Supaya bisnis yang kamu jalani berjalan lancar dan dapat berkembang, penting untuk melakukan analisa pasar. Analisa pasar berguna supaya kamu dapat lebih mudah untuk menerapkan strategi pemasaran dalam bisnis guna meningkatkan keuntungan. Tanpa adanya analisis pasar, maka dapat dipastikan bisnis kamu tidak dapat berkembang dan maju, atau bahkan dapat mengalami kerugian dikarenakan tidak tahu mengenai keadaan pasar yang sebenarnya.
Apa Itu Analisis Pasar?
Analisis pasar adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk menilai keadaan pasar secara kualitatif dan kuantitatif. Penilaian dilakukan guna melihat perubahan-perubahan yang terjadi diakibatkan berbagai faktor yang kedepannya akan dapat mempengaruhi pasar.
Dengan melakukan analisis pasar yang tepat maka akan membantu kamu secara mudah untuk mendapatkan pengetahuan mengenai informasi pasar terkini sehingga kamu akan lebih mudah untuk membuat strategi pemasaran yang tepat untuk kedepannya. Selain itu, kamu juga dapat memahami apa kebutuhan pelanggan, sebelum kamu turun ke pasar untuk melakukan promosi dan menjual produk.
Cara Melakukan Analisis Pasar Untuk Meningkatkan Penjualan Produk
Melakukan analisis pasar sangat penting bagi bisnis atau perusahaan guna meningkatkan penjualan produk. Dengan mengetahui apa yang terjadi di pasaran, maka kamu dapat dengan mudah untuk menerapkan strategi terbaik guna meningkatkan keuntungan. Untuk melakukan analisis pasar, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan yaitu sebagai berikut:
Identifikasi tujuan
Cara melakukan analisis pasar yang pertama yaitu dengan mengidentifikasi tujuan dari analisis pasar. Hal ini dikarenakan tujuan selalu menjadi bagian terpenting saat memulai sesuatu agar dapat menentukan langkah berikutnya.
Kamu setidaknya harus dapat mengetahui tujuan dari menganalisa keadaan pasar sebagai kebutuhan internal dan eksternal. Kebutuhan internal bertujuan untuk meningkatkan arus kas pada bisnis, sementara kebutuhan eksternal memiliki tujuan untuk meyakinkan pemilik modal untuk dapat memberikan pinjaman modal.
Kedua hal ini sama-sama pentingnya dalam bisnis dan tergantung dari kebutuhan kamu. Pastikan kamu melakukan analisis pasar yang tepat agar dapat tercapai tujuan yang diinginkan.
Analisis industri
Langkah analisis pasar berikutnya yaitu melakukan analisis industri. Hal ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai ukuran industri, tren, tingkat pertumbuhan, serta seluk beluknya. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan analisis industri yaitu:
Ukuran pasar
Dalam melakukan analisis industri kamu dapat memulainya dengan melihat ukuran pasar yang menjadi target. Dengan membuat ukuran pasar ini, akan memudahkan kamu untuk dapat menetapkan tujuan yang sebenarnya serta membuat rencana bisnis yang tepat.
Pertumbuhan pasar
Setelah mengetahui pasar, kamu juga harus mengetahui tingkat pertumbuhan pasar saat melakukan analisis industri. Dengan begitu, kamu dapat mempunyai gambaran mengenai berapa lama pasar dapat bertahan serta bagaimana peluangnya untuk masa depan.
Cara untuk melakukan penilaian terhadap pertumbuhan pasar kamu dapat melakukanya dengan cara mengurangi ukuran pasar pada tahun pertama dari ukuran tahun kedua. Setelah itu, kamu dapat membagikan ukuran pasar untuk tahun pertama, lalu dikalikan dengan 100 supaya dapat mengubah bentuk persentase.
Tren industri
Dalam melakukan analisis pasar kamu juga harus mengetahui tentang tren industri. Hal ini bertujuan supaya kamu dapat mengetahui tren apa saja yang sedang diminati di pasaran. Dengan begitu, kamu akan mudah untuk menentukan produk apa yang akan dijual.
Kamu harus dapat menarik perhatian konsumen dengan cara melakukan promosi produk yang kamu jual sehingga dapat dikenali oleh calon konsumen dan membuat transaksi.
Tren pasar ini akan terus berubah dan mengikuti perkembangan zaman. Untuk itulah, kamu harus selalu melakukan analisa trend pasar ini supaya dapat terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.
Profitabilitas industri
Saat melakukan analisis industri, penting untuk mengetahui profitabilitas industri. Semakin tinggi tingkat profitabilitas pasar, maka akan semakin tinggi pula peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan. Kamu juga dapat memperimbangkan kekuatan supplier, kekuatan pembeli, hambatan masuk, dan lain-lain.
Analisis target konsumen
Saat melakukan analisis pasar, kamu juga harus menentukan siapa target konsumennya. Untuk memudahkan kamu, tentukan beberapa hal di bawah ini:
Demokratis
Terdiri dari jenis kelamin, usia, pendapatan, pendidikan, dan lain-lain.
Lokasi
Menentukan tempat tinggal dari target konsumen
Psikografis
Apa saja yang dianggap keinginan, kebutuhan, kesuksesan, dan yang tidak disukai oleh target konsumen. Intinya adalah bagaimana untuk mengetahui kepribadian dari target konsumen.
Perilaku
Reaksi apa saja yang dilakukan oleh target konsumen saat mendapatkan sesuatu tertentu, apakah konsumen langsung berbelanja atau dapat menahannya.
Analisis kompetitor
Dalam melakukan analisis pasar, salah satu hal yang terpenting adalah melakukan analisis terhadap kompetitor. Hal ini dilakukan guna membantu kamu untuk mengidentifikasikan peluang atau kesempatan dan ancaman dari kompetitor bisnis kamu. Dalam dunia bisnis ada 3 jenis kompetitor yaitu sebagai berikut:
Kompetitor langsung
Kompetitor yang mempunyai konsumen sama, memiliki masalah yang sama, serta memberikan solusi yang sama seperti bisnis kamu.
Kompetitor sekunder
Kompetitor yang mempunyai konsumen berbeda, tetapi mempunyai masalah yang sama serta dapat memberikan solusi yang sama layaknya bisnis kamu.
Kompetitor tidak langsung
Kompetitor yang mempunyai target konsumen sama dan mempunyai masalah yang sama, tetapi memberikan solusi yang berbeda dari bisnis kamu.
Baca Juga: Analisis Kompetitor: Tujuan, Manfaat, dan Contoh
Lakukan analisis SWOT
Melakukan analisis SWOT bertujuan untuk dapat menentukan kelemahan, kekuatan, peluang, serta ancaman untuk bisnis kamu. Dengan melakukan analisis SWOT ini kamu juga dapat melakukan analisis terhadap kompetitor, contohnya seperti mengidentifikasi apa yang dimiliki oleh bisnis kompetitor yang tidak kamu miliki pada bisnis kamu.
Perkirakan harga dan peluang
Setelah melakukan semua analisis pasar di atas, selanjutnya kamu dapat memperkirakan harga dan juga peluang pasar. Dalam hal ini pastikan kamu memberikan harga yang dapat memberikan keuntungan, tetapi harus tetap dapat membuat target konsumen tertarik.
Selain harga, kamu juga harus melihat bagaimana peluang dalam bisnis kamu, khususnya dengan harga yang akan kamu terapkan. Jangan sampai peluang bisnis kamu menjadi kecil dikarenakan kamu menetap harga yang kalah bersaing dengan harga kompetitor.
Untuk memudahkan kamu dalam melakukan analisa terhadap bisnis, gunakanlah aplikasi Analisa Bisnis Majoo. Ini adalah aplikasi pendukung bisnis terbaik bagi para wirausaha. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu akan mudah dalam melakukan analisa guna menerapkan strategi pasar yang tepat.
Aplikasi ini dilengkapi dengan laporan penjualan secara lengkap. Di sini kamu dapat memantau seluruh transaksi yang terjadi pada semua cabang bisnis secara real time hanya dengan menggunakan smartphone atau komputer saja.
Selain itu terdapat juga fitur laporan analisa bisnis, dimana kamu dapat mudah untuk melakukan analisis pada saat waktu penjualan teramai, analisis stok dan prediksi belanja modal, hingga analisa kepuasan pelanggan. Dengan demikian, kamu akan mudah untuk menerapkan strategi bisnis guna tercapainya tujuan.
Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Analisis Bisnis Majoo. Analisis strategi secara tepat dan bantu tingkatkan keuntungan.
Manfaat Analisis Pasar
Melakukan analisis pasar memiliki banyak manfaat bagi bisnis. Untuk itulah, para pelaku usaha harus melakukan nya dengan tepat supaya tujuan dari bisnis dapat tercapai. Ada beberapa manfaat dalam melakukan analisis pasar bagi bisnis yaitu sebagai berikut:
Mendapat target konsumen yang tepat
Manfaat dari melakukan analisis pasar bagi bisnis yang pertama tentu saja untuk mendapatkan target konsumen yang tepat. Kamu akan mudah untuk mendapatkan konsumen dari hasil analisis pasar yang dilakukan. Kamu dapat dengan mudah untuk mengenali target konsumen dengan baik, mulai dari kebiasaannya sehari-hari, keadaan konsumen, kebutuhan konsumen, dan lain-lain.
Mengenali kompetitor
Mengenali kompetitor dalam bisnis sangat penting supaya kamu dapat bersaing di pasaran. Untuk itu, melakukan analisis pasar akan membantu kamu untuk mengenai para kompetitor. Kamu akan mudah untuk mengenai apa saja karakteristik dari bisnis kompetitor kamu.
Jika tidak mengenali kompetitor dengan baik maka bisnis kamu akan susah untuk mengalami perkembangan. Hal ini akan berdampak pada usaha yang tidak maju-maju dan pada akhirnya akan gulung tikar.
Mudah untuk melihat peluang atau kesempatan
Melakukan analisis pasar juga akan membantu kamu untuk melihat peluang kedepannya. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah untuk mengetahui apa saja kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen, produk yang ada di pasar, dan hal lain sebagainya.
Meminimalisir kerugian dan kebangkrutan
Menganalisa pasar dapat menjadi salah satu cara untuk meminimalisir kerugian dan kebangkrutan pada bisnis. Kerugian yang berujung pada kebangkrutan dapat terjadi karena faktor kondisi pasar yang tidak stabil.
Melakukan analisis pasar dapat membantu kamu untuk mengetahui keadaan pasar yang sebenarnya, apa saja tren yang sedang terjadi, dan apa saja yang sedang dibutuhkan oleh banyak konsumen. Dengan demikian, kamu dapat dengan mudah untuk menyesuaikan penjualan produk dengan kebutuhan pasar.
Membuat perencanaan
Membuat perencanaan untuk bisnis kedepannya memang sangatlah penting. Kamu dapat melakukannya dengan menganalisis pasar sehingga dapat mengetahui kondisi atau keadaan pasar serta minat pasar terhadap produk tertentu.
Hal ini akan memudahkan kamu dalam menentukan langkah-langkah atau strategi yang akan diterapkan kedepannya supaya bisnis dapat berkembang serta dapat memperluas pasar dan memaksimalkan keuntungan.
Mendapatkan keuntungan lebih cepat
Melakukan analisis pasar dapat membantu kamu supaya mendapatkan keuntungan lebih cepat. Pada dasarnya semua bisnis pasti bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dengan melakukan analisis pasar kamu dapat menerapkan strategi promosi produk yang tepat sehingga akan mudah bagi bisnis kamu untuk mendapatkan keuntungan secara cepat.
Menjadi trendsetter
Manfaat melakukan analisis pasar juga akan menjadikan bisnis kamu sebagai trendsetter oleh bisnis-bisnis yang lainnya. Hal ini dikarenakan kemampuan bisnis kamu untuk dapat menguasai pasar sehingga menciptakan inovasi produk baru hasil dari melakukan analisis pasar.
Melakukan analisis pasar sangat penting untuk mengembangkan bisnis kamu. untuk itu, pastikan kamu melakukannya dengan tepat supaya bisnis yang kamu jalani dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, kamu juga harus pandai dalam mengelola keuangan bisnis dengan baik supaya bisnis kamu tetap mempunyai biaya untuk melakukan operasionalnya.
Sumber:
https://www.jurnal.id/id/blog/pentingnya-analisa-pasar-yang-tepat-untuk-kesuksesan-bisnis/
https://kledo.com/blog/analisis-pasar/
https://www.freepik.com