Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Apa itu Wirausaha dan Pengertian Kewirausahaan dalam Bisnis

    Apa itu Wirausaha dan Pengertian Kewirausahaan dalam Bisnis

    Wirausaha adalah salah satu kegiatan bisnis yang disarankan oleh pemerintah.

    Beberapa waktu belakangan, pemerintah menganjurkan pada masyarakat untuk coba memulai profesi sebagai wirausaha. Hal ini dilakukan bukannya tanpa alasan, wirausaha adalah salah satu faktor yang mampu mendorong perekonomian negara, terutama di masa new normal seperti sekarang ini. 

    Bukan hanya sebagai pendorong perekonomian negara, wirausaha adalah faktor yang membantu menurunkan angka pengangguran dengan membuka peluang kerja dari sektor UMKM. Lantaran itulah banyak jalan dibuka oleh pemerintah untuk membantu perkembangan dan kemandirian wirausaha, antara lain dengan mempermudah pembuatan surat izin usaha, pemberian pinjaman modal untuk usaha kecil dan menengah, sampai pada membantu pemasaran produknya. 

    Namun, sebenarnya apa itu wirausaha? Apa saja contoh wirausaha yang mungkin bisa kamu temukan sehari-hari? Mari kita simak penjelasan lengkapnya satu per satu! 

    Pengertian Wirausaha

    Wirausaha adalah penggabungan dari dua kata, yaitu 'wira' dan 'usaha'. Wira artinya pejuang, pahlawan, berbudi luhur, manusia unggul, berwatak agung, dan gagah berani. Sedangkan, usaha merupakan perbuatan atau amalan, berbuat sesuatu dan bekerja. Jika diartikan secara harfiah, maka makna dari wirausaha adalah orang yang membuat suatu produk, menentukan cara produksi, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru hingga mengatur permodalan serta pemasarannya.

    Jadi, apa yang dimaksud dengan kewirausahaan? Secara sederhana, pengertian atau definisi wirausaha adalah suatu proses melakukan identifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan yang berujung dengan dibentuknya sebuah usaha. 

    Sedangkan secara umum, definisi wirausaha adalah suatu kegiatan usaha atau bisnis mandiri dengan kondisi seluruh sumber daya dan upaya dibebankan kepada pelaku usaha (wirausahawan) dalam mengenali produk baru, menentukan konsep dan proses produksi, menyusun strategi hingga memasarkan serta mengatur permodalannya. Tujuan adanya kegiatan ini adalah untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi dibandingkan saat sebelum diolah. 

    Orang yang menjalankan kegiatan wirausaha disebut dengan wirausahawan. Dialah yang bertanggung jawab dalam menyusun manajemen operasional dari keseluruhan proses kegiatan tersebut, mulai dari pengadaan sampai dengan pemasaran produk. Wirausahawan juga selayaknya mempunyai kemampuan untuk bisa membaca tren pasar agar tidak sampai salah sasaran dalam memasarkan produknya. 

    Dari definisi wirausaha di atas, maka bisa kamu pahami bahwa pengertian kewirausahaan adalah proses mendirikan dan menjalankan bisnis atau usaha tersebut. Kegiatan wirausaha yang dijalankan kemudian berkembang menjadi kewirausahaan. 

    Istilah kewirausahaan sendiri merupakan padanan kata dari entrepreneurship dalam bahasa Inggris. Sebelum dialihbahasakan ke dalam bahasa Inggris, kata entrepreneurship berasal dari kata berbahasa Perancis, yaitu entreprende yang memiliki arti petualang, pencipta, dan pengelola usaha.

    Seringkali wirausaha juga disebut sebagai wiraswasta karena beberapa ahli menganggap bahwa memang tidak ada perbedaan yang signifikan dalam pengertiannya. Bahkan, di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kedua istilah tersebut memiliki definisi yang sama. 

    Namun, ada juga yang menganggap bahwa sebenarnya wiraswasta dan wirausaha adalah dua hal yang berbeda. Orang yang berwirausaha bisa dipastikan memiliki bisnis atau usahanya sendiri, sedangkan wiraswasta terkadang bisa juga dilakukan dengan bekerja pada orang lain. Penggunaaan kedua istilah ini memang sering tumpang-tindih. Jika disimpulkan perbedaan wirausaha dan wiraswasta ada pada sikap mental atau wujud usaha/operasinya.

    Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

    J.B Say (1803)

    Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

    Burgess (1993)

    Definisi wirausaha adalah seseorang yang melakukan pengelolaan, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko dalam menciptakan peluang usaha dan usaha yang baru .

    Penrose (1963)

    Menurut Penrose, kegiatan kewirausahaan mencakup identifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi.

    Harvey Leibenstein (1968, 1979)

    Pengertian kewirausahaan adalah kegiatan yang mencakup hal-hal yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.

    Tujuan Wirausaha

    Setelah memahami pengertian wirausaha, kamu mungkin bertanya-tanya tentang apa maksud dan tujuan kewirausahaan? Tujuan utama dari wirausaha tentu saja adalah untuk mendapatkan keuntungan. Namun, ternyata masih ada beberapa tujuan lainnya, antara lain:

    • Untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan sebelum diolah.
    • Untuk mendorong semangat atau mensosialisasikan pengaruh wirausaha kepada orang lain. 
    • Untuk membantu membangun karakteristik wirausaha yang baik dan kompeten.
    • Untuk menghasilkan banyak wirausaha yang berkualitas.
    • Untuk membantu membangun kesejahteraan masyarakat.

    Keuntungan menjadi wirausaha salah satunya adalah lebih leluasa mengatur pekerjaan

    Ciri-ciri dan Karakteristik Wirausaha

    Seorang wirausahawan umumnya memiliki beberapa karakteristik atau sikap sebagai berikut:

    Selalu Berpikir Positif

    Berpikir positif adalah suatu hal yang penting jika kamu ingin memulai wirausaha. Terutama saat kamu akan mengambil keputusan dalam sebuah bisnis.

    Berani

    Berani di sini maksudnya adalah memiliki keberanian untuk mengambil keputusan serta menghadapi berbagai risiko. Risiko akan selalu ada dalam setiap keputusan yang kamu ambil. Selain itu juga berani memikul tanggung jawab  atas apapun yang terjadi di dalam bisnis tersebut.

    Berorientasi pada Masa Depan

    Menjadi seorang wirausahawan maka artinya selalu mampu berpikir untuk situasi yang akan datang. Misalnya, mencari peluang untuk menciptakan bisnis yang lebih sukses di masa yang akan datang. Seorang yang visioner atau selalu berorientasi pada masa depan, akan menjadikan kekurangan dan kesalahan di masa lalu sebagai pembelajaran, dan tidak akan terlalu mengingat-ingat kekurangan atau kegagalan tersebut. 

    Selalu Percaya Diri 

    Selain bisa untuk selalu berpikir positif, jika ingin menjadi seorang wirausahawan maka kamu juga perlu memiliki sikap penuh percaya diri. Yakinlah bahwa usaha yang kamu dirikan sendiri ini bisa sukses. Hal ini bisa turut mendukung pekerjaan yang sedang dijalankan sehingga diri menjadi lebih termotivasi untuk mewujudkan sebuah usaha yang sukses.yang mungkin terjadi dalam dunia bisnis. Yakin terhadap kemampuan diri sendiri tanpa bersikap angkuh dan bebal juga termasuk kepercayaan diri dan daya juang yang tinggi

    Berorientasi pada Hasil

    Menjadi wirausahawan juga berarti kamu mampu berorientasi pada setiap hasil yang didapatkan. Hal ini penting, karena dalam dunia bisnis akan selalu ada hambatan yang bisa saja mempengaruhi kamu untuk menyerah. Hal ini juga berkaitan dengan keinginan kuat untuk mendapat hasil yang maksimal dari segala usaha yang dilakukan.

    Memiliki Kreativitas dan Inovasi yang Tinggi

    Apalah jadinya sebuah bisnis tanpa kreativitas dan keberanian untuk berinovasi? Persaingan semakin lama akan semakin tinggi, jika produk yang kamu jual tidak bisa berinovasi mengikuti perkembangan atau tidak bisa menghasilkan sesuatu yang baru, maka kemungkinan bisnismu akan ditinggalkan oleh para konsumen.

    Memiliki Jiwa Kepemimpinan

    Bagaimana jika kamu mendirikan sebuah perusahaan, namun tidak memiliki jiwa kepemimpinan? Saat kamu memutuskan untuk berwirausaha, maka secara otomatis kamu akan menjadi seorang bos atau pimpinan. Di sini kamu membutuhkan keahlian yang baik dalam memimpin, memotivasi, dan juga berorganisasi. Bersikap cerdas dalam memercayakan berbagai pekerjaan pada orang lain dan mendorong pekerjanya memberikan hasil terbaik.

    Keuntungan Menjadi Wirausaha 

    Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat memilih untuk memulai wirausaha. Keuntungan menjadi wirausaha adalah memiliki kesempatan untuk lebih leluasa mengatur pekerjaan sendiri, termasuk jam kerja dan hari libur. Kamu juga bisa mengasah kemampuan diri dan meningkatkan daya kreativitas. Bisa melihat potensi diri, baik menjadi seorang pemimpin atau seorang pebisnis. Tak terkecuali pada akhirnya kamu bisa membantu membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Selain itu, keuntungan menjadi wirausaha adalah menghasilkan keuntungan yang bisa kamu gunakan sebagai modal tambahan atau bahkan tabungan untuk masa depan. 

    Dari berbagai keuntungan tersebut, apakah menjadi seorang wirausahawan tidak memiliki kekurangan? Sama seperti yang lainnya, wirausaha juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut bisa hadir sewaktu-waktu, dan kamu harus tetap siap menghadapinya, antara lain: 

    • Risiko kehilangan berbagai macam investasi.
    • Beban kerja yang lebih berat, kendati waktu dan ritme bekerja cenderung fleksibel.
    • Mendapatkan penghasilan dengan waktu yang tidak atau belum pasti. 
    • Banyaknya kemampuan diri yang harus diasah. semisal manajemen SDM, manajemen finansial, manajemen diri (keseimbangan kerja dengan kehidupan pribadi).

    Baca Juga: Definisi Perencanaan Usaha dan Manfaatnya Bagi Pebisnis

    Contoh Wirausaha

    Pada dasarnya, ada banyak sekali contoh wirausaha. Nah, apa saja contoh kewirausahaan yang bisa kamu temui dalam kehidupan sehari-hari, atau bahkan bisa kamu jadikan sebagai inspirasi untuk memulai sebuah bisnis baru? Berikut beberapa contoh wirausaha yang saat ini banyak digeluti oleh masyarakat.

    • Kafe
    • Laundry
    • Restoran
    • Toko pakaian
    • Katering 
    • Desain Grafis
    • Florist
    • Percetakan
    • Ritel
    • Start up
    • Dropshipper

    Selain itu, ada juga contoh wirausaha yang sudah eksis sejak lama dan masih mampu bertahan sampai saat ini, seperti:

    • Toko kelontong
    • Salon atau barbershop
    • Handicraft
    • Gerai pulsa

    Faktor Keberhasilan Wirausaha

    Jika kamu memilih untuk memulai wirausaha atau mungkin sudah melakukan hal tersebut sejak lama, ada beberapa faktor keberhasilan wirausaha yang perlu kamu ketahui. Jadi, jika kamu ingin bisnismu berhasil, maka faktor-faktor ini sebaiknya kamu penuhi.

    Memiliki skill pengusaha dan melatih mental pengusaha dari awal.

    Memiliki skill sebagai seorang pengusaha bisa menjadi langkah awal yang tepat jika kamu ingin menjadi wirausahawan yang sukses. Mental pengusaha harus dibentuk sejak awal sebelum membangun suatu usaha.

    Mempunyai akses permodalan yang cukup

    Mempunyai akses modal yang baik, cukup, dan stabil akan membantu bisnis kamu menjadi lancar dan tentunya akan mempercepat proses produksi. Modal usaha merupakan salah satu kunci agar bisnis bisa berjalan dan tetap lancar. Modal ini bisa kamu peroleh dari tabungan, investasi, atau pinjaman modal dari lembaga keuangan.

    Memiliki tekad dan kemauan yang tinggi

    Jiwa kepemimpinan dan modal saja dirasa belumlah cukup jika kamu ingin menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Tekad dan kemauan yang kamu miliki pun haruslah tinggi dan sekuat mungkin agar tidak mudah merasa patah di tengah jalan.

    Mampu memahami target pasar

    Memahami target pasar ini juga termasuk dalam salah satu faktor keberhasilan wirausaha yang perlu dipikirkan sejak awal. Semua usaha yang kamu lakukan akan percuma jika ternyata kamu salah menentukan target pasar untuk produk yang kamu hasilkan. 

    Memiliki networking yang luas

    Memiliki jaringan atau networking yang luas akan mempermudah kamu dalam menjalankan strategi pemasaran. Jaringan ini bisa dalam bentuk relasi keluarga, pertemanan, dan juga bisnis. 

    Mampu selalu memberikan pelayanan terbaik

    Secara singkat, wirausaha adalah sesuatu yang kamu kerjakan sendiri. Karena itu, sebaiknya kamu juga sudah paham bahwa dari segi pelayanan pun akan kamu lakukan sendiri. 

    Mempunyai aspek inovasi dan kreativitas yang tinggi

    Seperti yang sudah sempat dibahas di atas, bahwasanya jika tidak bisa mengikuti perkembangan zaman dengan berinovasi pada produk, maka bisnismu akan tertinggal oleh para kompetitor. Untuk melakukan berbagai macam inovasi inilah, daya kreativitas yang tinggi dan tidak ada habisnya perlu kamu miliki.

    Melakukan strategi pemasaran yang efektif

    Strategi pemasaran yang tepat dan efektif akan bisa direncanakan jika kamu sudah mengetahui target pasar dari produk bisnismu. Ingat, tidak perlu terburu-buru untuk melakukan ekspansi secara besar-besaran ke daerah lain. Fokuslah terlebih dulu pada pemasaran yang bisa kamu jangkau.

    Mampu memberikan solusi

    Seorang wirausahawan adalah orang yang mampu memberikan solusi wirausaha untuk masalah yang sedang terjadi. Solusi yang diberikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar. Hal ini akan membantu kelancaran suatu bisnis karena meningkatkan penjualan yang terjadi.

    Mampu melihat peluang dan mengambil kesempatan yang datang.

    Wirausahawan sebaiknya mampu melihat peluang dan cerdik dalam mengambil kesempatan. Persaingan yang sangat ketat dalam wirausaha akan membuat bisnis menjadi lambat terhadap penjualan dan tertinggal oleh kompetitor. 

    Penyebab Gagalnya Wirausaha

    Seorang wirausahawan bukan hanya perlu memiliki faktor keberhasilan wirausaha, namun juga perlu memahami bahwa ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu atau penyebab gagalnya wirausaha. Kamu perlu tahu dan paham mengenai ini agar nantinya bisa lebih siap menghadapi risiko kegagalan yang terjadi, atau bisa menghindarkan bisnis yang kamu jalankan dari hal-hal tersebut. 

    Hal-hal yang bisa menjadi penyebab gagalnya wirausaha tersebut, antara lain: 

    • Tidak memiliki cukup pengalaman baik secara wawasan, visualisasi usaha, maupun pengelolaan usaha
    • Kurang mampu mengendalikan keuangan
    • Tidak mampu berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman
    • Produk yang dihasilkan tidak dibutuhkan oleh pasar.
    • Menetapkan harga yang kurang tepat.
    • Lokasi bisnis yang kurang strategis
    • Kesalahan dalam strategi dan perencanaan bisnis
    • Kontrol persediaan barang dan produksi yang buruk

    Kesimpulan 

    Dari seluruh penjelasan mengenai apa itu wirausaha dan pengertian kewirausahaan di atas, bisa kita simpulkan bahwa wirausaha adalah kegiatan atau aktivitas bisnis yang dilakukan oleh satu pihak. Mulai dari pemikiran konsep awalnya, modal, penentuan target pasar, produk baru yang akan dihasilkan, sampai dengan strategi dan perencanaan pemasarannya. 

    Jika diamati, memang ternyata ada banyak sekali hal yang perlu dikontrol dan dikelola oleh seorang wirausahawan, padahal kamu tahu bahwa waktu dan energi yang ada juga terbatas. 

    Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan memanfaatkan aplikasi keuangan digital yang bisa membantu dalam pengelolaan bisnis, seperti majoo. majoo menyediakan berbagai fitur yang akan memudahkan kamu saat memilih menjadi seorang wirausahawan. Salah satunya adalah fitur Aplikasi Owner, dalam fitur ini terdapat dashboard penjualan yang berisi monitor penjualan, kas kasir, dan top produk yang bisa membantu kamu memantau penjualan produk dari bisnismu. 

    Menjadi seorang wirausahawan bukan berarti bahwa kamu tidak bisa sukses, justru dengan begitu target kesuksesannya bisa kamu atur sendiri. Tertarik untuk mencoba jadi seorang wirausahawan sukses? 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.