5 Tren Kuliner yang Diprediksi Akan Booming di Tahun 2020

Tak ubahnya tren-tren lain di dunia ini, tren kuliner pun juga berubah-ubah mengikuti minat pasar. Jika sebelumnya minuman-minuman kekinian seperti bobba, susu segar, atau kopi susu dengan tambahan gula aren merajai hati banyak orang, sepanjang 2020 ini tren-tren tersebut akan digantikan oleh ragam kuliner lain. Bukan berarti bisnis kopi susu gula aren sudah tidak lagi menjamur seperti sekarang, tetapi bisa jadi di tahun 2020 ini akan ada lebih banyak kedai atau gerai yang menjajakan jenis makanan lainnya. Setidaknya, sejumlah kuliner berikut ini diprediksi akan merebut hati para pencinta kuliner di tahun 2020 ini.

1. Kuliner Sehat Ramah Lingkungan

Sebagai respons terhadap isu lingkungan dan juga perubahan iklim yang sudah sangat santer dikampanyekan, model kuliner sehat yang ramah terhadap lingkungan akan semakin banyak diminati. Tidak hanya dari jenis makanannya saja, model pengemasannya pun didesain agar tidak menjadi beban bagi bumi, mulai dari penggunaan sedotan kertas maupun pengurangan konsumsi alat-alat makan plastik sekali pakai, hingga mengganti kotak kemasannya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah diuraikan sehingga tidak berakhir sebagai sampai plastik yang dituduh menjadi penyebab berkurangnya populasi penyu di lautan. Beberapa jenama kuliner besar bahkan sudah mulai mencoba mengkampanyekan model kuliner yang ramah lingkungan dengan memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang datang ke gerai mereka dengan membawa wadah minuman sendiri.

Tingginya kesadaran masyarakat akan bahaya penggunaan kemasan serta alat makan plastik sekali pakai diprediksi akan memunculkan banyak sekali pelaku usaha yang memperkenalkan model kuliner ramah lingkungan sepanjang 2020 ini. Jadi, jangan kaget jika nanti kamu menemukan makin banyak gerai makanan besar yang sudah tidak lagi menyediakan sedotan plastik, ya!

2. Daging Olahan Nabati

Masih berhubungan dengan isu lingkungan, di tahun 2020 ini gerai-gerai yang menyajikan produk daging dari olahan nabati akan bermunculan semakin banyak. Sumbangsih konsumsi produk olahan daging bagi kerusakan lingkungan yang banyak didengungkan organisasi pencinta binatang dan juga vegetarian memang masih menjadi perdebatan. Namun, ini tidak menghentikan berbagai peneliti dan pelaku usaha kuliner untuk terus mengembangkan produk daging yang diolah dari bahan-bahan nabati. Jika beberapa tahun lalu kamu sempat mendengar ada steak yang dibuat dari kacang kedelai serta jamur, di tahun ini ragam kuliner serupa akan semakin mudah ditemukan. Bukan tidak mungkin jika nantinya kamu dapat menikmati daging burger yang sepenuhnya terbuat dari kacang kedelai, tetapi dengan cita rasa yang persis sama seperti daging-daging burger pada umumnya. Hmm, menarik sekali, nih!

3. Susu Olahan Nabati

Susu dari kacang kedelai mungkin sudah sering kamu temukan di mana saja. Biasanya, susu kedelai ini juga dipadukan dengan sirup atau pemanis buatan lainnya yang membuatnya terasa semakin lezat. Nah, di tahun 2020 ini susu sejenis diprediksi akan kembali digemari, hanya saja dengan varian yang lebih beragam. Sebenarnya, sejak beberapa tahun lalu susu yang terbuat dari kacang almond sudah mulai dipasarkan, meski mungkin masih secara terbatas. Dengan tingginya kesadaran akan pentingnya memiliki pola makan yang sehat, susu yang terbuat dari berbagai macam kacang-kacangan diperkirakan akan mulai menghiasi dunia kuliner secara masif sebagai alternatif minuman yang lebih sehat. Terlebih lagi, karena tidak menjadi susu sapi sebagai bahan dasarnya, seperti kebanyakan produk susu yang banyak dipasarkan saat ini, susu dari kacang juga aman dikonsumsi oleh mereka yang sistem pencernaan sensitif terhadap laktosa atau mereka yang memiliki alergi dengan susu sapi.

