Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    5 Rekomendasi Buku bagi Kamu yang Ingin Memulai Usaha

    Memulai usaha adalah sesuatu yang tak diragukan lagi tingkat tantangannya. Selain modal finansial, ada satu hal lain yang sangat penting untuk kamu miliki, yaitu modal berupa ilmu. Beberapa pengusaha mengawali jalannya dengan belajar di sekolah-sekolah bisnis. Tapi, tahukah kamu bahwa banyak sekali CEO dan pebisnis sukses yang sebenarnya malah tidak pernah mengenyam pendidikan bisnis di kampus? Meski begitu, tak jarang mereka justru menjadi sosok yang paling memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bisnis dan industri yang digelutinya.

    Jika kamu saat ini sedang berencana membangun bisnismu sendiri, salah satu pendekatan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ilmu bisnis dan pengembangan diri adalah dengan membaca kisah dan referensi dari mereka yang telah terjun di dunia bisnis sebelumnya.

    Tidak ada yang namanya buku “Panduan” atau “Petunjuk” yang bisa merangkum semua informasi yang kamu perlukan untuk memulai bisnis yang maju. Tapi, beberapa buku akan membantumu mengumpulkan sedikit demi sedikit keping pengetahuan dan inspirasi sebelum terjun ke bisnis yang akan kamu geluti. Berikut adalah 5 rekomendasi buku yang cocok dibaca oleh calon pengusaha seperti kamu.

    1. The E-Myth Revisited: Why Most Small Businesses Don’t Work and What to Do About It

    Buku karya Michael Gerber ini adalah pembaruan dari buku pertama yang diterbitkan tahun 1986, “The E-Myth”. “E-Myth” adalah singkatan dari “entrepreneurial myth” atau “mitos kewirausahaan,” yang pada intinya menekankan bahwa yang kamu perlukan untuk sukses adalah keahlian dan kerja keras.

    Di buku ini Gerber menjelaskan tentang tiga peran yang harus dimiliki oleh pemilik bisnis jika ingin usahanya maju: orang teknis, manajer, dan pengusaha. Menurut Gerber, alasan banyak usaha kecil mengalami kegagalan adalah karena orang yang memulainya adalah orang yang lebih memahami hal-hal teknis, dan membangun bisnis yang pada dasarnya hanya menjadi tempat mereka bekerja. Padahal seharusnya mereka membangun bisnis yang secara teori, bisa terus berjalan tanpa kehadiran mereka sekalipun.

    The E-Myth Revisited adalah buku yang perlu kamu baca untuk memahami kesalahan-kesalahan umum seputar bisnis, dan menawarkan solusi-solusi praktis agar kamu bisa menghindarinya.

    2. Deep Work: Rules for Focused Success in a Distracted World

    Deep Work adalah buku dengan topik tentang produktivitas yang ditulis oleh Cal Newport. Dalam buku ini, Newport memaparkan keuntungan yang akan kamu rasakan saat kamu mencapai keadaan yang disebutnya sebagai “Deep Work” dan aturan-aturan yang bisa kamu ikuti untuk mencapainya.

    Deep Work: Rules for Focused Success in a Distracted World akan menjabarkan cara mengerjakan lebih banyak hal dan cara mengerjakannya secara lebih efisien. Buku ini memberimu contoh cara beberapa figur terkenal mencapai kesuksesan mereka.

    Menurut Newport, Deep Work adalah kondisi di mana seseorang bisa memfokuskan seluruh konsentrasinya untuk mengerjakan satu hal saja. Metode kerja seperti ini adalah cara paling produktif untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Kebalikannya adalah “shallow work” di mana seseorang mengerjakan sesuatu yang tidak memerlukan konsentrasi penuh.

    Newport menawarkan teknik-teknik yang sudah dicoba dan terbukti berhasil dalam menghindari distraksi yang hadir saat kamu menjalankan bisnis, sehingga kamu bisa fokus untuk menyelesaikan hal-hal yang lebih menantang yang akan membantu mencapai kesuksesan bisnismu. Teknik yang ditawarkan dalam buku ini terstruktur dengan rapi dalam empat aturan besar dan disusun dalam sebuah program latihan khusus.

    3. Influence: The Psychology of Persuasion

     

    Influence karya Dr. Robert Cialdini ini adalah salah satu buku klasik yang membahas secara mendalam topik mengenai hal-hal yang menggerakkan orang dan bisa mengubah pemikiran serta tindakan mereka. Keenam prinsip umum mengenai persuasi yang dijabarkan dalam buku ini memberi gambaran kepada pembaca tentang cara memengaruhi kebiasaan konsumen.

     

    Pada dasarnya, buku ini bisa diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, tapi untuk calon pengusaha sepertimu, materi dalam buku ini bisa menjadi pegangan yang bagus dalam memajukan usahamu dan menarik lebih banyak pelanggan.

     

    Bicara tentang penjualan, kita akan bicara tentang persuasi, tentang meyakinkan pelanggan bahwa mereka tidak sekadar menginginkan produk yang kamu tawarkan, tapi juga membutuhkannya. Dr. Robert Cialdini tidak secara langsung memberikan kiat dan trik untuk meningkatkan penjualanmu. Tapi buku ini membahas tentang cara memahami hal-hal yang akan membuat seseorang memilih untuk berkata iya, bukan tidak, serta cara memanfaatkan hal tersebut untuk kemajuan bisnismu.

     

    Beliau juga memberikan saran-saran penting agar kamu tidak termanipulasi dalam bisnis karena hal ini bisa menjadi sesuatu yang krusial dalam membuat keputusan bisnis. Seluruh pengetahuan yang ada di buku ini berdasarkan penelitian Dr. Robert Cialdini selama 35 tahun.

     

    4. The 4-Hour Workweek: Escape 9-5, Live Anywhere, and Join the New Rich

    Bagaimana caramu akan menjalankan bisnis tanpa bekerja terlalu keras melebihi kemampuanmu? Bagaimana caramu menyesuaikan bisnis dengan gaya hidupmu? The 4-Hour Workweek punya jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

     

    Sebagai penulis dan pengusaha, Timothy Ferriss menjelaskan kesulitan dan pencapaian pribadinya dalam menyelaraskan bisnis yang ia miliki. Buku ini bisa menjadi panduan yang berguna untuk meningkatkan produktivitas, memajukan bisnis, dan fokus pada hal-hal yang berarti dalam hidup.

     

    The 4-Hour Workweek adalah buku bisa menjadi panduan gaya hidup, sekaligus buku bisnis. Timothy Ferriss akan menunjukkanmu cara mencapai mimpi dan tidak terjebak pada pekerjaan yang mungkin kamu benci.

     

    Meskipun buku ini sudah dirilis cukup lama, yaitu tahun 2007, tapi The 4-Hour Workweek masih kaya akan informasi yang relevan hingga saat ini. Satu-satunya hal yang perlu kamu perhatikan saat membaca buku ini adalah kemungkinan bahwa layanan atau aplikasi yang disebutkan oleh Timothy di buku ini sudah kedaluwarsa.

     

    5. Built to Last: Successful Habits of Visionary Companies

    Built to Last: Successful Habits of Visionary Companies menjawab pertanyaan besar: Mengapa dan apa hal berbeda yang dilakukan berbagai perusahaan ini sehingga mereka bisa sangat sukses? Jim Collins dan Jerry I. Porras tidak hanya memberikan jawaban yang gamblang dan jelas. Mereka menjabarkan secara detail pertumbuhan perusahaan-perusahaan ini sejak awal memulai bisnis sampai sekarang.


    Jim dan Jerry merangkum penemuan selama enam tahun yang dilakukan oleh Stanford University Graduate School of Business dalam buku ini. Kamu akan menemukan berbagai inspirasi dari 18 perusahaan yang sudah mendunia yang dibahas dalah buku ini dan belajar banyak hal dari kisah sukses mereka.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    4 Alasan Membagikan Data KTP Penting untuk Keamanan Akun majoo Kamu
    Majoo berkomitmen memberi pelayanan terbaik dan jaminan keamanan kepada setiap pengguna, dan memastikan kamu bisa mengelola bisnis dengan aman dan nyaman.
    5 Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia
    Indonesia berada di urutan nomor 4 negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Di daerah mana saja hadir biji kopi terbaik dari Indonesia?
    Toko Furniture Lokal, Jawaban Kebutuhan Interior Bisnis
    Kebutuhan interior untuk kantor, kafe, atau ruang bisnis lainnya kini sudah bisa dipenuhi dengan produk dari toko furniture lokal.
    Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z
    Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.