7 Promo Akhir Tahun Untuk Meningkatkan Penjualan


Bulan Desember sudah tiba, bagaimana perjalanan bisnismu sepanjang tahun ini? Jika target belum tercapai, ini adalah saat-saat yang tepat untuk menggenjotnya, salah satunya dengan memberikan berbagai promo bagi pelanggan. Dan bahkan jika bisnismu sudah berjalan baik selama tahun ini sekali pun, tak ada ruginya menutup tahun dengan promosi kreatif yang akan meningkatkan penjualan bisnismu, bukan?


Penghujung tahun di Indonesia biasanya diwarnai dengan keramaian perayaan Natal, musim libur sekolah pelajar dan juga karyawan, karena beberapa perusahaan juga memberikan jadwal cuti bersama yang panjang bagi pekerjanya. Kegiatan rutin tahunan ini bisa kamu manfaatkan untuk mendongkrak penjualan yang lebih baik.


Sebagian besar pelanggan setuju bahwa akhir tahun adalah waktunya untuk diskon dan promosi. Tetapi, kamu perlu memperhatikan bahwa promosi tidak hanya harus menarik dan memberikan nilai lebih bagi pelanggan, tetapi juga dapat memberikan keuntungan untuk bisnismu dan mengejar kekurangan target tahun ini yang perlu dipenuhi.


Berikut adalah beberapa promo yang bisa kamu coba di penghujung tahun ini.

Promo dengan waktu terbatas

Musim liburan akhir tahun adalah periode terbatas yang pada umumnya akan berakhir pada tahun baru. Pelanggan memiliki keterbatasan waktu untuk melakukan sesuatu agar tidak kehilangan momentum. Misalnya, mereka yang perlu membeli kado Natal, harus membelinya sebelum Natal tiba. 


Tawarkan promo terbatas dalam waktu-waktu tertentu, misalnya harga khusus selama happy hour atau midnight sale. Saat pembeli tahu bahwa mereka hanya memiliki waktu beberapa minggu, hari, atau bahkan menit sebelum masa promo berakhir untuk membeli sesuatu, mereka pada umumnya akan mengambil keputusan lebih cepat dalam melakukan pembelian.

Giveaway akhir tahun!

Semua orang pasti suka gratisan! Dan penghujung tahun adalah saat yang tepat untuk memberikan hadiah sebagai bentuk ucapan terima kasih atas dukungan pelanggan selama ini kepada bisnismu.


Tidak harus sesuatu yang luar biasa, kamu bisa saja membuat giveaway sederhana di akun media sosial usahamu. Dengan memberikan giveaway, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan brand awareness terhadap produk atau layananmu. Pastikan hadiah yang kamu berikan relevan dengan bisnismu, ya.


Jangan lupa juga, sebutkan aturan mainnya dengan mudah dan jelas, serta gunakan bahasa yang mudah dimengerti. Ini akan menarik lebih banyak orang untuk berpartisipasi.

Diskon rombongan 

Libur yang berdekatan dengan Natal sering kali menjadi ajang kumpul-kumpul bersama keluarga atau beraktivitas bersama teman-teman terdekat. Manfaatkan momen ini dengan memberikan penawaran diskon jika pelanggan datang bersama rombongan.


Dengan cara ini, bisnismu tak hanya akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena lebih banyak pelanggan yang datang, tetapi sekaligus bisa menjangkau calon pelanggan yang belum pernah mencoba produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Edisi khusus Natal

Untuk meningkatkan keuntungan di masa libur Natal, buatlah produk dalam kemasan bertema Natal. Ini akan memberikan kesan tematik yang lebih meriah untuk bisnismu, sehingga memberikan keceriaan juga bagi pelanggan.


Jika bisnismu adalah kedai kopi, kafe, atau restoran, kamu bisa mencoba menghadirkan menu makanan atau minuman yang ditawarkan terbatas hanya saat periode liburan Natal.


Kamu juga bisa memproduksi merchandise dengan logo brand atau barang yang dapat dikoleksi seperti tumbler minum, kaus, atau tote bag. Selipkan kartu ucapan yang menyentuh untuk membuat pelanggan merasakan kedekatan dengan brand kamu.

Gelar acara malam tahun baru

Hadirkan keseruan di malam tahun baru dengan menggelar acara di restoran atau kedai kopimu. Siapkan kostum bertema tertentu untuk dipakai oleh stafmu, berikan snack gratis atau free flow minuman untuk pengunjung, dan undang band akustik untuk meramaikan acara.


Kamu juga bisa mengajak pelanggan untuk ikut bergabung dalam pesta kostum dan memberikan hadiah khusus untuk pelanggan dengan kostum terbaik.

Kolaborasi dengan bisnis lain

Jika mencuri perhatian di pasar yang begitu besar dan ramai mungkin berat dilakukan sendiri oleh sebuah bisnis kecil atau menengah, kenapa tidak mencoba membuat menggandeng bisnis lain yang berlokasi di sekitar tempat usahamu untuk membuat promosi bersama?


Bekerja sama dengan bisnis lain adalah salah satu cara untuk memperluas target pasar dan memberikan pelangganmu kesempatan untuk mencoba produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis lainnya. Tentu saja, hal ini berlaku kebalikannya. Pelanggan bisnis yang kamu ajak kerja sama, juga akan mendapat kesempatan untuk mencoba produk atau layanan yang kamu jual. Dengan cara ini, kedua bisnis dapat berkolaborasi membuat promosi yang unik dengan mengeksplorasi berbagai sudut pandang.


Misalnya, jika kamu adalah pemilik barbershop yang berlokasi di dekat sebuah kedai kopi, kamu bisa menggandeng kedai tersebut untuk menawarkan promosi “potong rambut, gratis secangkir kopi” bagi pelangganmu.

Kupon yang bisa digunakan setelah tahun baru

Banyak bisnis yang mengalami penurunan penjualan setelah musim liburan penghujung tahun berakhir. Salah satu cara agar bisnismu terhindar dari hal ini adalah dengan memberikan alasan pelanggan untuk kembali, yaitu dengan membagikan kupon diskon yang bisa mereka gunakan di awal tahun depan. 


Yakinkan pelanggan bahwa mereka adalah pelanggan terbaikmu sehingga mereka layak mendapat keistimewaan ini. Tips tambahan: berikan syarat bahwa kupon ini tidak bisa dikombinasikan dengan program promosi yang lain. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

5 Strategi Pemasaran Paling Jitu bagi Bisnis UMKM

Membuat strategi pemasaran bagi bisnis UMKM memang tidak mudah. Tidak perlu khawatir, kami punya 5 strategi jitu untuk bisnismu.

Ide Promosi yang Mudah untuk Dijalankan oleh Bisnis Kecil

Promosi penjualan melibatkan strategi dan pemahaman psikologi. Tidak semua tipe promo cocok untuk setiap usaha, bisnis kecil perlu lebih selektif. Beberapa ide promosi ini sangat mudah diterapkan dan cocok untuk bisnis kecil.

Panduan Memilih Barcode Scanner Untuk Bisnis Ritel

Barcode scanner adalah alat yang tidak bisa dipisahkan dari proses bisnis ritel modern. Sebelum membeli, simak panduan lengkap pemilihannya dalam artikel ini.

Manajemen Gudang Yang Efektif Dalam 8 Langkah Mudah

Gudang yang terorganisir dengan baik akan sangat menguntungkan bisnis. Pelajari langkah mudah manajemen gudang yang efektif di sini.
Whatsapp