Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Visi dan Misi Adalah: Perbedaan, Tujuan, dan Contoh

    Visi dan misi sebuah organisasi atau perusahaan harus dibuat sebelum perusahaan tersebut didirikan. 

    Ketika kita membuka sebuah proposal kegiatan, pasti akan menemukan halaman yang mencantumkan visi dan misi, tak jarang menambahkan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut. 

    Kemudian ketika membaca halaman profil sebuah organisasi atau perusahaan, kamu juga akan mendapati bagian berisi tujuan, visi, dan misi. 

    Sebenarnya, apa, sih, yang disebut visi dan misi itu?

    Sebagian orang masih sulit untuk mengartikan visi dan misi. Lainnya menganggap keduanya itu sama. 

    Setiap organisasi memiliki pilihan yang berbeda dalam menjelaskan keberadaan organisasi mereka. Ada yang hanya memiliki misi. Beberapa lainnya memiliki visi dan misi. Sisanya hanya memiliki tujuan yang dinyatakan. 

    Kalau kamu berpindah dari satu organisasi ke organisasi lain, kamu bisa menemukan banyak perbedaan dalam definisi visi dan misi masing-masing organisasi tersebut. 

    Di dalam artikel ini, majoo akan mengajak kamu mengetahui tentang visi dan misi. 

    Penjelasan Visi Adalah

    Visi adalah pernyataan tentang gambaran masa depan jika organisasi berhasil. Ini adalah pernyataan tentang tujuan sebuah perusahaan. 

    Visi adalah deskripsi luas tentang nilai yang diberikan organisasi. Ini adalah gambaran visual dari hal yang hendak dihasilkan atau diwujudkan oleh perusahaan atau organisasi tersebut. 

    Visi menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah organisasi, perusahaan atau instansi. Visi merupakan tujuan masa depan sebuah instansi, organisasi, atau perusahaan. 

    Termasuk serangkaian ide yang ada di dalam benak para pendiri. Semua ide tersebut adalah gambaran tentang masa depan yang ingin dicapai.

    Hal tersebut harus menginspirasi orang-orang yang berperan sejak awal pendirian organisasi dan memotivasi mereka untuk menjadi bagian dari organisasi dengan kontribusi sesuai porsi masing-masing. 

    Pernyataan visi harus jelas dan ringkas, biasanya tidak lebih dari paragraf pendek.

    Visi ini dibentuk pada awal perusahaan dibentuk. Nantinya, visi juga dapat dijadikan motivasi para pekerjanya untuk mencapai hal tersebut. 

    Visi adalah pandangan mengenai arah sebuah manajemen. Mau dibawa ke arah mana manajemen tersebut? Agar bisa membangun kesuksesan, maka perlu ada arah jelas mengenai laju perusahaan atau instansi.

    Visi juga akan mempengaruhi tentang perubahan yang sedang kamu upayakan, sebuah visi tidak bisa berdiri sendiri. 

    Kamu masih perlu menjelaskan rencana kamu dalam membuat perubahan itu. Harus ada susunan rencana yang akan kamu lakukan untuk mewujudkan visi itu. Di situlah misi berperan.

    Pengertian Visi Menurut Para Ahli

    Menurut J.B. Whittaker dalam bukunya “Strategic Planning and Management”, visi perusahaan adalah gambaran masa depan yang akan dipilih dan yang akan diwujudkan pada suatu saat yang ditentukan.

    Sementara itu, Gaffar (1994)  berpendapat bahwa visi adalah daya pandang yang jauh, mendalam dan meluas, merupakan daya pikir abstrak yang memiliki kekuatan amat dahsyat dan dapat menerobos segala batas-batas fisik, waktu dan tempat.

    Menurut Wibisono (2006, p. 43), visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. 

    Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.

    Baca Juga: Belajar Buka Usaha Sendiri dengan Mudah dan Tetap Sukses 

    Penjelasan Misi Adalah

    Jika pernyataan visi menjawab target prediksi perusahaan kamu di masa depan, misi perusahaan adalah menjawab pertanyaan “bagaimana?” seperti dalam “Bagaimana kita akan membuat visi itu menjadi kenyataan?” 

    Bagaimana kita akan bersikap? Bagaimana kita akan menang? Bagaimana kita mendefinisikan tujuan untuk mengukur apakah kita membuat kemajuan?. 

    Jadi, misi adalah beberapa cara yang akan kamu pilih untuk mencapai visi yang sudah ditetapkan. 

    Misi adalah tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mencapai visi tersebut. Selain itu, misi juga merupakan deskripsi dan alasan perusahaan, organisasi, atau instansi tersebut berada di tengah-tengah masyarakat.

    Pernyataan visi dan misi harus saling mendukung. Namun pernyataan misi lebih spesifik. Ini menentukan arah organisasi yang akan berbeda dari organisasi lain dalam industrinya. 

    Pernyataan misi bahkan dapat mencakup produk atau layanan yang akan kamu jual. Faktanya, banyak pernyataan misi besar yang mengubah kehidupan masyarakat melalui produk atau layanan yang ditawarkan. 

    Intinya adalah bahwa misi menetapkan dalam visi dan menggambarkan rencana tindakan.

    Jika visi adalah gagasan mengenai tujuan utama, maka misi bisa dikatakan sebagai penjabaran secara detail sebuah visi.

    Jika visi hanya dituliskan dalam satu kalimat, maka misi akan dijabarkan dengan beberapa kalimat yang mudah untuk dipahami pembaca atau siapa saja yang melihatnya.

    Pengertian Misi Menurut Para Ahli

    Misi adalah pernyataan mengenai hal-hal yang harus dicapai organisasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan di masa datang (Akdon, 2006: 97). Pernyataan misi mencerminkan tentang penjelasan produk atau pelayanan yang ditawarkan.

    Kedua, menurut Prasetyo dan Benedicta (2004:8), di dalam misi produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, pasar yang dilayani dan teknologi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut. 

    Pernyataan misi harus mampu menentukan pertanyaan tentang: Kebutuhan apa yang dipuaskan oleh perusahaan? Siapa yang memiliki kebutuhan tersebut? Di mana mereka berada? Terakhir, bagaimana pemuasan tersebut dilakukan?

    Jika mengutip dari Drucker (2000:87), pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. 

    Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya.

    Terakhir, menurut Wheelen, dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47), misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat hal-hal yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

    Manfaat Visi dan Misi

    Visi dan misi memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Melihat dari perbedaan dan pengertiannya, kamu bisa lihat manfaat visi dan misi dalam organisasi di bawah ini:

    Manfaat Visi

    • Menjadi motivasi bersama untuk meraih keberhasilan
    • Meningkatkan kinerja karyawannya 
    • Menumbuhkan dan meningkatkan tanggung jawab dan etos kerja karyawan
    • Menumbuhkan rasa memiliki terhadap organisasi

    Manfaat Misi

    • Menjadi langkah awal perusahaan untuk mencapai visi
    • Memacu organisasi untuk berinovasi untuk menghadapi persaingan
    • Membantu individu maupun organisasi dalam mengambil keputusan yang sesuai dengan visi organisasi
    • Menjadi pedoman utama dalam mengembangkan bisnis baru
    • Membantu karyawan baru untuk mengidentifikasi tujuan organisasi
    • Menciptakan kondisi organisasi yang sehat seperti pada umumnya
    • Memberikan dan menerjemahkan tujuan dasar organisasi sehingga parameter waktu, biaya, dan kinerja dapat dikontrol dan dievaluasi

    Perbedaan Visi dan Misi

    Kamu bisa lihat perbedaan visi dan misi di dalam tabel berikut ini, ya.

    NO

    VISI

    MISI

    1

    Visi adalah gambaran besar, tujuan utama dan cita-cita suatu perusahaan, instansi, pribadi atau organisasi di masa depan.

    Misi adalah penjabaran atau langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapai / mewujudkan visi tersebut.

    2

    Visi berupa cita-cita jangka panjang dan berorientasi masa depan.

    Misi berupa cita-cita jangka pendek dan berorientasi masa kini.

    3

    Visi biasanya bersifat permanen. Ketika suatu organisasi, lembaga atau instansi membuat visi, maka pantang bagi mereka untuk mengubah visi tersebut. Hal ini juga berkaitan dengan kredibilitas dan konsistensi.

    Misi biasanya diubah ketika misi-misi tersebut dianggap gagal mewujudkan suatu visi.

    4

    Visi biasanya terdiri dari satu kalimat atau poin yang jelas, padat, dan mewakili semuanya

    Misi biasanya terdiri dari beberapa kalimat penjabaran atau berbagai macam poin yang lebih banyak dari visi

    5

    Berisi pernyataan-pernyataan umum.

    Pernyataannya bersifat khusus dan lebih detail.


    Syarat Membuat Visi dan Misi

    Peranan visi dan misi yang sangat penting mendorong seluruh perusahaan besar maupun kecil untuk memiliki visi misi perusahaan. 

    Kamu dapat mengikuti beberapa syarat di bawah ini sebagai patokan untuk menciptakan visi dan misi yang sesuai dengan perusahaan kamu. 

    Syarat Visi

    1. Berorientasi pada masa depan
    2. Disusun berdasarkan nilai-nilai perusahaan
    3. Tidak berdasar pada kondisi saat ini

    Syarat Misi

    1. Sederhana dan jelas
    2. Valid dan Sesuai Untuk Digunakan Jangka Panjang
    3. Fokus Pada Masa Sekarang

    Tujuan Visi dan Misi Dibentuk

    Tentunya pembentukan visi dan misi organisasi atau perusahaan tidak dibuat sembarangan. Ada maksud dan tujuan yang ingin dicapai. Berikut ini tujuan dari sisi internal dan eksternal.

    Tujuan Internal Visi dan Misi

    • Membimbing pemikiran manajemen pada isu-isu strategis, terutama pada saat perubahan signifikan.
    • Bantuan menentukan standar kinerja.
    • Menginspirasi karyawan untuk bekerja lebih produktif dengan memberikan fokus dan umum tujuan.
    • Panduan pengambilan keputusan karyawan.
    • Membantu membentuk kerangka kerja untuk perilaku etis.

    Tujuan Eksternal Visi dan Misi

    • Mintalah dukungan eksternal.
    • Menciptakan hubungan lebih dekat dan komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan, pemasok dan mitra aliansi.
    • Berfungsi sebagai alat hubungan masyarakat.

    Agar visi dan misi organisasi dapat dibuat dengan baik, harus memperhatikan syarat-syaratnya.

    Contoh Visi dan Misi

    Di bawah ini adalah beberapa contoh visi dan misi perusahaan multinasional di Indonesia.

    Visi dan Misi Indosat Ooredoo

    a. Visi

    Menjadi Perusahaan Telekomunikasi Digital Terdepan di Indonesia

    b. Misi

    • Layanan dan Produk yang Membebaskan
    • Jaringan Data yang Unggul
    • Memperlakukan Pelanggan Sebagai Sahabat
    • Transformasi Digital

    Visi dan Misi Kemenristekdikti

    a. Visi

    “Terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa"

    b. Misi

    Sebagai upaya untuk mewujudkan visi tersebut di atas, maka misi Kemenristekdikti adalah :

    1. Meningkatkan akses, relevansi, dan mutu pendidikan tinggi untuk menghasilkan SDM yang berkualitas; dan
    2. Meningkatkan kemampuan Iptek dan inovasi untuk menghasilkan nilai tambah produk inovasi.

    Visi dan Misi IKEA

    a. Visi

    Menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang.

    b. Misi 

    Menawarkan berbagai rancangan yang didesain dengan baik, produk perabotan rumah yang fungsional dengan harga yang sangat rendah sehingga sebanyak mungkin orang akan mampu membelinya.

    Visi dan Misi PT Pos Indonesia

    a. Visi

    Senantiasa berupaya untuk menjadi penyedia sarana komunikasi kelas dunia, yang peduli terhadap lingkungan, dikelola oleh SDM yang profesional, sehingga mampu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat serta tumbuh dan berkembang sesuai dengan konsep bisnis yang sehat.

    b. Misi

    • Menyediakan sarana komunikasi yang andal dan terpercaya bagi masyarakat dan pemerintah guna menunjang pembangunan nasional serta memperkuat kesatuan dan keutuhan bangsa dan negara
    • Mengembangkan usaha yang bertumpu pada peningkatan mutu pelayanan melalui penerapan IPTEK tepat guna untuk mencapai kepuasan pelanggan serta memberikan nilai tambah yang optimal bagi karyawan, pemegang saham, masyarakat dan mitra kerja.

    Visi dan Misi Universitas Indonesia

    a. Visi 2015-2019

    Mewujudkan Universitas Indonesia menjadi perguruan tinggi negeri yang mandiri dan unggul serta mampu menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global, menuju unggulan di Asia Tenggara.

    b. Misi

    • Menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
    • Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global.
    • Menciptakan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi luhur dan mampu bersaing secara global.
    • Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi UI

    Baca Juga: Apa Itu Perusahaan Manufaktur? Apa yang Perlu Diperhatikan? 

    Kesimpulan

    Visi dan Misi merupakan dua hal yang wajib dibicarakan dalam pembentukan atau pembangunan sebuah perusahaan, instansi, organisasi, bahkan lembaga pendidikan. Dengan adanya dua hal ini, tujuan pembangunan bisa tercapai dengan mudah.

    Keberadaan visi dan misi dalam sebuah perusahaan sama-sama memiliki peran dan fungsi yang amat penting. 

    Visi dan misi saling terikat satu sama lain dan hal itulah yang menjadikan salah satu pendorong kinerja karyawan dalam perusahaan.

    Apa contoh visi dan misi perusahaan? Contoh visi dari perusahaan Asia Pulp & Paper, “Sebagai perusahaan pulp dan kertas global, kami meyakini inovasi yang berkelanjutan dan bertanggung jawab”. Sedangkan misi mereka adalah “selalu berinovasi, dan menghadirkan produk-produk berkualitas demi memenuhi permintaan global yang terus meningkat akan kertas cetak dan tulis, produk kemasan konsumen dan industri, serta kertas tisu”.

    Bagaimana cara membuat visi dan misi? Visi harus berorientasi pada masa depan dan disusun berdasarkan nilai-nilai perusahaan. Sementara itu, misi harus dibuat sederhana dan jelas, fokus pada masa sekarang, serta sesuai untuk digunakan jangka panjang.

    Misi perusahaan adalah pernyataan dari sebuah perusahaan yang berorientasi pada tindakan dan tujuan pelayanan suatu perusahaan kepada target pasarnya.

    Setelah mengetahui cara membuat visi dan misi, kamu juga sudah mengetahui perbedaan dan tujuannya. Sekarang saatnya kamu membaca artikel majoo yang lain untuk melengkapi informasi seputar bisnismu.

    Pertanyaan Terkait

    • Visi adalah pernyataan tentang gambaran masa depan jika organisasi berhasil. Ini adalah pernyataan tentang tujuan sebuah perusahaan. Misi adalah tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mencapai visi tersebut. Selain itu, misi juga merupakan deskripsi dan alasan perusahaan, organisasi, atau instansi tersebut berada di tengah-tengah masyarakat.
    • Pernyataan visi dan misi harus saling mendukung. Namun pernyataan misi lebih spesifik. Ini menentukan arah organisasi yang akan berbeda dari organisasi lain dalam industrinya. Artikel ini memberikan beberapa contoh visi dan misi dari beberapa organisasi dan perusahaan.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.