Salah Satu Tujuan Kewirausahaan yaitu Meningkatkan Wirausaha

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Kewirausahaan adalah proses menciptakan, mengembangkan, dan mengelola bisnis atau usaha dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Salah satu tujuan kewirausahaan yaitu untuk dapat memperbanyak jumlah wirausahawan yang berkualitas di bidangnya.

Dengan tujuan tersebut, praktik kewirausahaan juga melibatkan pengambilan risiko, kreativitas, inovasi, dan kemampuan untuk melihat peluang di pasar. Di dalam kewirausahaan, seseorang atau sekelompok individu biasanya mengidentifikasi peluang bisnis yang menarik, merencanakan strategi untuk mengambil keuntungan dari peluang tersebut, dan mengambil langkah-langkah konkrit untuk mewujudkan ide menjadi kenyataan. 

Artinya kewirausahaan merupakan paket lengkap. Mulai dari pembuatan produk atau layanan baru, pengembangan model bisnis yang unik, hingga pengelolaan operasi sehari-hari dari bisnis tersebut.

Tujuan kewirausahaan tidak hanya berkaitan dengan mendirikan bisnis baru. Tetapi juga termasuk inisiatif dalam perusahaan yang sudah ada, seperti meluncurkan produk baru, memperluas pasar, atau merestrukturisasi proses bisnis.

4 Tujuan Kewirausahaan

Dalam konteks ekonomi, kewirausahaan dianggap sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Ini terjadi karena wirausaha seringkali menciptakan peluang kerja baru, mendorong adanya inovasi, dan meningkatkan efisiensi dalam alokasi sumber daya ekonomi.

Selain itu, kewirausahaan juga memiliki dampak yang signifikan dalam menggerakkan perubahan sosial dan teknologi. Banyak bidang bisnis yang didirikan oleh wirausaha telah mengubah cara manusia hidup, bekerja, dan berinteraksi.

Fungsi dan tujuan kewirausahaan juga terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Caranya adalah dengan memberikan peluang kepada individu untuk mengembangkan potensi mereka sendiri, menciptakan lapangan kerja, dan menyediakan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan pasar.

Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan beberapa tujuan penting kewirausahaan. 4 tujuan kewirausahaan yang paling utama adalah:

1. Memperbanyak Jumlah Wirausaha yang Berkualitas

Seperti yang sudah diuraikan tadi, salah satu tujuan kewirausahaan yaitu untuk meningkatkan atau memperbanyak jumlah individu yang memutuskan untuk menjadi wirausahawan yang berkualitas. Selain itu juga memastikan bahwa mereka memiliki kualitas dan kompetensi yang diperlukan untuk berhasil dalam lingkungan bisnis yang kompetitif.

2. Menanamkan Semangat, Sikap, Perilaku, dan Keterampilan Wirausaha di Tengah-tengah Masyarakat

Kewirausahaan tidak hanya tentang memulai bisnis, tetapi juga tentang mengembangkan sikap dan keterampilan kewirausahaan di antara anggota masyarakat. Meliputi semangat inovasi, ketahanan menghadapi tantangan, kreativitas mencari peluang, serta kemampuan untuk mengambil risiko dengan bijak.

3. Membangun Kesadaran dan Arah yang Kuat Terkait Kewirausahaan dalam Masyarakat

Salah satu dari 4 tujuan kewirausahaan berikutnya adalah untuk menciptakan kesadaran yang lebih baik tentang pentingnya kewirausahaan. Khususnya dalam meningkatkan kemajuan ekonomi dan masyarakat secara keseluruhan. 

Hal tersebut membutuhkan adanya pemahaman yang kuat tentang fungsi dan tujuan kewirausahaan serta manfaatnya, baik bagi individu maupun kelompok. Selain itu juga mengarahkan pandangan masyarakat untuk lebih menghargai dan mendukung pengembangan wirausaha.

4. Meningkatkan Kapabilitas Individu yang Terlibat dalam Kegiatan Wirausaha untuk Mencapai Kemajuan dan Kesejahteraan

Tujuan kewirausahaan yang terakhir adalah untuk meningkatkan kemampuan individu yang terlibat dalam kegiatan wirausaha. Baik dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun sumber daya yang tersedia. Dengan meningkatkan kapabilitas ini, diharapkan mereka dapat mencapai kemajuan dan kesejahteraan secara pribadi serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekonomi dan sosial.

Baca Juga: Apa itu Wirausaha dan Pengertian Kewirausahaan dalam Bisnis

Apa saja fungsi dan tujuan kewirausahaan?

Berbagai Fungsi Kewirausahaan

Kewirausahaan bukan hanya tentang tujuan pentingnya. Kewirausahaan juga berkaitan dengan berbagai fungsi yang penting dalam konteks ekonomi dan masyarakat. Beberapa fungsi kewirausahaan tersebut antara lain:

1. Penciptaan Lapangan Kerja

Salah satu fungsi utama kewirausahaan adalah menciptakan lapangan kerja baru. Melalui pendirian dan pengembangan usaha baru, kewirausahaan dapat memberikan kesempatan kerja bagi individu dalam masyarakat.

2. Inovasi dan Pengembangan Produk atau Layanan Baru

Kewirausahaan seringkali menjadi penggerak utama di balik adanya inovasi bisnis. Para wirausaha sering mengidentifikasi peluang untuk menciptakan produk atau layanan baru yang dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan pasar yang belum terpenuhi sebelumnya.

3. Peningkatan Efisiensi Ekonomi

Kewirausahaan dapat meningkatkan efisiensi ekonomi dengan cara mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien. Melalui persaingan dan inovasi, wirausaha cenderung mencari cara untuk menghasilkan lebih banyak dengan biaya yang lebih rendah, yang nantinya dapat meningkatkan produktivitas ekonomi.

4. Pengembangan Komunitas Lokal

Kewirausahaan juga seringkali menjadi pendorong bagi pertumbuhan dan perkembangan komunitas lokal. Usaha kecil dan menengah lokal dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang penting dalam komunitas tersebut. Serta membantu memperkuat jaringan sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

5. Penyebaran Pengetahuan dan Keterampilan

Dari pembahasan mengenai fungsi dan tujuan kewirausahaan, bisa dipahami bahwa kewirausahaan juga bisa menjadi sarana untuk menyebarkan pengetahuan dan keterampilan di antara individu dalam masyarakat. Para wirausaha dapat menjadi contoh inspiratif bagi orang lain. 

Mereka juga dapat membantu membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka kepada orang lain. Khususnya orang-orang yang tertarik untuk dapat mengembangkan keterampilan kewirausahaan mereka sendiri.

6. Pengentasan Kemiskinan

Kewirausahaan dapat berfungsi sebagai alat untuk mengentaskan kemiskinan. Caranya adalah dengan memberikan kesempatan kepada individu yang kurang beruntung atau terpinggirkan dalam masyarakat untuk mengambil kendali atas nasib mereka sendiri melalui penciptaan usaha mereka sendiri.

7. Pengembangan Infrastruktur Ekonomi

Kewirausahaan juga dapat berperan dalam pengembangan infrastruktur ekonomi, seperti transportasi, komunikasi, dan sumber daya manusia. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas ke pasar dan sumber daya yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Semua fungsi ini secara bersama-sama membentuk landasan yang kuat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Termasuk juga pembangunan masyarakat yang inklusif.

Baca Juga: 10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis

Kenapa Wirausaha Perlu Tahu Tujuan Kewirausahaan?

Tadi disebutkan bahwa salah satu tujuan kewirausahaan yaitu untuk meningkatkan atau memperbanyak jumlah orang yang mampu dan mau menjadi wirausahawan berkualitas. Lantas, apakah para wirausahawan tersebut perlu tahu mengenai berbagai tujuan kewirausahaan?

Jawabannya adalah ya. Para wirausaha memang perlu mengetahui dan memahami tujuan kewirausahaan sebelum menjalankannya. Alasannya adalah:

1. Untuk Dapat Mengarahkan Tindakan

Mengetahui tujuan kewirausahaan dapat membantu wirausaha untuk mengarahkan tindakan dan keputusan mereka dalam berbisnis. Dengan memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin dicapai, mereka dapat mengarahkan upaya mereka dengan lebih efektif menuju tujuan tersebut.

2. Mendorong Motivasi dan Komitmen

Mengetahui tujuan dari kewirausahaan dapat menjadi sumber motivasi dan komitmen yang kuat bagi wirausaha. Ketika mereka memahami pentingnya tujuan tersebut, mereka cenderung lebih termotivasi untuk bekerja keras dan bertahan melalui tantangan yang mereka hadapi dalam perjalanan menuju pencapaian tujuan tersebut.

3. Menjadi Panduan Perencanaan Strategis untuk Bisnis

Fungsi dan tujuan kewirausahaan dapat menjadi panduan yang membimbing proses perencanaan strategis. Dengan mengetahui apa yang ingin dicapai, wirausaha dapat merancang rencana tindakan yang lebih terarah dan strategis untuk mencapai tujuan mereka.

4. Mengukur Kinerja

4 tujuan kewirausahaan yang sudah diuraikan tadi juga dapat menjadi parameter untuk mengukur kinerja dan keberhasilan. Dengan mengetahui tujuan yang ingin dicapai, wirausahawan dapat mengevaluasi sejauh mana mereka mencapai tujuan tersebut dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

5. Membantu untuk Lebih Fokus

Dalam lingkungan bisnis yang kompleks dan dinamis, mengetahui apa yang ingin dicapai dapat membantu menghindari terjebak dalam tindakan yang tidak relevan atau distraktif. Dapat juga mempertahankan fokus pada upaya yang mendukung pencapaian tujuan.

Baca Juga: 7 Contoh Entrepreneur Muda Indonesia dengan Kisah Suksesnya

Aplikasi Wirausaha majoo

Kesimpulan

Kewirausahaan bukan sekadar tentang memulai bisnis; itu adalah sebuah perjalanan yang ditandai dengan tujuan yang jelas dan beragam. Pemahaman yang mendalam tentang tujuan kewirausahaan adalah kunci untuk membuka potensi dan mencapai keberhasilan dalam bisnis.

Salah satu tujuan kewirausahaan yaitu untuk dapat meningkatkan banyaknya orang yang tergerak menjadi seorang wirausaha berkualitas. Selain itu juga untuk membentuk kesadaran akan orientasi kewirausahaan dalam masyarakat. Kewirausahaan tidak hanya berfungsi sebagai mesin pertumbuhan ekonomi, tetapi juga sebagai katalisator untuk perubahan sosial dan teknologi.

Wirausahawan yang sukses adalah kamu dan orang-orang yang memahami secara mendalam tujuan kewirausahaan. Selain itu mampu mengintegrasikannya ke dalam rencana strategis dan tindakan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi wirausaha seperti majoo

Aplikasi wirausahaa majoo akan membantu kamu dan wirausahawan lainnya untuk mencapai 4 tujuan kewirausahaan. Aplikasi ini juga berguna sebagai partner pengelola bisnis untuk merencanakan strategi bisnis, mengukur kinerja, dan berbagai aspek pengelolaan bisnis lainnya. Jadi, kalau kamu ingin menjadi wirausahawan yang berkualitas, sebaiknya pakai majoo sekarang juga!


Sumber: 

  • https://www.gramedia.com/literasi/tujuan-kewirausahaan/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo