Cara Melakukan Analisa Pasar Untuk Meningkatkan Penjualan Produk

article thumbnail


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menganalisa pasar guna meningkatkan penjualan produk


Supaya bisnis yang kamu jalani berjalan lancar dan dapat berkembang, penting untuk melakukan analisa pasar. Analisa pasar berguna supaya kamu dapat lebih mudah untuk menerapkan strategi pemasaran dalam bisnis guna meningkatkan keuntungan. Tanpa adanya analisis pasar, maka dapat dipastikan bisnis kamu tidak dapat berkembang dan maju, atau bahkan dapat mengalami kerugian dikarenakan tidak tahu mengenai keadaan pasar yang sebenarnya.

Apa Itu Analisis Pasar?

Analisis pasar adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk menilai keadaan pasar secara kualitatif dan kuantitatif. Penilaian dilakukan guna melihat perubahan-perubahan yang terjadi diakibatkan berbagai faktor yang kedepannya akan dapat mempengaruhi pasar.


Dengan melakukan analisis pasar yang tepat maka akan membantu kamu secara mudah untuk mendapatkan pengetahuan mengenai informasi pasar terkini sehingga kamu akan lebih mudah untuk membuat strategi pemasaran yang tepat untuk kedepannya. Selain itu, kamu juga dapat memahami apa kebutuhan pelanggan, sebelum kamu turun ke pasar untuk melakukan promosi dan menjual produk.

Cara Melakukan Analisis Pasar Untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Melakukan analisis pasar sangat penting bagi bisnis atau perusahaan guna meningkatkan penjualan produk. Dengan mengetahui apa yang terjadi di pasaran, maka kamu dapat dengan mudah untuk menerapkan strategi terbaik guna meningkatkan keuntungan. Untuk melakukan analisis pasar, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Identifikasi tujuan

Mengidentifikasi tujuan dalam menganalisis pasar sangat penting supaya dapat mengetahui apa yang ingin dicapai oleh suatu bisnis

Cara melakukan analisis pasar yang pertama yaitu dengan mengidentifikasi tujuan dari analisis pasar. Hal ini dikarenakan tujuan selalu menjadi bagian terpenting saat memulai sesuatu agar dapat menentukan langkah berikutnya.


Kamu setidaknya harus dapat mengetahui tujuan dari menganalisa keadaan pasar sebagai kebutuhan internal dan eksternal. Kebutuhan internal bertujuan untuk meningkatkan arus kas pada bisnis, sementara kebutuhan eksternal memiliki tujuan untuk meyakinkan pemilik modal untuk dapat memberikan pinjaman modal. 


Kedua hal ini sama-sama pentingnya dalam bisnis dan tergantung dari kebutuhan kamu. Pastikan kamu melakukan analisis pasar yang tepat agar dapat tercapai tujuan yang diinginkan.

  1. Analisis industri

Dalam melakukan analisis pasar penting untuk melakukan analisis industri supaya dapat mengetahui gambaran mengenai industri di pasaran

Langkah analisis pasar berikutnya yaitu melakukan analisis industri. Hal ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai ukuran industri, tren, tingkat pertumbuhan, serta seluk beluknya. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan analisis industri yaitu:

  • Ukuran pasar

Dalam melakukan analisis industri kamu dapat memulainya dengan melihat ukuran pasar yang menjadi target. Dengan membuat ukuran pasar ini, akan memudahkan kamu untuk dapat menetapkan tujuan yang sebenarnya serta membuat rencana bisnis yang tepat.

  • Pertumbuhan pasar

Setelah mengetahui pasar, kamu juga harus mengetahui tingkat pertumbuhan pasar saat melakukan analisis industri. Dengan begitu, kamu dapat mempunyai gambaran mengenai berapa lama pasar dapat bertahan serta bagaimana peluangnya untuk masa depan.


Cara untuk melakukan penilaian terhadap pertumbuhan pasar kamu dapat melakukanya dengan cara mengurangi ukuran pasar pada tahun pertama dari ukuran tahun kedua. Setelah itu, kamu dapat membagikan ukuran pasar untuk tahun pertama, lalu dikalikan dengan 100 supaya dapat mengubah bentuk persentase.

  • Tren industri

Dalam melakukan analisis pasar kamu juga harus mengetahui tentang tren industri. Hal ini bertujuan supaya kamu dapat mengetahui tren apa saja yang sedang diminati di pasaran. Dengan begitu, kamu akan mudah untuk menentukan produk apa yang akan dijual.


Kamu harus dapat menarik perhatian konsumen dengan cara melakukan promosi produk yang kamu jual sehingga dapat dikenali oleh calon konsumen dan membuat transaksi.


Tren pasar ini akan terus berubah dan mengikuti perkembangan zaman. Untuk itulah, kamu harus selalu melakukan analisa trend pasar ini supaya dapat terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. 

  • Profitabilitas industri

Saat melakukan analisis industri, penting untuk mengetahui profitabilitas industri. Semakin tinggi tingkat profitabilitas pasar, maka akan semakin tinggi pula peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan. Kamu juga dapat memperimbangkan kekuatan supplier, kekuatan pembeli, hambatan masuk, dan lain-lain.

  1. Analisis target konsumen

Salah satu cara dalam melakukan analisis pasar adalah dengan melakukan analisis terhadap target konsumen

Saat melakukan analisis pasar, kamu juga harus menentukan siapa target konsumennya. Untuk memudahkan kamu, tentukan beberapa hal di bawah ini:

  • Demokratis

Terdiri dari jenis kelamin, usia, pendapatan, pendidikan, dan lain-lain.

  • Lokasi

Menentukan tempat tinggal dari target konsumen

  • Psikografis

Apa saja yang dianggap keinginan, kebutuhan, kesuksesan, dan yang tidak disukai oleh target konsumen. Intinya adalah bagaimana untuk mengetahui kepribadian dari target konsumen.

  • Perilaku

Reaksi apa saja yang dilakukan oleh target konsumen saat mendapatkan sesuatu tertentu, apakah konsumen langsung berbelanja atau dapat menahannya.

  1. Analisis kompetitor

Analisis kompetitor sangat penting dalam bisnis supaya kamu dapat bersaing di pasar

Dalam melakukan analisis pasar, salah satu hal yang terpenting adalah melakukan analisis terhadap kompetitor. Hal ini dilakukan guna membantu kamu untuk mengidentifikasikan peluang atau kesempatan dan ancaman dari kompetitor bisnis kamu. Dalam dunia bisnis ada 3 jenis kompetitor yaitu sebagai berikut:

  • Kompetitor langsung

Kompetitor yang mempunyai konsumen sama, memiliki masalah yang sama, serta memberikan solusi yang sama seperti bisnis kamu.

  • Kompetitor sekunder

Kompetitor yang mempunyai konsumen berbeda, tetapi mempunyai masalah yang sama serta dapat memberikan solusi yang sama layaknya bisnis kamu.

  • Kompetitor tidak langsung

Kompetitor yang mempunyai target konsumen sama dan mempunyai masalah yang sama, tetapi memberikan solusi yang berbeda dari bisnis kamu.


Baca Juga: Analisis Kompetitor: Tujuan, Manfaat, dan Contoh

  1. Lakukan analisis SWOT

Analisis SWOT bertujuan untuk mengetahui kelemahan, peluang, kekuatan, dan ancaman untuk bisnis

Melakukan analisis SWOT bertujuan untuk dapat menentukan kelemahan, kekuatan, peluang, serta ancaman untuk bisnis kamu. Dengan melakukan analisis SWOT ini kamu juga dapat melakukan analisis terhadap kompetitor, contohnya seperti mengidentifikasi apa yang dimiliki oleh bisnis kompetitor yang tidak kamu miliki pada bisnis kamu.

  1. Perkirakan harga dan peluang

Perkirakan harga dan peluang supaya dapat meraih keuntungan seperti yang diharapkan

Setelah melakukan semua analisis pasar di atas, selanjutnya kamu dapat memperkirakan harga dan juga peluang pasar. Dalam hal ini pastikan kamu memberikan harga yang dapat memberikan keuntungan, tetapi harus tetap dapat membuat target konsumen tertarik.


Selain harga, kamu juga harus melihat bagaimana peluang dalam bisnis kamu, khususnya dengan harga yang akan kamu terapkan. Jangan sampai peluang bisnis kamu menjadi kecil dikarenakan kamu menetap harga yang kalah bersaing dengan harga kompetitor.


Untuk memudahkan kamu dalam melakukan analisa terhadap bisnis, gunakanlah aplikasi Analisa Bisnis Majoo. Ini adalah aplikasi pendukung bisnis terbaik bagi para wirausaha. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu akan mudah dalam melakukan analisa guna menerapkan strategi pasar yang tepat.


Aplikasi ini dilengkapi dengan laporan penjualan secara lengkap. Di sini kamu dapat memantau seluruh transaksi yang terjadi pada semua cabang bisnis secara real time hanya dengan menggunakan smartphone atau komputer saja. 

Selain itu terdapat juga fitur laporan analisa bisnis, dimana kamu dapat mudah untuk melakukan analisis pada saat waktu penjualan teramai, analisis stok dan prediksi belanja modal, hingga analisa kepuasan pelanggan. Dengan demikian, kamu akan mudah untuk menerapkan strategi bisnis guna tercapainya tujuan.


Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Analisis Bisnis Majoo. Analisis strategi secara tepat dan bantu tingkatkan keuntungan. 

Manfaat Analisis Pasar

Melakukan analisis pasar memiliki banyak manfaat bagi bisnis. Untuk itulah, para pelaku usaha harus melakukan nya dengan tepat supaya tujuan dari bisnis dapat tercapai. Ada beberapa manfaat dalam melakukan analisis pasar bagi bisnis yaitu sebagai berikut:

  1. Mendapat target konsumen yang tepat

Manfaat dari melakukan analisis pasar bagi bisnis yang pertama tentu saja untuk mendapatkan target konsumen yang tepat. Kamu akan mudah untuk mendapatkan konsumen dari hasil analisis pasar yang dilakukan. Kamu dapat dengan mudah untuk mengenali target konsumen dengan baik, mulai dari kebiasaannya sehari-hari, keadaan konsumen, kebutuhan konsumen, dan lain-lain.

  1. Mengenali kompetitor

Mengenali kompetitor dalam bisnis sangat penting supaya kamu dapat bersaing di pasaran. Untuk itu, melakukan analisis pasar akan membantu kamu untuk mengenai para kompetitor. Kamu akan mudah untuk mengenai apa saja karakteristik dari bisnis kompetitor kamu.


Jika tidak mengenali kompetitor dengan baik maka bisnis kamu akan susah untuk mengalami perkembangan. Hal ini akan berdampak pada usaha yang tidak maju-maju dan pada akhirnya akan gulung tikar.

  1. Mudah untuk melihat peluang atau kesempatan

Melakukan analisis pasar juga akan membantu kamu untuk melihat peluang kedepannya. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah untuk mengetahui apa saja kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen, produk yang ada di pasar, dan hal lain sebagainya.

  1. Meminimalisir kerugian dan kebangkrutan

Menganalisa pasar dapat menjadi salah satu cara untuk meminimalisir kerugian dan kebangkrutan pada bisnis. Kerugian yang berujung pada kebangkrutan dapat terjadi karena faktor kondisi pasar yang tidak stabil.


Melakukan analisis pasar dapat membantu kamu untuk mengetahui keadaan pasar yang sebenarnya, apa saja tren yang sedang terjadi, dan apa saja yang sedang dibutuhkan oleh banyak konsumen. Dengan demikian, kamu dapat dengan mudah untuk menyesuaikan penjualan produk dengan kebutuhan pasar.

  1. Membuat perencanaan

Membuat perencanaan untuk bisnis kedepannya memang sangatlah penting. Kamu dapat melakukannya dengan menganalisis pasar sehingga dapat mengetahui kondisi atau keadaan pasar serta minat pasar terhadap produk tertentu.


Hal ini akan memudahkan kamu dalam menentukan langkah-langkah atau strategi yang akan diterapkan kedepannya supaya bisnis dapat berkembang serta dapat memperluas pasar dan memaksimalkan keuntungan.

  1. Mendapatkan keuntungan lebih cepat

Melakukan analisis pasar dapat membantu kamu supaya mendapatkan keuntungan lebih cepat. Pada dasarnya semua bisnis pasti bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dengan melakukan analisis pasar kamu dapat menerapkan strategi promosi produk yang tepat sehingga akan mudah bagi bisnis kamu untuk mendapatkan keuntungan secara cepat.

  1. Menjadi trendsetter

Manfaat melakukan analisis pasar juga akan menjadikan bisnis kamu sebagai trendsetter oleh bisnis-bisnis yang lainnya. Hal ini dikarenakan kemampuan bisnis kamu untuk dapat menguasai pasar sehingga menciptakan inovasi produk baru hasil dari melakukan analisis pasar. 


Melakukan analisis pasar sangat penting untuk mengembangkan bisnis kamu. untuk itu, pastikan kamu melakukannya dengan tepat supaya bisnis yang kamu jalani dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, kamu juga harus pandai dalam mengelola keuangan bisnis dengan baik supaya bisnis kamu tetap mempunyai biaya untuk melakukan operasionalnya. 


Sumber:

  • https://www.jurnal.id/id/blog/pentingnya-analisa-pasar-yang-tepat-untuk-kesuksesan-bisnis/

  • https://kledo.com/blog/analisis-pasar/

  • https://www.freepik.com

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo