Reversal Rekening: Pengertian dan Penyebabnya

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Istilah reversal rekening adalah istilah yang biasa digunakan saat kamu mengalami kegagalan transaksi. Lebih tepatnya transaksi yang dilakukan melalui mobile banking. Pembatalan transaksi tersebut tentunya terjadi dengan berbagai alasan. Mulai dari kesalahan input sampai dengan gangguan teknis pada jaringan.

Sebagian orang mungkin mengenal reversal rekening adalah proses pengembalian atau pembatalan dana yang telah ditransfer dari satu rekening ke rekening lainnya. Lantas, apa hubungan antara reversal rekening ini dengan keuangan bisnis? 

Apa Itu Reversal Rekening?

Reversal rekening adalah suatu proses dalam dunia perbankan yang melibatkan pembatalan atau pengembalian dana yang telah ditransfer dari satu rekening ke rekening lainnya. Proses ini terjadi ketika terdapat kesalahan atau masalah dalam transaksi keuangan. Masalah tersebut mengakibatkan dana yang seharusnya tidak seharusnya masuk ke dalam suatu rekening. 

Tujuan utama dari reversal rekening adalah untuk mengembalikan dana kepada pemiliknya atau memperbaiki kesalahan transaksi, sehingga dana yang seharusnya ditempatkan dengan benar. Dalam tahap tersebut, bank berperan penting dalam mengawasi dan memastikan bahwa transaksi keuangan dilakukan dengan akurat dan efisien, serta untuk melindungi kepentingan nasabah.

Baca Juga: Contoh Rekening Koran Beserta Definisi dan Syarat-Syaratnya!

Dampak Terjadinya Reversal Rekening pada Keuangan Bisnis 

Terjadinya reversal rekening ternyata bisa memiliki dampak yang signifikan pada kondisi keuangan bisnis. Kok, bisa? Begini penjelasannya. 

Kerugian Finansial

Reversal rekening artinya proses mengembalikan dana kepada pelanggan atau pengguna. Jika bisnis tidak memiliki kebijakan yang baik untuk mengelola reversal rekening, hal tersebut dapat mengakibatkan kerugian finansial, terutama jika jumlah transaksi yang terkena reversal cukup besar. 

Jadi, sebaiknya pemilik atau pihak manajemen bisnis harus mempertimbangkan mengenai kebijakan reversal rekening. Termasuk biaya pengembalian dana kepada pelanggan dan biaya-biaya tambahan yang mungkin terkait dengan reversal rekening.

Gangguan Operasional

Reversal rekening dapat mengganggu operasional bisnis. Terutama jika bisnis tergantung pada pendapatan yang diterima melalui transaksi online atau transfer keuangan. Ketika terjadi reversal, pendapatan yang diharapkan mungkin akan tertunda atau malah hilang. Tentunya ini akan dapat memengaruhi likuiditas bisnis.

Mengganggu Kinerja Keuangan

Reversal rekening juga dapat memengaruhi metrik kinerja keuangan bisnis, seperti pendapatan, margin keuntungan, dan arus kas. Ketika transaksi dianggap berhasil tetapi kemudian harus dibatalkan, ini dapat mengubah gambaran kinerja keuangan bisnis secara keseluruhan.

Kepuasan Pelanggan

Jika pelanggan mengalami reversal rekening atau pengembalian dana secara berkala, pastinya akan memengaruhi kepuasan pelanggan. Pelanggan mungkin merasa frustasi jika mereka harus menunggu kembali dana mereka atau jika ada ketidakpastian dalam proses transaksi. 

Padahal, kamu dan pemilik bisnis lainnya pasti bahwa kepuasan pelanggan adalah faktor yang sangat penting. Khususnya dalam mempertahankan dan memperluas basis pelanggan.

Pengelolaan Risiko

Bisnis perlu mengelola risiko reversal rekening dengan baik. Termasuk memahami penyebab umum reversal rekening, memantau transaksi secara berkala, dan memiliki kebijakan yang jelas tentang bagaimana menangani reversal rekening. Bisnis yang tidak mengelola risiko ini dengan baik dapat menghadapi masalah keuangan yang serius.

Dalam rangka menjaga keuangan bisnis yang sehat, penting bagi pemilik bisnis untuk memahami potensi dampak reversal rekening dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang sesuai. Kamu juga bisa memastikan bahwa transaksi dilakukan dengan benar, memiliki kebijakan yang memadai, dan memantau secara aktif aktivitas keuangan bisnis.

Baca Juga: Rekening Giro adalah: Pengertian, Contoh, dan Cara Penarikan

Reversal rekening adalah pembatalan transaksi, apa maksudnya?

Penyebab Terjadinya Reversal Rekening

Jadi, sebenarnya apa penyebab terjadinya reversal rekening? Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya reversal rekening adalah:

Kesalahan dalam Transfer ke Rekening

Salah satu penyebab utama reversal rekening adalah kesalahan saat melakukan transfer. Misalnya, jika kamu salah memasukkan nomor rekening penerima atau mengisi detail transaksi dengan salah, pihak bank akan melakukan reversal rekening untuk membatalkan transaksi tersebut. Tujuannya adalah untuk mengembalikan dana yang telah disalahkan oleh pengguna ke rekening yang tidak tepat.

Transfer ke Rekening di Luar Jangkauan

Reversal rekening juga bisa terjadi ketika seseorang mencoba mengirim dana ke rekening yang berada di luar wilayah jangkauan bank. Bisa juga jika terjadi kesalahan dalam memasukkan kode transfer.

Transaksi Time Out

Reversal rekening dapat disebabkan oleh transaksi yang mengalami time out, terutama saat ada gangguan pada jaringan atau masalah teknis pada aplikasi perbankan. Pada kondisi ini, bank akan memilih untuk membatalkan transaksi yang tidak selesai akibat gangguan tersebut.

Gangguan Jaringan

Selain gangguan waktu transaksi, gangguan jaringan juga bisa menyebabkan reversal rekening. Baik karena gangguan pada sisi bank maupun pada sisi pengguna. Namun, ini bukan kesalahan pengguna karena pengguna tidak memiliki kendali atas jaringan.

Double Transaksi

Penyebab lain reversal rekening adalah pengguna melakukan transaksi ganda tanpa sengaja. Terkadang, hal tersebut terjadi karena pengguna merasa transaksi sebelumnya gagal, meskipun sebenarnya telah berhasil dilakukan.

Baca Juga: Mutasi Rekening adalah Catatan Transaksimu. Sudah Cek Belum?

Cara Mengatasi Reversal Rekening

Setelah memahami beberapa penyebabnya, kira-kira bagaimana ya cara mengatasi reversal rekening yang sudah terjadi? 

Memastikan Nomor Rekening Tujuan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kesalahan dalam transfer adalah penyebab umum reversal rekening. Oleh karena itu, sebelum mengirim uang, pastikan kamu telah memeriksa nomor rekening dan nama penerima dengan teliti.

Meminta Pengembalian Dana (Refund)

Langkah lain untuk mengatasi reversal rekening adalah dengan meminta pengembalian dana atau refund jika pembayaran telah terlanjur dilakukan. Kalau kamu adalah pihak penjual, kamu mungkin harus menanggung biaya pengiriman yang sudah diterima oleh pelanggan.

Melakukan Chargeback

Jika ternyata reversal rekening terjadi karena kesalahan pelanggan dalam melakukan transaksi, kamu dapat meminta chargeback atau tagihan balik kepada bank. Biasanya, pelanggan dapat mengajukan permintaan ini kepada bank, dan bank akan menghubungi penjual terkait.

Aplikasi Keuangan majoo

Memastikan Stabilitas Jaringan

Koneksi internet adalah faktor penting dalam berhasilnya transaksi. Oleh karena itu, pastikan bahwa koneksi internet kamu stabil saat akan melakukan transaksi. Jika sedang berada di lokasi dengan sinyal lemah, sebaiknya tunda untuk melakukan transaksi sampai kamu yakin mendapatkan sinyal yang stabil.

Mengaktifkan Notifikasi Reversal

Terakhir, kamu dapat mengatasi reversal rekening dengan mengaktifkan notifikasi pada aplikasi perbankan yang kamu gunakan. Meskipun notifikasi reversal mungkin membuat khawatir, sebenarnya ini penting untuk memantau berhasilnya transaksi. Notifikasi reversal rekening adalah fitur yang memungkinkan nasabah untuk mengetahui status transaksi yang dilakukan pada aplikasi bank tersebut.

Tips Mencegah Terjadinya Reversal Rekening

Secara umum, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya reversal rekening. Inilah beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

  • Pastikan nomor rekening tujuan dan nama penerima benar-benar sesuai sebelum melakukan transfer atau pembayaran.

  • Banyak bank menyediakan fitur "rekening favorit" yang memungkinkan kamu menyimpan detail rekening yang sering kamu transfer. Ini dapat membantu mengurangi risiko kesalahan.

  • Saat menggunakan kode transfer tertentu, pastikan kamu sudah memasukkannya dengan benar. Kode transfer yang salah dapat menyebabkan reversal rekening.

  • Jika mungkin, hindari melakukan transaksi saat koneksi internet kamu tidak stabil. Gangguan koneksi dapat menyebabkan transaksi gagal.

  • Sebelum melakukan transfer atau pembayaran, pastikan bahwa saldo rekening kamu mencukupi. Ini dilakukan untuk menghindari transaksi yang gagal.

  • Pastikan kamu menggunakan aplikasi perbankan resmi dan terpercaya. Jangan pernah mencoba mengunduh aplikasi dari sumber lain yang tidak resmi.

  • Simpan bukti transaksi seperti nomor referensi atau nomor resi sebagai bukti jika diperlukan nantinya.

  • Hindari terburu-buru saat melakukan transaksi keuangan. Luangkan waktu sejenak untuk memeriksa kembali semua detail sebelum mengirim uang atau melakukan pembayaran.

  • Pahami kebijakan bank terkait dengan reversal rekening dan prosedur penyelesaiannya. 

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat mengurangi risiko terjadinya reversal rekening dan menjaga keuangan kamu, baik pribadi maupun bisnis, tetap aman dan teratur.

Kesimpulan

Reversal rekening adalah pengembalian dana dari transaksi yang sudah terjadi. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya reversal rekening. Salah satunya adalah kesalahan input nomor rekening yang dituju.

Sebenarnya, reversal rekening bisa dicegah. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dengan mudah untuk menghindari terjadinya hal tersebut. Selain itu, jika ternyata kamu lebih sering menggunakan mobile banking untuk kegiatan keuangan bisnismu, menambahkan aplikasi keuangan akan mendatangkan keuntungan tersendiri.

Aplikasi keuangan majoo, memudahkan kamu mengecek saldo dan kas bisnis secara lebih praktis. Selain itu juga bisa melakukan berbagai transaksi bisnis, seperti transfer, terima, dan kirim uang dengan mudah dan secara digitalisasi. Ini tentunya dapat meminimalisir terjadinya kesalahan yang menyebabkan reversal rekening. Mencegah lebih baik daripada menangani, kan? Yuk, pakai majoo!


Sumber Data:

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2023/04/10/reversal-rekening-adalah

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo