• majoo blog
  • Tips
  • Apa Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Aplikasi Salon?

Apa Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Aplikasi Salon?

Sebagai pemilik salon kecantikan, mungkin kamu berpikir bahwa punya mesin kasir dan keterampilan pembukuan saja sudah cukup untuk menjalankan bisnismu. Tidak sepenuhnya salah, tapi kalau kamu ingin menyelesaikan berbagai permasalahan yang berhubungan dengan keuangan tanpa menghabiskan banyak waktu, kamu bisa memanfaatkan teknologi dengan menggunakan aplikasi wirausaha yang cocok untuk bisnis salon kecantikan.


Tak hanya itu, aplikasi wirausaha yang tepat akan membantumu dalam banyak aspek bisnis selain keuangan. Aplikasi sejenis ini bahkan bisa mengidentifikasi siapa saja pelangganmu yang setia. Sistemnya akan menyimpan seluruh data pelanggan, seperti layanan yang sering dipilih, jadwal kedatangan, hingga kapster favorit mereka. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi salon untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, sehingga menciptakan basis pelanggan yang setia pada bisnismu.


Prinsip bisnismu adalah membuat pelanggan terlihat dan tampil lebih menarik, karena itu, teknologi dan perangkat penunjang yang jadul tidaklah cocok. Bayangkan, interior salonmu sudah begitu cantik, tapi aplikasi kasir yang kamu punya, diinstal di komputer dengan layar besar yang tidak menarik. Bakal terlihat tidak matching, kan? Memilih aplikasi POS untuk salon memerlukan perhatian tambahan pada segi estetikanya, baik itu desain perangkatnya maupun interface aplikasinya.


Tapi tentu saja, kamu tidak bisa memilih aplikasi hanya berdasarkan tampilannya semata. Pikirkan lebih jauh tentang kebutuhan bisnismu: apakah kamu perlu manajemen inventori, manajemen loyalti pelanggan, laporan keuangan, pencatatan reservasi? Jangan sampai kamu memilih aplikasi yang tidak memiliki fitur-fitur wajib yang kamu butuhkan untuk salonmu.


Seperti apakah aplikasi salon yang ideal?

Pertama-tama, tentu kamu perlu mempertimbangkan fitur apa saja yang pada umumnya dibutuhkan oleh sebuah salon. Ini akan membantumu memahami kebutuhan salonmu secara lebih spesifik.


Ingat, jangan memilih aplikasi POS hanya karena aplikasinya sudah terkenal banyak dipakai oleh berbagai bisnis lain, karena belum tentu aplikasi tersebut cocok untuk model bisnis seperti salon. Pastikan aplikasinya memang didesain khusus untuk bisnis salon, atau punya fitur yang cocok untuk bisnis salon.


Berikut ini adalah fitur-fitur yang pada umumnya perlu ada di aplikasi POS yang kamu incar agar salonmu bisa berjalan dengan efektif dan efisien:

  • Berbagai pilihan pembayaran, termasuk tunai, kartu debit, kartu kredit, hingga e-wallet

  • Program loyalti pelanggan dengan kemudahan untuk mengirim email promosi

  • Reservasi kedatangan yang memudahkan penjadwalan

  • Riwayat transaksi pelanggan hingga detail layanan yang biasa dipesan

  • Laporan yang membantumu menganalisis kinerja karyawan

  • Laporan keuangan yang mencatat pemasukan, mutasi, dan riwayat buku kas.

  • Bantuan teknisi yang selalu siaga, hingga kedatangan teknisi ke lokasi jika diperlukan.

 

Fitur-fitur di atas berguna untuk membantumu menjalankan operasional sehari-hari, tapi belum tentu salonmu membutuhkan semuanya. Tentukan fitur mana saja yang menurutmu wajib ada di aplikasi salon milikmu.


Sesudah membuat daftar fitur yang kamu perlukan, selanjutnya lakukan riset. Dari berbagai pilihan penyedia aplikasi POS di luar sana, pilihlah yang memenuhi empat kriteria berikut ini.

  • Fungsional: Aplikasi salon yang kamu pilih harus mudah digunakan oleh karyawanmu. Tanpa alur yang berbelit-belit, sebuah transaksi harus bisa diselesaikan hanya dengan beberapa kali klik atau tap saja. Jika kamu berencana membuat program loyalti pelanggan, pilihlah aplikasi yang dilengkapi dengan fitur ini sehingga kamu bisa mencatat riwayat layanan yang dipilih pelanggan. Kamu bisa menggunakan informasi ini untuk membuat rekomendasi berdasarkan transaksi sebelumnya atau mengirimkan kupon dan voucher yang bisa digunakan pelanggan pada kunjungan berikutnya.
  • Manajemen karyawan: Pengelolaan karyawan adalah aspek yang sangat penting dalam bisnis salon kecantikan. Gunakan aplikasi yang bisa sekaligus memantau presensi dan absensi karyawan dan jam kerjanya. Aplikasi salon yang lebih lengkap seperti majoo, bahkan akan membantumu menghitung komisi secara lebih mudah. Komisi akan langsung dicatat berdasarkan layanan yang dipesan atau total transaksi. Majoo juga mendukung multi komisi, di mana satu layanan atau transaksi bisa dibagi ke beberapa karyawan, contoh komisi pekerjaan dikerjakan tiga orang (potong rambut, massage, dan facial). Fitur analisis waktu penjualan teramai juga akan membantumu mempersiapkan jumlah produk dan shift karyawan dengan tepat pada saat salonmu sedang banyak pelanggan.
  • Laporan penjualan dan manajemen inventori: Kamu perlu tahu informasi transaksi dan inventorimu secara real time. Gunakan aplikasi yang memberimu laporan mendetail dan bisa di-breakdown berdasarkan shift, jam, hari, minggu, bulan, atau tahun. Laporan penjualan akan membantumu mengidentifikasi produk mana yang paling banyak diminta oleh pelangganmu dan mana yang kurang laris. Dengan mengetahui informasi ini, kamu bisa selalu memastikan produk yang paling laku selalu ada stoknya. Mengetahui produk mana yang laris juga akan membantumu mengelola inventori sehingga kamu tidak perlu menumpuk produk yang tidak banyak terjual, serta kehabisan produk yang banyak diinginkan pelanggan. Aplikasi POS bisa sangat menghemat waktumu dalam mengecek jumlah stok produk, jadi pilihlah aplikasi yang punya fitur manajemen inventori yang memadai. Jika salonmu punya beberapa gerai, carilah aplikasi yang mampu menangani manajemen inventori di semua gerai sekaligus.
  • Paket aplikasi yang paling sesuai: Carilah aplikasi dengan biaya yang paling efektif untuk salonmu dan tidak terlalu membebani keuangan bisnismu. Pilihlah paket yang paling sesuai dengan kebutuhan besar kecilnya bisnismu, rencana pengembangan, dan budget-mu. Kamu mungkin juga bisa memilih metode pembayaran bulanan atau tahunan. Pastikan kamu memilih pengembang aplikasi yang memiliki dukungan bantuan teknisi yang memadai. Kamu akan butuh bantuan mereka tidak hanya saat awal instalasi dan pelatihan saja, tapi ke depannya jika ada pembaruan atau maintenance. Carilah aplikasi yang menyediakan bantuan teknisi lewat berbagai media, misalnya email, telepon, atau bahkan livechat. Mendapatkan fitur dan layanan yang sepadan dengan investasi yang kamu keluarkan harus menjadi prioritas utama saat kamu memilih aplikasi untuk salonmu, karena itu, pastikan kamu mendapatkan penawaran yang terbaik yang ada di pasar!

Kesimpulannya

Pastikan kamu punya daftar fitur yang harus ada di aplikasi salon milikmu dan pilihlah aplikasi yang paling memenuhi kriteria tersebut. Punya checklist akan membantumu menandai aplikasi yang fiturnya paling cocok dengan kebutuhanmu.


Aplikasi yang didesain spesifik untuk bisnis salon akan memberimu fitur yang memenuhi kebutuhan unik bisnismu, dan akan membantumu memberikan pelayanan yang maksimal untuk pelanggan, serta secara umum akan mendukung bisnismu untuk terus maju. 

Teruslah berinovasi dengan mengaplikasikan teknologi pada bisnis salonmu. Aplikasi salon akan membantu bisnismu lebih kompetitif sehingga kamu bisa meraih keuntungan lebih besar dan pelangganmu pun akan lebih puas dengan layananmu.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Tips Memastikan Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Bisnis
Pinjaman modal untuk pengembangan bisnis akan dilakukan para pebisnis supaya bisnisnya maju dan mendapatkan keuntungan.
Menyusun Strategi Pemasaran 2022 dalam 5 Langkah Mudah
Strategi pemasaran idealnya menjadi blue print bagi keputusan bisnis pada tahun mendatang. Hal ini perlu menjadi perhatian setiap bisnis, terlebih UMKM.
Beberapa Langkah Penting Menjaga Retensi Pelanggan
Menjaga retensi dan kepuasan pelanggan bisa menjadi kunci utama dalam memastikan bisnis tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.
Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram
Saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing. Ini tipsnya agar strategi tersebut bisa lebih optimal.