Table of Content

    Hal Penting dalam Mengevaluasi Keberhasilan Program Promo


    Mengevaluasi keberhasilan program promo yang pernah diluncurkan bisa menjadi salah satu cara untuk memaksimalkan pendapatan. Karena dengan adanya evaluasi ini, saat kali berikutnya kamu meluncurkan program promo, sebagian besar tantangan yang ada pun lebih mudah diatasi karena sudah diidentifikasi terlebih dahulu sebelumnya. Namun, agar hasil evaluasi ini benar-benar dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan tingkat pemasaran produk serta jasamu, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

    Rentang waktu untuk evaluasi

    Banyak yang beranggapan bahwa evaluasi sebaiknya dilakukan segera setelah program promo tersebut selesai dilakukan. Padahal, sebenarnya tergantung juga dengan jenis program promo terkait. Tidak semua program promo menunjukkan hasil terhadap angka penjualan saat atau segera setelah periode promo dijalankan. Program promo yang berkaitan dengan program loyalitas, contohnya saja potongan harga khusus bagi anggota yang berhasil mengajak temannya bergabung menjadi anggota, bisa jadi memberikan efek jangka panjang terhadap angka penjualan, bahkan setelah periode promo berakhir. Oleh karena itu, menentukan rentang waktu untuk melakukan evaluasi yang tepat dapat memberikan hasil evaluasi yang lebih akurat pula.

    Efek tidak langsung program promo terhadap angka penjualan

    Meluncurkan program promo memang dinilai sebagai salah satu cara untuk meningkatkan angka penjualan. Namun, penting juga untuk mengidentifikasi mana dari bagian promo tersebut yang secara langsung memengaruhi angka penjualan, dan mana yang pengaruhnya tidak langsung. Suatu program promo bisa jadi tidak banyak meningkatkan penjualan secara jangka pendek, tetapi memiliki nilai pemasaran yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk memunculkan prospek-prospek baru untuk dikelola di lain waktu. Dalam kasus demikian, program promo yang diluncurkan tersebut tidak bisa dibilang sepenuhnya gagal meski kontribusinya terhadap pendapatan yang diterima tidak sesuai dengan proyeksi awal.

    Menghitung beban pengeluaran program promo

    Angka penjualan bukan segalanya, karena angka ini akan dihitung sebagai omzet atau pendapatan kotor. Pendapatan bersih yang diperoleh oleh bisnismu dihitung dari selisih antara pengeluaran dan pemasukan, sehingga penting juga untuk menghitung berapa saja beban yang dikeluarkan terkait program tersebut, sehingga kamu bisa menghitung efektivitas program promomu. Dengan mengetahui pos pengeluaran ini, kamu juga akan lebih mudah mengukur berapa modal yang perlu disiapkan untuk meluncurkan promo serupa di kemudian hari, atau bahkan memutuskan untuk tidak meluncurkannya karena tidak signifikannya selisih yang dihasilkan.

    Meluncurkan program promo yang sesuai dengan kebutuhan pasar

    Saat mengevaluasi program promo yang telah diluncurkan, penting untuk mengetahui kesesuaian promo tersebut terhadap kebutuhan pasar. Apakah waktu peluncuran program promo tersebut sudah sesuai dengan musimnya? Apakah produk serta jasa andalan dalam program promo tersebut merupakan produk atau jasa yang dibutuhkan oleh pelangganmu? Mengukur indikator-indikator tersebut saat mengevaluasi program promo akan membantumu meluncurkan program promo yang lebih optimal dalam meningkatkan angka penjualan di kemudian hari.

    Keberhasilan program promo dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mengidentifikasi faktor-faktor tersebut adalah tujuan dari evaluasi yang dilakukan agar strategi bisnis ke depannya bisa disusun dengan lebih matang. Gunakan aplikasi majoo dengan berbagai fiturnya yang sudah dirancang untuk mempermudah mengelola bisnis. Jika perlu, manfaatkan fitur program loyalitas serta keanggotaan yang ada agar margin pendapatan program promo tersebut bisa dimaksimalkan ke angka tertingginya!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!