Angka Penjualan Meningkat di Bulan Ramadan ala WD Fashion

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail



Bulan Ramadan adalah momen yang paling dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bulan suci yang penuh berkah, Ramadan juga merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan angka penjualan bisnis, terutama dalam industri fashion

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan untuk tampil berbeda selama Ramadan, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis fashion untuk menggenjot angka penjualan dan meraih keuntungan. 


Dengan menghadirkan koleksi-koleksi busana yang khas Ramadan, tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan konsumen, namun juga memberikan nilai tambah yang mampu menarik perhatian pasar. 

Apakah Bisnis Fashion Dapat Meningkatkan Angka Penjualan dengan Mudah?

Bisnis fashion bisa mengalami peningkatan angka penjualan selama bulan Ramadan, tetapi keberhasilannya tergantung pada beberapa faktor. Berikut beberapa alasan bisnis fashion dapat meningkatkan angka penjualan di bulan Ramadan:

Adanya Perubahan Kebutuhan Konsumen

Selama bulan Ramadan, konsumen umumnya mencari pakaian yang lebih sopan dan tertutup untuk menyesuaikan dengan suasana religius. Mereka juga mencari pakaian baru untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Jika bisnis fashion kamu menawarkan pilihan yang sesuai, kamu mungkin melihat peningkatan penjualan.

Penawaran Khusus dan Promosi

Banyak bisnis menawarkan diskon dan promosi khusus selama bulan Ramadan untuk menarik konsumen. Jika kamu juga menawarkan penawaran menarik, kamu dapat meningkatkan angka penjualan dengan mudah.

Strategi Pemasaran yang Efektif

Diperlukan adanya strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan angka penjualan di bulan Ramadan. Pastikan kamu menggunakan saluran pemasaran yang tepat dan mengomunikasikan penawaran kamu kepada konsumen yang tepat.


Secara keseluruhan, bisnis fashion memiliki potensi untuk meningkatkan angka penjualan selama bulan Ramadan, tetapi keberhasilannya tergantung pada seberapa baik kamu memahami kebutuhan konsumen, menawarkan produk yang menarik, dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif.


Baca Juga: Ini Dia Cara Memulai Bisnis Fashion Raup Untung

Strategi WD Fashion untuk Meningkatkan Angka Penjualan 

Salah satu bisnis fashion yang membuktikan kesuksesannya adalah WD Fashion. Lebih tepatnya kesuksesan dalam meningkatkan angka penjualan di bulan Ramadan. 


Awalnya, WD Fashion merupakan bisnis online kecil-kecilan yang seluruh kegiatan operasionalnya masih dilakukan secara manual. Namun, setelah menetapkan berbagai strategi penjualan dan pemasaran, akhirnya bisa menjadi besar seperti saat ini. 


Di bulan Ramadan, ternyata ada beberapa strategi khusus yang mereka lakukan untuk meningkatkan angka penjualan produknya. Dengan begitu, keuntungan yang lebih besar juga bisa diraih dengan mudah. 


Pahami Kebutuhan Konsumen 

Biasanya, di awal, mereka akan melihat keinginan dan kebutuhan konsumen di pasar terlebih dulu. Karena memang total memfokuskan kegiatan bisnisnya secara online, strateginya pun cenderung ke promosi melalui berbagai platform media sosial dan marketplace


Contohnya, menggelar promo boom sales dan cidukan di sesi live Facebook. Tujuannya agar semakin banyak audiens yang tertarik dan bergabung untuk menonton live tersebut. Nothing to lose. Audiens tidak membeli juga tidak apa, asalkan mereka sudah mau bergabung dan akhirnya mengetahui produk apa yang ditawarkan oleh WD Fashion. 


Konsep ini murni merupakan strategi pemasaran. Jadi, intinya adalah mengenalkan produk dan brand WD Fashion kepada audiens sebagai calon konsumen atau pelanggan. 


Baca Juga: Cara Melakukan Analisa Pasar Untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Ambil Keuntungan Secukupnya

Salah satu hal yang juga menjadi konsep bisnis WD fashion adalah tidak terlalu banyak mengambil keuntungan. Mereka berprinsip, kalau pembeli merasa senang mereka sebagai penjual pun akan senang.


Hal yang perlu dipikirkan adalah cara agar konsumen merasa puas dengan produk yang dibeli, hingga akhirnya memutuskan untuk melakukan repeat order di WD Fashion. Itulah sebabnya, mereka merasa aman-aman saja menjual produknya dengan harga yang murah dan mengambil keuntungan sedikit. 

Memanfaatkan Aplikasi Keuangan 

Tadi sudah disebutkan bahwa dulunya kegiatan operasional WD Fashion dilakukan secara manual, termasuk dalam perhitungan akuntansi bisnisnya. Namun, sekarang mereka sudah memanfaatkan aplikasi keuangan. 


Awalnya, WD Fashion pernah mencoba aplikasi keuangan lain. Namun ternyata mengalami kesulitan dalam beberapa hal, hingga akhirnya memilih majoo sebagai aplikasi keuangan pengelola bisnisnya. 


Fitur yang mereka anggap paling membantu dalam operasional bisnis WD Fashion adalah fitur akuntansi. Dengan perhitungan yang dilakukan secara otomatis dan terkoneksi dengan beberapa fitur lainnya, angka penjualan jadi bisa terlihat lebih transparan dan jelas. 


Grafik laba atau rugi yang dialami pun bisa kelihatan dengan detail. Sehingga mereka bisa mengontrol langsung masalah keuangan bisnisnya. Selain itu, dengan menggunakan majoo, handle bisnis bisa dilakukan dari mana saja, tidak perlu harus datang ke store atau gudang barang. Semuanya bisa dilakukan secara online dengan praktis dan mudah. 


Baca Juga: Bisnis Lancar, Ibadah Puasa Lancar? Bisa!


Nah, WD Fashion sudah membuktikan bahwa dengan beberapa strategi tertentu, meningkatkan angka penjualan di bulan Ramadan bukanlah hal yang mustahil. Kamu tertarik mencoba? Jika iya, selain memastikan strategi bisnis yang akan kamu terapkan, jangan lupa juga bekali bisnis fashion-mu dengan aplikasi keuangan yang mumpuni seperti majoo, ya! Selamat berbisnis! 


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo