Pengertian Return on Investment dan Pentingnya dalam Bisnis

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Return on Investment atau yang biasa dikenal dengan istilah ROI, adalah sebuah konsep yang digunakan untuk mengukur efisiensi dan efektivitas investasi


Return on Investment atau yang biasa dikenal dengan istilah ROI, adalah sebuah konsep yang digunakan untuk mengukur efisiensi dan efektivitas investasi yang telah dikeluarkan oleh suatu perusahaan. ROI sendiri berfungsi sebagai penentu apakah suatu investasi layak dilakukan atau tidak.


ROI adalah sebuah rumus yang digunakan untuk menghitung tingkat pengembalian dana investasi yang telah dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Dalam kata lain, ROI adalah ukuran profitabilitas yang membandingkan keuntungan investasi dengan biaya yang dikeluarkan.

Manfaat Return on Investment (ROI) dalam Bisnis

ROI atau Return on Investment menjadi salah satu tolak ukur yang paling penting dalam dunia bisnis

ROI atau Return on Investment menjadi salah satu tolak ukur yang paling penting dalam dunia bisnis. ROI menjadi penunjuk keberhasilan atau kegagalan dari suatu investasi. Namun, apa saja sebenarnya manfaat yang bisa diperoleh dengan menghitung ROI dalam bisnismu? Mari kita bahas lebih lanjut.

Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Menghitung ROI bisa membantu kamu dalam mengambil keputusan bisnis. Misalnya, saat kamu memutuskan untuk berinvestasi dalam proyek baru atau teknologi baru, ROI dapat membantu menunjukkan apakah investasi tersebut layak atau tidak. Dengan memiliki data ROI, kamu bisa menilai pro dan kontra dari suatu investasi dan membuat keputusan yang lebih tepat.

Membantu dalam Penilaian Kinerja Bisnis

ROI juga dapat digunakan sebagai alat untuk menilai kinerja bisnis. Dengan menghitung ROI, kamu dapat melihat seberapa efisien investasi kamu dalam menghasilkan keuntungan. ROI yang tinggi menunjukkan bahwa investasi kamu telah berhasil, sementara ROI yang rendah mungkin menunjukkan bahwa ada masalah yang perlu ditangani.

Menyediakan Insight untuk Masa Depan

ROI tidak hanya membantu dalam mengukur keberhasilan investasi yang telah dilakukan, tetapi juga dapat memberikan insight untuk masa depan. Dengan melihat ROI dari investasi sebelumnya, kamu bisa merencanakan strategi investasi untuk masa depan dengan lebih baik.

Membandingkan Efektivitas Investasi

ROI memungkinkan kamu untuk membandingkan efektivitas dari berbagai investasi. Misalnya, kamu bisa membandingkan ROI dari investasi dalam pemasaran digital dengan investasi dalam mesin produksi baru. Dengan ini, kamu bisa menentukan di mana dana investasi paling efektif digunakan.

Meningkatkan Efisiensi dan Profitabilitas Bisnis

Dengan mengukur ROI, kamu bisa menemukan area dalam bisnis kamu yang paling menguntungkan dan yang memerlukan perbaikan. Hal ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas bisnismu.


Penggunaan ROI dalam bisnis sangatlah penting. Manfaat ROI mencakup membantu dalam pengambilan keputusan, menilai kinerja bisnis, memberikan insight untuk masa depan, membandingkan efektivitas investasi, dan meningkatkan efisiensi dan profitabilitas bisnis. Oleh karena itu, penting bagi setiap pengusaha untuk memahami cara menghitung dan menganalisis ROI.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Return on Investment (ROI) pada Bisnis