4. Kreasi Fusion Sepanjang 2020

Kreasi fusion yang menggabungkan dua atau lebih jenis makanan mungkin bukanlah sesuatu yang benar-benar baru. Saat ini pun kita juga masih dapat menemukan masakan nusantara yang dikemas dengan gaya Eropa atau bahkan sebaliknya. Namun, di tahun 2020 ini kreasi-kreasi serupa diprediksi akan semakin menjamur dan jadi lebih mudah ditemukan di mana saja. Banyaknya kuliner yang saat ini kita miliki memberikan kombinasi yang nyaris tak terbatas untuk kreasi fusion. Kreativitas para pelaku usaha yang juga tak mengenal batas dapat kita andalkan untuk menghadirkan kreasi-kreasi baru yang tidak hanya lezat, tetapi juga disajikan dengan cara yang mungkin tak pernah kita bayangkan sebelumnya. Menggabungkan ayam geprek dengan bahan lain yang tak terduga, misalnya saja, bisa menjadi kreasi baru yang dapat booming dan banyak disukai. Kreasi-kreasi ini akan memberikan cita rasa baru yang unik pada kuliner yang kita kenal saat ini.

5. Pancake

Sepanjang 2020 ini, kita akan banyak menjumpai pancake dan segala macam variasinya, bukan hanya sekadar adonan kue tipis yang ditumpuk hingga beberapa lapis dan dilumuri dengan beragam saus seperti sirup dan madu. Sebenarnya, sejak beberapa tahun lalu sudah mulai banyak gerai makanan yang menjual kreasi pancake. Umumnya, gerai-gerai ini menjajakan pancake dengan gaya Jepang yang lembut dan fluffy—misalnya saja seperti keik keju yang memantul dan bergoyang-goyang lucu saat dipukul dengan sendok, hingga tak aneh jika di tahun ini variasi pancake serupa akan menjadi tren kuliner yang banyak diminati. Di samping itu, pada dasarnya pancake merupakan konsep makanan yang mudah sekali dikreasikan, sehingga memudahkan para pelaku usaha untuk bereksperimen menghadirkan pancake yang unik dan dapat menarik perhatian para pelanggan.

Beberapa prediksi di atas tentu saja hanya merupakan prediksi yang didapatkan dengan menganalisis situasi pasar kuliner selama beberapa tahun belakangan. Bisa jadi prediksi-prediksi tersebut menjadi nyata dan kita akan dikelilingi oleh berbagai gerai yang menyajikan makanan sehat nan ramah akan lingkungan, bisa jadi justru jenis makanan lain yang akan menjadi tren di 2020. Namun, itulah menariknya memperhatikan tren yang akan booming dan menemukan peluang variasi bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan, bukan?

Related Article

Perubahan Perilaku Konsumen Menuntut Bisnis Beradaptasi

Merebaknya wabah COVID-19 telah mengubah perilaku konsumen. Kini, berbelanja secara online menjadi preferensi. Setiap bisnis perlu merespons hal ini, salah satunya dengan memanfaatkan WhatsApp sebagai sarana penjualan.

Penerapan New Normal pada Bisnis Kuliner di Berbagai Negara

Bisnis kuliner di berbagai negara di dunia seperti Cina, Italia, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, dan Thailand saat ini telah mulai kembali bergerak dengan penerapan new normal.

5 Peluang Bisnis Menarik Jelang Lebaran

Menjelang lebaran, banyak orang berpikiran untuk memulai bisnis yang bisa menambah penghasilan. Apalagi, daya beli masyarakat menjelang hari raya biasanya meningkat, sejalan juga dengan berbagai kebutuhan yang khusus muncul di musim lebaran.

Usaha Katering Makanan Sehat, Tren Bisnis Pilihan di Bulan Puasa

Usaha katering makanan sehat bisa menjadi alternatif bisnis yang menarik untuk dikerjakan, terutama pada masa-masa pandemi COVID-19 menjelang bulan puasa seperti ini. Apa saja, sih, keunggulan bisnis yang yang satu ini?

Pakai majoo sekarang

Tinggalkan cara lama dan mulai #langkahmajoo mu

Coba Gratis Hubungi Sales
instagram Klik untuk follow majoo.indonesia Banyak inspirasi harian wirausaha dan games seru ×
Whatsapp