  1. Menyusun market story

Tahap pertama adalah menyusun market story perusahaan, dengan membuat gambaran mengenai proses yang mesti dilewati oleh konsumen, hingga mereka mau membeli produk yang kamu tawarkan.

Dalam membuat market story, perusahaan harus bisa mendefinisikan siapa saja yang akan menjadi target penjualan dan bagaimana perusahaan bisa memiliki karakteristik yang berbeda dengan perusahaan lain.

Untuk itu, dalam komponen penyusun market story harus bisa menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Apa yang dilakukan oleh perusahaan?

  • Bagaimana cara perusahaan melakukan hal tersebut?

  • Siapa target yang ditujukan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis tersebut?

  • Apa saja manfaat yang bisa diberikan perusahaan kepada para pelanggannya?

  1. Sampaikan keunggulan dari perusahaan

Untuk mempermudah penyusunan mission statement, perusahaan bisa memulainya dengan menyampaikan keunggulan dari produk perusahaan, dibandingkan dengan para kompetitornya.

Kamu juga bisa memfokuskan keunggulan yang tidak dimiliki perusahaan lain pada bisnis kamu. Sampaikan apa yang membuat bisnis kamu lebih istimewa dalam market story.

  1. Beri pernyataan yang jelas dan realistis

Pembuatan mission statement juga harus jelas dan realistis dengan kondisi perusahaan, sehingga bisa lebih mudah dipahami, baik oleh karyawan maupun para pelanggan.

Salah satu kuncinya adalah dengan melibatkan seluruh karyawan dalam proses penyusunan misi perusahaan. Dengan begitu, karyawan bisa memberikan kontribusi yang riil dalam proses pengembangan bisnis tersebut.

Hal ini juga bisa memberi dampak positif terhadap kinerja karyawan di dalam perusahaan.

  1. Buat pernyataan secara singkat 

Pernyataan misi perusahaan perlu dibuat secara padat dan singkat dengan menggunakan beberapa kalimat saja. Pasalnya, pernyataan misi ini menjadi media pemasaran bisnis yang harus bisa diingat oleh pelanggan dengan mudah.

  1. Sampaikan tujuan jangka panjang

Sebagai media pemasaran perusahaan, pernyataan misi bisa dianggap sebagai bentuk investasi perusahaan. Oleh karenanya, pernyataan misi harus bisa mencerminkan tujuan dan target jangka panjang perusahaan secara jelas.

  1. Optimalkan jangkauan bisnis perusahaan

Apabila kamu ingin mengembangkan bisnis tersebut ke depannya, pastikan kamu membuat pernyataan misi dengan jangkauan yang luas. 

Pernyataan misi memang bisa diubah dan sesuaikan kembali suatu saat. Akan tetapi, dengan menggambarkan tujuan jangka panjang perusahaan sejak awal, hal tersebut bisa menarik perhatian karyawan dan mitra bisnis untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya lebih cepat.

  1. Diskusikan bersama tim dan perbaiki pernyataan jika diperlukan

Setelah seluruh proses penyusunan tersebut dilakukan, pastikan kamu mengecek dan mendiskusikannya kembali dengan pihak-pihak terkait. Hal ini dilakukan agar pernyataan misi yang dibuat, sudah sejalan dengan kemampuan dan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut. 

Aplikasi Wirausaha

Contoh Mission Statement

Contoh mission statement yang dimiliki oleh bisnis adalah pada perusahaan Microsoft. Microsoft sendiri merupakan perusahaan multinasional dari Amerika yang memproduksi, mengembangkan, menjual, hingga melisensikan produk-produk teknologi. 

Di dalamnya, terdapat berbagai produk seperti perangkat elektronik atau perangkat lunak komputer, baik untuk komersil maupun pribadi. Perusahaan ini menjadi perusahaan terbesar di dunia, setara dengan perusahaan lain seperti Amazon.com dan Apple, Inc.

Pada tahun 2023 ini, Microsoft memiliki misi:

“Untuk memberdayakan setiap orang dan setiap organisasi di planet ini untuk mencapai lebih banyak.

Statement di atas merupakan salah satu contoh pernyataan misi yang memberi cakupan atau gambaran yang luas, terkait upaya yang akan dilakukan oleh perusahaan tersebut. 

Tak hanya itu, pernyataan tersebut juga menjelaskan strategi perusahaan yang ingin menjangkau dunia dan memberdayakan seluruh manusia ataupun organisasi.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu mission statemet dan apa pentingnya bagi peruashaan. Tentunya, dalam proses penyusunan pernyataan misi ini, perusahaan tidak bisa melakukannya sembarangan.

Ada banyak hal yang mesti dipertimbangkan oleh pihak terkait, agar hasil pernyataan misi tersebut, benar-benar menggambarkan tujuan dan target yang diinginkan oleh perusahaan.

Dalam penjelasan di atas juga disebutkan bahwa, alangkah baiknya dalam proses penyusunan tersebut, perusahaan melibatkan tak hanya pihak-pihak yang berkepentingan saja. Akan tetapi, perusahaan juga mengajak karyawannya yang menjadi perpanjangan tangan perusahaan kepada para pelanggan.

Dengan begitu, dalam diri karyawan akan terbentuk rasa memiliki perusahaan, sehingga mereka bisa dengan sepenuh hati membantu perusahaan mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, Strategi mission statement ternyata bisa memberi banyak keuntungan bagi bisnis, lho!

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa mission statement adalah alat yang digunakan perusahaan untuk menjelaskan nilai-nilai dan tujuan yang ingin diraih perusahaan secara singkat, padat, dan jelas.

Dengan adanya pernyataan misi ini, perusahaan bisa menyampaikan target dan tujuan perusahaan dalam industri tersebut secara jelas kepada pelanggan, kompetitor, dan juga pihak terkait lainnya.

Selain itu, adanya pernyataan misi juga bisa membantu organisasi atau perusahaan untuk tetap fokus pada jalur yang telah mereka pilih. Dengan begitu, setiap keputusan bisnis yang diambil akan mendukung tercapainya tujuan bisnis lebih cepat.

Apabila bisnis yang kamu bangun ini sudah berjalan, kamu bisa melakukan pengelolaan secara online dan real time menggunakan aplikasi wirausaha majoo. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang akan mendukung tercapainya target bisnis, mulai dari inventory, aplikasi kasir, karyawan, CRM, hingga analisa bisnis. 

Jadi, operasional bisnis bisa dijalankan dengan lebih mudah dan cepat. Tunggu apa lagi? Pakai majoo sekarang dan rasakan kemudahannya. Yuk, coba majoo sekarang!


Sumber Data: 

  1. https://kledo.com/blog/mission-statement

  2. https://www.bdc.ca/en/articles-tools/business-strategy-planning/define-strategy/defining-your-mission-statement

  3. https://www.investopedia.com/terms/m/missionstatement.asp

  4. https://corporatefinanceinstitute.com/resources/management/mission-statement/

  5. https://www.mindtools.com/aqzfi79/mission-statements-and-vision-statements 

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo