Cara Settlement EDC BCA: Panduan Praktis dan Efisien

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Cara melakukan settlement EDC BCA

Jika kamu memiliki bisnis retail atau usaha lain yang menerima pembayaran dengan kartu debit dan kredit, maka Electronic Data Capture (EDC) adalah alat yang sangat penting. Salah satu EDC yang populer di Indonesia adalah BCA EDC. Dalam artikel ini, kamu akan diajak untuk mempelajari cara melakukan settlement EDC BCA dengan panduan praktis dan efisien. Dengan memahami langkah-langkah yang benar, kamu akan dapat mengoptimalkan proses pembayaran kartu di bisnis kamu.


Settlement EDC merupakan proses akhir dalam transaksi dengan kartu debit dan kredit menggunakan EDC. Proses ini melibatkan pengumpulan semua transaksi yang telah dilakukan dalam suatu periode tertentu dan penyelesaian keuangan terkait dengan transaksi tersebut. Dalam konteks BCA EDC, settlement EDC dilakukan untuk menyelesaikan semua transaksi yang telah dilakukan melalui EDC BCA.

Persiapan untuk Settlement EDC BCA

Sebelum memulai proses settlement EDC BCA, ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan, antara lain:

Verifikasi Transaksi

Pastikan semua transaksi yang dilakukan melalui EDC BCA telah diverifikasi dengan benar. Verifikasi ini meliputi memastikan jumlah transaksi, jenis kartu, dan otorisasi pembayaran yang sesuai.

Periksa Keberhasilan Transaksi

Pastikan semua transaksi telah berhasil dan tidak ada transaksi yang ditolak atau gagal. Jika ada transaksi yang ditolak, kamu perlu melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya.

Periksa Kelengkapan Dokumen

Pastikan semua dokumen terkait transaksi seperti slip pembayaran dan bukti transaksi telah tersedia dan dalam kondisi lengkap.

Siapkan Laporan Transaksi

Siapkan laporan transaksi yang mencakup semua detail transaksi yang dilakukan melalui EDC BCA. Laporan ini akan membantu dalam proses verifikasi dan pencocokan data saat melakukan settlement.

Langkah-langkah melakukan Settlement EDC BCA

Setelah persiapan dilakukan, kamu siap untuk melakukan settlement EDC BCA

Setelah persiapan dilakukan, kamu siap untuk melakukan settlement EDC BCA. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti secara berurutan:

Masuk ke Menu Settlement

Pertama, masuklah ke menu settlement pada perangkat EDC BCA. Biasanya, menu ini dapat ditemukan pada layar utama EDC atau dalam submenu tertentu.

Pilih Jenis Kartu

Pada menu settlement, kamu akan diminta untuk memilih jenis kartu yang akan di-settlement, misalnya kartu debit, kartu kredit, atau kartu debit berlogo Visa/Mastercard. Pilihlah jenis kartu yang sesuai dengan transaksi yang telah kamu lakukan.

Masukkan Nominal Transaksi

Setelah memilih jenis kartu, kamu akan diminta untuk memasukkan nominal total transaksi yang akan di-settlement. Pastikan untuk memasukkan jumlah transaksi yang benar sesuai dengan laporan transaksi yang telah kamu siapkan sebelumnya.

Verifikasi Data Transaksi

Selanjutnya, EDC BCA akan menampilkan ringkasan data transaksi yang akan di-settlement. Verifikasi kembali data tersebut untuk memastikan kebenaran dan kecocokan dengan laporan transaksi yang kamu miliki.

Proses Settlement

Setelah verifikasi data transaksi selesai, kamu dapat melanjutkan proses settlement dengan menekan tombol "Settlement" atau "Proses". Tunggu beberapa saat hingga EDC BCA menyelesaikan proses settlement.

Cetak Laporan Settlement

Setelah proses settlement selesai, EDC BCA akan memberikan opsi untuk mencetak laporan settlement. Pilihlah opsi tersebut dan pastikan laporan settlement dicetak dengan baik.

Fungsi-fungsi Settlement EDC BCA

Settlement EDC BCA memiliki peran penting dalam proses pembayaran kartu debit dan kredit di bisnis. Melalui proses settlement ini, data transaksi yang telah terjadi pada EDC BCA dikumpulkan dan diselesaikan secara finansial. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari settlement EDC BCA:

Pencatatan Transaksi

Fungsi utama dari settlement EDC BCA adalah untuk mencatat dan mengumpulkan semua transaksi yang telah dilakukan melalui EDC BCA dalam suatu periode tertentu. Setiap kali ada pembayaran dengan kartu debit atau kredit, data transaksi akan direkam oleh EDC BCA. Melalui settlement, semua data transaksi ini dikumpulkan dan disusun dalam bentuk laporan yang dapat digunakan untuk keperluan pencatatan keuangan dan pelaporan bisnis.

Penyelesaian Keuangan

Settlement EDC BCA juga berfungsi untuk menyelesaikan secara finansial semua transaksi yang telah dilakukan melalui EDC BCA. Proses settlement ini melibatkan perhitungan total jumlah transaksi, termasuk pembayaran dengan kartu debit dan kredit, dan menetapkan jumlah yang harus ditransfer dari rekening bisnis ke rekening penerbit kartu. Dengan melakukan settlement secara rutin, bisnis kamu dapat memastikan bahwa semua transaksi telah diselesaikan secara akurat dan tepat waktu.

Rekonsiliasi Keuangan

Fungsi lain dari settlement EDC BCA adalah untuk memudahkan proses rekonsiliasi keuangan. Dengan melakukan settlement secara teratur, kamu dapat membandingkan data transaksi yang ada dalam laporan settlement dengan pencatatan keuangan bisnis kamu. 


Hal ini memungkinkan kamu untuk melakukan pencocokan data dan memastikan bahwa semua transaksi telah tercatat dengan benar. Rekonsiliasi keuangan yang baik sangat penting dalam menghindari kesalahan atau ketidaksesuaian data yang dapat berdampak pada pelaporan keuangan bisnis.

Pelaporan dan Analisis Bisnis

Settlement EDC BCA juga memberikan informasi yang penting untuk pelaporan dan analisis bisnis. Data transaksi yang terkumpul melalui proses settlement dapat digunakan untuk menghasilkan laporan penjualan, laporan transaksi berdasarkan jenis kartu, laporan periode tertentu, dan analisis kinerja bisnis secara keseluruhan. Informasi ini dapat memberikan wawasan yang berharga dalam mengelola bisnis, mengidentifikasi tren penjualan, dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik di masa depan.

Pengelolaan Keuangan yang Efisien

Dengan melakukan settlement EDC BCA secara teratur dan akurat, kamu dapat mengelola keuangan bisnis dengan lebih efisien. Settlement membantu dalam mengatur arus kas bisnis dan memastikan bahwa semua transaksi tercatat dengan benar. Dengan memiliki catatan keuangan yang akurat dan teratur, kamu dapat mengoptimalkan pengelolaan keuangan bisnis, termasuk perencanaan anggaran, pemantauan pendapatan, dan pengendalian biaya.


Demikianlah beberapa fungsi penting dari settlement EDC BCA. Dengan memahami fungsi-fungsi ini, kamu dapat memanfaatkannya secara optimal untuk meningkatkan efisiensi dan ketepatan dalam proses pembayaran kartu debit dan kredit di bisnis kamu.

Tips Praktis untuk Settlement EDC BCA

Berikut adalah beberapa tips praktis yang dapat membantu kamu dalam melakukan settlement EDC BCA dengan lebih efisien:

Lakukan Settlement secara Teratur

Melakukan settlement secara teratur akan membantu kamu menghindari penumpukan transaksi dan memudahkan proses pencatatan keuangan.

Kamu mencari solusi praktis untuk menunjang transaksi bisnismu? Aplikasi Kasir Online dari Majoo jawabannya! Aplikasi ini membantu kamu dalam mengelola transaksi, mencatat penjualan, dan menyediakan laporan penjualan secara real-time. Tingkatkan efisiensi dan keakuratan bisnismu dengan Aplikasi Kasir Online Majoo. Mulai sekarang, buatlah transaksi bisnismu lebih mudah dan cepat!

Periksa Koneksi Internet

Pastikan koneksi internet pada EDC BCA terhubung dengan baik sebelum melakukan settlement. Koneksi yang buruk dapat menyebabkan proses settlement terhambat atau gagal.

Simpan Bukti Transaksi dengan Baik

Selalu simpan bukti transaksi seperti slip pembayaran dan laporan settlement dengan baik. Hal ini akan sangat berguna saat melakukan pencocokan data atau saat ada sengketa transaksi di kemudian hari.

Lakukan Rekonsiliasi secara Berkala

Lakukan rekonsiliasi antara laporan transaksi dengan laporan keuangan bisnis kamu secara berkala. Hal ini akan membantu kamu memastikan bahwa semua transaksi telah tercatat dengan benar dan sesuai.

Penyebab Settlement EDC BCA Tidak Bisa Dilakukan

Settlement EDC BCA adalah proses penting dalam pengelolaan pembayaran kartu debit dan kredit di bisnis. Namun, terkadang mungkin kamu mengalami kendala atau masalah yang mengakibatkan settlement EDC BCA tidak dapat dilakukan. Berikut adalah beberapa penyebab umum yang perlu kamu perhatikan:

Koneksi Internet Bermasalah

Salah satu penyebab utama settlement EDC BCA tidak bisa dilakukan adalah koneksi internet yang bermasalah. Koneksi yang lemah atau tidak stabil dapat menghambat proses komunikasi antara EDC BCA dan server BCA. Pastikan koneksi internet yang digunakan pada perangkat EDC BCA telah terhubung dengan baik sebelum melakukan settlement.

Masalah pada Perangkat EDC BCA

Kerusakan atau masalah teknis pada perangkat EDC BCA juga dapat menyebabkan kesulitan dalam melakukan settlement. Pastikan perangkat EDC BCA dalam kondisi baik dan berfungsi dengan normal. Jika ada kerusakan atau masalah, segera hubungi pihak teknis atau layanan pelanggan BCA untuk mendapatkan bantuan.

Data Transaksi yang Tidak Valid atau Tidak Lengkap

Data transaksi yang tidak valid atau tidak lengkap juga dapat menghambat proses settlement EDC BCA. Pastikan semua transaksi telah diverifikasi dengan benar, termasuk jumlah transaksi, jenis kartu, dan otorisasi pembayaran yang sesuai. Selain itu, pastikan juga kelengkapan dokumen terkait transaksi seperti slip pembayaran dan bukti transaksi.

Limit Transaksi yang Telah Terpenuhi

Setiap perangkat EDC BCA memiliki limit transaksi harian yang ditentukan. Jika limit transaksi telah terpenuhi, maka settlement tidak akan bisa dilakukan. Pastikan kamu telah memantau limit transaksi harian dan melakukan pengaturan yang diperlukan untuk menghindari kendala ini.

Kendala pada Sistem BCA

Kendala teknis atau pemeliharaan sistem yang sedang dilakukan oleh Bank BCA juga dapat menyebabkan settlement EDC BCA tidak dapat dilakukan. Dalam hal ini, kamu perlu bersabar dan mencoba melakukan settlement kembali setelah sistem telah kembali normal.

Kegagalan Verifikasi atau Validasi Data

Proses verifikasi atau validasi data yang dilakukan oleh sistem BCA dapat menjadi faktor yang menyebabkan settlement EDC BCA tidak berhasil. Jika terdapat kesalahan pada data transaksi atau terjadi ketidakcocokan data, sistem BCA dapat menolak permintaan settlement. Pastikan semua data transaksi telah diverifikasi dengan cermat sebelum melakukan settlement.

Masalah pada Rekening atau Akun BCA

Ketika terdapat masalah pada rekening atau akun BCA yang terhubung dengan perangkat EDC BCA, settlement juga tidak akan bisa dilakukan. Pastikan rekening atau akun BCA dalam kondisi aktif, tidak ada pemblokiran atau masalah lain yang dapat menghambat proses settlement.


Demikianlah beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan settlement EDC BCA tidak bisa dilakukan. Penting untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah tersebut dengan cepat agar proses pembayaran kartu debit dan kredit di bisnis kamu tetap berjalan lancar. Jika kamu mengalami kendala yang tidak dapat diatasi, disarankan untuk menghubungi pihak teknis atau layanan pelanggan BCA untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.


Dalam artikel ini, kamu telah mempelajari cara melakukan settlement EDC BCA dengan panduan praktis dan efisien. Proses settlement EDC merupakan tahap penting dalam transaksi dengan kartu debit dan kredit, dan dengan mengikuti langkah-langkah yang benar, kamu dapat mengoptimalkan proses pembayaran di bisnis kamu. Selalu ingat untuk melakukan persiapan yang tepat, memeriksa transaksi dengan teliti, dan menyimpan dokumen dengan baik. Dengan demikian, kamu dapat mengelola proses settlement EDC BCA dengan lebih baik dan efisien.


Sumber Data:

https://lifepal.co.id/media/edc-bca/

https://www.cekatm.com/cara-settlement-edc-bca/

https://www.atmnesia.com/cara-settlement-edc-bca/

https://unsplash.com/s/photos/payment


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo