• majoo blog
  • Trivia
  • Menarik untuk Dikunjungi, Kedai Kopi Instagrammable Surabaya

Menarik untuk Dikunjungi, Kedai Kopi Instagrammable Surabaya

Saat ini, perspektif orang mengenai kedai kopi tidak sama lagi. Berkunjung ke coffee shop bukan lagi soal memenuhi kebutuhan minum. Tapi, lebih kepada pemenuhan gaya hidup. Mungkin hal ini juga yang menyebabkan banyak sekali pertimbangan orang terkait kafe yang akan mereka kunjungi.

Sajian kopi nikmat dan berkualitas tidak cukup. Perlu ada hal-hal lain yang menarik bagi konsumen. Bagi mereka yang ke kafe sambil menuntaskan pekerjaan, mungkin akan memerlukan tempat duduk yang nyaman, meja yang ergonomis untuk bekerja, hingga internet dengan kecepatan tinggi.

Sebagian orang, mungkin mementingkan desain dan penampakan kedai. Demi memenuhi kebutuhan membuat konten yang Instagrammable. Tak heran bila saat ini, coffee shop berlomba-lomba memberikan keseluruhan pengalaman terbaik bagi konsumen. Hal tersebut juga dilakukan oleh kafe-kafe di Surabaya.

Nah, khusus bagi kamu yang terbiasa berburu kedai kopi yang Instagrammable, berikut ini beberapa rekomendasi kafe di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi.

1. Blackbarn Coffee

Jika dilihat sepintas, Blackbarn Coffee tampak menerapkan gaya industrial pada desain bangunannya. Dinding bagian luar menggunakan bata ekspos, begitu juga dengan latar bagian bar. Sebagian dinding di bagian dalam dibiarkan tanpa cat atau unfinished. Khas desain industrial yang menonjolkan kesan keras dan maskulin.

Gaya tersebut juga terlihat pada pemilihan furnitur. Kursi dan meja yang digunakan banyak menggunakan material kayu dan besi yang dicat hitam. Mengukuhkan kasar ala desain industrial.

Tapi, pemilihan ornamen kafe ini cukup unik. Ornamen yang digunakan banyak mengadopsi budaya Indian. Gambar dream catcher di beberapa bagian dinding, misalnya.

Dalam budaya Indian, dream catcher dipercaya dapat menangkap mimpi baik. Sedang mimpi buruk akan lewat melalui lubang-lubang di antara bagian dreamcatcher itu sendiri. Dalam makna yang lebih luas, dreamcatcher diyakini bukan hanya mampu menangkap mimpi, melainkan juga energi positif. Sekaligus menghilangkan energi negatif. Mungkin sang pemilik ingin membawa atmosfer yang positif saja ke dalam Blackbarn Coffee.

Tak hanya itu, persis di atas pintu masuk, diletakkan ornamen kepala rusa. Sungguh menyerupai rumah-rumah suku Indian. Selain menarik, pemilihan ornamen tersebut juga membuat kafe ini jadi lebih Instagrammable.

Kamu yang penasaran dapat berkunjung langsung ke Blackbarn Coffee yang terletak di Jl. Untung Suropati No. 79, Surabaya. Kafe ini mulai beroperasi sejak jam 11.00 pagi.

2. Calibre Coffee Roaster

Rasa-rasanya mengambil foto dengan latar gaya industrial memang hampir selalu menarik. Satu lagi kafe di Surabaya yang menawarkan desain industrial, sangat menarik dijadikan sebagai latar konten Instagrammable adalah Calibre Coffee Roaster.

Dinding yang dibiarkan unfinished dan berwarna monokrom, abu-abu. Furnitur yang didominasi dengan material kayu dan besi. Sampai area outdoor yang dialasi dengan batu-batu kecil. Mewakili kesan maskulin yang dibawa oleh gaya industrial.

Namun, Calibre Coffee Roaster juga tampaknya memilih sedikit sentuhan tropical. Khas desain yang diterapkan pada rumah di daerah tropis, kafe ini memiliki jendela yang sangat besar dan sebagian atap yang terbuat dari kaca serta posisinya agak tinggi. Atap kaca dan jendela yang besar memungkinkan pemanfaatan sinar matahari yang optimal di siang hari. Sehingga penggunaan lampu dapat ditekan sedemikian rupa.

Pada beberapa sudutnya juga diletakkan tanaman di atas pot berwarna putih. Sehingga kesan yang tercipta menjadi sangat sejuk. Dan tentu saja dapat dimanfaatkan sebagai latar foto yang sangat unik.

Ingin membuktikan keunikannya? Langsung saja kunjungi kafe yang berlokasi di Jl. Walikota Mustajab No. 67-69 ini.

Bila berkunjung ke sana, kamu juga dapat menikmati kopi asli Indonesia yang disangrai langsung oleh tim Calibre Coffee Roaster. Sesuai dengan namanya, kedai yang satu ini selain menyediakan sajian kopi, mereka juga memiliki rumah sangrai sendiri. 

3. Titik Koma Coffee

Kamu tentu menyadari, beberapa waktu belakangan warna-warna monokrom dan neutral tone sangat menjadi tren. Hal ini seiring dengan maraknya gaya hidup minimalism yang mulai banyak dianut. Dalam dunia arsitektur, desain bergaya minimalis dengan warna netral atau monokrom juga turut naik daun.

Meskipun pada desain minimalis yang sesungguhnya, tidak banyak ornamen yang digunakan, namun kadang gaya minimalis juga merujuk pada pemilihan tone warna yang sederhana dan netral.

Titik Koma Coffee agaknya mengadaptasi gaya tersebut, dengan furnitur yang menampilkan warna alami kayu dan kombinasi warna monokrom. Dinding yang dicat putih saja. Pemilihan kap lampu dengan kombinasi putih dan warna kayu. Seakan ingin memberikan kesan tenang dan nyaman bagi para pengunjung.

Akan tetapi, ada salah satu bagian yang cukup mengejutkan dan berani. Pada salah satu bagian dindingnya, terdapat tulisan ‘kesayangan’ dengan instalasi lampu berwarna merah muda yang sangat mencolok.

Alih-alih dianggap tidak nyambung, bagian ini justru banyak diminati pengunjung sebagai titik untuk berfoto. Sebuah ide yang berani dan brilian!

Bila kamu ingin mencoba mengambil gambar di spot tersebut, cobalah kunjungi Titik Koma Coffee! Kafe ini terletak di Jl. Juwono No. 25 dan beroperasi mulai dari pukul 08.00 pagi hingga 21.00. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

4 Bidang UMKM yang Meraih Sukses Sepanjang Tahun 2021
Sepanjang tahun 2021, 4 bidang yang digerakkan UMKM ini bisa menyandang status sebagai bisnis sukses dan mampu bertahan. Apa saja bidang UMKM ini?
Melayani Pelanggan Setia Melalui Sistem Keanggotaan
Bagaimana melayani pelanggan setia secara maksimal, tetapi juga tidak merepotkan? Mungkin program pelanggan setia bisa menjadi solusi yang patut dicoba!
Promosi Digital untuk Pemasaran Produk dan Jasa
Ada berbagai cara dalam melakukan kegiatan pemasaran produk dan jasa, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital seperti media sosial.
Metode Pembayaran QRIS, Inilah Kelebihannya
Metode pembayaran dengan menggunakan QRIS bisa dipilih untuk menjaga jarak aman selama pandemi. Selain itu, cara ini juga lebih menguntungkan bagi bisnis.