5 Peluang Bisnis Menarik Jelang Lebaran

Ramadhan hanya tinggal dua minggu lagi, yang kemudian akan disusul dengan lebaran. Menjelang lebaran, banyak orang berpikiran untuk memulai bisnis yang bisa menambah penghasilan. Apalagi, daya beli masyarakat menjelang hari raya biasanya meningkat, sejalan juga dengan berbagai kebutuhan yang khusus muncul di musim lebaran.

 

Tapi tentu saja bukan hanya kamu yang berpikiran untuk menjalankan bisnis musiman menjelang lebaran seperti ini. Oleh karena itu, mulai memasarkan bisnismu sejak awal-awal Ramadhan adalah salah satu strategi yang bisa kamu terapkan sehingga kamu bisa menggaet pelanggan lebih awal pula. Di antara banyaknya ide yang mungkin banyak dipikirkan orang, berikut adalah beberapa yang paling menarik dan memiliki prospek bagus di musim lebaran kali ini.

 

Kue Kering

Jika orang ditanya apa yang hampir tidak pernah absen dibeli saat menjelang lebaran, salah satu jawaban yang sering muncul adalah kue kering. Ya! Nastar, kastengel, putri salju, dan kue-kue kering lainnya adalah peluang bisnis yang paling banyak diminati oleh pebisnis kuliner karena tingginya permintaan dari pelanggan menjelang lebaran.

 

Kalau kamu punya keahlian membuat kue, tak ada salahnya kamu memanfaatkan keahlianmu untuk menambah penghasilan. Berikan nilai jual yang unik pada produkmu sehingga tetap bisa memenangkan hati konsumen di tengah ramainya pasar kue kering menjelang lebaran. Mulai dari menggunakan bahan kualitas terbaik sehingga rasanya terjamin enak, hingga kemasan yang unik dan menarik.

 

Busana Muslim

Membeli baju baru di hari raya memang bukan hal yang wajib. Tetapi ini juga adalah salah satu tradisi yang masih banyak dilakukan orang. Terutama mereka yang punya anak kecil.

 

Ini yang menjadikan jual beli busana muslim dari tahun ke tahun masih menjadi bisnis yang menguntungkan, terutama sepanjang bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran.

 

Parsel

Ramadan dan lebaran adalah masa-masa di mana masyarakat memiliki semangat berbagi yang lebih tinggi daripada hari-hari biasanya. Memberikan parsel ke orang lain, misalnya kerabat, kolega, hingga mitra bisnis adalah salah satu bentuknya. Menjelang lebaran, bisnis parsel adalah salah satu yang mengalami lonjakan permintaan. Baik itu dari pelanggan pribadi, hingga instansi seperti perusahaan atau lembaga lain.

 

Jika kamu ingin terjun ke bisnis ini, berikan tawaran berbagai variasi isi parsel untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya, parsel kue kering, parsel sembako, parsel buah, dan lain sebagainya.

 

Makanan Siap Santap

Saat lebaran, salah satu yang wajib ada selain kue kering di rumah-rumah adalah makanan khas seperti ketupat, opor ayam, atau rendang. Pada umumnya, tiap keluarga punya resep masing-masing dan menjadikan memasak makanan ini sebagai rutinitas lebaran.

 

Tapi tentu saja tidak semua rumah dan keluarga seperti itu. Ini adalah peluang bisnis yang menarik, terutama jika kamu jago memasak. Terapkan sistem pre-order untuk menjalankan bisnis ini sehingga tidak akan ada makanan yang basi dan sia-sia karena tidak ada yang membeli. 

 

Kuota Internet

Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, diprediksi masih akan berlangsung sampai beberapa bulan. Di masa pembatasan sosial yang sekarang sedang digalakkan oleh pemerintah, masyarakat diimbau untuk tidak mudik atau pulang ke kampung halaman. Padahal, mudik dan lebaran selama ini adalah tradisi yang tak terpisahkan.

 

Jika masyarakat mematuhi imbauan ini, sudah dapat dipastikan bahwa mereka yang tidak mudik, akan menggunakan teknologi untuk menggantikan tradisi sungkeman dan maaf-maafan saat lebaran, dengan menelepon dan juga video call.

 

Untuk memenuhi kebutuhan ini, berbisnis kuota internet bisa menjadi prospek yang sangat menarik untuk dijalankan. Bisnis kuota internet tidaklah susah, modalnya tidak perlu terlalu besar, dan hampir pasti mendatangkan keuntungan.

 

Nah, di antara peluang-peluang bisnis di atas, manakah yang ingin kamu coba menjelang lebaran tahun ini?

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Bulan Ramadhan Tiba, Inilah Tren Hampers di Era New Normal

Bulan Ramadhan identik sebagai bulan berbagi. Kegiatan berbagi ini tidak surut walaupun berada di tengah pandemi. Salah satunya dengan memberikan hampers.

Penerapan New Normal pada Bisnis Kuliner di Berbagai Negara

Bisnis kuliner di berbagai negara di dunia seperti Cina, Italia, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, dan Thailand saat ini telah mulai kembali bergerak dengan penerapan new normal.

5 Bisnis Mudah Berkembang dengan Aplikasi Point of Sales

Pemanfaatan aplikasi point of sales dapat sangat membantu pelaku usaha; khususnya mereka yang bergerak di 5 jenis bisnis berikut!

Promo COVID-19, Cara Menekan Dampak Pandemi pada Bisnis

Promo COVID-19 merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha untuk bertahan dari dampak yang diakibatkan oleh penyebaran COVID-10 yang telah menjadi pandemi. Mereka kita bahas metode apa saja yang bisa dilakukan untuk mendukung tren bisn
Whatsapp