Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • 5 Alasan Penting Punya Laporan Penjualan, Biar Bisnis Gak Buta Arah!

    5 Alasan Penting Punya Laporan Penjualan, Biar Bisnis Gak Buta Arah!

    Apa pun bisnis yang kamu jalankan, mau itu level rumah tangga maupun industri besar, memiliki laporan penjualan yang akurat, jelas, dan mudah diakses adalah sebuah kewajiban. Soalnya, data-data yang ada di laporan keuangan bisa jadi dasar pertimbangan untuk mengambil keputusan-keputusan krusial guna membuat bisnismu lebih berkembang lagi.

    Masalahnya, hampir sebagian besar pelaku UMKM di Indonesia masih belum terlalu ngeh dengan pentingnya memiliki rekam jejak finansial yang jelas untuk usaha mereka. Sebagian beralasan bahwa bisnis mereka masih seumur jagung, sehingga dirasa belum butuh sesuatu yang terlalu ribet. Padahal jika dikulik, ada lumayan banyak lho manfaat penting memiliki laporan penjualan. Yuk, disimak satu-persatu!

    Menentukan Keputusan Bisnis

    Membuat keputusan bisnis tentunya bukan sesuatu yang bisa kamu lakukan hanya berdasarkan feeling. Kamu butuh data, informasi, catatan, serta statistik untuk menjustisifikasi bahwa action yang kamu ambil sudah benar, atau setidaknya tidak sepenuhnya salah.

    Di sinilah pentingnya sebuah bisnis untuk memiliki laporan penjualan yang detail dan akurat. Dengan memiliki akses ke catatan kondisi keuangan dan margin keuntungan yang didapat dari periode tertentu, kamu bisa menilai apakah bisnismu sudah memenuhi target atau tidak. Jika tidak, kamu bisa tahu secara pasti sektor mana yang lemah atau masih bisa lebih ditingkatkan lagi kinerjanya.

    Melakukan Evaluasi

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menjalankan bisnis dengan hanya berdasarkan asumsi adalah haram hukumnya. Apalagi jika sudah menyangkut soal keuangan. Dengan membaca  laporan penjualan, kamu bisa menarik kesimpulan secara pasti, apakah bisnis yang kamu jalankan sudah profitable atau tidak.

    Jika kemudian data menunjukkan bahwa kinerja bisnismu masih di bawah ekspektasi, kamu bisa segera melakukan evaluasi. Cari tahu apa yang menjadi penyebab utama kegagalan tersebut dan ambil tindakan yang sesuai. Apakah kamu butuh mengurangi karyawan? Apakah keuntungan yang kamu ambil terlalu sedikit? Atau mungkin, manajemen pengelolaan bahan baku di bisnismu bisa lebih ditingkatkan lagi?

    Memulai Inovasi

    Keengganan untuk berinovasi kerap jadi salah satu faktor pemicu matinya sebuah bisnis. Masalahnya, kebanyakan business owner masih gagap soal ini. Mereka tidak punya gambaran mengenai sektor mana yang harus dibenahi terlebih dahulu. 

    Memiliki laporan penjualan yang rapi akan memudahkanmu dalam membuat keputusan. Kamu bisa melihat secara jelas mana lini bisnis atau sektor usahamu yang punya peluang lebih bagus untuk dikembangkan. Jangan sampai kamu membuat kesalahan fatal dengan mengalokasikan waktu dan sumber daya ke departemen yang sebenarnya tidak terlalu potensial.

    Pertanggungjawaban

    Bagi kamu yang menjalankan bisnis dengan bantuan suntikan dana dari pemodal, memiliki laporan penjualan rapi adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban yang baik. Kamu bisa secara transparan menunjukkan pada investor, bagaimana caramu membelanjakan dana yang telah mereka percayakan.

    Jika laporan tersebut memberikan sentimen positif, bukan tidak mungkin investor akan menyuntikkan tambahan modal dalam jumlah yang lebih besar. Dengan demikian, bisnismu bisa terus berkembang dan meraup keuntungan lebih banyak lagi.

    Mencari Investor

    Memiliki laporan penjualan dan keuangan yang transparan akan memudahkan bisnismu untuk mendapatkan investor. Catatan finansial yang rapi dan jelas bakal jadi bahan pertimbangan para penanam modal untuk menentukan apakah bisnismu layak jadi lahan investasi mereka berikutnya. Hal ini sekaligus menjadi jaminan, apakah konsep usaha yang kamu jalankan bisa menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu.

    Aplikasi Owner, Laporan Penjualan Dalam Genggaman

    Setelah membaca pemaparan di atas, tentunya kamu sepakat bahwa keberadaan laporan penjualan adalah krusial bagi sebuah bisnis. Lantas bayangkan jika kamu punya dokumen laporan yang bisa diakses 24 jam penuh, terus ter-update secara real time, dan bisa diakses dari smartphone. Pastinya bakal luar biasa bukan? Kamu bisa terus pantau kinerja bisnismu dan cepat dalam membuat keputusan!

    Tertarik? Caranya gampang kok! Kamu tinggal berlangganan paket majoo Advance atau Enterprise dan dapatkan akses ke fitur Aplikasi Owner. Melalui fitur ini, kamu bakal bisa membaca catatan lengkap laporan penjualan lengkap, termasuk jumlah pendapatan, laba kotor, perhitungan promo, komisi, refund, dan penjualan produk, langsung di smartphone kamu. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat catatan absensi karyawan, sehingga kamu bisa pantau apakah kinerja staff-mu sudah sesuai ekspektasi.

    Bagi yang sudah berlangganan paket majoo Advance maupun Enterprise, fitur Aplikasi Owner bisa diakses dengan menginstall aplikasi POS majoo di smartphone kamu. Selanjutnya login dengan menggunakan akun owner dan pilih opsi Manager dari tampilan menu. Voila! Seluruh data penjualan akan tersaji lengkap dan real time di layar hape-mu!

    Tertarik untuk mengetahui lebih jauh soal kemudahan mengakses laporan penjualan melalui fitur Aplikasi Owner majoo? Kamu bisa klik tombol di bawah ini untuk menanyakan semuanya lebih lanjut:

    https://bit.ly/halomajoo

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!