Table of Content

    • majoo blog
    • Trivia
    • Berkah Bulan Ramadhan, 5 Alasan Bisnis Perlu Program Berbagi

    Berkah Bulan Ramadhan, 5 Alasan Bisnis Perlu Program Berbagi



    Bagi banyak usaha kecil, keputusan membuat program berbagi mungkin tidak mudah. Sebagai bisnis yang masih merintis, tentunya fokus utama pada menumbuhkan margin dan mengembangkan bisnis. Namun, program berbagi bisa sangat bermanfaat, terlebih sebentar lagi bulan Ramadhan.

     

    Ketika penjualan dan peningkatan pendapatan sangat krusial bagi bisnis, mengadakan program berbagi mungkin terasa berlawanan dengan tujuan. Akan tetapi, sebelum memutuskan coba amati beberapa hal di bawah ini.

     

    1. Membangun brand awareness

    Program berbagi bisa dilakukan oleh bisnis dengan memberikan bingkisan atau donasi kepada pihak yang membutuhkan. Selain itu, bisnis juga dapat bekerja sama dengan badan amal ataupun panti asuhan.

     

    Cara tersebut bukan hanya bermanfaat bagi pihak-pihak penerima bantuan, melainkan juga membangung brand awareness untuk bisnis. Jika kamu ingin mengoptimalkan publisitas, kegiatan amal tersebut dapat didokumentasikan dalam situs resmi serta materi pemasaran.

     

    2. Secara tidak langsung, berbagi menjadi media marketing

    Posisi bisnis dalam memberikan donasi atau program berbagi memang berbeda dengan individu. Biar bagaimanapun aspek nilai ekonomi tidak bisa sepenuhnya dilepaskan dari kegiatan bisnis, termasuk dalam program berbagi.

     

    Disadari atau tidak, saat kamu memutuskan untuk menyumbangkan produk atau jasa, maka secara tidak langsung program berbagi tersebut sekaligus menjadi media pemasaran.

     

    Kegiatan amal akan selalu menjadi penguat strategi pemasaran. Ketika produk atau jasa tertentu didonasikan kepada sejumlah orang berarti ada sekian banyak orang yang membantu mempromosikan produk atau jasa tersebut secara tidak langsung.

     

    Apabila dilihat dari sisi pemasaran, ini merupakan langkah yang baik bagi usaha kecil. Kamu dapat berbagi manfaat dengan sekitar sekaligus tetap menjalankan aktivitas marketing.



    3. Kolaborasi dengan badan amal, menyasar target pasar tertentu

    Jika kamu memilih untuk menyalurkan donasi melalui badan amal, pastikan kamu memilih organisasi yang tepat. Misalnya, kamu bisa memilih organisasi yang di dalamnya memang terdapat target pasar dari bisnismu.

     

    Menurut laporan The Huffington Post, bekerja sama dengan organisasi nonprofit sangat penting bagi bisnis. Bahkan, kebanyakan bisnis merasa lebih mudah menjangkau target pasar mereka usai mengadakan kerja sama nonprofit.

     

    4. Membuka peluang terbentuknya networking baru

    Salah satu alasan bisnis mempercayakan donasinya kepada organisasi nonprofit tertentu adalah karena peluang bertemu dengan jejaring baru. Biasanya, ada pertemuan atau acara amal yang dilaksanakan sehubungan dengan kerja sama tersebut.

     

    Di sanalah pemilik usaha berpeluang untuk bertemu dengan lingkungan baru. Dalam bisnis, network merupakan aset yang perlu terus dikembangkan karena selalu ada potensi bekerja sama di kemudian hari.

     

    5. Bermanfaat bagi banyak orang

    Meskipun poin ini disimpan terakhir, tetapi inilah yang paling penting. Memberi kembali kepada komunitas bukan hanya memajukan bisnis, melainkan memberikan manfaat bagi banyak orang.

     

    Secara tidak langsung, sebetulnya bisnis sudah berbagi dengan masyarakat melalui aktivitas harian bisnis seperti menghadirkan lapangan pekerjaan. Namun, melalui program berbagi, bisnis berkesempatan untuk memberikan bantuan terkait isu-isu yang secara spesifik ingin diperjuangkan oleh bisnis.

     

    Pada bulan Ramadhan, kebanyakan program berbagi ditujukan untuk membantu adik-adik di panti asuhan. Hal tersebut tentu baik, tetapi kamu bisa saja memusatkan kegiatan berbagi pada isu lain.

     

    Misalnya, bisnis milikmu selama ini sangat peduli dengan isu kesehatan. Karena itu, tidak ada salahnya jika di bulan penuh berkah ini kamu membuat program berbagi untuk para tenaga kesehatan yang masih berjibaku melawan virus COVID-19.

     

    Sementara itu, bila kesetaraan gender merupakan isu yang sangat menjadi perhatian bisnismu, di bulan Ramadhan mendatang kamu dapat membuat program berbagi untuk para kepala keluarga perempuan yang terkena PHK akibat pandemi.

     

    Akan selalu ada jalan untuk berbagi kebaikan. Di balik setiap pemberian yang kamu bagikan, bisnis pun akan selalu kembali diuntungkan. Maka dari itu, kalau bisa berbisnis sambil berbagi, mengapa tidak?

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!