7 Cara Membuat Desain Booth Agar Jadi Pusat Perhatian

Penulis Nisa Destiana
25 August 2024

article thumbnail

Event pameran merupakan ajang bagi bisnis untuk memperkenalkan brand dan produknya kepada para pengunjung. Karena itu, pameran bisa menjadi kesempatan emas untuk meningkatkan brand awareness, mendapatkan leads baru, dan meningkatkan penjualan. Nah, salah satu faktor kunci sukses di pameran adalah punya desain booth yang menarik perhatian pengunjung. 

Desain booth yang keren tidak hanya membuat booth-mu jadi pusat perhatian, tetapi juga bisa meningkatkan citra bisnismu. Namun, membuat booth yang menarik dan efektif itu tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan, mulai dari konsep desain, pemilihan warna, pencahayaan, sampai tata letaknya. 

Cara Membuat Desain Booth

Nah, di artikel ini, kami akan berikan 7 cara membuat desain booth pameran yang tidak cuma cantik, tetapi juga efektif. Perhatikan langkah-langkah pembuatan desain stand atau booth berikut ini dan siap-siap jadi pusat perhatian di event selanjutnya, ya!

  1. Tentukan tujuan dan kenali target audiensmu

Sebelum kamu mulai membuat desain, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan apa tujuanmu ikut pameran. Apakah kamu mau menambah pelanggan baru, promosi produk atau layanan baru, atau ingin memperkenalkan brand ke khalayak ramai? 

Dengan mengetahui tujuanmu, kamu bisa lebih fokus membuat desain booth yang sesuai. Sebagai contoh, kalau tujuanmu untuk menambah pelanggan baru, desainnya harus lebih interaktif dan memberi banyak informasi tentang produk atau layananmu. Kamu bisa menyiapkan brosur, katalog, bahkan demo produk agar pengunjung bisa lebih kenal dengan produkmu.

Selain itu, kenali juga target audiensmu. Siapa sih yang mau kamu sasar? Dengan tahu target pasarmu, kamu bisa membuat booth yang lebih relevan dan menarik untuk mereka. Sebuta saja, desain booth kekinian dan instagrammable sesuai jika pasarmu adalah anak muda. Kamu bisa pakai desain grafis yang menarik atau siapkan spot foto yang unik untuk menarik perhatian mereka. 

Namun, jika target pasarmu profesional, desainnya bisa lebih elegan dan formal. Kamu bisa pakai warna-warna netral dengan desain yang elegan dan tata letak yang rapi. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan bahasa dan gaya komunikasi yang digunakan di booth sesuai dengan target audiens.

  1. Pilih konsep desain yang sesuai dengan brand-mu

Konsep booth seperti "wajah" bisnismu di acara pameran. Desain yang menarik bisa membuat pengunjung langsung tertarik untuk mampir ke booth-mu. Selain itu, konsep desain juga harus cocok dengan pesan yang mau kamu sampaikan ke pengunjung. 

Anggap saja, bisnismu memasarkan produk-produk ramah lingkungan. Jika demikian, kalau produkmu ramah lingkungan, booth bisa dibuat dengan nuansa hijau dan menggunakan material daur ulang.  

Contoh lainnya, jika kamu ingin menampilkan kesan yang modern dan elegan, desain booth minimalis bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan fokus pada kesederhanaan dan penggunaan ruang yang efisien, booth minimalis dapat menciptakan kesan yang bersih, rapi, dan profesional.

Konsep desain yang kuat dan konsisten akan membantu memperkuat citra merek di mata pengunjung pameran.

  1. Gunakan warna-warna eye-catching

Warna memiliki pengaruh sangat besar untuk menarik perhatian pengunjung. Pilih warna yang bisa membuat booth lebih menonjol, tetapi tetap sesuai dengan merekmu. 

Warna-warna cerah, seperti kuning, oranye, atau merah yang eye-catching bisa membuat booth-mu tampil dominan dan mudah diingat. 

Meskipun begitu, pastikan kamu tetap memperhatikan kombinasi warna agar tetap nyaman dilihat dan tidak membuat jengah pengunjung. Misalnya, kalau merekmu identik dengan warna biru, kamu bisa kombinasikan dengan warna putih atau abu-abu agar terkesan lebih elegan. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan warna-warna yang kontras untuk menonjolkan elemen-elemen penting di booth-mu seperti logo atau produk unggulan.

  1. Pencahayaan yang cukup agar booth makin menarik

Pencahayaan yang cukup berperan penting untuk membuat booth jadi lebih menarik. Kamu bisa pakai lampu sorot untuk memberi highlight produk-produk unggulan atau lampu LED warna-warni untuk membuat suasana booth jadi lebih meriah. 

Jangan lupa, perhatikan juga pencahayaan di area display produk agar produkmu kelihatan lebih jelas dan menarik. Kamu bisa pakai lampu sorot atau lampu track untuk menyorot produk-produk unggulan atau lampu ambient untuk menciptakan suasana yang lebih hangat dan nyaman. 

Selain itu, pertimbangkan juga penggunaan lampu neon atau lampu LED dengan desain yang unik untuk menambah daya tarik visual booth.

Baca Juga: Ketahui Cara Membuat Brand Sendiri untuk Pemula di Sini!

Booth yang interaktif akan membuat pengunjung betah dan merasa lebih terlibat dengan merekmu.

  1. Pilih material yang kuat dan mudah dipasang

Material yang kamu pakai untuk membuat booth harus kuat dan mudah dipasang. Jangan sampai booth-mu roboh atau rusak di tengah-tengah acara, ya! 

Kalau kamu sering ikut pameran, desain booth portable bisa jadi pilihan yang praktis. Booth jenis ini bisa dibongkar pasang dengan mudah sehingga dapat dibawa ke mana-mana. Selain itu, portable booth juga biasanya lebih ringan dan hemat biaya. 

Beberapa material yang umum digunakan untuk booth pameran, antara lain kayu, aluminium, akrilik, dan fabric. Silakan pilih material yang sesuai dengan bujet dan konsep booth-mu.

  1. Gunakan desain meja booth yang menarik dan fungsional

Desain meja booth juga sangat penting untuk menampilkan produkmu. Pilih meja yang ukurannya pas, desainnya menarik, dan fungsional. Selain itu, perhatikan juga ketinggian meja agar nyaman untuk pengunjung dan stafmu. 

Kamu bisa menambahkan dekorasi atau aksesori agar meja booth makin cantik dan eye-catching, misalnya vas bunga atau pajangan kecil lainnya. Pastikan meja booth cukup luas untuk menampung produk-produk yang ingin kamu pamerkan serta memberikan ruang yang cukup bagi pengunjung untuk melihat dan berinteraksi dengan produk.

  1. Buatlah booth interaktif!

Agar pengunjung betah di booth-mu, buatlah booth yang interaktif. Kamu bisa menambahkan layar sentuh yang menampilkan informasi produk, kuis berhadiah, atau demo produk. 

Selain itu, siapkan juga suvenir atau merchandise menarik untuk pengunjung agar mereka ingat dengan merekmu. Interaksi yang menarik dapat membuat pengunjung merasa lebih terlibat dengan merekmu dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk membeli produk atau jasamu. 

Kamu juga bisa mengadakan games atau aktivitas seru lainnya untuk menarik perhatian pengunjung. Sebagai contoh, kamu bisa mengadakan kontes foto dengan hadiah menarik di booth-mu atau bagi-bagi voucher diskon untuk pengunjung yang follow akun media sosial brand-mu.

Kesimpulan

Desain booth yang menarik dan efektif merupakan investasi penting untuk sukses di sebuah pameran. Dengan memperhatikan tujuh cara di atas kamu bisa membuat booth yang tidak cuma cantik, tetapi juga efektif untuk menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan penjualan. 

Ingat, desain booth yang baik harus bisa mencerminkan identitas brand-mu dan membuat pengunjung tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Jika kamu menjual produk selama pameran, pastikan kamu mempersiapkan mesin kasir portabel seperti tablet yang telah dilengkapi aplikasi POS. Dengan begitu, kamu bisa mencatat transaksi penjualan di pameran dengan mudah dan akurat, bahkan kamu bisa membuat laporan penjualan secara real-time. 

Bingung memilih aplikasi POS dan tablet yang tepat? Cek paket lengkap dari majoo!


Sumber:

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo