Pengertian Unsur-Unsur Manajemen dan Contohnya

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Tahukah kamu pengertian unsur manajemen?

Unsur-unsur manajemen merupakan prinsip dasar yang dapat membantu kamu dalam merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan berbagai aktivitas dalam bisnis. Memahami berbagai unsur manajemen artinya kamu memiliki dasar untuk melakukan penetapan tujuan bisnis, mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan, serta merumuskan strategi dan rencana tindakan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Secara garis besar, manajemen adalah struktur organisasi, perusahaan, atau lembaga dalam operasional bisnis. Manajemen bisa berbentuk banyak hal, mulai dari pengaturan waktu, pengelolaan keuangan, hingga mengatur karyawan dalam bisnis atau perusahaan.

Unsur-unsur manajemen adalah bagian inti dari struktur tersebut. Dengan memahami dan menerapkan unsur-unsur manajemen, kamu dan pebisnis lainnya dapat memiliki kerangka kerja yang kuat untuk mengelola bisnis secara lebih efisien.

Pengertian Unsur Manajemen 

Pengertian unsur manajemen adalah komponen-komponen dasar yang membentuk kerangka kerja. Bisa juga diartikan sebagai elemen-elemen pokok yang diperlukan untuk merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan dan sumber daya dalam suatu bisnis.

Unsur-unsur manajemen mencakup berbagai aspek yang saling terkait dan berkontribusi untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan efisien. Setiap unsur memiliki peran khusus dalam mengelola operasional dan pencapaian tujuan bisnis.

Dengan memahami dan mengelola dengan baik unsur-unsur manajemen, organisasi dapat mengoptimalkan kinerja mereka, meningkatkan produktivitas, mengatasi tantangan, dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Bila disimpulkan, unsur manajemen adalah dasar untuk praktik manajemen yang efektif di berbagai tingkatan bisnis.

Baca Juga: Jenis-jenis Manajemen yang Harus Diketahui dalam Bisnis

Unsur-Unsur Manajemen menurut Para Ahli 

Beberapa ahli di bidang manajemen memiliki berbagai versi penjelasan mengenai unsur-unsur manajemen. Berbagai pengertian ini bukan untuk menunjukkan adanya perbedaan, melainkan untuk saling melengkapi keterangan yang sudah ada lebih dulu. Sehingga didapatkan pengertian dan konsep yang lebih relevan.

Unsur-unsur manajemen menurut para ahli, antara lain:

Menurut Harrington Emerson 

Harrington menjelaskan bahwa manajemen mempunyai lima unsur yang disebut dengan 5M). Unsur manajemen adalah:

  1. Man (Manusia), yaitu unsur paling mutlak dalam manajemen. Manajemen tidak akan berjalan tanpa manusia. Dalam penjelasannya, manusia dapat digolongkan menjadi dua, yaitu yang memimpin dan dipimpin.

  2. Money (Uang), yaitu unsur terpenting setelah manusia. Manusia dipercaya akan selalu membutuhkan uang. 

  3. Materials (Material). Material atau bahan-bahan juga unsur yang tidak kalah penting. Bisa dalam bentuk bahan jadi atau bahan setengah jadi.

  4. Machines (Mesin). Mesin digunakan agar kinerja lebih efisien. 

  5. Methods (Metode), yaitu cara atau metode pelaksanaan kerja yang baik, sederhana, mudah, dan efisien untuk menyelesaikan pekerjaan. 

Menurut Peterson O.F

Peterson adalah orang yang mencoba memasukkan unsur mesin ke dalam unsur material dan metode. Ia memilih menambahkan istilah the use sehingga menjadi “Management is the use of man, money and materials to achieve a common goal”

Menurut Mooney James D

Mooney mencoba untuk memasukan unsur manajemen uang, material, dan mesin menjadi unsur baru yang diberi istilah fasilitas. Sehingga bila dijabarkan, unsur-unsur manajemen tersebut adalah:

  1. Men

  2. Facilities

  3. Method

Menurut George R. Terry 

Dalam bukunya Principle of Management, Terry menjelaskan bahwa terdapat ada enam unsur yang utama dari manajemen, yaitu:

  1. Man, yaitu karyawan dan pengambil keputusan dalam organisasi.

  2. Materials, yaitu bahan mentah atau barang yang diperlukan untuk produksi.

  3. Machines, yaitu peralatan dan teknologi yang digunakan dalam operasional.

  4. Methods, yaitu prosedur dan strategi yang digunakan dalam pelaksanaan tugas.

  5. Money, yaitu sumber daya finansial yang diperlukan untuk operasional.

  6. Markets, yaitu lingkungan eksternal dan pasar di mana organisasi beroperasi.

Pada akhirnya, unsur-unsur manajemen yang dijelaskan oleh George R. Terry lah yang masih digunakan hingga saat ini. 

Baca Juga: Manajemen Penjualan yang Efektif untuk Kesuksesan Bisnis

Apa saja contoh unsur-unsur manajemen?

Unsur-Unsur Manajemen 

Unsur-unsur manajemen yang umumnya diakui adalah manusia, uang, material, mesin (atau peralatan), metode, dan pasar (atau lingkungan eksternal). Waktu juga sering dianggap sebagai unsur penting dalam konteks manajemen. Ini sesuai dengan penjelasan yang dipaparkan oleh George R. Terry.

1. Man (Manusia)

Manusia adalah aset yang paling berharga dalam organisasi. Mereka adalah yang melaksanakan tugas-tugas, mengambil keputusan, dan berkontribusi pada pencapaian tujuan organisasi. Manajemen manusia melibatkan pengelolaan sumber daya manusia, rekrutmen, pelatihan, motivasi, pengembangan karir, dan manajemen kinerja.

2. Money (Uang)

Keuangan merupakan elemen vital dalam manajemen. Meliputi alokasi dan penggunaan dana untuk operasional, investasi, pengembangan, pemasaran, dan kegiatan lainnya. Manajemen keuangan terdiri dari perencanaan anggaran, pengendalian biaya, analisis investasi, pengelolaan arus kas, dan aspek-aspek keuangan lainnya.

3. Materials (Material)

Material adalah bahan mentah atau barang jadi yang diperlukan untuk produksi atau penyediaan layanan. Manajemen material meliputi perencanaan persediaan, pembelian, pengelolaan persediaan, dan distribusi material agar terpenuhi kebutuhan produksi atau layanan.

4. Machine (Mesin)

Mesin sebagai unsur manajemen adalah peralatan, teknologi, dan sarana fisik lainnya yang digunakan dalam proses produksi atau operasional. Manajemen mesin melibatkan pemeliharaan, penggunaan efisien, peningkatan teknologi, dan aspek-aspek teknis lainnya untuk mendukung proses operasional yang lancar.

5. Methods (Metode)

Metode adalah prosedur, strategi, dan pendekatan yang digunakan dalam menjalankan aktivitas organisasi. Meliputi perancangan dan peningkatan proses kerja, efisiensi operasional, standarisasi prosedur, dan penerapan praktik terbaik.

6. Market (Pasar) 

Pasar adalah lingkungan eksternal operasional bisnis. Meliputi adanya persaingan, pelanggan, tren pasar, regulasi, dan faktor-faktor eksternal lainnya yang dapat memengaruhi kinerja bisnis. Manajemen pasar melibatkan analisis pasar, segmentasi pelanggan, pengembangan produk, pemasaran, dan respons terhadap perubahan pasar.

7. Minute (Waktu) 

Waktu adalah sumber daya yang terbatas dan sangat penting dalam manajemen. Efisiensi waktu dapat berdampak pada produktivitas dan keberhasilan bisnis. Manajemen waktu terdiri dari perencanaan jangka waktu, penjadwalan kegiatan, pengelolaan proyek, dan prioritas tugas.

Semua unsur ini saling terkait dan memengaruhi dalam menjalankan operasional bisnis. Manajemen yang baik memerlukan keseimbangan yang efektif antara semua unsur ini untuk mencapai tujuan organisasi dengan efisien dan sukses.

Baca Juga: Fungsi Manajemen Keuangan untuk Meningkatkan Pendapatan

Aplikasi Owner majoo

Berbagai Contoh Unsur-Unsur Manajemen 

Dari beberapa unsur dalam manajemen yang sudah dijelaskan tadi, bisa disebutkan beberapa contoh yang umum ditemui dalam dunia bisnis. Contoh unsur-unsur manajemen tersebut antara lain:

  • Manusia: Karyawan, manajer, dan individu lain yang terlibat dalam operasional organisasi. Contohnya proses rekrutmen, pelatihan, pengembangan keterampilan, manajemen kinerja, dan hubungan kerja.

  • Uang: Sumber daya keuangan yang diperlukan untuk operasional organisasi. Mulai dari perencanaan anggaran, pengendalian biaya, investasi, dan pengelolaan arus kas.

  • Material: Bahan mentah atau barang yang diperlukan untuk produksi atau layanan. Contohnya pencatatan persediaan, pengadaan bahan, pengelolaan persediaan, dan pengendalian penggunaan material.

  • Mesin: Peralatan, teknologi, dan sarana fisik yang digunakan dalam proses produksi atau operasional. Contohnya pemeliharaan, optimalisasi penggunaan peralatan, dan pembaruan teknologi.

  • Metode: Pendekatan, prosedur, dan strategi yang digunakan dalam menjalankan aktivitas organisasi. Contoh yang umum ditemui adalah perancangan proses kerja, penerapan praktik terbaik, dan peningkatan efisiensi.

  • Pasar: Contoh manajemen pasar adalah analisis pasar, pemasaran, penyesuaian strategi, dan respons terhadap perubahan pasar.

  • Waktu: Sumber daya yang terbatas yang harus dikelola dengan baik. Contohnya  perencanaan jadwal kerja, penjadwalan proyek, dan pengelolaan waktu kerja secara lebih efektif.

Selain itu ada beberapa contoh unsur-unsur manajemen lainnya yang juga tidak kalah penting, yaitu:

  • Pengetahuan dan Keterampilan (Knowledge and Skills): Contohnya kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan individu dalam menjalankan bisnis. Pada penerapannya bisa dalam bentuk pelatihan, pengembangan karyawan, dan alokasi sumber daya untuk meningkatkan kapasitas.

  • Lingkungan: Ini adalah salah satu faktor eksternal yang memengaruhi jalannya bisnis, seperti regulasi pemerintah, perkembangan ekonomi, tren industri, dan persaingan. Termasuk juga pemahaman dan adaptasi terhadap perubahan di lingkungan bisnis.

Kesimpulan 

Unsur-unsur manajemen adalah berbagai komponen dasar yang membentuk kerangka kerja dalam bisnis. Definisi lainnya adalah sebagai kumpulan elemen pokok yang diperlukan untuk merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan dan sumber daya dalam suatu bisnis.

Berbagai unsur manajemen merupakan prinsip dasar yang dapat membantu kamu menjalankan bisnismu dengan lebih rapi, sistematis, dan efisien. Selain memiliki pemahaman mengenai unsur manajemen yang memadai, kamu juga perlu menambahkan aplikasi owner seperti yang ditawarkan oleh majoo. 

Dengan menggunakan aplikasi owner majoo artinya kamu dapat lebih mudah memantau semua kegiatan bisnismu, meskipun kamu tidak sedang berada di lokasi bisnis. Mulai dari absensi karyawan, seluruh transaksi yang terjadi, sampai dengan laporan kas kasir bisa kamu kelola dengan mudah kapan dan di mana saja.

Kemudahan ini tentunya akan menjadikan fungsi dari unsur-unsur manajemen dalam bisnismu menjadi lebih optimal. Tidak ingin ketinggalan kemudahan ini kan? Buruan, deh, daftar majoo! 



Sumber Data:

https://katadata.co.id/agung/ekonopedia/637cc40346bb3/6-unsur-manajemen-menurut-para-ahli-dan-fungsinya

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo