Tidak semua bisnis dapat bertahan, apalagi mencapai kesuksesan. Bertahan di tengah persaingan dan berupaya terus maju sering kali menjadi tantangan bagi usaha kecil dan menengah. Meski demikian, bukan berarti usaha-usaha kecil tidak dapat mencapai kesuksesan bisnis.
Dengan langkah-langkah yang tepat, bisnis kecil pun dapat terus maju. Berikut ini, beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar bisnis kecil milikmu berumur panjang.
Bangun persona brand
Berbeda dengan bisnis besar, kamu mungkin tidak punya cukup sumber daya untuk memiliki brand ambassador. Namun, tenang saja, dirimu sebagai pemilik usaha dapat menjadikan ‘wajah’ bra
Mungkin kamu berpikir, bagaimana caranya bersaing dengan figur karismatik dan terkenal seperti para brand ambassador itu? Meski terdengar sangat klasik, jawabannya adalah menjadi diri sendiri. Percayalah, konsumen menginginkan autentisitas.
Konsumen suka terhubung dengan figur yang nyata. Kebaikan hati, nilai yang diusung, serta visi untuk bisnis merupakan hal yang membedakan kamu dari pemilik usaha kecil dan menengah lainnya.
Hindari kesalahan yang umum dilakukan
Bila kamu ingin meningkatkan peluang bagi kesuksesan bisnis, hindari kesalahan-kesalahan yang lazim dilakukan para pemilik bisnis kecil. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah adanya biaya yang tidak terhitung. Sebagai contoh, kamu pasti menghitung perencanaan biaya untuk gaji karyawan, bagaimana dengan gajimu sendiri? Hal ini sering terlewatkan. Bahkan, ada beberapa pemilik yang mencampur keuangan bisnis dengan keuangan pribadi.
Kesalahan lainnya terkait permintaan pasar. Pemilik usaha kecil dan menengah cenderung memiliki estimasi berlebihan atas produk atau jasanya. Misal, kamu mungkin masih mengoleksi DVD di rumah. Namun, hal tersebut bukan berarti bahwa membuka bisnis penyewaan DVD hari ini merupakan ide bagus.
Di kasus lain, para pemilik usaha kecil juga cenderung suka memasuki pasar yang kompetitif. Pasar yang kompetitif memang menjamin adanya permintaan pasar, tetapi juga berarti persaingan berat, bahkan mungkin pasar tersebut sudah jenuh. Contohnya, pertimbangkan kembali jika kamu berniat membuka kedai kopi di tengah semaraknya bisnis tersebut hari ini.
Terhubung dengan masyarakat lokal
Konsumen senang mendukung bisnis lokal. Secara tidak langsung, membantu bisnis lokal berarti mengangkat ekonomi daerah setempat. Bentuk dukungan ini akan makin solid bila konsumen mengetahui orang di balik bisnis tersebut. Boleh dibilang, hal ini merupakan bentuk costumer service yang paling efektif.
Apa maknanya? Sebagai pemilik usaha kecil dan menengah, kamu perlu mencari peluang untuk terhubung dengan masyarakat. Caranya dapat melalui sumbangan, bergabung menjadi relawan untuk membantu masyarakat sekitar, atau seluruh staf benar-benar berasal dari daerah lokal.
Utamakan karyawan
Apa yang selalu dikatakan oleh para ahli ekonomi? Karyawan merupakan aset bagi bisnis. Staf yang terlibat di dalam bisnismu sangat penting sebab keterampilan mereka yang membuat mesin berjalan atau konsumen merasa puas.
Dengan mengutamakan kesejahteraan karyawaan, kamu dapat mencapai kesuksesan bisnis yang diharapkan. Karyawan yang sejahtera akan merasa memiliki bisnis dan berkomitmen untuk memajukannya.
Bukan konsumen, melainkan miliki pelanggan
Sudah bukan rahasia lagi, pelanggan merupakan nyawa bagi bisnis. Jadi, berusahalah untuk memiliki pelanggan yang loyal. Kamu bisa membuat berbagai program untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
Di samping itu, buatlah bisnis yang membuat konsumen ingin selalu mendukungmu. Kamu dapat belajar dari brand besar yang telah berhasil melakukannya seperti Apple atau The Body Shop.