Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Ikuti Tips Menyiapkan Bisnis Jelang Lebaran di Tengah Krisis

    Ikuti Tips Menyiapkan Bisnis Jelang Lebaran di Tengah Krisis

    Buatlah dekorasi khusus bertema Idulfitri untuk menghias toko online atau akun media sosial

     

    Biasanya di bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idulfitri, bisnis ritel, fesyen, kuliner, hingga penyewaan kendaraan, sedang mengalami lonjakan penjualan. Masyarakat Indonesia memang terbiasa mengalokasikan dana belanja yang lebih besar menjelang Lebaran.

     

    Akan tetapi, tahun ini sepertinya akan sedikit berbeda. Ramadhan dan Lebaran tahun ini harus kita lalui di tengah krisis akibat pandemi COVID-19. Situasi yang berbeda, tentu menuntut para pemilik usaha untuk menyiapkan bisnis dengan strategi berbeda pula.

     

    Tips menyiapkan bisnis menjelang Lebaran

    Krisis kesehatan yang berdampak pada situasi ekonomi ini, seketika mengubah perilaku konsumen. Terutama karena sebagian besar masyarakat menjalani pembatasan sosial dan tinggal di rumah saja.

     

    Kondisi ini perlu direspons dengan cermat oleh para pemilik bisnis. Menanggapi hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam rangka menyiapkan bisnis dan memaksimalkan penjualan menjelang hari raya Idulfitri.

     

    Menghias “toko”

    Dalam situasi normal, mungkin kamu akan menghias gerai atau toko dengan dekorasi bernuansa Idulfitri. Hal ini tetap perlu kamu lakukan, namun bukan toko atau gerai fisik yang diberikan sentuhan khas hari raya Lebaran.

     

    Kamu bisa memberikan dekorasi bertema Idulfitri di toko online dan akun media sosial. Mengapa hal ini penting? Kamu perlu memberi tahu konsumen bahwa kamu merayakan momen yang sama dengan konsumen, sehingga mereka merasa lebih relate dan tertarik untuk berbelanja di tokomu.

     

    Menyediakan parsel

    Cara yang terbukti selalu jitu untuk mendongkrak penjualan menjelang Lebaran adalah menyediakan paket produk khusus bingkisan Lebaran atau parsel. Tentu kamu perlu jeli dalam memutuskan produk mana yang cocok untuk dijadikan parsel.

     

    Paket bingkisan Lebaran ini juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan penjualan produk yang penjualannya lambat. Caranya, buatlah paket yang berisi kombinasi produk favorit konsumen dengan produk yang kurang diminati.

     

    Sedikit penyesuaian yang perlu dilakukan di tengah situasi pandemi ini, kamu sebaiknya menyediakan layanan pengiriman atau delivery. Pelanggan dapat memilih parsel melalui katalog yang kamu sediakan di akun media sosial atau website, memesannya secara online, dan parsel langsung diantarkan ke tujuan.

     

    Membuat program promo khusus Lebaran dapat menjadi salah satu strategi meningkatkan penjualan

      

    Promo khusus Idulfitri

    Siapa yang tidak menyukai promo? Dalam bentuk yang beragam, mulai dari potongan harga hingga bundling produk, program promo hampir selalu diminati pelanggan.

     

    Untuk meningkatkan penjualan, di tengah situasi sulit dan menjelang Lebaran, program promo dapat menjadi strategi yang kamu terapkan.

     

    Dalam menentukan promosi seperti apa yang akan kamu jalankan, tentu kamu perlu mengenal karakter konsumen atau pelanggan. Laporan penjualan sebelumnya dapat menjadi acuan agar promo yang kamu buat tepat sasaran.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!